Mengetahui Kualitas Batubara Yang Baik

Baik buruknya suatu batubara tidak bisa di tentukan begitu saja, melainkan kita harus melihat penggunaan batubara itu sendiri.
Kita tidak bisa mengatakan batubara kalori tinggi lebih baik dari batubara kalori rendah begitu saja.
Tergantung penggunaannya untuk apa dulu dan alat yang digunakannya disetting untuk batubara jenis apa.

Misalkan suatu PLTU dengan menggunakan sistem tertentu yang cocok dengan batubara muda atau kalori rendah akan bermasalah jika menggunakan batubara kalori tinggi.
Mungkin masalah dengan karakter abunya, mungkin masalah dengan karakter belerangnya, mungkin masalah dengan karakter HGI nya dll.

Karena suatu alat pembakaran batubara biasanya di setting dengan karakter batubara tertentu untuk memudahkan pembersihan sisa pembakarann, efektifitas panas dan keekonomisan lainnya.

Untuk itulah batubara yang berkualitas baik perlu di analisa terlebih dahulu kandungannya mulai dari panas sampai kandungan abu dan karakteristik abunya itu sendiri.
Dengan hasil analisa itulah maka kita akan tau qualitasnya itu baik atau tidak untuk alat yang akan kita oprasikan.

Analisa yang biasa dijadikan acuan adalah


Dalam analisa Proximat ini bisa diketahu informasi kandungan kadar abu batubara, kadar vollatile batubara, kadar Viced Carbon batubara.
Dengan mengetahui infomrsi ini akan tahu apakah batubara ini banyak kotorannya seperti abu atau tidak


Dalam analisa ini akan di dapat informasi kadar sulfur atau belerang dalam batubara sehingga bisa di cocokan kesesuainnya dengan alat yang akan menggunakan batubara tersebut.
Misalkan alat tersebut tidak bisa menggunakan batubara dengan kadar sulfur 1 % maka dengan bantuan hasil analisa ini akan di dapatkan kadarnya. Jika kadarnya di bawah 1 % maka kualitas batubara itu termasuk bagus menurut alat yang akan di gunakan dan sebaliknya.


Pada analisa ini akan di dapatkan informasi kadar panas suatu batubara. Ini akan membuat kita bisa berpikir seberapa besar panas yang di hasilkan saat di bakar dalam tungku pembakaran. Sehingga bisa di sesuaikan dengan tungku yang akan menggunakan batubara.
Misalkan suatu tunggku membutuhkan panas setiap menitnya 1 jt kalori.
Dengan informasi hasil analisa kadar panas ini bisa diperhitungkan memenuhi atau tidak batubara yang akan di gunakan. Jika memenuhi brarti batubara itu memiliki kualias yang baik menurut alat yang akann digunakan.

4. Ash Analisa

Ash analisa akan memberikan gambaran kepada pengguna batubara berupa informasi kandungan unsur - unsur dalam abu batubara. Sehingga dengan mengetahui jumlah unsur - unsur yang ada pada batubara bisa memilih penanganan yang tepat untuk menangani limbah sisa pembakaran.
Biasanya pengguna batubara membatasi setiap unsur yang terkandung dalam abu batubara tersebut. Karena Setting untuk penangan limbah abu sudah di setting secara baku dari awal.

5. AFT

Ash Fusion Themperature atau AFT adalah analisa yang akan memeberikan informasi kepada kita tentang sifat atau karakter leleh abu batubara. Ini sangat bermanfaat sekali dalam tungku pembakaran.
Analisa ini akan memebrikan informasi pada suhu berapa abu batubara akan mulai meleleh sampai abu batubara itu manjadi fulida atu seperti cairan.
Dengan mengtahu karakter abubatubara dengan analisa AFT ini para pengguna batubara akan mengetahui bagaimana penangan abubatubara sisa pemmbakaran.


Pada penetapan ini akan didapat informasi nilai index suatu batubara dalam kemudahan ketergerusan. Sehingga para pengguna batubara bisa memprediksi alat apa yang harus di gunakan untuk menghancurkan batubara dalam penggunaanya.
Biasanya index HGI sudah di tentunkan oleh para pengguna kisaran berapa sampai berapa karena alat sudah di setting dari awal.


Informasi ini sangat penting diketahui karena berkaitan dengan beberapa hal, diantaranya

  • Jumlah cargo, dengan mengetahui kadar Total Misture kita akan mengetahui berat batubara sebenarnya
  • Akan mengtahui tingkat debu yang terbentuk
  • dll

Seperti itulah cara mengetahui kualitas batubara itu baik atau tidak yaitu dengan serangkaian analisa yang nilainya disesuikan dengan karater alat yang dimiliki atau yang akan menggunakan batubara tersebut.

Sekian semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

23 Responses to "Mengetahui Kualitas Batubara Yang Baik"

  1. saya baru tahu nih mas, ternyata dalam batubara itu bisa dilihat kualitas yang baik dan tidaknya, nice info nih, nanti tak coba amati mana yang termasuk kategori batubara yang baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mas. tapi ini harus di lab mas

      Delete
  2. hore pertamax nih, dapat hadiah nih

    ReplyDelete
  3. kalau disini memang lengkap sekali soal batubara, saya mau belajar juga ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mas. lengkap sih engga mas tapi menu utamanya mas

      Delete
  4. Ternyata analisanya ndak cukup sekali ya mang untuk menentukan kualitas batu baranya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas berkali kali tapi itu sekali jlan mas bisa sekalian

      Delete
    2. Biayanya brp mas biasanya ngetes spesifikasi Batubara tersebut?

      Delete
  5. banyak juga yah mas proses untuk mengetahui batubara yang berkualitas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas lumayan banyak prosesnya. bahkan lebih banyak lagi

      Delete
  6. berarti 7 kali analisa ya mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahkan lebih dari tujuh macem mas yang ash analisa itu ada 10 macem mas

      Delete
  7. mamang yang analisa atau ada bagiannya mang??kayanya seru ya menganalisa batubara mang, boleh lah nanti saya ke rumah mamang buat ikutan liat analisa batubara yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada mas khusus dan yang mengerjakannya juga husus mas. boleh mas nanti kerumah aja kpn-kpn

      Delete
  8. banyak juga yah point analisa yang harus dilewati untuk memilih batubara yang berkualitas. nambah pengetahuan mas, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia msa banyak dan di atas itu hanya sebgian saja mas

      Delete
  9. Dulu kalau ditempaktu kerja, sepertinya asal beli batubara yang penting mesin bisa jalan. Walau abu yang dihasilkan sungguh jelek sekali, sampai sesak nafas. Mungkin tempat kerjaku dulu belum punya alat untuk menganalisa atau mungkin asal percaya saja sama penjualnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah mungkin begiu mas percya banget. atau mungkin dianalisanya di tempat lain mas

      Delete
  10. batubara ya?cuma prnh liat potonya aja,klo liat lgsg g pernah... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan aja kalo mau cari foto batubara ada juga di sini

      Delete
  11. jadi semuanya tergantung dari keguanaan dan alat apa yang digunakan ya mang, kalo seandainya untuk keperluan rumah tangga yang baik batu bara yang seperti apa

    ReplyDelete
  12. Nyimak aja deh mas untuk menambah ilmu.Siapa tahu bisa bermanfaat hehe..!

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar