Penggunaan Pipet

Pada postingen mengenal alat laboratorium dperkenal kan berbagai macam alat ukur gelas. Silahkan yang mebaca dulu mengeal alat laboratorium biar lebih mantap.
Kai ini zodized akan sedikit megulas penggunaan pipet seukuran dan pipet ukur.
Dalam pembahsan terdahulu penggunaanya harus menggunakan penyedot husus atau disebut dengan filler. Nah berikut penggunaanya.

Hal yang perlu diperhatikan adalah dilarang menyedot dengan mulut.

tidak boleh di sedot dengan mulut

Gunakan filler

Berikut cara penggunaanya.

Berikut cara menyalurkan larutan yang sudah terhisap dan tanda bataskan dalam pipet. Harus tegak lurus


Sekian cara penggunaan pipet yang penting jangan di hisap menggunakan mulut. Gunakanlah alat filler karena jauh lebih aman.
Jaga kesehatan supaya kita bisa lebih banyak berbuat baik.

Sekian semoga bermanfaat.

Sumber :
Catatan mangs aduls :)

Subscribe to receive free email updates:

102 Responses to "Penggunaan Pipet"

  1. tapi gambarnya nyontohin pake mulut hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia itu yang tidak boleh kang. tulisannya kan tidak boleh. hehehehehe

      Delete
  2. mas kerja nya di di tempat laboratorium yaa :)
    itu gunanya untuk apa ?? ^_^

    ReplyDelete
  3. Knp klo pke mlut nydotnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kesedot larutannya. bisa jadi larutannya beracun

      Delete
    2. dan bisa innalillahi wa innailaihi rojiun

      Delete
    3. pokonyamah lain judul lagi

      Delete
  4. Replies
    1. nah betul bingit kang

      Delete
    2. makanya jgn dicoba yah...

      Delete
    3. pokonyamaha jgn bisi di pecat di kerjaan. hehehe
      mending sih kalo dipecat dri dunia mau kemana coba

      Delete
  5. Banyak sekali ya kang alat2 laboratorium ini, bagi saya sangat asing semua :D. Kalau dihisap dengan mulutmah att bisi kabesekan ya kang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. apaan tuh kabesekan coba?

      Delete
    2. Hahahah bner kabesekan. Busi ka uyup

      Delete
    3. Alah bahasa inggrisnya ini yg susah. Hahaah

      Delete
    4. Baru inget bhs anggrisnya kabesekan. Keselek

      Delete
    5. o bahasa inggris deket bogor ya

      Delete
    6. ia ituh kang yang jauh dari hongkonglah

      Delete
  6. Harus hati-hati ini kang....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia jang wahab. Harus hati hati biar tdk tumpah. Atau keselek

      Delete
  7. ooo, ini untuk praktek di laboraturium ya mas, dan unik memang dalam penggunaanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia harus di sedot tp jgn pake mulut

      Delete
    2. Anonymous13/6/15 10:19

      gw dulu waktu praktikum kimia pakeknya pipet kecil, ga segede ini.

      disedot pake sedotan

      Delete
    3. itumah pipet tetes paling kang.

      Delete
  8. mendetail banget penjelasannya mang.
    nambah lagi wawasan saya tentang seputar labolatorium.
    makasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama mang yanto. Batangkali mau mencobanya

      Delete
    2. mencoba sedotan gitu?
      nggak kasian apa sama saya

      Delete
    3. hahahaha. kalo g ada sedotannya ni sayah trasfer dari sini mas

      Delete
  9. Tidak boleh disedot pakai mulut bahaya ya, rata-rata zat atau larutan yang menggunakan pipet juga bukan bahan konsumsi :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia biasanya memang bukan untuk konsumsi.
      yang di pakai buat konsumsi biasanya sedotan kang.

      Delete
  10. Dijadiin buat minum jus keren tuh mang aduls wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahah itumah sedotan kang bukan pipet lab

      Delete
    2. Klau disedot nanti malah kecekik heehe, kan mau pake laboraturium :D

      Delete
    3. bisa melag kang di tenggorokan

      Delete
  11. Saya gak berani bermain dengan alat-alat seperti itu, Soalnya pas zaman SMA dulu pernah mecahin gelas lab dan Katanya harganya mahal pisan ya mang

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia rata - rata harganya lumayan mahal

      Delete
  12. Kayaknya mang aduls nih tukang insinyur yah urusan nya sama laboratorium terus keren deh banyak mikir hee hee

    ReplyDelete
    Replies
    1. kang biar gampang yang di tuliskang. yaudah yang ada di sekitar aja yang di poskan kang.

      Delete
  13. mas pipet ini digunakan dalam pengujian-pengujian biologi molekular ya

    ReplyDelete
  14. Saya tahunya pipet itu untuk minum es kelapa muda. hahahaha

    Mang Aduls maaf OOT, pakai domain .IN juga yah?
    Gimana, sudah gak optimasinya ke google.
    Kebetulan saya pakai domain .IN juga. Belum ada efek 1 bulan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. awalnya saya kira .in itu indoseia. hehehe sekalinya india :D
      saya ngasal aja pake .in kebetulan pas awal pake lagi diskon makanya pake .in.
      diskon pas pertamanya aja. selajutnyamah mahal

      Delete
    2. yang mana blog nya mas ridha

      Delete
  15. jadi inget jaman sekolah dulu, praktikum kimia =D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip kang. semoga jadi kenangan tulisan saya inih. :D

      Delete
  16. tahunya pipet untuk minum teh gelas ternyata ada di lab juga secara saya anak bahasa dulu smanya nggak pernah masuk lab, smp pernah sih tapi belum sampai gunakan alat seperti ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. itumah sedotan paling kang. hehehehe

      Delete
  17. Pipetnya bagus,,, bentelu di tengah2,,, :D ,,,

    Di tempat saya kerja pipetnya lempeng2,,, buat nganalisa kualitas air,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo yang lempeng - lempeng itu pipet ukur kang. biasanya banyak ukuran yang bisa di ukr.
      kalao yang ini yang bentelu ( hahahah....hahha..) inimah pipet seukuran. hanya satu ukran yang bisa di ukur. tapi ini lebih akurat kang.

      Delete
  18. saya tiap hari liat alat-alat yang mirip kek poto di atas mas, karena jurusan saya gedungnya bersebelahan dengan jurusan teknik kimia nabati dan kimia analisis agro .. hehe

    mereka semua memang selalu menggunakan alat pem-filter seperti yang mas contohkan diatas, awalnya saya selalu berpikir, kegunaannya untuk apa.. ?
    tapi sekarang saya dah tahu mas..

    makasih mas..


    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama kang. seneng kalo jadi manfaat. Ya mungkisn sama dengan yang ada di lab tehnik kimia kang.

      Delete
  19. satu lagi mas, kalo di sedot dengan mulut, berbahaya bagi kesehatan ya mas,

    kalo dari golongan penyakit, penyakit seperti apa yang akan kita hadapi / resiko nya mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah beberapa bahanyanya adalah. zat kimia di lab pasti beracun bagi tubuh kalo ke hirup bisa meninggal dunia. minimal gangguan kesehatan.
      ke dua jika pipet itu bekas orang dan orangnya itu berpenyakit mulut atau yang bisa menular lewat ludah nah bisa jadi tertular penyakit tersebut mas.

      Delete
    2. waduh, ternyata berbahaya sekali ya mas, berarti orang2 yang bekerja di lab adalah orang2 yang berjasa besar ya mas, karena kesehatan bahkan nyawa sendiri jadi taruhannya..

      berarti pipet bekas orang yang kita hisap kembali, sama kayak jarum suntik yang ada di rumah sakit dong, alias nggak bisa digunakan 2 kali.. makasih mas ilmunya..

      Delete
    3. Kalo pipet asal tidak di sedot pake mulut aja. Kalau menggunakan alat filler bisa di gunakan lagi jika larutannya sama tidak usah di cuci cukup dibilas aja dengan larutan yang akan di pipet. jika larutan yang di pipet berbeda harus di cuci dulu.
      dan tidak boleh menggunakan mulut.
      Kalo pekerjaan
      Setiap pekerjaan pasti besar kang jasanya.
      Ada porsinya tertentu.
      dan pasti ada resiko tertentu pula

      Delete
  20. biasanya yg berhubungan dengan pipet mah yg kerjanya di dlm ruangan Lab nih xixiii... mantaab mang artikelnya, bertambah pengetahuan saya tentang Penggunaan Pipet yang benar .. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi kalo ada murid yang bandel cabok weh kang. hehehehe
      eh jgn deh nanti termasuk kekerasan dalam rumah tangga eh dalam pendidikan

      Delete
  21. kalau pipet yang dimaksudkan disini pastinya ngga bisa di pake melihat tampangnya kerennya mang yanto cungkup ya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu ada sensornya mang. JAdi g bisa tampil di pipet

      Delete
  22. Replies
    1. Ia betul banget g boleh pake mulut

      Delete
  23. Saya pernah nih Mang pake pipet pas praktek kimia di SMA :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pernah menggunakannya pasti sudah hapal

      Delete
  24. dulu waktu kelas 10 saya juga beberapa kali gunain lpipet di lab.
    temen saya malah ada yang hobi mecahin pipet, ending2 nya disurug ganti sekian ratus ribu sama guru fisika :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia kang kalo di sekolahan pasti tuh sebelum akhir semester suruh ganti dulu

      Delete
  25. ada ilmu baru nih. makasih ilmunya mas...

    ReplyDelete
  26. Berarti ada karyawan yang bandel diam-diam menghisapnya dengan mulut ya, Mang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu ada kang. Yang di poto di atas tu. Hheheh

      Delete
  27. Anonymous14/6/15 02:06

    Wah, kalo disedot pakai mulut bisa berbahaya ya mang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia kang bisa terhisap. Dan jika larutannya beracun bisa meninggal orangnya. Atau sedikitnya gangguan kesehatan

      Delete
  28. makasih mas saya dapat ilmu lagi disini :-bd

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama kang ojik. Semoga manfat

      Delete
  29. Tidak boleh di sedot dengan mulut? pake hati boleh dong, mang?
    itu gambarnya menyesatkaaan, di sedot pake muluutttt X))
    terakhir megang pipet pas SMP pelajaran biologi nguyah-nguyah nasi :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. tu kan cuman praktek mas, kan keterangan poto nya ada..

      siap2 aja deh buat disetrap ama adminnya..

      Delete
    2. Kang reza kan itu afa keterangannya. Lemot nih jaringannya. Wah kalo sambil makan nasi bisa saya setrap tuh

      Delete
    3. Nah bner setrap dulu nih

      Delete
  30. Ngk boleh di isep pake mulut ya Mang...
    Kalo pake celana boleh nggak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya nggak berani baca komen ini..

      Delete
    2. Kaya apa saya ngejawabnya ya. :p Hhahaha

      Delete
    3. Kenapa kang aneh ya. Sama kang.

      Delete
    4. Kalo mau pake pipet harus pake celan kang

      Delete
  31. Saya jadi teringat pelajaran praktek sewak SMA Mang, sering make pipet nyoba natrium trus dimasukin dalam air.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya SMA cuman ngitung duit yang nggak keliatan doang..

      Delete
    2. Bahaya itu kang. Meledak

      Delete
    3. Itukan dulu. Sekarang udah keliatan kali

      Delete
    4. Iya si Mang, jadi angus LAB waktu entu.hahaha

      Delete
    5. hahahah bahaya nih kang. bisa - bisa dapat hadiah peringatan nih dari sekolah

      Delete
  32. dipakai buat minum es kelapa gimana ya hahahha

    ReplyDelete
  33. terima kasih mas atas ilmunya, banyak sekali ilmu yang saya dapet dari artikel mengenai penggunaan pipet yang baik dan benar ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama kang. Semoha banyak manfaat. Kalo mau pake pipet jgn lupa bismillah dulu

      Delete
  34. Colek aku dengan pipet mu bang #LaluDikeplak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh kalo mau saya keplak. hahahaha

      Delete

Silahkan berkomentar