Perkembangan Harga Batubara Jan-Maret 2016

Zodized.in kali ini kembali menginformasikan perkembangan harga batubara 2016. Tepatnya perkembangan harga batubara mulai januari sampai maret 2016 dan 2 pekan lagi akan keluar harga acuan untuk bulan april. Namun tidak ada salahnya zodized.in membandingkan dulu harga 3 bulan terkahir. Nah berikut perkembangan haga batubaranya.

Perkembangan Harga Batubara Jan - Maret


Pada awal tahun 2016 harga batubara di buka dengan harga yang cukup rendah, yaitu US$ 53.2 per ton harga tersebut mengalami penurunan dari bulan berikutnya yaitu Desember 2015 sebesar 0.58 %.
Pada perkembangannya jika di bandingkan bulan yang sama pada tahun 2015 turnnya adalah 16.67 %. Rekor pertama harga lebih rendah sejak tahun 2009.

Kemudian harga di bulan Februari 2016 harga batubarapun kembali turun keharga yang lebih rendah sekitar 2.28 % yaitu ke harga US$ 50,92 per ton. kembali memecah rekor terendah dari tahun 2009.

Setelah harga turun pada bulan february 2016 selanjutnya harga acuan batubara untuk bulan maret 2013 mengalamin kenaikan, meski tipis tapi mengalami kenaikan menjadi  USD 51,62/Ton meski tidak lebih tinggi dari haga january namun tetap saja memperlihatkan angin segar kenaikan harga batubara nasional.

Jika Secara Grafik Bisa Dilihat Pada Grafik Berikut ini:



Perkembangan Harga Batubara Merk Tertentu


Selain harga batubara yang telah menjadi acuan berdasarkan ketentuan berikut ini, seperti pada tabel dibawah ini,
Ada harga batubara merk tertentu yang sudah di hitung dengan formula tertentu yang berdasarkan harga acuan dari ESDM karena memiliki kualitas yang berbeda dari Harga Acuan. Berikut perkambangannya selama 3 bulan terakhir


Demikian informasi singkat seputar pekembangan harga batubara semoga bermanfaat.

Silahkan lihat juga tentang Penentuan Qualitas Batubara supaya mengetahui bagaimana batubara itu bisa menjadi berharga.


Sumber :
http://www.esdm.go.id/berita/batubara/44-batubara/8245-harga-batubara-acuan-maret-2016-naik-menjadi-usd-5162.html
Arsip www.zodized.in

Subscribe to receive free email updates:

101 Responses to "Perkembangan Harga Batubara Jan-Maret 2016"

  1. Naik turun gunung ya mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan nik turun gunung tapi naik turun tambang

      Delete
    2. tambang mas tambang batubara :D

      Delete
    3. ia mas tambang begituh..

      Delete
    4. batu bara bisa dibuat tambang ya.... :)

      Delete
    5. HAH...tambang....?!
      tambang buat ngangon kambing tea mang?...masa sih?

      #Mang Yono...mah.....aneh...ih

      Delete
    6. Hmm sepertinya harus sediain tambang nih buat ngangon mang lembu, ahi hi hi.

      Delete
    7. bener juga ya tambang itu kn tali ya. hahahah mang yono sama mang cilembu. mantap lah. saya ga ikutan sama kang nurul ya. hehehe

      Delete
  2. Alhamdulillah yah mag sudah berkembang dan marangkak naik lagi yah mudah - mudahan harganya tetap beratahan gak naik turun kayak bulan - bulan sebelumnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas mudahan mengalami harga yang cukup baik. biar saya dapat bonus gituh

      Delete
    2. Aamiin, semoga Mangadul Ganteng dapat bonus terus ya...

      Delete
  3. Wah... bulan Maret ini lagi naik ya Mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga naik terus ya mang :D

      Delete
    2. mudah mudahan di harga batubara april ini rada mending naik

      Delete
  4. itu harga batubaranya US$ 53.2 per ton atau sekitar 700ribuan, berarti murah ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalahnya jangan di suruh bawa sendiri mba. ha,, ha,, ha,,

      Delete
    2. pake plastik aja bawanya ya mas. murah kaya beli pasir aja

      Delete
  5. Walaupun naiknya dikit namun perlu disyukuri ya Mang, moga kedepannya semakin naik terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas harus disyukuri.. lumayan pengliannya kan banyak

      Delete
  6. mang pengetahuan tentang batu bara dari A sampai Z sudah mumpuni, gimana kalau saya ajak mamang untuk dagang sendiri batu bara, kira-kira 2 M cukup nggak buat modal awalnya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kagak bakalan cukup mang, harus jual blog dulu baru bisa cukup... :)

      Delete
    2. waduhhh baru ke jawab nih. kurang mang dua M.
      tambahi mang

      Delete
    3. saya bawa kopi nih mang :D

      Delete
    4. harus segera di bagiakan mas kalo gitu

      Delete
    5. terus amang kalau jualan batu bara .. ubinya mau dikemanain :)

      Delete
    6. Di kasihkan ke saya wa, ahi hi hi.

      Delete
    7. ubinya di bawa ke tambang mas.

      Delete
  7. enggak ngerti masalah batu bara -_-

    ReplyDelete
  8. Kalau dilihat dari grafiknya harga perkembangan batu bara sudah ada peningkatan ya Mang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya waulaupun sedikit yg penting naik dan tidak turun lagi ya mang

      Delete
    2. ia mas mas naik tipsss banget. lumayan

      Delete
    3. mas dzatmiko kalo ada pembhasan yang belum terbahas embail mohon maaf nih.

      Delete
  9. Sepertinya mengalami penurunan mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk mulat maret naik tipis mas

      Delete
    2. tapi kalo dilihat secara lurus menurun semua mas.

      Delete
    3. ia mas naik masih dalam ke adaan lebih kcil

      Delete
  10. Faktor apa yg bisa membuat harga batubara turun ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. permintaan akan batubara berkurang mas. dan harga minyak kayanya turun banget mas. orang lebih milih minyak kayanya mas

      Delete
    2. oh. jadi gara gara harga minyak turun. orang lebih mencari bahan bakar yang lebih murah.

      Delete
    3. ia itu dia mas salah satunya

      Delete
  11. meningkat lagi ya harganya? semoga terus meningkat deh ga turun-turun lagi :)

    ReplyDelete
  12. Kalau Saya sendiri tidak begitu paham dengan batubara,, tapi Saya harap harga perkembangan batu bara semakin membaik

    ReplyDelete
  13. semoga batu bara harganya semakin naik

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mb, mari dekat saya mb, kita doain bersama :D

      Delete
    2. yang pentig kita semua sehat wal afiat. aamiinn

      Delete
  14. harga pada bulan februari kemarin turun, dan bulan maret ini naik semoga bulan april nanti bisa baik lagi dan terus meningkat naik ya mang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga mendapatkan harga yang pas mas. hehehe
      biar ga banyak karyawan yang di stop

      Delete
  15. Mudah-mudahan ke depannya seperti itu, harga naik lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah - mudahan stabil mas. yang menguntungkan ajalah bagi rakyat banyak.

      Delete
  16. Itu harga batu bara turunnya mengahawatirkan ya ?

    ReplyDelete
  17. naik turun nya produk dari sebuah perusahaan itu wajar mas...mengingat perusahaan lokal sekarang bersaing ketat dengan produks produks dari perusahaan asing

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ada benarnya juga mas...

      Delete
    2. itulah fenomena yang terjadi pada pertambangan yang ada di indonesia mas

      Delete
    3. nah ia betul bisa jadi mas. kan udah mea sekarang

      Delete
  18. Salam blogger, postingan yg bermanfaat. blogwalking sekalian silaturahmi :)

    ReplyDelete
  19. ada kenaikan bertahap ya mas

    ReplyDelete
  20. Banyak faktor yg bisa menjadi penyebab harga tidak stabil..mungkin dari efek pelemahan ekonomi global ya mang?

    ReplyDelete
  21. syukurlah bulan ini harga batubara mengalami kenaikan. meski cuma sedikit :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas indra dikiiit banget. mas saya belum bisa mampir ya

      Delete
  22. Replies
    1. masih lebih rendah dari bulan january mas

      Delete
  23. semoga batu bara harganya semakin naik ya mas

    ReplyDelete
  24. batu bara, adanya di mana sih mang dul, saya baru tahu harga batu bara disini, ternyata batu bara bisa naik turun harganya yah mang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada di aceh kang ajay, mari nak intips :D

      Delete
    2. batubara itu ia mas naik turun harganya. sekarang lagu di bawah.
      penyebaran batubara yang sedang di manfaatkan sekarang di kalimantan dan sumatra mas

      Delete
  25. ikut senang mas harga batu bara mulai naik lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya sih yang penting ga ada penutupan tambanng aja

      Delete
  26. awal maret yang bagus, lalu bagaimana sekarang di awal april masih naik atau turun lagi mas?

    ReplyDelete
  27. Ternyata bisnis batubar juga berisiko juga. Lebih banyak turunnya daripada naiknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya untuk tahun 2015 sampe sekarang turun terus mas. makanya banyak yang gulung tikar

      Delete
  28. semoga bisnis mang aduls lancar terus deh ya mang < harga batubara pun naik terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin. saya mah sekarang bisnisnya ayam kampung mas. hehehe
      batubaramah sebagai karyawan aja mas

      Delete
  29. kalau bisnis kadang naik kadang turun ya
    mudah-mudahan lancar jaya mas

    ReplyDelete
  30. saya tunggu perkembangan berikutnya mas

    ReplyDelete
  31. ternyata amang kita yang satu ini bosnya batubara ... Jempol dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayamah buruh jasa pertambangan mas. bukan bos

      Delete
  32. Alhamdulillah harganya sudah kembali naik... :D
    Semoga terus naik... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudahan mendapat yang terbaik saja mas. khusnya buat saya.

      Delete
  33. mudah-mudahan harga batubara tidak turun lagi tapi terus naik ya mang

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya jgn terlalu naik juga. yang pas pas aja .

      Delete
  34. alhamdulillah naik lagi harganya, semoga terus naik

    ReplyDelete
  35. Mentang-mentang harga batubara naik, Mangadul Ganteng langsung ilang dah dari peredaran
    heee...hee....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah bkan gitu mas. lagi buanyak tugas nih.

      Delete
  36. mang adul kemana ya ko ga muncul-muncul, apa harga batu bara turun lagi ya?

    ReplyDelete
  37. Kalau bulan april gimana mas sekarang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk april mengalami kenaiakn mas adam menjadi 52.32 $

      Delete

Silahkan berkomentar