Perkembangan Analisa Batubara

Tahun 2014/2015 setelah Cina mengurangi pasokan batubaranya dari indonesia dan lainnya, saat ini batubara yang masuk kewilayahnya haruslah  lolos uji standar cina yang cukup ketat yang kemudian standarnya tersebut disebut dengan GB standar.
Cina memang sangat berani dalam mengambil kebijakan tapi dengan demikian cina bisa maju dengan pesat.
Begitupun dengan analisa dalam batubara, seperti yang disebutkan di atas Cina memiliki satandar tersendiri yang lain dari yang lain. Sebagai perbandingan Untuk indonesia SNI batubaranya meniru atau sama dengan ISO atau ASTM.
Analisa yang di minta oleh Cinapun tidak seperti biasanya  Generan Analisa dan beberapa tambahan semisal Ultimate, HGI, AA, dan Aft  namun sekarang Cina meminta analisa seperti analisa Radiasi, analisa granularity pada batubara. Analisa tersebut belum banyak yang bisa melakukannya di Indonesia untuk di aplikasikan pada batubara.
Dengan adanya analisa dan standar husus GB maka mau tidak mau jika ingin menjual batubara ke Cina haruslah menyertakan analisa yang di minta dan menggunakan standar GB.
Sementara analisa yang diminta belum banyak yang diaplikasikan untuk batubara.



Yang Menarik bagi zodized kali ini adalah analisa radiasi pada batubara. Kenapa aneh, karena sebelumnya tidak terpikirkan bakalan ada analisa seperti itu pada batubara.

Awalnya berpikir mana mungkin ada radiasi pada batubara, ternyata setelah dilakukan analisa memang batubarapun mengandung radiasi meski sangat kecil dan tidak berbahaya.

Cina memang cukup luarbiasa entah untuk keperluan apa sehingga nilai radiasi batubarapun sangat di pertimbangkan oleh Cina.

Tidak hanya itu dan tidak kalah membuat terkejut adalah analisa xylit dan granularity untuk batabara.
Jujur saja tidak banyak pengetahuan tentang analisa tersebut jika diaplikasikan pada batubara. Dan mungkin standarnya hanya ada di GB standar.

Jika memang sudah mengetahui prosedurnya ingsa Alloh akan di posting disini.

Mungkin cukup sekian dulu untuk perkembangan anlisa betubara. Yang memiliki referensi silahkan berbagi.



Ditengah harga batubara yang terus turun dibarengi dengan analisa yang semakin rumit sungguh luarbiasa tantangannya. Semakin menarik saja.





Subscribe to receive free email updates:

60 Responses to "Perkembangan Analisa Batubara"

  1. Mas ada kata yg salah "seemntara" diatas gambar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas makasih koreksinya saya salah terus nulis ya.. hehehe

      Delete
    2. Mikir tanggal tua belum gajian kali...

      Delete
    3. sudah muda sekarang mas

      Delete
    4. nah ia bner ini udah muda nih mas tanggal 3 nih

      Delete
    5. saya yang paling keren mas. hehehe

      Delete
  2. Ternyata negara cina kalo soal buat keputusan lebih berani ya, indonesia kalah wkwkwk.

    ReplyDelete
  3. Ternyata batubara juga ada radiasinya ya mas, saya pikir cuma bom nuklir doang yg ada radiasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia itu dia mas saya kira ga ad. emang adacuman kecil sekali

      Delete
    2. wah kalo kecil gak bisa buat bom dong. hehe.

      Delete
  4. Bisa jadi perang dagang Mang, ada niat tertentu dibalik ini semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi mas. mungkin saja seperti itu

      Delete
  5. selalu ada kabar menarik tentang batubara disini, jadi makin betah ubek2 blog ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mas. tapi ini saya baru on lagi juga mas. dan masih terbata - bata nih

      Delete
    2. kirain terbatu-batu bara mangs :D

      Delete
    3. ia mungkin mas terselek batu

      Delete
  6. tentang batubara ya mas.. saya tidak paham tentang batubara ini.. semoga saja kedepannya saya bisa mempelajarinya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mas dipelajari.

      Delete
    2. iya mas.. jadi mulai sedikit mengerti... tapi masih banyak bingungnya heheee

      Delete
  7. Memang begitu negara china...makanya mereka cepat menjadi maju dan bisa menyaingi raksasa ekonomi dunia yaitu amrik..

    Apa mungkin di batubara ada kandungan uraniumnya mang sehingga ada radiasi di dalamnya atau zat kimia tertentu mungkin?
    Jangan-jangan ada sianidanya mang? haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah mungkin kalo mau maju. mungkin g cuman si Anida si Enok juga ada mas

      Delete
    2. 101 buat siapa mang, saya yah :) asik

      Delete
    3. bolh mas silahkan ambil mas di pom ;)

      Delete
  8. Mang ada teks yang salah tuh di atas gambar

    Dengan adanya analisa dan standar husus GB maka mau tidak mau jika ingin menjual batubara ke Cina haruslah menyertakan analisa yang di minta dan menggunakan standar GB.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin mau nulis huruf kali ya....

      Delete
    2. jadi malu saya ya. banyak salahnya. hehehe
      makasih mas sudah koreksi

      Delete
    3. biar saya yang atasi mangs, :)

      Delete
    4. oekh mas terimakasih banyak :D

      Delete
  9. batu bara ternyata mengandung radiasi juga, pengin tau dampaknya mas bagi manusia yang ada disekitar

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas sepertinya dalam batas yang sangat aman mas. kecil sekali hasilnya.

      Delete
  10. Saya baru tau kalo ada batubara yang berradiasi... China keren ya, batubara aja punya standard yang tinggi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia sama saya juga baru tau kalo batubara harus di analisa rdiasinya.

      ia mas standarnya tinggi sekarang cina

      Delete
  11. semoga batu baranya semakin berkembang terus dan jaya mangs, hati senang dan bahagia :)

    ReplyDelete
  12. orang luar mah segala sesuatu di jadikan penelitian biar kedepannya ada pengalaman yang luas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu harusnya orang kita juga seperti tu mas

      Delete
  13. saya ngk ngira lho ada radiasinya, fikirnya kn cuma sama kya batu biasa gitu..

    ReplyDelete
  14. Maaf ya mang adul ganteng saya baru sempat berkunjung, aktivitas padat yang membuat saya jarang buka blog hehehe

    ReplyDelete
  15. Saya kira hanya handphone dan alat elektronik yang memancarkan radiasi, ternyata batu bara juga ya mang? walaupun hanya sedikit dan tidak berbahaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas. mungkin kalo di ukur semua juga ada radiasinya juga mas. mungkin alasan aja cina biara terlihat keren. hehehe

      Delete
  16. saya juga baru tau bahwa batubara itu mengandung radiasi walaupun cuman kecil mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangankan radiasi, lawong batubaranya aja saya belum pernah melihat langsung jeh

      Delete
    2. nanti mas kalo ketemu saya bawa mas. bisa dilihat mas batubaranya. hehehe

      Delete
  17. tantangan itu akan membawakan hasil yang luar biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas jika berhasil mengalahkan tantang pasti hasilnya luar biasa

      Delete
  18. semakin rumit akan semakin berjaya, percaya deh :D

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar