SECUIL TENTANG ANALISA DALAM BATUBARA

Pemirsa bloger sambil belajar ngeblog corat coret sedikit tentang analisa batubara meski cuman secuil, biarlah........
Saya ambil dari pengalaman sendiri tentang apa aja analisa dalam batubara dan bagaimana menganalisanya.
langsung saja permisa bloger ke intinya apa aja itu.:

Sebelumnya sori kalau secuil. hehehe...............................

1. Analisa Proximate

   Analisa proximate terdiri dari beberapa analisa di antaranya
               1. Analisa Kadar air (Moisture)
               2. Analisa Kadar Abu
               3. Analisa Volatile Matter
               4. Analisa Fixed Carbon

   Nah mungkin pemirsa bloger ada yang bertanya tanya apa dan bagaimana analisa tersebut di atas.

Okeh baiklaha kita mulai satu per satu apa itu dan bagaimana melakukannya.

Analisa Kadar Air Batubara (Moisture)

Apa itu analisa kadar air dalam batubara?
dari namanya saja sebenarnya sudah jelas, yaitu mengukur kandungan air dalam batubara saat batubara itu di analisa. Yang menarik dalam kadar air batubara ini, kadar air yang didapat bukanlah kadar air batubara di alam atau saat pengambilan melaikan kadar batubara saat analisa dilaboratorium saja. Kenapa demikian?
wah sebenernya harusnya dijelaskan di awal kenapa demikiannnya tapi ga apalah terlanjur ditulis lanjut saja. Jadi begini pemirsa bloger batubara sebelum di analisa dilaboratorium akan disiapkan sedemikian rupa sehingga siap untuk dianalisa dilaboratorium atau dalam dunia analisa batubara sering disebut sebagai proses preparasi. Dimana batubara yang berasal dari tumpukan atau dari truck atau dari conveyor atau dari stockpile atau dari mana saja yang diambil dengan cara khusus (dalam dunia batubara di sebut sampling)  di proses dengan cara di kecilkan di kurangi beratnya dan mengalami sedikit pemanasan khusus. sehingga akhirnya di kecilkan ukurannya agar mudah di analisa dilaboratorium.
Nah pemirsa bloger itulah sebabnya kenapa kadar air yang dihasilkan bukan kadar air dimana batubara itu di ambil karena pada proses preparasi ada pemanasan khusus terlebih dahulu. (lihat preparasi)
Oke  pemirsa bloger apa itu kadar air (moiture) sudah terjawab nah sekarang Bagaimana Melakukannya?Pemirsa bloger  analisa ini tidaklah terlalu sulit tapi membutuhkan tehnik.
Secara sederhana atau prinsipnya hanyalah bagaimana menguapkan air dalam batubara sampai habis setelah proses preparasi sementara batubara itu tidak boleh terbakar ataupun hangus. Ingat batubara adalah bahan bakar.
Ada cara untuk itu setidaknya berdasarkan yang sudah saya lakukan. Sebenernya berdasarkan prosedur yang di akui dunia, seperti standar ISO atau ASTM dll. kalau mau lihat ke prosedure tersebut silahkan saja cari di standar tersebut.
Inilah pengalaman saya.
sejumlah sample batubara dengan ukuran halus 0.212 mm atau 0.250 mm dipanaskan, tentu saja biar cepat dan batubara tidak gosong ada tehniknya yaitu dipanaskan dengan suhu di atas titik didih air tapi jangan terlalu tinggi.  Kita gunakan oven husus ( lihat Gambar 01) pada suhu 105 oC s/d 110 oC dan ingat itu saja tidak cukup batubara masih bisa gosong. Ada 2 cara setidaknya 2 cara  yang pertama kita paksa airnya keluar cepat2 atau kita tahan agar batubara jadi sukar terbakar.
okeh saya melakukan keduanya. dilakukan selama 1.5 jam
Yang pertama saya gunakan gas tekan tujuannya agar uap air yang sudah terbentuk terdorong dari dalam oven dengan cepat hanya saja jgn terlalu lama dipanaskan akan tetep saja terbakar kalau kelamaan apalagi batubaranya sangat muda.
Yang kedua dengan menggunakan gas yang sukar bereaksi gas inert yaitu gas nitrogen. Jadi saat batubara dipanaskan dialirkan gas nitrogen pada ruangan oven. Dan setelah selesai tinggal di hitung deh kadar airnya.
begitulah cara meng analisa kadar air dalam batubara. Salah satu prosedurnya bisa dilihat disini Penetapan moiture batubara

Gambar 01
                                                                   
Analisa Kadar Abu Batubara

Pemirsa bloger kita lanjut ke analisa kadar abu batubara. Apa itu dan bagaimana.?
Analisa kadar abu batubara adalah proses dimana tujuan akhirnya ingin mendapatkan kadar abu dalam batubara dan ini berbeda dengan kadar air kadar abu batubara ini mencerminkan kadar abu pada asal batubara itu di ambil meski mengalami proses preparasi yang sama dengan analisa kadar air.
kenapa demikian karena semua proses preparasi baik pengurangan ukuran, pengurangan berat pembagian dan pemanasan husus tidak akan mengurangi atau menambah kadar abu pada batubara yang di proses.
Nah pasti pemirsa bloger langsung cling ngeh dan hapal.
tanpa panjang lebar sekarang bagaimana melakukannya.?
berdasarkan pengalaman saya ini juga mudah dan tentu ada tehnik tertentu agar kadar abu yang di dapat adalah kadar yang benar.
pertama kita mebutukan tungku husus agar mudah. Setidaknya seperti gambar 02

gambar 02

pada tungku tersebut ada lubang udaranya agar batubara yang berada didalam terbakar sempurna tapi perlahan. Pemanasarnyanya tidak boleh langsung harus tahap demi tahap. 
Setelah di panaskan beberapa lama waktu tertentu batubara akan habis dan tersisa abu, itulah yang menjadi hitung hitugan kita untuk mengetahui kadar abu pada batubara. 

Analisa Volatile Matter


Pemirsa bloger  selanjutnya adalah analisa volatile matter. Apa itu  dan bagaimana? okeh lanjut........

Volatile atau sering disebut zat terbang pada batubara, jelaga bahasa kerennya atau biar gaya gini kali "volatile matter adalah gugus hidrokarbon dengan rantai alifatik atau rantai lurus." 
Nah itu dia volatile matter dan sekarang cara melakukan analisanya yaitu sejumlah batubara yang sudah di preparasi di panaskan pada suhu tertentu dan waktu tertentu dengan sedikit sekali udara. berbeda dengan analisa kadar abu analisa volatile matter ini sedikit menggunakan udara. Sehingga tungku yang di gunakannya pun tidak memiliki rongga udara seperti tungku untuk analisa kadar abu. Lengkapnya bisa dilihat disini


Fixed Carbon

Pemirsa bloger Fixed Carbon adalah kandungan carbon yang menhasilkan panas saat batubara di bakar nah cara menganalisanya tidak secara langsung  melaikan hasil pengurangan 100-moiture-volatile matter-kadar abu.

Pemirsa bloger  itulah secuil uraian analisa proximate dalam batubara.


2. Analisa Total Moisture

Nah pemirsa bloger yang ini berbeda dengan analisa moisture pada analisa proximate kadar air yang dihasilkan adalah kadar air yang ada pada batubara di mana batubara itu diambil tapi berlaku saat pengambilan saja, karena jika sudah lama bisa berubah bisa terkena hujan atau terkena panas.
Intinya pada analisa  total moiture ini air yang keluar dari sample baik pada proses preparasi ataupun analisa harus tercatat dan akurat. untuk caranya mungkin cukup panjang jadi saya ulas khusus  bisa lihat disini . Prosedur Analisa TM agar cepat hasilnya bisa di lihat disini

3. Analisa Total Sulfure

Pemirsa bloger yang di maksud analisa Total Sulfur adalah banyaknya kandungan sulfur dalam batubara, baik itu sulfure organik atau sulfur an organik. Cara melakukannya yaitu dengan menguapkan sulfur yang ada dalam batu bara kemudian uapnya kita reaksikan dengan oksidator, biasanya yang saya pakai H2O2 agar menjadi asam sulfat dan mudah untuk di analisa berdasarkana prinsip reaksi asam basa. Tinggal asam  sulfat yang terbentuk dari pembakaran dengan berat tertentu akan beraksi sempurna dengan H2O2 mengahsilkan asam sulfat dan asam sulfat tersebut tinggal di reaksikan dengan basa standar agar diketahui mol terlarutnya. Sehingga Mol sulfurpun akan diketahui dari mol standar basa yang kita gunakan. Sebagai contoh reaksi yang saya gunakan standarnya borax.


Atau dengan cara yang modern yaitu dengan alat canggih semisal menggunakan infa red. 

4. Calorivic Value

Untuk analisa ini jelas sangat diperlukan dalam batubara karena batubara dijual berdasarkan nilai panas. 
Biasanya analisa Calorivic Value ini  menggunakan alat khusus pengukur panas. Prinsip kerja alat tersebut harus bisa mengukur seberapa banyak kalori yang dihasilkan dalam pembakaran sejumlah batubara tertentu.
bisa mengerjakan rumus Q=M.C.Perubahan suhu
Untuk prosedurnya penetapan calori batubara menggunakan PARR

pemirsa bloger sebenarnya masih banyak sekali analisa batubara. Ada HGI, Analisa abu batubara, Ultimate, Ash Fusion Temperature, EQM, MHC, dll.
tapi cukup sekian dulu ingsa Alloh kita sambung di beda judul.



Subscribe to receive free email updates:

23 Responses to "SECUIL TENTANG ANALISA DALAM BATUBARA"

  1. Hahaaaa secuil jar panjng lbr gni.
    lain secuil tp bercuil2 heeeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. tulisannya lumayan panjang. tapi analisanya emang secuil. masih banyak lagi analisanya.

      Delete
    2. kalo di satuin bukunya bentuknya jadi kotak. hehehehe gituh sayang

      Delete
    3. sepakat dengan neng eliz.
      neng...dapet salam dari saya.. =(

      Delete
    4. salam pailed kang :D

      Delete
  2. Udah beberapa haringe bahas Batu bara, jadi penasaran apakah pekerjaannya hubungan dengan batu bara mang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksdnya pekerjaan sayah. sayahmah kejanya di lab analisa batubara. emang untuk postingan awalnya tentang batubara dan analisanya.

      Delete
  3. sering bahas analis nih. apa pekerjaan mang seorang analis ya.. wow keren..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tugas sayamah cuman ngasih keterangan aja kang

      Delete
    2. kalo kang Alul mau analisa batubara bisa sama sayah kang. hehehe maksud sayah ke tempat saya kerha kang :D

      Delete
  4. wah keliatan rumit ya prosedurnya buat orang yang baru tau hal-hal semacam ini kaya saya hee.
    berarti setiap batu baru itu punya tingkatan kualitasnya masing-masing ya? atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia kang batubara itu. kualitasnya berbeda - beda tapi has. dan itu harus di priksa kang

      Delete
  5. nyimak aja deh, saya kaga ngerti -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp kang. kan kita sama sam belajar. awalnya mungkin g ngerti lama - lama bisa jadi ngerti.

      Delete
  6. wuih...adminnya yang biasa biasa saja (baca: ngga keren) ternyata ahli dan pakar banget soal batu bara ya....beneran pengusaha batu bara yang mumpuni deh ih mang aduls teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. mang lembu dapat saingan nih...
      pakar batu bata

      Delete
    2. @mang cilembu sayah sekeren ini di bilang ga keren. hahahahaha.
      ahli dan pakar sepertinya sayah masih belajar kang.
      sama ini kang bukan pengusaha batubara kang tapi pengawal aja kang.pengen juga sihhh jadi pengusahanya. banyak kayanya duitnya :D

      Delete
    3. kalo mang lembu emang pakarnya kang

      Delete
  7. wah lengkap kang infonya..., makin menarik nih tentang batu bara ini (:

    ReplyDelete
  8. mantap, om
    banyakin yang beginian biar aku bisa belajar
    jadi malu, tiap hari di tambang batu bara tapi ga ngerti sama sekali yang kaya diatas, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. tambang mana kang. okehlah siap kalo suruh di banyakin.

      Delete
  9. secuilnya berati gede banget buat saya, Mang. ampe puyeng juga. xD
    Tapi nambah ilmu. waktu sekolah kayaknya pernah deh dikasih tau tentang analisa kadar nilai panas, repeatability atau apalah, tapi cuma dikasih tau doang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. awalnya kan pasti di kasih tau dulu. nah selanjutnya pasti harus di coba. kalo berlanjut.

      Delete

Silahkan berkomentar