Cara Update Artikel Blog Via Email

Zodized kali membahas masalah menulis artikel bukan isinya tapi caranya.

Terkadang ketika di tempat kerja yang hanya bisa koneksi untuk email saja via outlook  atau ditempat yang tidak bisa akses dasbor blog karena peralatan yang masih kuno atau tepatnya hp yang masih kuno hanya bisa email saja dan untuk masuk ke dasbor bloger ram hp tidak tahan sehingga langsung keluar aplikasi, seperti hp saya. hehehehe.
Tidak mengapa bagi pengguna blogspot karena ada solusi, yaitu post artikel via email.
Meskipun ini bukan hal baru bagi para bloger tapi ini baru ngeh buat saya lakukan.

Langsung saja kalo begitu tanpa tunda tunda, biar cepat berikut caranya.


Pertama Login ke blogspot, selanjutnya :

1. Masuk Kesetelan

2. Pilih Seluler dan email

3. Untuk hal ini pilih
Mempublikasikan Entri menggunakan email.
Masukan kode yang anda inginkan supaya tidak diketahui orang lihat gambar di bawah no 3
Selanjutnya bisa dipilih segera publikaskan atau simpan di darft.

4. Selanjutnya pilih save

Perhatikan gambar berikut biar gampang.



Jika ingin menyeting via seluler atau MMS bisa saja tekan aja no 5 pada gambar di atas. Silahkan anda ikuti langkah-langkanya.

Sebagai catatan untuk menambhkan gambar lampirkan saja saat mengirimkan email post. Gambar akan di simpan di awal post.

Sekian semoga beranfaat. Aamiin.

125 comments for "Cara Update Artikel Blog Via Email"

  1. bisa di coba juga nih mas triknya untuk update blog via email, kadang jika sangat sibuk dalam keadaan mendesak tetap bisa update blog terus, nice info nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya seneng kalau dapet duit

      Delete
    2. Itu juga seneng kang

      Delete
    3. saya malah tidak pernah kepikir kesana hehe...

      Delete
    4. seumur-umur ngeblog belom pernah posting artikel via email...saya keren apa katro. coba?

      Delete
    5. mang yanto mah emang mata duitan.

      Delete
    6. karen aja kang. hehehe

      Delete
  2. Masih pagi nih...blog kn wae...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelum aktipitas. diawali dengan bismillah lalu ngepos. hehehe. baru deh yang lainnya.

      Delete
    2. Awali dngn bsmilah llu bbm dung ucpin ap gt.....

      Delete
    3. Ngepos d blog d no 1 kn yahhh????siip

      Delete
    4. hayo ada yg marah nih.
      saya nggak ikut2 lo
      beneran

      Delete
    5. neng...dapet salam dari saya nih...diterima ngga... coba?

      Delete
    6. hussss....ini istri sayah kang.

      Delete
  3. lumayan nih bilamana sedang mendesak, tapi lumayan ribet juga kayanya, saya sendiri lebih milih update artikel di kompi biar enak.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg paling enak pake pc. ini kalau lagi mepet aja.

      Delete
    2. Hooh gtel klo g ngepost yah jd d smpet2in wlau mepet jg.....hedewwh

      Delete
    3. kayanya ini kerjasama suami-istri deh :D

      Delete
    4. mantap kan kang. hehehe

      Delete
  4. wah ilmu yang bagus nih, kadang kan sehari-hari lebih sering depan hp dari pada depan PC

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju...tapi tetep masih lebih bagus neng Devi deh ih

      Delete
  5. dengan cara ini jd lebih mudah untuk melakukan update artikel yamang.
    pasti sangat bermanfat bagi pengguna blogspot

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia kang, kalo lagi mepet pengen post.

      Delete
  6. kalau nggak bawa laptop,biasanya juga pake cara ini.
    sangat bermanfaat,bagi yg belum tau mang adul :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia kemarin otak atik dasbor ketemu ini. lumayan manfaat bagi saya

      Delete
    2. saya baru tau loh kang, kalau update artikel bisa via email hehehe. . mantab nih kang aduls artikelnya, nambah wawasan lagi #nhun kang ah hehehe

      Delete
    3. Silahkan d cobian kang

      Delete
  7. sering merasakan dulu posting lewat hp waktu masih bertugas didaerah terpencil

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kang saya juga terpencil 121 km dr pusat kota. tapi tdk apa2 tetap hepy aja.

      Delete
  8. Dapet imu baru dari si akang thank's ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama kang. silahkan d cobaan

      Delete
    2. moal kang asinmah. paling rada-rada hasem :)

      Delete
  9. Wahahah bener bener KUDET alias kurang APDET saya eui. Wahahha, Setau saya sih Update BLOG bis dari fitur fitur yang ada di ANDROID. Eaaa ini malah praktis dari EMAIL Saya akan pelajari dulu ya. Heiheihiehiehiee. Terima Kasih sudah berbagi Salam dari Pontianak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo udah ada android sepertinya mending dari android bisa gampang editnya. ini kuhusu yang masih pake prangkat jadul seperti sayah. hahahahaha....
      Silahkan kang dipelajari via mms juga bisa. sms juga bisa

      Delete
  10. gak ada kompilepi ? no matter laah, keep on blogging ..
    pake cara Mang Aduls dooong. haturnuhun, dicobian heula :)
    biar sll update, sakalian sayah follow blog-nya.

    ReplyDelete
  11. nanti teratur gak tulisanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo tulisannya akan sama seperti pake pc. Lampiran gambar biasanya akan di awal artikel. Bisa di coba dulu aja kang. Tp setingnya simpan draft aja. Kalo sesuai isi ht slanjutnya bisa langsung post aja.

      Delete
    2. mang, saya sudah coba update via email, yang jadi masalah adalah saat upload gambar. jadi gak HD kalo udah sampe di blog, gambarnya rusak.
      gimana ya biar gambar yang di upload tetap bersih?

      Delete
    3. Kang kirim emailnya menggunakan apa?
      Sepertinya itu memang salah satu kelemahannya kang. secara otomatis gambar akan berubah ke ukuran dokumen.

      Delete
  12. Kadang paling malas emang ngeblog pakai HP, Ram menipis hanya 512, selalu keluar jika sedang buka banyak browser... Saya belum pernah nyoba, Berarti langsung di sinkronkan, gak perlu buka lagi blognya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dia kang g enak banget pokonya. Kalo pake email g ribet lagi pake heng

      Delete
    2. Bagus lewat gmail atau yahoo mas... jadi mau coba...

      Delete
    3. Saya mencobanya menggunakan gmail. Sepertinya untuk email pengirimnya bebas aja kang. Yang penting tujuannya ke alamat yg kita setting

      Delete
  13. Sudah setahun ini saya buat artikel via hp mas, dan untuk ngerapihin dan publishnya via tablet.. lumayan koata juga jd lebih irit :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ada yg sudah mencobanya setahun. Btarti cara di atas terbukti aman. Hahahahahah. Terimakasih kang sering nya

      Delete
  14. ini bisa dijadikan bilamana sedang mendesak ya kang, update artikel via email. saya bookmark dulu ya kang untuk artikelnya :) .

    ReplyDelete
  15. Waha... belum pernah nyoba, aku nulis ya nulis aja langsung di post saat itu juga pakai leptop itu. Udah jadi kebiasaan si..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu yg paling baik. Pk pc

      Delete
    2. kalau sedang mendesak, bisa dicoba pak, sbgai jalan alternatif aja :D

      Delete
    3. Nah itu dia kalo mendesak

      Delete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Keren juga ya jadi simpel dan praktis mas. Tapi bakal rapi enggak ya ketikannya?

    Soalnya enggak rapi kan jadi enggak terlihat profesional ^.^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus di coba dulu kang simpan draft dulu. Kalo g sesuai mending jgn

      Delete
  18. Ini yang sedang saya pelajari, mau posting cukup via email atau ponsel, tapi caranya sulit juga ya.....ijin mempelajari dulu mas, semoga lancar posting via emainya

    ReplyDelete
  19. Saya belum coba nih update artikel via email
    masih bingung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa di coba kang. Kalo udah di buka dash bord nya g bingung lagi

      Delete
  20. langsung dicoba tipsnya mas, sebab belum pernah melakukan hal ini :D

    ReplyDelete
  21. Tips yang bermanfaat nih, belum pernah nyoba update artikel via email

    ReplyDelete
  22. lumayan kang buat kepepet pake caranya, tuhkan diatas yang belum pernah nyoba lagi ngantri.makanya coba dong biar gaul..

    ReplyDelete
  23. Ini sih jurus super kepepet pisan sampai semua nya nggak bisa. Simpan deh siapa tau kepepet

    ReplyDelete
  24. Anonymous19/5/15 01:26

    Wah, saya coba dulu ah mang, mana tau ntar kalau kepepet bisa gunain jurus ini hehe Terima kasih mang buat jurusnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama kang. Silahkan bisa di coba coba dulu

      Delete
    2. Anonymous24/5/15 03:45

      Gratis kan mang? hehe

      Delete
    3. Pasti itu. Gratisssss

      Delete
  25. wah keren mas... saya juga baru ngeh... terima kasih ams ilmunya jadi nambah tahu mantap dah....

    ReplyDelete
  26. wah saya belum pernah mencobanya mang, trims infonya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan bisa di coba kang. asala seting ke draft aja dulu

      Delete
    2. mampir lagi mang, sambil nyimak ilmunya

      Delete
  27. Enak banget ya mas bisa buat artikel dan ngepos dari email, coba ah besok. Makasih ya mas. Ngomong-ngomong blognya sekarang jadi keren kang. he,, he, he,, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kalo jadi kerenmah kang. mkasih kang.
      silahkan di coba - coba

      Delete
  28. membantu juga si,tp susah juga kalo mw menata posisi image,sama tataletak yang lainnya

    ReplyDelete
  29. hp jadul saya juga masih berfungsi dengan baik mang jadi mau coba juga untuk bernostalgia

    ReplyDelete
  30. blom pernah nyoba,
    boleh juga neh triknya, jadi alternatif cara posting

    ReplyDelete
  31. lha, terus nanti kita nulis di email, terus dipublish gitu mas?

    saya pakai aplikasi blogger di android, jadi aman lah

    ReplyDelete
  32. Makasih mas tipnsya, sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  33. Tengsin baca komentar sendiri jadi tak hapus aja hhehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha kenapa meski tengsin kang:)

      Delete
  34. Assalamu Alaikum kalau saya pake chrome blog ini terdeteksi malware mang

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumussalam noted kang. coba saya cek kenapa ini ya.

      Delete
    2. Saya pakai chrome masih aman kok. mungkin ada Js yang terinfeksi malware mas...

      Delete
    3. Spertinya saya tau penyebabnya. Iklan yg saya pasanh. Revenue hits yang bikin

      Delete
  35. Keren juga kalo kayak gini, setiap orang tentunya tidak harus dituntut duduk berlama-lama didepan Komputer. Kalau begini upate pakai ponsel pun juga bisa dilakukan, senyaman mengirim e-mail ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap kang di phami. Betul itu kang. Tp kalo hpnya sudah g jadul. Mending menggunakan aplikasi saja kang

      Delete
    2. Anonymous26/5/15 12:10

      tuh kan sama dengan pemikiran saya. heee
      jadi ada kawan saya mang.

      Delete
    3. seratuslah buat mbah dinan

      Delete
  36. wah baru tau saya kalu bisa update artikel via email. makasih infonya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia kang sebrnya udh lama nih kang bisa dipakai

      Delete
  37. Replies
    1. sama - sama silahkan bisa di coba jika bermanfaat

      Delete
  38. gw malah ngak nyaman kalo via email, perna nyoba 2 kali trus gagal setelah itu males

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau malah g nyaman lebih baik jgn di gunakan. ini untuk kepept saja kang

      Delete
  39. Anonymous26/5/15 12:10

    dulu pernah melakukan cara ini, tapi kayaknya lebih sedap langsung ya gan. heee
    tapi kalau lewat email kan bisa diterapkan di android, kayaknya lebih cepat ya. ok makasih pencerahannya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ada android mending langsung saja mbah biar ga belit - belit

      Delete
  40. hihi saya belum pernah coba ngepost dari email, soalnya kalau saya buka email sudah pasti didepan laptop

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahha.
      ini semua hanya untuk orang yang menggunakan peralatan yang masih jadul kang. atau dalam ke adaan mepet. sementara hanya bisa kirim email saja. seperti hp yang rmanya hanya 512 :D

      Delete
  41. Saya sudah mengenal blog dari tahun 2012, tetapi jujur belum pernah meng-update artikel blog via email Pak. :D
    Takut format tulisan postingannya tidak sesuai yang saya harapkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus di coba - coba dulu. setting dulu save draft. jika sudah cocok baru bisa langsung. jika tidak cocok jgn di lanjutkan

      Delete
  42. Tetap lebih gampang lewat Blogger nya langsung kang, udah biasa sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kalo sudah canggih. mending langsung kang. ada yang gampang ngapain yang ribet :D

      Delete
  43. Boleh juga tuh tipsnya kalau pas lagi kepepet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia tp hars di coba - coba dulu biar sreg dengan hati

      Delete
  44. saya buka email pakai laptop, mending sekalian buat artikel di blog nya langsung hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu yang paling enak kang. cuman ini jika dalam keadaan sangat mepet sekali ajah

      Delete
  45. Mau nanya nih Mangs Aduls, kalo mengisi no. 3 sesuai gambar diatas, apa kode sandi email yang dipakai? maklum.. bingung.hihih makasih....

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar