Hidrometer Meter Dalam dunia Analisa Batubara

Zodized, kali ini akan berbagi peran hidrometer dalam dunia analisa batubara.
Mungkin ada yang berpikir kenapa hidrometer terbawa dalam dunia analisa batubara?
Untuk apa?
Dimana di gunakannya?
Atau mungkin juga tidak ada yang bertanya seperti itu..:D
Tidak apa - apa mari kita bahas saja. Dengan sedikit penjelasan mudah mudahan besar manfaatnya. Aamiin.

Hidrometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur berat jenis (atau kepadatan relatif) dari cairan; yaitu, rasio densitas cairan kepadatan air ( sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Hidrometer).

Nah dari pengertian inilah mungkin orang  bisa berpikir dan menanyakan apa kaitannya dalam dunia analisa batubara. Batubarakan padatan.

Dalam dunia analisa batubara tidak hanya qualitas batubara yang diukur tapi kwantitas juga harus di ukur.


Nah ko alat ukur air di gunakan untuk mengukur batubara?

Nah disini hidrometer berperan sebagai alat bantu. Yaitu alat bantu untuk menentukan berat jenis air dimana alat angkut batubara itu berlabuh/bersandar atau mangkal. Bisa di sungai bisa juga di laut.
Dengan diketahui bera jenis air dimana alat angkut itu berlabuh, maka akan diketahui faktor ketenggelaman alat angkut tersebut ( sebut saja tongkang atau vessel).
Dengan muatan yang sama berada pada air yang berat jenisnya berbeda maka ketengelaman tongkang akan berbeda.
Jadi mengetahui berat jenis air dimana tongkang itu berlabuh sangatlah penting. Karena akan mejadi faktor koreksi dalam perhitungan jumlah tonase batubara yang dimuat dalam tongkang tersebut.
Dengan demikian berat yang diukur saat pengecekan berat batubara yang dimuat pada tongkang bisa diketahui dengan benar.

Kesimpulannya.
Dimana peran hidrometer dalam dunia analisa batubara, yaitu pada penentuan berat jenis air tempat berlabuhnya tongkang atau vessel.
Yang punsinya adalah akan menjadi koreksi pada tonase batubara yang dimuat dalam tongkang atau vessel tersebut.


Demikian Semoga Banyak manfaatnya.


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Hidrometer
Catatan Mangs Aduls

Subscribe to receive free email updates:

85 Responses to "Hidrometer Meter Dalam dunia Analisa Batubara"

  1. perlu perhitungan yang jeli untuk menghasilkan batu bara yang berkualitas ya mang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous14/8/15 10:07

      sayapun dulu taunya hanya angkut dan antar aja...tapi ternyata banyak hal untuk menghasilkan batu bara yang bagus...

      Delete
    2. ia kang untuk menentukan jumlah cargonya atau tonasenya biasa dilakukan di tongkang. jika di darat ya pakai timbangan

      Delete
    3. mang awan dapet pertamax nih. :D

      Delete
    4. Hadiahnya gelas. Ambil di tengah laut

      Delete
    5. yang menang ane mas kenapa yang nagis malah mas hendri? :)

      Delete
    6. jahat ya sayah. biar dapat hadiah tambahan kang hendri. kali aja dapat ikan paus lumayan kang buat oleh -oleh saya. hhehehhe.
      Kang wan ia juga yang. kalo gitu dapat hadiah dua - duanya.

      Delete
    7. Saya dapat apa dong Mang,, masa tega sh gak ngasih kopi kopi acan Mang..? :D

      Delete
    8. Hahahaa Mang saud kalo gitu dapat kopi kapal api 1 gelas mang. Gelasnya masih di ambil di tengah laut. :)

      Delete
  2. Anonymous14/8/15 09:48

    asli...saya baru tau, saya kira hanya diangkut ketongkang lalu berankat...ternyata harus diukur berat kandungan juga ya mas. ternyata saya dulu salah anggapan, karena dulunya saya pernah jadi tukang teli batu bara, saya kita masuk stokfield lau siap angkut, ternyata banyak hal yang dijalani, termasuk juga menghitung masa jenis batu bara tersebut secara keseluruhan ya mang....matur tengkiu mang indonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mbah kita harus tau berapa banyak tonase batubara yang dikirim. ini juga akan berpungsi untuk jumlah pembayaran pembeli ke penjual.

      Delete
    2. Mang Adul sama Mbah Dinan, pada hapal banget tentang batu bara yah..? saya jadi heran sendiri kenapa coba bisa begitu..?

      Delete
    3. Sayamah cuman rada tau mang saud. Sambil ngaoalun sambil ngeblog

      Delete
  3. nah ada alat baru lagi nih, ternyata batubara itu perlu penelitian banyak ya mang.kirain teh yg penting batu bara bisa dijual gitu.hoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia kang dalam hal ini penetuan berat penting untuk menhetahui jumlah pembayara

      Delete
    2. kalo masalah pembayaran aja hijau mata nya ya mang? heuheu
      biasanya sih saya dapet uang denger.heuheu

      Delete
    3. ngiring nagog ahh
      sugan ue kakecretan :D

      Delete
    4. ada uang denger sekarangmah ya. heuheuheu. waduh ada yang nunggui juga nih. bahaya jgn samapi ada yang menetessss. :)

      Delete
    5. Saya mah kopi aja sama roko sebatang DEH.. Di jamin lancar deh urusan heheheh D

      Delete
    6. Kalo jaringan internet jadi lancar ga mang saud

      Delete
  4. nyimak aja mas saya kurang paham kalau masalah ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan kang. Disebarkan banyak banyak juga gpp. Heheeheh

      Delete
  5. Jadi paham sekarang, biar enggak mudah ditipu, dengan timbangan berdasarkan praduga. Yang akhirnya ga akurat deh. Dengan memahami seluk beluknya jadi paham deh, makasih mas. Sangat membantu dalam menambahkan wawasan buat saya.

    Oya ada postingan terbaru loh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kalau bermanfaat kang. okeh kang segera kang

      Delete
    2. Pengetahuan soalnya kan buat saya, jadi saya suka deh mempelajarinya. Sekalipun itu hal yang baru buat saya.

      Sekali lagi makasih, mampir lagi ya hehe

      Delete
    3. Sama sama kang adam.

      Delete
  6. pernah menganl alat hidrometer saat sekolah tempo hari Kang, tapi sekarang sudah lupa untuk fungsi alat tersebut, dengan membaca artikel ini jadi ingat kembali, tapi sulit jug untuk saya praktekan , nanti kalau ke tamu akng bis langsung praktek deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayu kang praktek kita.

      Delete
    2. Mungpung alatnya masih ada banyak

      Delete
    3. jangan lupa ajarin saya ya mang :)

      Delete
  7. Pada kesimpunlannya alat hidrometer juga sangat penting dibutuhkan dalam masalah batu bara ya kang,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia kang penting. Untuk mengetahui berat jenis airnya

      Delete
  8. GaK mudah ya kang untuk menghasilkan batubara yg berkualitas

    ReplyDelete
  9. Maka dari itu kang dgn harga yg kurang. Banyak yg gulung tikar

    ReplyDelete
  10. Hayu jang kalo mau. Hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini teh ngajak kemana mang? Sy gak diajak euy hiks..

      Delete
    2. itu kang balesan buat kang naim

      Delete
    3. Manawi teh bade piknik, boro tibabaranting tulang bade ngiring haha...

      Delete
  11. kira kira batu bara habis alat nya masih bisa dipake gak yah hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya saya kurang ngeh pertanyaanya. spertinya alat yang enggunakan batubara di proyeksikan untuk puluhan tahun kang. seperti PLTU, semen, saya rasa waktunya sangat lama sekali

      Delete
  12. mang itu maksud'a alat ukur air ya bukan alat ukut ait

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah telunjuk kayanya nih. terimakasih kang saya benerin kalo gitu

      Delete
  13. hidrometer memang sangat membantu dalam menentukan berat jenis air ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia kang emang itu alatnya kang

      Delete
  14. Saya mah cuma bisa turut menyimak mang, teu ngartos heu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan kang dimsimak aja. nanti juga ngerti

      Delete
    2. Iya nih, cuma bisa manggut-manggut aja *isin*

      Delete
    3. suka gitu kang. padahal aslinya lebih jaago kang

      Delete
  15. bentuk nya apa sama persis hidrometer buat umum sama yg batubara ini om? bgangin ane sih gede banget wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia sama kang. tidak ada bedaya.

      Delete
  16. Ohh saya kira kira tadi fungsinya untuk mengukur kadar air pada batubara mang aduls, ternya begono ceritanya... makasih ya mang

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan kadar air pada batubara. sebagai alat bantu aja kang dalam penetapan jumlah tonase mutan. untuk koreksi muatan

      Delete
  17. mangs aduls... sebenarnya acuan ukuran kualitas batubara itu apa ya mang.... kan kalo minyak sawit katakanlah FFA nya nah kalo batubara?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kalo kualitas batubara ini ga bisa di ukur patokan seperti itu kang. batubara ini sebagiaman pungsinya. misalkan kualitas buat PLTU akan beda dengan qualitas untuk semen.
      jadi ketika di tanya ukuran kualitasnnya ya tergantung penggunaanya. kalau sudah tau untuk apa panggunaanya baru bisa di cari yang sesuai

      Delete
    2. gitu ya... tergantung dengan tujuan penggunaannya ok mang... maksih ya,,,

      Delete
    3. betul sekali kang. karena tiap penggunaan emiliki kualitas yang berbeda. ia kang sama - sama.

      Delete
  18. Kirain asal angkut saja ke kapal tongkang eh tahunya ada ukur ukur dulu ternyata,Tapi logis juga kalau keberatan kan repot bisa karam tuh kapal

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia kang salah satunya itu biar tidak tenggelam. selain itu biasanya ada batasan maximal muatan juga kang. wajib di berikan batasan maximal muatan

      Delete
  19. fungsinya utama banget ya mas, untuk menentukan berat jenisnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebagai alat bantu kang. untuk mengetahui berat jenis air tempat berlabuh.

      Delete
  20. Replies
    1. Nyi mak itu kakanya mas mak ya yang

      Delete
  21. kayaknya bagus ini alat hidrometer, tapi ngomong-ngomong saya belum pernah lihat bentuk batu bara :D

    ReplyDelete
  22. hidrometer. kira-kira sampai berapa angka berat kandungan airnya. Sampai kiloan meter kah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar dibawah saya yg jawab

      Delete
    2. Tulisan desimal desimal berat jenis air pake hidrometer maksdnya mang? Itu 2angka di belakang koma.

      Delete
  23. jadi intinya hidrometer ini berfungsi untuk mengukur berat jenis air yg terkandung dibatubara yamang

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya saya tetep bing,cuman berlagak paham doang mang :D

      Delete
    2. mending tanya langsung mang Aduls nya kang, apa perlu kita kerumahnya, kursus ilmu tentang batu bara yuk hehe, gratis gax ya . .

      Delete
    3. Bukan pd batubaranya mang yanto. Tapi pada air dimana alat angakut batubara itu berlabuh

      Delete
  24. nggak asyik nggak ada emonya nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mang yanto bikinin ya ehehehe
      Biar asik

      Delete
  25. Harus lihai dan pandai ya Mang Adul dalam perhitungan dan analisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mang saud harus bisa dulu ngitungnya

      Delete
  26. alat ini tentu sangat berperan penting terhadap kualitas batu bara ya kang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Membantu dalam menetapkan kuantitasnya kang. Jumlah tonase batubara yg di muat. Alat bantu untuk koreksi

      Delete
  27. Ikut nyimak aja deh, harus belajar lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan kang dewan. Semiga menambah pengetahuan

      Delete
  28. Jiahaha mangkal udah kek mahluk tulang lunak aja mangkal.. :D


    Siplah infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan tulang lunak lagi tapi tanpa tulang

      Delete
  29. jadi di dunia Batu Bara alat hydrometer sebagai alat penganalisa menjadi sangat penting, coba bayangin kalau ngga ada alat hidrometer ini, apa jadinya dunia per batu bara an...hayo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ia alat ini penting ada demi akurasi data berat batubara yabg di angkut

      Delete

Silahkan berkomentar