Beberapa Nama Daerah Yang Unik Di KalSel

Berada di tempat yang baru terkadang membuat kita kaget, tekagum - kagun, dan merasa aneh. Perasaan itu dirasakan oleh saya ketika saya pertama kali ke kalimantan tepatnya ke Kalimantan Selatan.
Banyak hal yang mengejutkan sekali bagi saya seperti kata - kata yang di ucapakan yang sudah saya tuliskan sebelumnya. Silahkan lihat disini Bahasa Banjar dan sunda Yang Lucu.
Nah kali ini yang membuat saya merasa unik aneh adalah nama - nama tempat di kalsel. Apa saja nama tempat itu?
Oke Kita bahas satu persatu.

1. Daerah Yang Bernama Jilatan


Nah ini dia yang menurut saya aneh. Daerah Jilatan

Secara sederhana mungkin membuat kita bertanya - tanya apakah daerah ini dulu di jilati orang gituh, sehingga namanya Jilatan.

Anak sayapun sempat bertanya " Pah ini daerah mana?"
Saya : "Ini kita sedang berada di jembatan daerah jilatan."

Kebetulan ketika itu sedang menyebrangi jembatan baru di daerah jilatan 

Anak saya :' " Apa pah jembatan dijilat.?"
Saya :"Bukan di jilat sayang. Jilatan."
Anak saya : "ooohh dulunya dijilat jilat ya pah jembatannya. "
Saya :"ha...ha...ha....ha...???????"

Anak saya memang baru mau 5 tahun. Jadi polos sekali ngomongnya.

Sampai saat inipun saya belum mencari tahu kenapa nama daerah tersebut namanya jilatan. Mungkin bener juga anak saya ya. :D


2. Daerah Yang Bernama Sungai Danau


Dulu pas pertama datang ke daerah kalsel saya di ajak ke daerah namanya Sungai Danau. Tentu dalam pikiran saya wah ini pasti ada sungai dan danau besar atau paling tidak ada sungai yang besar seperti danau.
Saya cari - cari yang saya maksud itu. Sungai saya menemukan yang lebar pas lewat, waktu itu saya pikir ini kali ya sungai danaunya. Sehingga namanya sungai danau.
Jujr Saya kira dulu bukan nama daerah tapi tempat wisata. hehehehehe
Tempat Wisata Sungai Dan Danau....:D
Hari ini saya baru tahu kalau di sana memang banyak sekali danau dan sungai.
Danau nya banyak sekali terbentuk akibat bekas pertabangan liar yang sudah bangkrut. Kasiannya daerah disana.
Sungainya pun menganak sungai dari danau - danau bekas tambang.
Meski mungkin bukan karena itu namanya

3. Asam Asam

Daerah ini mungkin sebelumnya sudah saya singgung - singgung seperti dalam Penemuan Pisang Bercabang, nah itu keberadaanya di daerah asam asam.
Cukup aneh memang nama daerahnya. Dulu pas saya awal kekalimantan bertanaya kenapa namanya asam asam apa karena banyak pohon asam.
Saya lihati disekeliling tidak ada pohon asam malah banyak pohon akasia.
Lalu kenapa namanya asam - asam.
Asam orangnya asam. heheheh becanda.
Selidik demi selidik ternyata memang dulunya banyak pohon asam sehingga namanya jadi asam asam.
Sekarang pohon itu tinggal beberapa pohon saja keberadaannya di pasar asam - asam kampung.
Dan sekat pohon pisang bercabang itu.

Indah ya Daerah asam asam Hutannya cuman itu saja.

4. Batulicin

Dalam benak saya wah - wah ini bagus namanya. Jangan-jangan di sana banyak batu yang licin nih. Kalo tidak batunya yang bener - bener halus sehingga licin paling engga pada batunya banyak tumbuh lumut sehingga licin.
Pernah saya di aja ke BALI dengan menggunakan mobil. Saya pikir apa mungkin mobilnya di bawa nyebrang gitu ya ke bali.
Bahaya juga saya tidak bawa baju kalo harus kebali pake seragam saja. Bisa - bisa jadi patung melihat orang berjemur dipantai.
Eh ternyata balinya bukan di denpasar melainkan BAtuLIcin. Kunjungan untuk melihat lab di BaLi alias batulicin. hehehehe
Lumayan lah saya jadinya pernah ke BaLi.

5. Sungai Cuka

Nah ini juga cukup aneh apakah sungainya mengalirkan cuka? Pokonya sungai cuka pertengahan antara Asam Asam dan Kintap. Oia Kintap pernah saya bahas waktu Penanaman Pohon Kemiri Sunan Energi Untuk Masa Depan.
namun saya belum ada waktu mencari tahu kenapa namanya sungai cuka. Mungkin nanti harus di tanyakan kepada kepala desa sungai cukanya. Biar mantap infomrasinya.

Nah itulah nama daerah yang cukup unik persi zodized.in di daerah kalimantan selatan, mungkin masih banyak sekali namanya yang unik hanya saja zodized kurang gaul sehingga tidak tercatat dalam benak admin zodized.in

Keanehan lain yang saya rasakan saat kekalimantan adalah Hutan. Orang dibandung yang pernah kekalimantan menceritakan kesaya jika di kalimantan itu banyak sekali pohon besar, hutan lebat sekali.
Namun pas saya tiba di bandara Samsudi-nor terus melanjutkan perjalanan ke daerah asam asam yang saya ceritakan tadi, sama sekali saya tidak menemukan apa yang diceritakan oleh orang yang bercerita pada saya, Tidak ada Hutan lebat, tidak ada Pohon yang besar. Yang ada adalah padang ilalang....... dan pohon akasia. Plus Karamunting.

Indah juga ya Kalo di fotonya seperti ini

Ingin Tau karamunting itu seperti apa? Lihat disini Karamunting.

Beda sekali dengan banyangan saya. Padahal bayangan saya adalah mirif di film The lost Word atau Tarzan lah. Saya sempat berpikir kalo rumahnya ada di atas pohon. hahahaha....
Ternyata berbada sekali.......
Buyar deh lamuan menelusuri hutan lebat. Yang ada padang ilalah saja.
Akhirnya sayapun berpetualangnya tidak di hutan lebat melainkan di kampung sampai bertemu dengan orang - orang yang ada di sana. Salah satunya ini sampai ada pertemuan husus antara kita.

Itulah kisah saya yang merasa unik dan aneh dengan nam dan konsisi di kalimantan selatan.

Subscribe to receive free email updates:

25 Responses to "Beberapa Nama Daerah Yang Unik Di KalSel"

  1. yang nomer 1 agak gimana gitu ngucapinnya mas, agak aneh gitu hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia kan aneh ya. jilatan toh

      Delete
    2. Anonymous25/1/16 20:14

      sneh aneh lucu

      Delete
  2. Kayanya disana alamnya masih sangat terjaga ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya tidak terlalu kag. penebangan pohon banyak dan penambangan batubara. yang bikin hijau adalah sawit

      Delete
  3. aneh - aneh juga yah namanya,, tapi yang paling aneh itu daerah jilatan... kalau sayamah taunya cuman sampit.. yang banyak pohon sawit,,,;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sampit kalteng kang. sawit itu emang di mana - mana kang

      Delete
  4. Tiap daerah pasti memiliki nama tempat yang unik dan biasanya itu ada legendanya...seperti di daerah saya ada nama sebuah kampung yang namanya "kampung kurungan nyawa" unik dan serem kan mang? haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous25/1/16 20:24

      wah, pasti ini sejarahnya mengerikan nama desa ini :(

      Delete
    2. nah itu dia unik banget kang. nyawa di kurung. gimana kisahnya itu ya.
      bner tuh mas muhamad sepertinya mas

      Delete
  5. iya mang adul kayanya banyak banget batu yang licin disana ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi saya g nemu batunya yang licin mas. aspal semua. hehehe

      Delete
  6. Anonymous25/1/16 20:17

    kalo daereh asam asam itu pasti gimana atuh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi merinding saya, bukan karna hal mistis tapi membayangkan makan buah asam.

      Delete
    2. buah asam itu enak lagi mas. seger, hahahah

      Delete
  7. nama namanya memang sangat unik mang, tapi masih terbilang keren karna membawa ciri khas daerah tersebut.

    Coba datang ke jakarta. saya pernah tahu dan mudah mudahan nggak salah, di Jakarta juga ada yang namanya daerah Gondrong, daerah Cukur, daerah gundul dan masih ada lagi nama yang unik. hanya itu saja sih yang saya tahu

    ReplyDelete
    Replies
    1. waw eren kalo begitu nama - nama nya. heheheh
      lucu ya.

      Delete
  8. unik namanya, menarik dan bikin penasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja kang berkunjung kali aja mau sambil beli batubara atau lahan sawit

      Delete
  9. Anonymous26/1/16 01:39

    Wah unik juga ya nama-nama daerah yang ada di Kalsel mas. Ya lebih unik nama daerah Batulicin itu mas, kalo disingkat jadi Bali. Jadi kalo nggak bisa ke Bali cukup ke Batulicin aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas lumayan buat gaya - gaya an. hehehehe

      Delete
  10. Benar mang...dinamakan kurungan nyawa karena menurut cerita jaman dulu, banyak orang yg hilang dan tidak pernah di ketahui nasibnya setelah masuk daerah itu, makanya sampai sekarang terkenal dengan nama kurungan nyawa

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooo begitu ya serem juga ya. mistis inimah.

      Delete
  11. Yang di atas itu bukan jembatan jilatan gan..tapi jembatan asam"....terus sungai cuka itu bukan pertengahan kintap dan asam" tpi sungai cuka itu setelah sungai danau
    ..soal nya saya asli orang sini..hheeew

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar