Berbagai Analisa dalam Analisa Abu Batubara

Abu batubara biasanya menjadi pengotor dalam penggunaan batubara. Jelas ini sangat merugikan jika melebihi kadar tertentu dalam pemakaiannya.
Untuk itulah abu batubara pun perlu untuk dianalisa supaya mengetahui penanggulangan selanjutnya.
Misalkan apakah kandungan abunya itu memiliki kadar besi yang besar atau kecil, kadar natrium yang besar atau kecil dan lain-lain.
Kesemuaan itu bertujuan agar dapat diketahui penanganan selanjutnya dari abu yang tersisa.
Biasanya untuk mempermudah penangan para pengguna batubara memiliki batasan tertentu pada tiap - tiap unsur atau senyawa dalam abu batubara tersebut.
Jika melebihi kadar yang di sepakati bisa do tolak atau harganya lebih murah.

Nah berikut adalah unsur atau senyawa yang di analisa dalam ash analisa.



SiO2
Al2O3
Fe2O3
CaO
MgO
TiO2
Na2O
K2O
Mn3O4
P2O5
SO3


Jadi itulah berbagai analisa dalam analisa Abu
Sekina semoga bermmanfaat

Subscribe to receive free email updates:

32 Responses to "Berbagai Analisa dalam Analisa Abu Batubara"

  1. Senyawa mana yang bagus dan tidak bagusnya mang... kalau waktu saya PKL kadar abu tepung sangat mempengaruhi kualitas makanan, Kalau batubara mempengaruhi kebersihan dan harga jual ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. semuanya nakan bagus mas jika sesuai dengan batasan kadar permintaan. misalkan untuk Fe2O diminta maximal 40 % jika lebih maka jelek kalau kurang biasanya tidak masalah

      Delete
    2. Alat ukurnya sama tidak dengan mengukur kadar abu tepung yang menggunakan NIR ( Near Infrared Reflectance), kalau kadar abunya melebihi standar, mending di mix atau tetap dijual dengan harga murah...

      Delete
    3. Beda mas alatnya menggunakan aas.
      Kebanyakan dr produsen mencamournya mas dengan batubara yg lainnya

      Delete
  2. Rumit juga ya Mngs, sampai-sampai abunya juga perlu dianalisa juga. Kira-kira abu dari batu bara ini bisa dimanfaatkan untuk hal lain ndak ya Mangs,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas di antaranya adalah bata press dan campuran smen mas

      Delete
  3. Sya jadi banyak tahu tentang batu bara melalui artikel mang Aduls ini, ternyata abu dari batu bara pun bisa di prediksi dan dinalisa dari tingkat kebersihannya. Top markotop deh kang. Makasih informasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mas sekarang analisa abu ini sudah jadi penting mengingat pencemaran yang katanya sudah parah

      Delete
  4. batu bara yang indonesia miliki ini ternyata penganalisaannya sangat dipahami oleh pak admin yang pentolan pengusaha batu bara...saya jadi pengen jadi pengusaha batu bara deh kang...duitnya banyak sih ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ralat mang sayanga lain pengusaha batubara hanya pekerja saja mang.
      Hehehe
      Saya hanya belajar mang

      Delete
  5. bahas batubara lagi nih mas aduls, saya kurang paham urusan gini nih, nyimak dulu deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan mas. Mudahan jadi pengetahuan baru

      Delete
  6. Bersyukur sekali bisa kenal dengan Mang Aduls, sang pakar nya dalam menganalisa abu batubara, semoga saja saya bisa belajar lebih lagi dari artikel yang Mang Aduls buat di zodized.in.

    O iya maaf baru balas kunjungan Mang Aduls, Salam kenal dan sukses selalu buat Mang Aduls. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan pakar pakar mang saya hanya blajar.
      Silahkan kang sayamah lagi blajarkan mau ikutan hayo

      Delete
  7. Waduh kimia, saya kurang ngerti kalau sama yang berbau kimia wkwkwk.
    ngomong-ngomong mas, itu implemntasinya gimana? atau cuman dalam bentuk senyawa aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia memang senyawa itu yg di cari kadarnya. Nah dr situ bisa di tentukan banyak hal mas. Seperti jenis abunya. Nilai fouling nilai slaging dll

      Delete
  8. banyak juga ya Mang, saya kurang paham kalau masalah Analisa2 mah, Mang Aduls itu mah bagiannya hehehe... ternyata masalah kadar senyawa yg terkandung pada Abu Batubara bisa menentukan kualitas harga juga ya mang .. ? ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas apalagi jika batubaranya dikirim ke eropa ketat sekali syaratnya

      Delete
  9. nampak nya ahli kimia admin situs ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan ahlinmas hanya sedang blajar aja

      Delete
  10. Wah pakai nya rumus kimia ya gan, Ane kagak paham sama kimia, nilai Ane kimia pas SMA jeblok gan hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa mas sampai jeblog tapi yg pasti luluskan mas. Hehehe

      Delete
  11. kalau tidak sesuai analisa berarti harus diapain mas?? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya jual murah atau kembeli ketempat pengiriman. Dan itu pasti rugi besar

      Delete
  12. Analisa yang cukup cerdas kang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehee ia kang untuk keperluan tertentu

      Delete
  13. itu digunakan untuk perumahan atau industri mang

    ReplyDelete
    Replies
    1. unutk keperluan industri mas. unutk rumahan sudah di kondisikan supaya terjadi pemakaran yang sempurna. g banyak asap dan abu

      Delete
  14. Gak paham soal senyawa gan. Membuat pusing saja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha gpp mas yang penting happy aja

      Delete
  15. Anonymous30/9/15 11:01

    Baca bolak balik beberapa kali, tetap aja kagak paham mang... mungkin perlu liat langsung wujudnya yah agar bisa tahu cara analisisnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas soalnya ini ga ngejelasin caranya hanya info senyawa yang di analisanya saja.

      Delete

Silahkan berkomentar