Metana dan Bakteri Anaerob

Metana adalah gas yang mengandung satu atom Carbon dan 4 atom Hidrogen sering di tuliskan CH4 . Gas ini adalah komponen utama dari gas alam yang digunakan untuk memasak. Metana tidak berbau, tidak berwarna dan ketika dibakar mengahsilkan energi sekitar 1000 btu atau sekitar 252 kkal setiap 0.028 Meter kubik.
Adapun kita mencium bau gas dirumah - rumah  sebenarnya itu adalah bau dari belerang yang sengaja di tambahkan untuk mendeteksi adanya kebocoran gas.
Gas metan ini dihasilkan dialam secara alami dengan bantuan bakteri anaerobik.
Bakteri anaerobik adalah organisme yang tidak memerlukan oksigen untuk tumbuh dan berkembang. Zat buang yang dihasilkan oleh bakteri jenis ini salah satunya adalah metana.



Dialam proses seperti ini bisa terjadi secara alami pada rawa - rawa, air tanah persawahan, dan dalam sistem pencernaan rayap dan hewan besar.

Karena bakteri anaerobik ini sudah ada dari jutaan tahun yang lalu sehingga hasil buangnya itu sudah terakumulasi dalam perut bumi dan pada kenyataannya bisa didapat dalam tambang minyak bumi dan tambang batubara.
Oleh karena itu gas metana ini bisa dimanfaatkan oleh manusia sebagai energi, karena bakterinya ada sampai sekarang maka gas metana ini adalah sumber bahan bakar yang bisa diperbaharui dan sangat melimpah.
Bahkan dewasa ini gas metana bisa dihasilkan dengan mudah termasuk dari sampah, dari kotoran dll.

Jadi maksud dari menulis ini adalah energi di alam ini sangat berlimpah tinggal bagaimana kita memanfaatnya. Saat ini batubara dan minyak bumi masih menjadi sokongan utama kebutuhan energi, dan tentu kita tahu jika batubara dan minyak bumi pada saatnya nanti akan habis.

Sudah saatnya kita bisa memanfaatkan bakteri sebagai sumber untuk menghasilkan bahan dasar energi. sehingga anak cucu kita besar nanti tidak sesak dengan abu batubara dan pembakaran batubara yang sangat menyesakan dada.


Sumber :
Sumber Daya Energy Ir Sutarno, MSc
http://id.wikipedia.org/wiki/Metana
http://id.wikipedia.org/wiki/Organisme_anaerobik
https://prezi.com

11 comments for "Metana dan Bakteri Anaerob"

  1. bener sekali ya kang, sebenarnya sumber energi di negeri kita ini sangatlah berlimpah, tinggal bagaimananya kita untuk memanfaatkannya, bayangkan saja dari kotoran dan sampah saja bisa menjadi sumber energi juga toh :D, tentunya bahan ini sangat mudah didapat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali kang. Jika kita bersyukur apapun enak ya. tinggal kita manfaatkan sajah

      Delete
  2. wah pengetahuan baru nih, kembakli ke pelajaran biologi hehehhe

    ReplyDelete
  3. Termasuk makhluk hidup purba donk kang....?

    ReplyDelete
  4. WAH MANG ADULS INI ALUMNI APA YA, KIMIA YA

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo yang kaya gini bisa dari mana aja kang

      Delete
  5. gag nyangka ya, bakteri ukurannya mikro, tapi bisa menghasilkan sesuatu yang besar dan bermanfaat ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali itu kang. terkadang yang kecilah yang akan menghasilkan yang super besar

      Delete
  6. Apapun bisa dimanfaatkan kalau mau mengolah dan tau ilmunya ya. :)

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar