Lemak Jenuh Meningkat? Ingin Tau Penyebabnya?

Apa itu lemak jenuh?

Wikipedia meng infokan
Lemak jenuh adalah lemak yang terdiri dari trigliserida dengan hanya asam lemak jenuh. Asam lemak jenuh tidak memiliki ikatan rantai ganda di antara atom-atom karbonnya sehingga disebut penuh dengan hidrogen. Asam lemak jenuh memiliki jumlah atom karbon yang bervariasi mulai dari tiga (asam propionat) hingga 36.

Kamuskesehatan.com meng infokan
Lemak jenuh adalah lemak di mana tidak ada ikatan rangkap di antara atom karbon pada rantai asam lemaknya. Lemak jenuh biasanya berbentuk padat pada suhu kamar. Dehidrogenasi mengkonversi lemak jenuh menjadi lemak tak jenuh, sedangkan hidrogenasi sebaliknya.

Lalu bagaimana jika terlalu banyak pada tubuh?

Wikipedia menginfokan lemak jenuh dapat meningkatkan kejadian penyakit jantung koroner.

www.nutrisibali.com meng infokan lemak jenuh cenderung meningkatkan kadar kolesterol dan trigliserida, yang merupakan komponen-komponen lemak di dalam darah yang berbahaya bagi kesehatan.

www.smallcrab.com menginfokan banyak orang saat ini mengkonsumsi terlalu banyak lemak, hal ini dapat mengarah pada timbulnya penyakit jantung, beberapa jenis kanker, dan penyakit kronis lainnya. Kurangi asupan lemak menjadi maksimum 30% dari total kalori dan batasi lemak yang berasal dari hewan.

Nah begitulah efek banyak lemak di tubuh.

Sekarang  ingin tau penyebab kenapa lemak selalu menumpuk di tubuh? Apa betul karena banyak konsumsi lemak?

Dewasa - dewasa ini telah dilakukan sebuah penelitian di Ohio State University, Amerika Serika yang dipimpin oleh Jeff Volek.
Dalam Penelitian tersebut Volek dkk menggelar eksperimen yang melibatkan 16 relawan. Mereka diminta mengikuti pola diet ketat selama empat dan enam bulan. Setiap tiga pekan, asupan makan mereka berubah, khususnya soal asupan karbohidrat, lemak, dan lemak jenuh.

Penelitian ini menemukan bahwa ketika asupan karbohidrat berkurang dan lemak jenuh bertambah, jumlah lemak jenuh dalam darah tidak bertambah. Bahkan di sebagian besar relawan, jumlah lemak jenuh dalam darah berkurang.

Jumlah asal palmitoleic yang bisa menggangu metabolisme karbohidrat dalam tubuh  turun dan akan naik ketika carbohidrat kembali ditambahkan dalam pola makanan relawan.

Dalam Kasus ini Volek mengatakan:
"Ketika Anda mengonsumsi makanan berkarbohidrat yang rendah, tubuh Anda akan memilih untuk membakar lemak jenuh,"

Jadi kesimpulannya kenapa lemak jenuh meningkat adalah :

Jurnal PLOS ONE, Jumat (21/11/2014) mengungkap.
Konsumsi karbohidrat berlebih yang bisa memicu naiknya jumlah asam palmitoleic dalam darah. Palmitoleic adalah asam yang bisa memicu penyakit diabetes dan penyakit jantung.

Dari penetial Jeff Volek.
Jumlah asal palmitoleic yang bisa menggangu metabolisme karbohidrat dalam tubuh  turun dan akan naik ketika carbohidrat kembali ditambahkan dalam pola makanan relawan.

By : Abdul

Post a Comment for "Lemak Jenuh Meningkat? Ingin Tau Penyebabnya?"