Yang Harus Dilakukan Ketika test Round Robin Out Lier

Pemirsa mungkin sering ikut analisa rour robin.
Sample Roun Robin adalah satu sample yang sama di analisa bersama oleh banyak laboratorium penguji dengan parameter yang sama.

Jika kita termasuk salah satu pesertanya dan ternyata analisa yang kita lakukan out lier atau keluar hasil dari peserta - peserta yang lain, maka harus di verifikasi.

Seperti apa verifikasinya?
nah berikut langkahnya.

1. Periksa pengecekan standar saat analisa / terdekat dengan waktu analisa sample Roun Robin dilakukan apakah masuk atau tidak. Jika pada saat itu baik sample standar inhose ataupun standar ASCRM, ACRIL tidak masuk atau out lier brarti itu kesalahan.......................(a)
2. Periksa peralatan yang digunakan apakah masih dalam batas kalibrasi atau sudah out kalibrasi.
Jika dalam keadaan sudah aut kalibrasi berarti itu suatu kesalahan..............(b)
3. Jika no 1 dan 2 tidak masalah lakukan pengecekan kembali pada sample yang sama dengan analisa yang berbeda - beda kemudian bandingkan kembali pada hasil kumpulan bersama roun robin.
Jika hasilnya jadi masuk spesifikasi ini berarti kesalahan adapa pada  saat analisa sample oleh analis.
4. Jika terjadi kesalahan a maka lakukan kalibrasi ulang peralatan. Lakukan standarisasi pada sample - sample standar sampai dinyatakan masuk.
5. Setelah itu cek kembali sample yang sama dan bandingkan hasil pada hasil bersama roun robin. Jika masuk berarti permasalahan berada pada peralatan. Tapi jika hasil belum masuk, maka lakukan berulang dengan analisa yang berbeda. Jika masuk kesalahan berada pada analis yang belum kompeten dan harus training ulang. Tapi jika belum masuk kirim sample ke lab lain yang masuk toleransi roun ribin tersebut dan bandingkan hasilnya jika masuk berati ada yang harus dicek menyulur dilab kita tapi jika tidak masuk berarti sample yang tidak homogen.
6. Jika terjadi kesalahan b maka lakukan kalibrasi ulang sample dinyatakan masuk terhadap standar referen.
Kemuadia lakukan langkah 5.
7. Buat resume laporan verifikasi bukukan.
8. Jadikan hal - hal menjadi temuan dalam laporan verifikasi agar tidak terulang kembali.


Terkait :
kapan suatu hasil analisa dipercaya

Mungkin Tertarik :
memahami analisa rapid dan standar
bias dalam analisa batubara
Prosedure Total Sulfure

Post a Comment for "Yang Harus Dilakukan Ketika test Round Robin Out Lier"