Jamur Bisa Mencairkan Batubara

Teknologi semakin lama semakin berkembang, bukan hal yang tidak mungkin jika orang pada saatnya nanti bisa kirim batubara kebulan supaya bisa bikin PLTU di sana. Meski ada pertanyaan mengganjal buat apa bikin PLTU di bulan. ":":"
Itulah pembuka artikel kali ini dari zodized, yang  pada hari ini menemukan sebuah wawasan baru yang ingin dibagikan kepada publik, yaitu Jamur Bisa Mencairkan Batubara.


Informasi Menarik Lainnya Pembentukan Batubara, Kualitas Batubara

 

Pencairan Batubara

Awal Mula Pencairan

Batubara sebenarnya bisa di cairkan dengan berbagai teknologi. Dan saya salut untuk Afrika Selatan yang dalam kedaan tergencet pada perang dunia dengan tidak dibolehkannya ada pasokan minyak bumi. Afrika Selatan ternyata berfikir untuk mencaikan batubara dan berhasil dengan dikembangkannya teknologi pencairan batubara secara termal (likuifaksi) melalui proses Fischer-Tropsch atau teknologi SASOL (South Africa Synthetic Oil Liquid) sehingga kebutuhan akan bahan bakar cair dapat terpenuhi.
Luar biasa.

Saat Ini Di Negeri Tercinta Indonesia

Nah ternyata di indonesia oleh orang - orang pinter indonesia di temukan cara yang lebih hebat lagi.
Kalo di afrika selatan di buatkan teknologinya secara ttermal menggunakan panas kali ini bisa di butakan menggunakan jamur. Maka dari itulah ternyata jamur bisa mencaikan batubara proses dan ini namanya adalah  biosolubilisasi.
Dr. Pingkan Aditiwati (Dosen Progam Studi Biologi, Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati), Dr. Dwiwahju Sasongko, Ph.D (Dosen Progam Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Insutri), dan Dr. Dea Indriani (Dosen Progam Studi Biologi, Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati) adalah sekelompok peneliti yang melakukan penelitian biosolubilisasi.


Berawal dari penelitian biodesulfurisasi (menguraikan sulfur pada batubara) yang dilakukan oleh mahasiswa doktoral dibawah bimbingan Dr. Pingkan, penelitian berlanjut pada pencairan batubara dengan menggunakan organisme. Diawali dengan pengidentifikasian jenis organisme pada batubara dengan melakukan isolasi pada beberapa sampel batubara yang berada pada lapisan yang berbeda, kemudian dilakukan pengurutan DNA sehingga diperoleh informasi genetik dari organisme yang terdapat pada batubara. Berangkat dari informasi tersebut, dikembangkan organisme yang cocok untuk proses pencairan batubara secara biologis ini, salah satu organisme yang memiliki potensi tinggi dalam biosolubilisasi batubara adalah Jamur Trichoderma sp.  


Dua Cara Penelitian

Dalam pengembangannya tim peneliti tersebut menggunakan 2 metode penelitina, yaitu metode submerged (dalam fasa cair) dan solid state (dalam fasa padat).
Dari kedua penelitian ini didapatkan hasil sebagi berikut.:

Metode Submerged (dalam fasa cair)

 

Pada Metode submerged batubara dihaluskan hingga berukuran 200-400 mesh kemudian didegradasi oleh jamur dengan air atau larutan sebagai mediumnya. Pada prosesnya, metode ini memiliki kesulitan pada saat pemisahan air dan pengotor lainnya. Terlebih, ketika telah diterapkan dalam skala besar, proses pemisahan ini tidak lagi efisien.


Metode Solid State (dalam fasa padat)

 

Pada metode solid state dilakukan hanya dengan menaburkan jamur pada batubara yang telah dihaluskan. Dan tentu cara ini lebih efisian.
Hasil utama dari proses biologis ini adalah asam humat yang kemudian dapat difraksinasi sehingga dapat diperoleh fraksi-fraksi yang setara dengan bahan bakar cair, seperti bensin, solar, dan sebagainya.


Seperti itulah proses bagimana jamur bisa mencairkan batubara. Dan hasilnya adalah bahan bakar yang sangat berguna bagi umat manusia.
Sekian semoga banyak manfaatnya dan negeri tercinta ini makin maju.


Jangan lewatkan Informasi Propesi Yang Harus Berhenti Ketika Sudah Sukses

Sumber :
http://www.itb.ac.id/news/4795.xhtml

Subscribe to receive free email updates:

54 Responses to "Jamur Bisa Mencairkan Batubara"

  1. Kalau jamur yang warnanya putih dipunggung,,, bisa gak yah buat cairin batu bara :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah harus di uji coba tuh mas. siapa tau lebih madep lagi :D

      Delete
    2. bisa jadi bisa jadi

      Delete
    3. mungkin untuk jamur yang ada dipunggung berwarna putih, bisa digosok dengan batu bara biar ilang

      Delete
    4. Bisa, Mas. Bisa gila, heheh..

      Delete
    5. hahahah bener juga mas poniran. siapa tau tuh jamur minggat

      Delete
  2. Tapi keren juga yah ternyata ada orang indo yang mampu mencairkan batu bara mengggunakan jamur,,, harus dikembangkan tuh dan diperhatikan sama pemerintah.... biar kagak kabur... :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini salah satu bukti,,,klo di indonesia itu banyak orang jenius ya mangs...

      Delete
    2. i mas harusnya mendapatkan perhatian lebih nih.
      setuju mas wahab inilah bukti kalo orang indonesia itu pinter - pinter

      Delete
    3. Orang indonesia memang jenius namun jarang sekali dihargai. masyarakat juga seakan ragu akan inovasi produk dalam negeri mah. heu

      Delete
    4. sebenarnya banyak orang indonesia yang pinter-piter mas, hanya saja masih kurang diperhatikian oleh pemerintah, sehingga banyak orang pinter yang memilih ke luar negeri

      Delete
    5. awalnya saya geleng-geleng akhirnya saya manggut-manggut....

      Delete
    6. brarti semua orang setuju jika orang indonesia itu pinter2 brarti ada baut yang longgar kalo bgitu kenapa kita belum maju. mas poniran kerasin baudnya mas biar laju majunya. hehehhe

      Delete
    7. kalo komentara yang satu nie saya sagat setuju,.?

      Delete
    8. saya harus bilang wow gitu

      Delete
  3. Biosolubilisasi = proses pencairan batu bara dengan jamur
    langsung catet mang nambah ilmu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah dicatet mau ngapain ini mas?

      Delete
    2. udah di catet langsung mandi aja ha. heheheh

      Delete
  4. Ini ilmu dan informasi baru, hehehhee, kalau terkena air apakah batubara tersebut cepat hancur juga atau tidak, mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo terkena air ga cepat hancur mas. batubara akan tetep aja.

      Delete
  5. Kalau dari segi harga bisa lebih ekonomis dari bahan bakar lainnya mah ya ada baiknya terus dikembangkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya Terimakasih ilmunya Kang :)

      Delete
    2. nah itu dia mas ya ng harus lebih diperhatikan . minyak aja sekarang lagi murah.

      Delete
  6. wah, saya baru tahu mas batu bara bisa dicairkan dngan jamur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya sering kesini, jadi makin banyak tau segalanya tentang batubara..

      Delete
    2. makanya belajar di bidang kimia sama mang adul...

      Delete
    3. ia makanya sering kemari. hahhaa tapi ini lagi lemot situasi dan kondisi jadi belum bisa banyak berseluncur

      Delete
  7. baru deger nie mas jamur bisa mencairkan batu bara,.,?
    thaks dah berbagi mas,.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya sering kemari mbak biar ga ketinggalan :) hahahaha

      Delete
    2. Sama-sama, Mbak. Thanks juga telah berkunjung..

      Delete
    3. hahahahah saling kena deh kalo begitu. thks udah berkunjung

      Delete
  8. Izin nyimak Mas,
    Pertama kali pakai batu bara, dulu waktu mau bikin api unggun... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hebat sekali mas. saya malah susah nyalaknnya mas. tapi di jamin kalo udah nyala susah juga matikannya

      Delete
  9. Jamur Trichoderma sp itu kayak gimana bentuknya, Mang. Hebat nih jamur..

    Tiap berkunjung ke blog Mang Aduls, templetenya selalu ganti.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ia lupa ngasih fotonya ya. harusnya saya tempel juga tuh fotonya.
      ia mas selalu tergoda dengan templete. padahal ganti ganti bikin ribet.

      Delete
  10. banyak para ilmuan dan para peneliti khususnya dibidang ilmu kimia, namun jerih payah mereka kurang perhatian dari pihak pemerintah , namun syukurlah ada sekelumit anak bangsa yg punya keahlihan akan hal ini, siapa lagi kalau bukan Mang Adul pemilik blog keren ini....

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi gimana begitu sayah ini yah. mudahan aja banyak manfaatnya mas. Alhamdulillah kalo manfaat mas

      Delete
  11. Ternyata orang Indonesia mampu mencairkan batubara dengan mengggunakan jamur.
    Sebanarnya masih banyak potensi yang lainnya di Indonesia ini, hanya saja sering disepelekan pihak terkait

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita masih melihat gajah yang jauh mas. Padahal dinosurus depna mata.

      Delete
    2. itulah mas....pepatah "gajah di seberang lautan kelihatan, sementara dinosourus di depan mata tidak kelihatan" malsalahnya tuh mata ketutupan amam dinosaurus kan mang?

      Delete
    3. hahahhahaha betulbanget mabh dinan. itu dia maslah kali ya mbah

      Delete
  12. Jamur Trichoderma sp yang kayak gimana yah mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia itu dia saya g tempel fotonya disini ya malah saya tempel di blog satunya. kalo begitu saya tempel deh mas. kalo pas jaringan cukup bagus

      Delete
  13. Uoooo... luar biasa... terima kasih informasinya, begiru bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. apanya tuh yang bermanfaat mbak???

      Delete
    2. ia apa itu manfaat gutu yah. :D

      Delete
  14. kayaknya memang pengaruh juga ya...tadinya saya sempat mikir gak mungkin jamur bisa mencairkan batu bara, dan setelah baca jadi masuk akal juga kang. makasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mbah itulah orang indonesia mbah pada pinter - pinter

      Delete
  15. Seperti itukah mas?

    Jadi pengetahuan baru buat saya, ternyata jamur juga bisa difungsikan buat mencairkan batu bara.

    Makasih banyak ilmunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas sama - sama. tehniknya sederhana batubara di haluskan kemudian di tabuhkan jamur.

      Delete
  16. seiring dengan berjalannya waktu mungkin tidak hanya jamur aja yg bisa mencairkan batu bara, entah suatu saat rumput pun bisa buat mencairkan batu bara juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin mas. kalo nanti sudah ditemukan teknologinya.
      orang indonesimah dan pinter - pinter mas.

      Delete
  17. orang indonesia pinter-pinter .. . tapi tidak diperhatikan oleh negara .. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin itu mas kurang perhatian dan biasanya terkaget2 jika sudah muncul dari negara lain

      Delete

Silahkan berkomentar