6 Langkah Cuci Tangan Yang baik

Melengkapi postingan sebelumnya tentang kebersihan khususnya tangan , postingan kali ini akan menjadi pelengkapanya, dan tidak akan bisa dipisahkan ibarat sabun dan busa. Potingan kali ini saya mengangkat judul 6 langkah cuci tangan yang baik.

Seperti apa cuci tangan yang baik?

Yuk kita ikuti langkah di bawah ini.

1.  Pertemukan telapak dengan telapak. Lihat gambar .



2. Telapak tangan kanan berada di punggung kang kiri dan lakukan sebaliknya. Perhatikan gambar


3. Telapak dengan telapak dan jari saling terkait. Perhatikan gambar



4. Letakan punggung jari pada telapak satunya dengan jari saling engunci. Perhatikan gambar


5. Jempol kanan digosok memutar oleh telapak kiri dan sebaliknya. Perhatikan gambar


6. Jari Kiri menguncup, gosok memutar ke kanan dan kekiri pada telapak tangan dan sebaliknya. Perhatikan gambar.


Sekian 6 Langkah Cuci tangan yang baik semga bermanfaat.


Sumber :
Brosur RSUD ULIN Banjarmasin

Subscribe to receive free email updates:

67 Responses to "6 Langkah Cuci Tangan Yang baik"

  1. ternyata selama ini teh saya kurang memperhatikan sekali langkah cuci tangan yang baik mang, biasanya gosok-gosok pakai sabun udah gitu aja mang.kalo kedepannya mungkin harus nyoba tips dari mang adul ini yah.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas harus di coba saya juga kalah sama anak saya. di TK udah di ajarin cuci tang kaya ini. bpnya di ajarin anaknya.

      Delete
    2. kali-kali bapak diajarin anak mang jangan anak aja yang diajarin yah mang.hhehe

      Delete
    3. ia kadang untuk hala - hal tertentu yang unik anak laebih jago.
      hal hal kecil anak lebih jago.

      Delete
  2. Replies
    1. Wah, keduluan sama mas Hendri nih :(

      Delete
    2. selamat mas. tapi g ada hadiahnya nih. hehehehehe
      hanya doa saja=D

      Delete
    3. kirain teh hadiahnya batu bara 2truk mang.hehehhehe

      Delete
    4. Bangkrut kalo hadiahnya segitu mas :D

      Delete
    5. terus saya gimana mas. hahhaha

      Delete
    6. nah ia bisa bangkurt mas. bahaya ituh

      Delete
  3. Dengan mencuci tangan yang benar maka tubuh akan sehat dan bebas dari segala macam kuman yang akan menyebabkan penyakit ya mang?
    Harus, diikuti nih langkah mencuci tangan yang diberikan mang aduls

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas bisa di ikuti nih mas. biar semua kuman mati ditumpas

      Delete
    2. Tumpas sampai ke akar-akarnya ya mang :-bd

      Delete
    3. mantap mas defi biat akarnya juga di tumpas

      Delete
  4. wah, saya belum cukup syaratnya mas aduls, ternyata sy ga lolos mas :) wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sgera dilengkapi mas cara caranya

      Delete
  5. kalau 1-5 mah saya suka melakukannya ini yang ke 6 rasanya belum pernah deh mang,heu
    itu tjuannya untuk membersihkan bagian mana sih? kaya mau sulap itu mah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Membersihkan ujung jari mas

      Delete
    2. biar airnya jadi api mang awan engga gaul sih,makanya gaul dong sama mang adul..

      Delete
    3. api narut maksdunya mas. hahahaha

      Delete
  6. saya pernah menemukan brosur serupa,, tapi tutorial sikat gigi hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda yang di cuci mas kalo gitu. Hahaha

      Delete
    2. Beda yang di cuci mas kalo gitu. Hahaha

      Delete
  7. selama ini kebanyakan dari kita sering menyepelekan hal-hal kecil seperti mencuci tangan, dengan membaca artikel ini saya jadi tahu bahwa cuci tangan ada juga caranya, tidak asal-asalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mas biar hasilnya juga memuaskan

      Delete
  8. 6 langkah mudah, untuk hidup sehat,,,,

    ReplyDelete
  9. nah ini penting juga ya mas, kalau pengen sehat harus dimulai dari hal sederhana, salah satunya dengan mencuci tangan yang benar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mas danbitulah tujuannya

      Delete
  10. rupanya seperti itu, cara cuci tangan yang baik, saya harus belajar lagi yang tekun supaya bisa cuci tangan yang baik, sesuai dengan langkah diatas

    mas admin sudah cuci tangan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar dibawah saya jawabnya

      Delete
    2. Sudah dong mas cuci tangan dengan air bersih dan sabun. Tapi g lengkap gitu. Hahahah

      Delete
  11. saya belum pernah memakai cara sedetail itu untuk mencuci tangan nih mas rozak.
    kudu coba diterapin nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. DI cobai aja mas di lihati kebutuhannya.
      saya juga hanya tertentu saja seperti itu

      Delete
  12. dengan mengikuti trik diatas tentunya tangan lebih aman dari bakteri yamas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah batuk banget kuman bakteri tidak bisa sembunyi lagi mas.

      Delete
  13. saya malah gak tau langkah terakhir, kalau 1-5 udah biasa gan.
    Makasih banget nih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untung saya kasih tau mas jadi aja tau. Heheh

      Delete
  14. Ribet juga yah mang mau cuci tangan juga
    saya mah asal gosok-gosok aja yang penting semua bagian telapak tangan bersih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha. ya itu mas cara gosk biar semua kuman ilang

      Delete
  15. konsep edukasi kebersihan yang bukan hanya perlu diterapkan pada anak tapi juga orang dewasa. Kalau dapat pelajaran baru dari anaknya di share lagi yah mang :) edukasi kebersihan dari hal kecil seperti ini biasanya diabaikan padahal manfaatnya besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas. anak kecil suka di ajari yang bner tapi orang gede suka ga mau. hihih

      Delete
  16. Emang hasil penelitian bahwa faktor tertiinggi mencegah penyakit masuk ke tubuh ya dngan cuci tangan dulu sebelum makan..salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mas sudah di dukung. :-bd

      Delete
  17. ternyata untk mendapatkan tangan yang bersih tidak sembarangan mencucinya ya mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas biar hasilnya maximal caranya juga kudu khusus. heheee:-d

      Delete
  18. Kak ... kalo cuci hati biar cepet move on gimana cara nya ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia pake sabun colek aja deh kalo gitu. hahaha

      Delete
  19. saya kayaknya cumape sampai di satu aja
    ah punggu tangan emang sering kucuci juga tapi jari dan kuku. hem jarang deh.

    tapi biasanya sih udah pake sabun jadi udah ngerasa bersih aja gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kalo mau apdol pake cara 6 langkah di atas mas.

      Delete
    2. repot mas
      saya kan maunya cepat makan hehehe
      nanti diusahain lah

      Delete
  20. Waduh selama ni teh saya mah cuci tangan yang penting basah. Harus diperbaiki nih kebiasaannya, makasih informasinya kang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama kang silahkan di pake caranya biar makin bersih

      Delete
  21. cocok untuk diajarkan kepada adik" dibawah usia 4 tahun ya mas. biar belajar untuk bersih
    untuk orang dewasa juga bisa .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi lebih baik yang dewasa melakukan cuci tangan seperti... nanti juga adik-adik atau anak-anaik akan secara tidak langsung akan mengikutinya...

      Delete
    2. Sebenernya emabg selalu di ajarkan mas sama anak tk namun sayang justru bpk bok dan ibu nya g bisa meniru

      Delete
  22. Wah... mesti dibiasakan kayak gini nih...
    Ntar kalo udah biasa cuci tangan kayak gini... bisa memimalisir kuman... :D
    Artikel yang sangat menarik Mang Aduls...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ianmas ini untuk meminimalisir kumanbyg nempel

      Delete
  23. Jadi inget waktu diajarin di TK.Malah dulu diajarinnya pakai lagu,tapi saya lupa lagunya gimana.Mungkin mang aduls tahu?

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar