Jadwal Pelatihan POP di Banjarmasin

Dalam dunia tambang seorang Leader atau Supervisor haruslah memiliki sertifikasi kepengawasan minimal POP.
Namun ternyata sertifikasi POP atau yang lebih tinggi dari POP bukanlah sertifikasi yang  begitu banyak di adakan di negeri ini.
Jadwalnya masih begitu jarang dilakukan oleh instansi terkait. Memang betul setiap tahun pasti ada namun jumlah peserta biasanya terbatas sekali.

Untuk itulah pelatihan dan diklat POP selalu di tunggu - tunggu oleh mereka - mereka yang bergelut di dunia pertambangan. Meski biayanya tidak begitu murah namun tetap menjadi momen yang di tunggu - tunggu karena merupakan persyaratan yang harus di penuhi oleh setiap orang yang memiliki anak buah yang bekerja di pertambangan.

Apa itu POP?

POP yaitu singkatan dari Pengawas Oprasional Pertama. Dimana orang yang memiliki kompetensi ini artinya sudah menguasai :
  • Peraturan perundangan K3 pertambangan
  • Dasar - dasar pengelolaan lingkungan pertambangan
  • Identifikasi dan penilaian bahaya dan resiko
  • Job Safty Analysis (JSA)
  • Teknik Inspeksi
  • Pertemuan K3
  • Terknik Pemeriksaan Kecelakaan
  • Safaty Accountability dan Safety Leadership

Persyaratan Mengikuti Sertifikasi POP

Pada dasarnya setiap orang boleh mengikuti pelatihan dan sertifikisi POP ini asalkan memenuhi persayaratan tertentu sebagai berikut ini:

1. Pengalaman kerja untuk lulusan SLTA sederajat minimal 10 tahun di tambang. D3 minimal 3 tahun tambang, S1 Minimal 1 tahun di tambang.
2. Menjabat sebagai pengawas, Supervisor atau Manager dan mempunyai anak buah
3. Di usulkan perusahaan


Berkaitan dengan tidak banyaknya pelatihan - pelatihan seperti ini, maka zodized kali ini ingin berbagi informasi bagi siapa saja yang memerlukan, yaitu jadwal pelatihan dan certifikasi POP di daerah banjarmasin dan sekitarnya.

Berikut adalah jadwalnya yang di adakan oleh Allsys




Demikian informasi yang bisa zodized sampaikan semoga bermanfaat.

Hal yang terkait Contoh Materi POP Membuat Tol Box Meeting, Menyusun Safety Meeting, Membuat JSA

Subscribe to receive free email updates:

33 Responses to "Jadwal Pelatihan POP di Banjarmasin"

  1. Oh ternyata pop itu pengawas ya mas saya kira apa, tapi beda beda juga ya nama dan singkatannya dalam setiap jenis pekerjaan yang berbeda beda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas pengawas oprasional teknis banget.
      bukan yang mie itu. hehe

      Delete
    2. Ahi hi hi ada ada saja nih mas adul bikin saya jadi pengen garuk garuk layar monitor saja nih di siang yang bolong ini.

      Delete
    3. hahahahaha. becanda mas ah

      Delete
    4. iya dong,,, kan menurut Prof jajang, kependekatan bisa memiliki arti ganda.. :v

      Delete
    5. jajang itu nama bapak saya lo mas

      Delete
  2. di pertambangan juga ada pengawas ya mas, kaya di sekolah, suka ada pengawas dari dinas gitu

    ReplyDelete
  3. Kayakanya kalau statusnya guru kayak saya ndak bisa ikut sertifikasi ini deh mas. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. cie cie
      kalau mau bisa aja mas kalo ada yang mengajukan

      Delete
  4. Perlu di ikuti nih program bagus, seandainya saja dekat

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mas kalau mau ikut daftar aja. dipilih aja daerahnya. judulnya aja banjarmasin tapi daerah lain juga ada

      Delete
  5. Aku SLTA, sepuluh tahun ? terasa kurang adil tu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masak protes ke saya sih?

      Delete
    2. ya begitu mas 10 tahun dulu kalo mau ikutan.

      Delete
  6. Aku juga lulusan SMA. tapi belum pernah berpengalaman di pertambangan. he he..,

    tapi kayaknya keren juga nih info pekerjaan nantinya ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kkaerjaanya lumayan eren mas cukup di cari orang yang memiliki certifikat ini

      Delete
  7. selain memiliki pengalaman yg cukup didalam bidang pertambangan, untuk dapat mengikuti pelatihan ini jg perlu rekom dari perusahaan ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mas yanto. kalo ga di rekomendasikan perusahaan susah juga

      Delete
  8. Peluang yang menjanjikan kayaknya nih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya begitu mas. kalo mau coba silahkan mas

      Delete
  9. Oh jadi Mang aduls ini supervisor pertambangan toh keren lah pantesan sibuk offlinenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih pada libur mas jadi kebagian masuk nih

      Delete
  10. Kerja jadi supervisor partambangan itu pasti memiliki banyak pengalaman unik ya mang, dan tentu saja suka duka yang pasti menyertainya.. Paling berkesan apa saja mang yang pernah dialami?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kerja saat ini yang paling berkesan adalah melihat teman2 pada baik - baik.

      Delete
  11. Kalau Sayamah bisa nyimak aja mang,,,heheh :D nunggu postingan loker pertambangan aja deh..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalo itu mas saya juga nunggu nih. hahahah

      Delete
  12. kalau daerah kalimantan emang terkenal pertambangan nya ya mang, dari tasik juga ada yang ke kalimantan bekerja ke pertambangan. biasanya pertambangan emas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas kalteng kayanya yang banyak emas kaloa di saya masih dengan batubaranya nih

      Delete
    2. saya doain batubaranya berubah jadi emas :D

      Delete
  13. Maaf nh mau nanya apa bisa tmatan sd ikut traeining pop ini walau hanya pengalaman 8 thun jadi pengaws pertambangan

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar