Jenis Air dalam Batubara

Jika kita lihat dari sifat dan keberadaannya air dalam batubara terbagi menjadi beberapa jenis.
air tersebut yaitu:
1. Surface moisture
yaitu air yang keberadaanya berada di permukaan batubara. Sifatnya akan menguap dengan cara di angin-angin. Sumbernya bisa dari air hujan, air danau sungai.
Dalam dunia analisa biasanya air ini  adalah air yang hilang saat di lakukan ADL (Air Dry LOSS) saat proses preparasi.

2. Inheren Moisture
Batubara merupakan batuan organik yang bepori pori dan pori pori tersebut dapat berisi air dan namanya adalah Inheren moisture. Kandungan inheren moisture pada batubara sifatnya karakteristik. identik pada tiap tingkatan batubara tertentu.
Air ini dalam analisa biasanya di tetpakan dengan analisa husus yaitu bisa berupa analisa EQM atau MHC. Dimana sample di kondisikan seperti dalam perut bumi.

3. Air Kristal Minerat
Air Kristal mineral adalah air yang secara kimia terikat dengan batubara. Air ini akan keluar dengan cara proses kimia pada batubara. Jika dipanaskan pada suhu diatas 450 oC akan mengasilkan H2O yang merupakan pelepasan ikatan kimia dengan mineral batubara.

4. Air Hasil Dekomposisi
Air ini adalah air hasil penguraian pada saat pembakaran. Unsur-unsur organik yang terbakar akar mengurai menjadi COdan H2O. dan akan keluar jika dipanaskan pada suhu sekitar 225 oC.


Demikian pemirsa bloger semoga bermanfaat.



Terkait :
Analisa batubara
Kualitas batubara



Subscribe to receive free email updates:

33 Responses to "Jenis Air dalam Batubara"

  1. Replies
    1. kalau gitu saya tambahkan komennya gan...

      Delete
    2. Silahkan disimak jgn lupa. Selamat menjalankan ibadah puasa

      Delete
  2. Kalau ngeliat air, bawaannya pengen minum *eh astagfirulloh* maaf .. hehe

    salam kenal mas :)

    ReplyDelete
  3. baru tau mang ternyata batu batu bara mengandung air...pantesan aja dulu batu bara itu kebanyakan di panaskan untuk menurunkan kadar airnya kali ya...makasih gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin mabh untuk menurunkan kadar airnya. biasanya ada kadar maksimalnya ko mbah.

      Delete
  4. jadi itu macam macam air nya. terima kasih info nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia kang macam air dalam batubara. kurang lebih seperti itulah kang

      Delete
  5. mang aduls kalo macam air dalam batu bacan ada gak hehehe .:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah sepertinya hanya akan ada air jenis ini Surface moisture

      Delete
  6. wah ternyata ada juga yg di air, baru tahu saya. masih infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa nya kang. kalo batubara yang di air ada kang. kaloa batubara mengandung air ada juga kang

      Delete
  7. kaya'a ga asing denger kata moisture @_@
    kalo ga salah pas denger iklan pembersih wajah deh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kang yang bodi lotion itu tuh. hehehe

      Delete
  8. ada airnya juga ya mang dalam sebuah batu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mang infonya, kirain teh ga ada air dalam batu :D

      Delete
    2. ada kang dikit. bisa diperes

      Delete
    3. sama sama kang hendri

      Delete
  9. Silahkan bah jgn sungkan sungkan

    ReplyDelete
  10. Berarti air kristal mineral dan dekomposisi yang terkandung didalamnya menyebabkan batu bara dapat terurai dengan sempurna pada saat pembakaran ya Mang? kira-kira berapa persen kandungan kedua jenis air ini dalam batu bara yang berkualitas baik? saya jadi penasaran:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini bergantung jenis batubaranya kang. semakin tinggi kalori batubara akan semakin kecil kandungannya kang.
      Besarannya saya belum punya data.
      hanya saja samikin tinggi peringkat batubara akan semakin kecil nilainya

      Delete
  11. ternyata batubara dapat menghasilkan air?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Reaksi pembakaran Hidrocarbon kan hasilnya air. meski dalam bentuk uap air

      Delete
  12. Seperti itu batubara, makasih Mang penjelasannya:-bd

    ReplyDelete
    Replies
    1. okeh sama - sama. silahkan di nikamti hidangannya. hahaha
      batubaranya

      Delete
  13. saya kurang mengerti pasal batubara ,jadi ikut nyimak juga. tapi saya liat perusahaan batubara di daerah saya ada sebuah kubangan yang hingga sekarang berbentuk danau dan katanya kalau itu jebol tenggelamlah kota saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. daerah mana itu kang. nah itu kang bekas tambang yang tidak bertanggung jawab tp mungkin ya.
      barangkali masih tahap rehabilitasi

      Delete
  14. baru tahu ane gan kalau ternyata batu bara ada air nya, tapi kok batu bara bisa menyala ya kalau dibakar? hmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia kang ada airnya. karena batubara memiliki pori-pori yang bisa di isi leh air di alam terbuka sanah. salian itu juga saat terpapah di alam bebas batubara bisa terkena hujan dan memang dari ikatan kimianya batubra merubapak senyawa hidrokarbon jadi kalo di bakar akan mengahsilkan uap air.
      kenapa bisa di bakar ya itu tadi kang karena batubara adalah senyawa hidro karbon. senyawanya tidak jauh beda dengan minyak bensin.
      Seperti halnya arang kang

      Delete
  15. Alhamdulillah jadi tahu nih, terkait batubara ternyata air juga terdiri dari beberapa jenis ya.
    Benar-benar masih nol besar tentang batubara saya mah mang :D

    ReplyDelete
  16. Ah suka gitu kang. Tingal di mbah google aja kang

    ReplyDelete
  17. ilmu yang baru buat saya..

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar