Kecurangan Dalam Jual Beli Batubara

Zodized.in, batubara adalah suatu bahan padat yang bisa menghasilkan panas atau energi, oleh karena kempuan itulah batubara menjadi berharga. Setiap batubara memiliki karakteristik tetentu yang berbeda dengan yang lainnya mulai dari nilai panas yang berbeda - beda sampai zat pengotor yang terkandung didalamnyapun berpariasi.
Misalkan batubara dengan kalori hight atau tinggi tentu akan berbeda dengan batubara dengan kalori low atau rendah dalah hal nilai panas atapun kandungan lainnya dalam batubara tersebut.
Namun apalah daya orang - orang yang curang dalam jual beli batubara masih saja ada. Meski biasanya kelakuan curang seperti ini dilakukan oleh para pelaku usaha kecil yang adanya angin -a nginan. Yang memikirkan keuntungan sesaat.

Seperti apakah kecurangan yang dilakukan? Berikut Zodized berbagi untuk semuanya.


Kecurangan Dalam Jual Beli Batubara 

1. Menipu Nilai Kalori

Seperti yang disebutkan pada pembukaan diawal bahwa nilai batubara kalori rendah atau low berbeda dengan batubara kalori tinggi atau hight.
Nah dalam hal ini para pelaku usaha batubara yang curang menipu dengan mengatakan batubara yang dimilikinya adalah batubara dengan kalori tinggi padahal aslinya batubara yang dimilikinya dibawah standar bahkan bisa jadi batubaranya jauh sekali dengan standar atau yang disepakati.
Tidak hanya dengan mangatakan saja, bahkan pelaku yang curang bisa jadi mengeluarkan certifikat analisa batubara tersebut.
Entahlah certifikat itu asli ataukah palsu. Atau bisa jadi certifikatnya asli hanya saja untuk batubara yang berbeda.
Bisa jadi penjual batubara penipu mangatakan kepada pembeli dia menjual batubara dengan kalori 6000 gar dengan menunjukan certifikat yang di bawanya.

Bagi pembeli yang tidak tahu bisa jadi langsung percaya karena telah melihat certifikat yang di bawa.

Namun janganlah demikian, haruslah hati - hati dan mengecek apakah certifikat yang di maksud adalah untuk batu yang telah ditunjukan oleh penjual?
Jangan lupa lihat siapa yang telah mengeluarkan certifikat tersebut. Sebelum memutuskan untuk melakukan perjajian sebaiknya hubungi terlebih dahulu bagian yang mengeluarkan certifikat dan tanyakan keasliannya, dan mintalah sarannya.

Biasanya bagian yang mengeluarkan certifikan akan memberikan informasi yang diperlukan meskipun tidak akan memberikan data detail tentang cliennya karena sudah menjadi etika dalam perusahaan data clien adalah rahasia.

Untuk lebih meyakinkan pilihlah atau mintalah bagian jasa analisa yang dapat dipercaya untuk malakukan analisa terhadap batubara yang mau diperjual belikan.

2. Menipu Kandungan Lain Selain Kalori

Selain nilai kalori penipuan penjualan batubara juga bisa terjadi pada kandungan yang lainnya, seperti nilai kadar abu, nilai kadar air, nilai kandungan sulfure atau belerang.
Biasanya batubara dalam jual belinya ditentukan berdasarkan kotrak tertentu dimana dalam kontrak tersebut biasanya tertera nilai kandungan batubara yang sudah disepakati. Nilai batas bawah dan nilai batas atas.
Termasuk jika nilainya melebihi yang dijanjikan apakah diberikan bonus atau tidak.
Semua biasanya tercatat dalam kontrak jual beli antara pembeli dan pejual.

Namun bagi para penipu penjualan batubara baik bagi penjual ataupun pembeli bisa saja pelakukan kebohongan untuk menipu.
Misalkan kandungan Total Moisture dalam batubara tersebut kadar yang disepakati adalah 20 %-25% karena hujan dan lain sebagainya maka kadar aslinya adalah 30 %.
Bisa saja penjual melakukan penipuan dengan mengatakan kadarnya berada diantara yang disepakati.
Bisa jadi penjualpun melakukan kecurangan tidak sendiri malaikan dengan oknum pembeli supaya saat dilakukan pembongkaran kadar air sama dengan saat dibongkaran.
Begitupun untuk kandungan batubara yang lainnya.

Untuk lebih meyakinkan bagi para pembali ataupun penjual batubara supaya tidak mengalami penipuan seperti ini pastikan batubara dilakukan analisa saat pemuatan dan pembokaran oleh pihak ketiga yang sudah dipercaya. Untuk lebih menyakinkan lakukanlah oleh lebih dari satu jasa analisa.

3. Menipu Berat

Para pembeli atapun penjual yang menginginkan keuntungan instan dengan melakukan penipuan bisa jadi menipu berat batubara yang akan diperjualbelikan.
Bisa jadi para pembeli mangatakan lebih ringan dari berat aslinya supaya mendapatkan keuntungan jumlah muatan yang diterima dan bagi penjual bisa jadi mengatakan lebih berat dari muatan aslinya supaya medapatkan keuntungan dari angka beratnya.
Maka dari itu baik pembeli atapun penjual sebaiknya menggunakan jasa tertentu yang bisa mengukur berat dengan akurat.
Dari hasil itulah kedua belah pihak harus sepakat dalam hal beratnya. Untuk lebih meyakinkan hasil bisa jadi tidak hanya satu jasa pengukur berat yang digunakan bisa jadi lebih dari satu. 

Itulah segelintir Kecurangan Dalam Jual Beli Batubara yang bisa dilakukan oleh pembelli atapun penjual.
Mudah - mudahan bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

57 Responses to "Kecurangan Dalam Jual Beli Batubara"

  1. Iya bener banget tuh kang biasanya menipu dalam berat timbangan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia bisa jadi itu salah satu kang

      Delete
  2. harus diteliti ketika melakukan transaksi jual beli batu bara karena kalau ada niat bisa saja terjadi penipuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bisa gawat ini ya mb elsa :D

      Delete
  3. Hmm kalau saya sih mas gak begitu tau jelas tentang batu bara tapi kayanya kalau masalah batu bara bisa langsung tanyakan saja nih ke mang adul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kang tapi kalo g di jawab jgn ngis ya :D

      Delete
  4. dalam jual beli batu bara ternyata masih ada juga kecurangan ya mas?
    mesti hati" lah sekarang mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas ada aja orang yang curang. entahlah kudu di gimanain

      Delete
  5. Menipu itu sudah makanan sehari-hari manusia, jadi intinya harus lebih teliti dan waspada juga ya kang dalam membeli apalagi batu bara :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas itu dia harus hati hati mas. ajaklah orang yang ahli saat bertransaksi

      Delete
  6. Menipu ukuran berat sepertinya sudah menjadi tradisi dalam traksansi jual beli negeri antah berantah. Kalau negeri kita sepertinya masih banyak yang jujur. Yang jurang paling suma 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10 dan seterusnya ya kang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhahahah bisa aja mas nih ah.

      Delete
  7. karena batu bara berharga, maka mudah ditipu. karena batubara menguntungkan, karena ada penipuan, dan karena tal ada iman, batu bara ditipu. itu menurut saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas kurang iman dalam hatinya itu tergoda bujuk rayu setan. hehehe

      Delete
  8. Ternyata batubara juga bisa berpotensi buat di curangi ya mang, padahal kan bentuk dan warnanya sepertinya sulit untuk di utak-atik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau udah ngerti seluk beluknya yah pasti banyak yang memanfaatkannya untuk keuntungan pribadi..

      Delete
    2. Betul itu saya setuju.

      Delete
    3. nah itu dia mas kalo udah ada yang ngerti. bisa dua hal mas melakukan dengan penuh tanggung jawab atau dia culas.

      Delete
  9. Kalau yang belum benar - benar ngerti pasti kena tipu deh,,, semua hal bisa dicurangi,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas kalo ga begitu paham atau ngerti banyaknya di tipu. bnyak sudah mas yang merugi dan gulung tikar gara - gara di tipu

      Delete
  10. untung saya bukan pemain batu bara, jadi ga kena tipu kayaknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ia mas kalo ga berjualan batubara ga mungkin ketipu gara - gara batbara

      Delete
  11. Sepertinya harus banyak belajar nih sama mangadul bagaimana caranya membedakan batubara yang asli atau palsu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas...perlu berguru sama mang adul ...

      Delete
    2. boleh mas silahkan saja datang. wkwkwkwkw

      Delete
  12. dalam dunia batu bara masih aja yang main nakal ya mas....semoga kedepan kasus kasus seperti ini bisa di minimalisir ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah - mudahan mas. bisa dihilangkan. mentalnya ini kayanya harus di ganti dulu

      Delete
  13. Temen gw kerja di batubara, kata nya terlalubanyak intrik kurang sehat yg jualan begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas kalo kurang paham dan masuk dalam jurang batubra gitu mas

      Delete
  14. duh selalu ada kecurangan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas itu tandanya kudu di talapung yang curangnya

      Delete
  15. sepertinya masalah timbangan memang selalu menjadi peluang besar dalam jual beli, heu
    tapi saya mah percaya Kang yang jualannya tidak jujur mah pastinya hasil yang di dapat juga tidak akan barokah, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas pasti itu. dan pastinya ga akan tahan lama

      Delete
  16. Semoga para pecurang sadar dan tidak melakukan kecurangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin
      saya setuju dengan mas obat kuat pria

      Delete
  17. ternhyata di batu bara ada juga tipu menipu yah kang, sayang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kang dan lumayan susah juga kang menghilangkannya kayanya

      Delete
  18. Mungkin bisa juga di aplos yah mas, batubara yang muda di campur dengan yang tua.. biasanya yang umur masih muda kualitasnya kurang baik di banding yang sudah tua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu bisa juga mas seperti itu. biasanya pelaku seperti itu mukanya sangar - sangar mmas. hehehe

      Delete
    2. tapi itu masih mending mas yang parah di campurnya dengan tanah

      Delete
  19. solusinya perlu kewaspadaan ya mas agar tidak terjadi kecurangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas harus waspada dan kontrol terus mas di setiap langkah transaksi

      Delete
  20. Batu bara bisa dioplos juga Kang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitukah kira kira mang :D

      Delete
    2. ia mas kira - kira begitu mas di oplos

      Delete
  21. ow, ternyata gak cuma beratnya aja yg dimanipulasi, kandungan kalorinya juga dimanipulasi,, #terlalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. pokonya mas orang culas itu memang terlalu

      Delete
  22. Anonymous15/5/16 03:47

    Nah, dengan adanya penjelasan mengenai kecurangan jual beli batubara dalam artikel ini jadinya kita semua bisa tau mang. Semoga ini bermanfaat buat yang ingin jual beli batubara supaya tidak tertipu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas itu tujuannya biar yang jula beli ga ketipu

      Delete
  23. Baru tahu Mas, kalau ada kecurangan dalam jual beli batubara... hampir mirip dengan barang-barang lainnya ya...
    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas solanya yang curang ini di mana - amana ada aja

      Delete
  24. halo mas , banyak nya kecurangan tersebut maka solusi nya harus kah teliti dalam hal menaganinya ya mas, emm sorry mas lama ga on :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas sama saya juga lama ga mumpar mampir

      Delete
  25. moga aja akecurangan tersebut bisa lenyap ya mang dalam hal apapun :D

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar