Pembongkaran dan Pemuatan Batubara

Pemirsa, kali ini zodized ingin menggambarkan bagaimana pemuatan dan pembongkran batubara. Dari dan ke Tongkang atau vessel/kapal.
Banyak cara yang dilakukan untuk pemuatan batubara dalam sutu tongkang bisa dilakukan  dengan truk atau sabuk berjalan atau sering dikenal dengan sebutan conveyor.
Jika menggunakan truk perlu berhari - hari untuk memenuhi sebuah tongkang tapi jika menggunakan conveyor bisa jauh lebih cepat tergantung kecepatan atau daya muat conveyor tersebut.
Nah berikut adalah gambaran muat angkut batubara pada suatu tempat menggunakan conveyor. Yang menurut saya sangat luar biasa sekali. Semunya sudah menggunakan mesin.





Subscribe to receive free email updates:

89 Responses to "Pembongkaran dan Pemuatan Batubara"

  1. wah itu pembongkaran dan pemuatan batubara ya mang saya sudah liat tadi videonya, itu deket laut atau apa mang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas di pelabuhan khusus batubara mas. laut dalam

      Delete
    2. sedalam cintaku ga mang?hehe
      emang itu ga bakalan bobrok mang?kan itu laut dalam yah..bisa-bisa tenggelam itu.hehe

      Delete
    3. lebih dalam lagi mas. hahahha
      engga mas kan jgn banyak banya isinya mas secukupnya aja. =D

      Delete
    4. Itu masih dinegara kita atau negara tetangga ?

      Delete
    5. INi asli di negara tercinta kita mas. Hahhaa
      Mungkin hanya beberapa saja yang seperti ini

      Delete
    6. nah terus saya gimana nih...

      Delete
  2. subhanallah, sangat luar biasa ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang luar biasa itu bagi saya adalah alatnya maas. besar banget saya kira doser loader yang besr inimah alanya segede gedung 7 lantai

      Delete
    2. saya malah cuman liat di video doangan

      Delete
    3. Aku liat vidionya juga gagal paham.

      Delete
    4. jelas sekali ya videonya Memang agan kerja disana

      Delete
    5. Ga jago saya bikin vidio mas hihihi.
      Ia mas kebetulan ada tugas ke sana. Jadi sempetin aja bikin vidio. Sayang g bisa lama memorinya terbatas

      Delete
    6. enak ya kang bsa tugas di daerah tambang.

      Delete
    7. tugasnya mah ngga enak kang...yang enak itu pas pulang ke kampung

      Delete
    8. kalo di bawa asik asih aja mas. kalo di bawa cape, cape banget

      Delete
    9. hahaha ia mang lembu. mang lembuu yang sering keluar-keluar lebih paham

      Delete
  3. Klo boleh tau itu mau dikirim kemana ya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. batubaranya mau dikirim ke pembangkit listrik di jawa mas

      Delete
    2. yg jelas bukan ketempat saya loh
      beneran

      Delete
    3. Kalo dikirmi ke mas yanto belum ada jlnnya mas

      Delete
    4. Yang pasti bukan di kirim ke jonggol ...ha...ha...

      Delete
    5. HAH...ketempat mang aduls?
      aje gile bingit emangnya mang aduls ini ya

      Delete
    6. kalo ada pltu bisa aja tuh di kirim ke sana

      Delete
    7. apa mang saya gagal paham hahahaa

      Delete
  4. pakai truk aja bisa berhari - hari ,,, apalgi kalau manual, kalau jaman dulu mungkin ngangkutnya masih manual kali yah... pakai tangan atau gerobak... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah mungkin pake grobak mas. kalao dulu keperluannya mungkin ebelum sebanyak sekarang jadi lama-lama juga ga masalh kalo sekarang keperluannya sudah membludak jadi kudu cepet.

      Delete
    2. dana ongkosnya juga lebih besar

      Delete
    3. Mungkinnhasil akhirnya lebih hemat mas. Karna biaya sewa tongkang jadi murah.

      Delete
  5. Lebih cepat menggunakan conveyor daripada truck, tapi bukannya sama aja mas. conveyor kan buruh pasokan listrik yang besar :D Indonesia Impor batubara atau ekspor batu bara mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg jelas lebih cepat dengan pengeluaran dana yg lebih besar mas.
      kira2 begitu

      Delete
    2. kalau liat pos nya mang aduls sih sepertinya suka ekspor mas dan paling banyak ke china kalau gx salah

      Delete
    3. Sepertinyankalo di itung dalam jangka panjang lebih untung konveyor. Indonesia masihbpeng ekspor batubara terbesar mas. Untuk batubara muda

      Delete
    4. Untuk dana sepertinya tertutup dgn jumlah batu yang lebih banyak di produksi mas. DAna besat tp hasil lebih gede lagi

      Delete
    5. Ia betul sekali dan indonesia adalah peng ekspor batubara muda terbesar

      Delete
  6. oh itu alat angkutnya memang khusus buat ngangkut batubara yamas rozak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mas yanto. Sekelilingan itu. Saya ambilyanitu dr lantai 7 lo

      Delete
    2. hah...lantai 7 ya kang, padahal saya ada di lantai 6 lo

      Delete
    3. oo pantesan mang tersa ada yang mengelitiki. =D

      Delete
  7. Sebentar aku kok masih gagal paham seperti apa alatnya. Sudah nonton vidoinya tetap saja belum bisa mencerna.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itunmas maksdunya dr awal vidio itu alatnya. PErtema alat pengeruk dr tongkangbyang di hubungkan dgn konveyor menuju stokpile dr stokpile itu ada alat raksasa jyga tuh yang mengeruk kemudian masuk ke konveyor dan menuju kapal pada vidio terakhir.

      Delete
  8. waduh, gx kebayang kalau manual mah pasti lama ya mang? :0

    ReplyDelete
  9. itu ngakut batu bara'a lewat rel yang dibangun itu mang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ianmang chisana. Memutari rel itu. Dannjika tidak ada maka di aimoannpada tumpukannya

      Delete
  10. kalo untuk memenuhi satu tongkan biasanya butuh berapa jam atau hari mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di tempat ini hanya 2 jam saja mas.

      Delete
  11. koneksi lemot bgt nih, pgn liat videonya susah bgt, yg jls sih lancar2 aja kan bongkarnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem pasti lancar mas,itu sih admin jagonya urusan batubara kayak gini, kalau saya nyimak aja deh

      Delete
    2. Lancar mas bongkar muatnya

      Delete
    3. Ia mas itubgede lagi tuh duitnya. Tapi sama sama lagi turun harganya

      Delete
  12. begitu rupanya, nyimak videonya sambil ngopi pahit

    ReplyDelete
  13. gak takut jatuh tuh mas batubaranya kalau di muat di kapal, kira-kira ada batasan muatan batubara gak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada mas batasannya adabptugas khusus yang ngitungin mas

      Delete
  14. wah baru tahu saya nih mas...
    lumayan pagi pagi nambah ilmu baru :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitu juga dengan saya

      Delete
    2. sukur kalo jadi pengetahuan barumah brarti manfaat info sayah. hahahaha. maksa dikitlah

      Delete
    3. kalo begitu kita sekarang sudah sama - sama tau. betul

      Delete
  15. keren mas bisa ngambil video di daerah pertambangan dan pelbuhan batu bara, biasanya tidak boleh kalau bukan orang dalam dan punya posisi kuat. Bettul ya mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudahan aja g ketauan mas. hahahaha
      bisa bahaya nih. trancam

      Delete
  16. Yang sering saya lihat batubara diangkut di truk, kalau bongkar di pelabuhan baru ini deh. Itupun melalui video haha. Padahal daerah saya tinggal sekarang termasuk penghasil batubara...

    ReplyDelete
    Replies
    1. daerah mana mas. saya juga sebenernya bongkar batubara baru disitu. kalo penghasil pasti pemuatan mas.

      Delete
  17. Wah sayangnya saya blom bisa liat videonya kang lagi pake smartfret soalnya lemot bingits... ntar malem aja deh liatnya, kalo inget tapi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha
      gpp kang nanti lain waktu aja bisa balik lagi =D

      Delete
  18. Waa ternyata super canggih peralatanya mang

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas menurut saya ini sangat bagus sekali. saya kira ga ada di indonesia, ternyata ada dan ini sudah lama sekali

      Delete
  19. Mas kira2 perusahaan tempat mang bekerja masih menerima karyawan g

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih...tapi kang trik pos mah ngga usah deh

      Delete
    2. sampai saat ini belum mas. masih isi yang kosng dan alihkan dari yang kebanyakan

      Delete
  20. bongkar muat batu bara mulai menggeliat secara signifikan seperti semula, maka gajipara pentolan batu bara kaya mang aduls pasti juga meningkat sangat signifikan dong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. entahlah mang saya hanya bagian mengamati saja mang. jadi begitu saja deh mang

      Delete
  21. Itu dudukan conveyor dibangun secara permanen Kang, atau bisa dipindah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dudukannyanya permanen mas. untuk alat bagian pengeruknya itu bisa berpindah dari ujung ke ujung

      Delete
  22. Aku pernah lihat sekali waktu di PLTU Jepara :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah mungkin PLTU jepara punya semodel ini.

      Delete
  23. ini pada kemana ya sepi banget yang blogwalking :D
    saya ngopi udah abis 2 gelas loh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. peru di temeni g mas.
      saya juga ga begitu banyak bergerak nih mas.
      lagi rada-rada susah nih.
      tapi tetep di usahakan

      Delete

Silahkan berkomentar