Fungsi Batubara Dalam Kehidupan Sehari Hari

Sekian lama saya membahas tentang batubara mungkin saya belum pernah membahas punsi batubara itu sendiri dalam kehidupan sehari hari.

Oklah kalo begitu pada kesempatan kali ini saya akan membahasa sepengetahuan saya akan fungsi batubara dalam kehidupan sehari hari.

Dalam dunia Indutri

Dalam dunia indutri batubara sangat banyak sekali di gunaan karena memang arahan dari produksi batubara dalah untuk memenuhi kebutuhan indutri, Indutri apa saja?

1. Indutri Listrik

Sudah pasti sekali karena batubara adalah salah satu energi alternatif untuk penghasil listrik.
Batubara mengasilkan listrik melalui suatu pembangkit listrik tenaga uap, dimana punsi batubara adalah untuk memanaskan air supaya mendidih dan tekanan uapnyalah yang akan memutarkan turbin.
Turbin berputar terjadi bedapotensial dan di alirkan.

2. Industri Semen

Dalam Industri semen batubara setidaknya memiliki 2 pungsi, Pungsi pertama sumber energi pembakaran dan pungsi kedua abu batubara yang memiliki sifat pazzolan terutama fly ashnya, maka abu batubara inipun menjadi salah satu campuran semen.

3. Indutri Baja

Produksi baja mentah banyak memakai metalurgi batubara dari bahan batubara kokas. Produksi baja melibatkan karbon dan bahan besi. Karbon diperlukan untuk memanaskan bahan besi dan mengolahnya menjadi baja. Karbon dari batubara menghasilkan panas tinggi sehingga mendukung produksi baja.

4. Industri Kertas

Dalam halm ini batubara menjadi sumber panas dalam pembuatan kertas. Dalam pembuatan kertas di perlukan suhu yang satabil, maka batubara menjadi sumber energi alternatifnya karena suhu yang dihasilkannya stabil.

5. Indutri Kimia

Batubara merupakan sebuah pastikel yang berpori dan bisa digerus ke ukuran yang sangat halus sekali. Nah bubuk yang sangat halus ini bisa digunakan untuk membuat fenol dan benzen.
Batubara denga proses tertentu bisa di olah menjadi naftalen, garam amoniak, asam nitrat, pelarut, pewarna dll

6. Industri Plastik

Dalam hal ini batubara berpungsi sebagai bahan bakar untuk pemnasan bisi plastik dan sebagai sumber pewarna.

7. Industri Pupuk
Karena tadi bisa dibuatkan amoniak maka dengan demikian batubrapun hasil sampingnya bisa dibuat untuk pupuk kimia. Dengan merubah amoniak menjadi garam amoniak dan mungkin nitrarnya bisa menjadi garam nitrat.

Dalam Rumah Tangga

Batubara dalam rumah tangga bisa berpungsi sebagai bahan bakar kompor. Hanya saja batubara yang digunakan harus di proses terlebih dahulu supaya sedikit asapnya.
Batubara yang biasa digunakan untuk kompor adalah jenis batubara kokas  supaya bisa dibuatkan briket

kompor briket sumber google serch

Nah sekian dulu fungsi batubara dalam keseharian semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

79 Responses to "Fungsi Batubara Dalam Kehidupan Sehari Hari"

  1. Diakai untuk kereta api enggak ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang kereta api yang pake batu bara udah jarang mbak,,,

      Delete
    2. nah ini dia ada yang bantu jawab.

      Delete
    3. dipake strikaan pasti bisa ya mang??

      Delete
    4. sapa yg mau disetrika coba?

      Delete
    5. di pake strikaan wah ide bagus. bisa ituh mas

      Delete
    6. saya ga mau mas yanto ihh takut

      Delete
  2. hahaha, colek paragraph 1 Sekian lama saya membahas tentang batubara mungkin saya belum pernah membahas punsi batubara itu sendiri, untung belum asampai setahun ya mas, kalo uda setahun saya laporin ke sekdes ne, hayoo

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo gitu saya dilaporin ya. hahahah
      udah setahun saya ngeblog mas

      Delete
    2. Anonymous2/11/15 10:07

      hahaha, sekarang jaman suap suap, hehehehe, eps jangan juga ya

      Delete
    3. hahahahahah kalo gitu saya suap dah :D

      Delete
  3. memang batu bara sudah menjadi bahan pokok, bia dikatakan multi guna juga ya mas, manfaatnya seperti diatas bisa dimanfaatin di berbagai tempat, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia dong msa siapadulu ......batubara,

      Delete
    2. Anonymous2/11/15 10:08

      haaaah, saya kirain batu akik !

      Delete
    3. batubara bisa dibikin batui akik loh, jangan salah :D

      Delete
    4. ia mas gosok aja sampai kinclong=D

      Delete
  4. Batubara ternyata banyak manfaatnya ya kang,,,jadi salut sama benda yang satu ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous1/11/15 12:15

      setuju mas sangat setuju :) hehehe

      Delete
    2. lebih banyak dari yang saya sebtan di atas mas

      Delete
    3. saya juga ikutan disini ah mas

      Delete
    4. Anonymous2/11/15 10:09

      ngopi ngopi dunks jangan ikutan kalo ndak bawa ngopi :) hehehe

      Delete
    5. kopi saya abis mas di bawa orang

      Delete
  5. Anehnya kok rumah tangga jarang yang mau pakai briket batu bara mungkin karena kurang praktis pemakaiannya ya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mungkin kurang praktis mas. enak pake gAS

      Delete
  6. wah batu bara ternyata banyak fungsinya gan...makasih infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia banyak mas lebih banyak dari yang saya infohkan

      Delete
  7. memang demikian fungsi dari batu bara untuk kehidupan sehari-hari warga Indonesia hanya memang belum merakyat keberadaannya deh kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mang enakan pake minyak tanah sama gas kali mang. batubara di rumahan g populer

      Delete
    2. Anonymous2/11/15 10:10

      sangat sangat setuju

      Delete
    3. ia gas yang enak tapi ada temuan baru loh kompor massa. temuan orang indonesia ini populer di luar negeri sonoh

      Delete
  8. Mantap.. banyak banget ya fungsinya.. oya, batu bara itu bisa diperbarui atau termasuk yang tidak dapat diperbaharui ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. termasuk yang tidak dapat diperbaharui mas

      Delete
  9. wah kok baru tahu saya klo batu bara itu fungsinya macem2... setau saya cuma buat bakar2an doank :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya mas sering kemari mas. hahahaha
      promo

      Delete
    2. saya dong tiap hari kesini

      Delete
    3. hehehehhe mas yanto gituh.

      Delete
  10. Kalau penghasil batu bara di Indonesia itu dimana yah mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous1/11/15 12:16

      menunggu sesat untuk jawabannya, karena adminnya lagi rapet :) wkwkwkw

      Delete
    2. wah ini dia harus tau nih. indonesia itu penghasil terbesar batubara muda lo dan batubara terbaik.
      di sumatra, kalimntan

      Delete
    3. wkwkwk lagi khusu mas

      Delete
    4. Anonymous2/11/15 10:11

      horeeee, akhirnya bisa tahu :)

      Delete
    5. ia dong mas harus bilang horeeeee)
      :-bd

      Delete
  11. di Saudi, batubara menjadi kebutuhan penting, hampir tiap rumah memilikinya. Batubara digunakan sebagai pembakar "bakhoor' pengharum ruangan. Ternyata ... Batubara made in Indonesia terkenal di Saudi ... ane bangga !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous2/11/15 10:12

      saya ikut bangga ah :) ntar dikasih hadiah juga :)

      Delete
    2. saya juga bangga mas. hehehehe
      biar aja ah

      Delete
  12. Sekarang yang paling besar untuk Listrik ya. kayak PLTU :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas yang besar banget emang buat PLTU.

      Delete
  13. kalo kereta api sekarang udah nggak ada yg pake batubara ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga ada kayanya mas. pake listrik sekarang mas

      Delete
  14. ternyata batu bara itu banyak fungsi nya ya, baru tau semen itu dari batu bara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous2/11/15 10:13

      hehehe, betul betul betul

      Delete
    2. hebat kan batubara gutuh

      Delete
  15. ternyata banyak banget manfaat nya batubara teh ya mang?tapi kalo buat saya batu bara bisa dimanfaatkan untuk apa ya mang?kalo bikin kertas kan ga mungkin saya gatau tahap-tahapnya.heuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal jangan dimakan mas

      Delete
    2. buat kecantikan mas. itu pembersih muka penyerap minyak

      Delete
    3. nah itu jgn mas bisa kelenger

      Delete
    4. masa mang?saya sih hanya dibagian pemasaran jadi kurang tau masalah racik bahan, tau beres aja deh cuman dikasih tau ini terbuat dari ini...ini...dan ini...gtu aja udah
      sambil ngopi ditempat mamang ah..

      Delete
    5. ada mas ada teknonolginya.

      Delete
  16. Kebanyakan memang untuk bahan bakar yah mang

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas kebanyakan dan program yang besar untuk bhan bakar mas yang lain sampingan aja

      Delete
  17. Sekarang batu bara lagi lesu, temen ku kena PHK ihik ihik

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas setahun ini lesu banget. dari awal tahun sampai sekrang harga turun terus

      Delete
  18. banyak sekali kegunaan batubara pada kehidupan ini ya mas rozak.mulai dari perseorangan,perusahaan sampai negara membutuhkannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mas yanto 100 buat mas yan

      Delete
  19. gimana dengan harga batubara bulan november mas?
    apa udah mengalami kenaikan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belu mas sepertinya masih turun. belum ada info resmi mas

      Delete
  20. yg buat kompor itu kayaknya cocok digunakan waktu kemping deh.
    soalnya ringkas banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. cocok banget itu mas. asal mau bawa batubaranya aja

      Delete
  21. sebenarnya penggunaan batu bara ini sangat efektif untuk rumah tangga, namun itu tadi, selain harganya ya mahal, untuk mendapatkannya pun sulit, apalagi dikampung saya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo harga murah mas. lebih murah dari bbm
      hanya saja tidak di roduksi masal untuk rumah tangga

      Delete
  22. batu bara juga bisa untuk industri transportasi dan wisata mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas untuk trasfortasi. klo wisata seperti apa ya mas

      Delete
  23. Ternyata banyak banget manfaatnya yang mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini cuman sebagian nya aja mas. masih banyak lagi fungsinya

      Delete
  24. Wah saya baru tau informasi mengenai fungsi batubara diblog mang adul, sekarang jadi tau fungsi batu bara yang sebenarnya...taunya hanya sebagai bahan bakar aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah brarti blog saya manfaat ya. hehehehe
      alhamdulillah nambah pengetahuan

      Delete
  25. kalau di itung itung banyak sekali fungsi dari batubhara ini ya ... salah satunya ya untuk membangun rumah ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas duitnya hadil penjualannya bisa di buat bangun rumah. hotelah

      Delete

Silahkan berkomentar