Riset Oprasional ( Opration Research )

Mangsaduls eh zodized kali ini tulisannya agak - agak gimana gitu ya tinggi banget harapannya yaitu mau menuliskan Riset Oprasional ( Opration Research ) / Penelitian Oprasional. Banyangannya sih dalam suatu produksi.
Mungkin tulisan ini hanya sebagai pembuka saja. Karena tanpa pembuka tidak mungkin bisa masuk kedalamnya atau keluar darinya. Untuk itu pembuka sangatlah penting dalam segala hal jika kita mau memulai.


Pegertian Riset Oprasional ( Opration Research )

Tanpa kita tahu artinya tidak mungkin bisa menyelami. Untuk itu hal awal yang mesti kita selami adalah pengertiannya dulu.

Diambil dari kutipan tulisannya DR Arief Noviarakhman Zagladi, SE,MM pengertian Riset Oprasional adalah sebagai berikut

" Riset Oprasional adalah sekumpulan teknik / Alat analisa yang dapat digunakan untuk mengelola sumber daya yang terbatas guna mendapatkan hasil yang optimal."

Nah itulah pengertian Riset Oprasional.

Kata kuncinya alat analisa, sumber daya terbatas, hasil optimal.
 

Latar Belakang Munculnya Riset Oprasional


Setelah mengetahui pengertiannya mungkin ada juga yang bertanya emang kenapa sih diperlukan Riset Oprasional dan sekaligus juga sebetulnya ada juga jawabannya, yaitu karena sumber daya makin lama makin terbatas sementara hasil selalu ingin optimal.

Atau jika dirumuskan secara lebih sederhana dan mudah latar belakang munculnya Riset Oprasional adalah sebagai berikut :

1. Makin kompleksnya masalah perusahaan

Coba bayangkan dulu bahan baku yang bersumber dari alam mudah atau banyak. Sekarang susah banyak lahan di jadikan perumahan. Sehingga untuk mendapatkan bahan baku perlu miki. Mikir disini ya harus dilakukan riset supaya keputusan tepat.
Selain bahan baku pesaingpun makain banyak, selain pesaing trasfortasipun banyak aturannya dan seabrek masalah yang ada. Untuk itu penyelesainnya tidak bisa main tebak - tbak harus ada Riset.

2. Makin Dinamisnya Lingkungan Perusahaan

Perusahaan yang diem begitu aja menunggu nasib ya mungkin akan gulung tikar. Maka dari itu perusahaan harus bisa menyesuaikan dengan lingkungan perusahaan yang ada supaya bisa terus maju dan maju terus.

3. Semakin Sulit Sumber Daya yang Di Butuhkan

Seperti yang di singgung di poin no 1 makin sulit sumber daya. Untuk itulah cara satu satunya untuk mendapatkan sumber daya yang efektif adalah melalui riset.
Tidak bisa dengan tebak - tebakan saja.
Dengan adanya riset keuntungan atau kerugian akan dengan mudah diketahui.


Janis Jinis Riset Oprasional


Untuk jenis riset oprasional ini cukup banyak, namun dalam tulisan kali ini akan diulas sedikit sajayaitu sebagai berikut ini :

Riser Program Linear

Riset ini bertujuan untuk mencari nilai optimum dari suatu kejadian yang berekndala atau ada masalah.

Riset Metode Trasfortasi

Riset ini bertujuan untuk merencanakan dan mengatur penditribusian barang dan jasa dari berberapa lokasi pemasok menuju kelokasi yang dinginkan.

Hasi akhirnya akan didapakan biaya dikirim darimana dengan alat apa dan dengan cara apa barang dan jasa tersebut dengan biaya yang paling murah.

Kenapa harus paling murah karena tujuan dari suatu usaha itu keuntungan yang seoptimal - optimalnya. Salah satu caranya adalah penghematan diwilayah mode trasfortasi.

Riset Penugasan

Gambaran mudahnya seperti ini. Ada suatu pekerjaan dan ada pekerja. Semunya itu harus dikerjakan dengan baik dan benar dan dengan biaya yang paling murah.
Untuk itulah riset penugasan diperlukan.
Tugas A diberikan kepada siapa dan tugas B diberikan kepada siapa supaya hasilnya bagus dan ekonomis.
Misalkan membuat rumah apakah dikerjakan baiknya dikerjakan sedniri atau orang lain. Nah seperti itulah gambrannya.

Riset Jaringan Kerja

Riset ini digunakan untuk membantu menyelesaikan masalah - masalah yang muncul dari serangkaian pekerjaan.

Masalah - masalah yang di maksud antara lain adalah :
a. Waktu penyelesaian dari serangkaian pekerjaan tersebut
b. Biaya yang harus dikeluarkan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan tersebut
c. Waktu menganggur yang terjadi disetiap pekerjaan.


Bersambung......

Subscribe to receive free email updates:

27 Responses to "Riset Oprasional ( Opration Research )"

  1. jadi setelah mengetahui dan membuat prolog tentang riset operasional itu lalu apakah saya kemudian diwajibkan untuk berteriak WOW....gitu mang?

    ReplyDelete
  2. berarti inti diadakan riset oprasional adalah untuk mengakali sumber daya yg semakin sedikit agar tetep memberikan hasil yang maksimal ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia mas. betul banget. intinya begitu mas

      Delete
  3. lalu mas rozak mendapat tuga bagian riset apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kali ini sedang meriset pengevisiensian pengeluaran. karena pemasukan sedang berkurang mas.

      Delete
  4. biar sumber daya yang sedikit dioptimalkan ya mang intinya :)

    penting sekali atuh yah riset kaya gini teh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas penting banget dan perusahan - perusaaan biasanya menggunakan yang beginian. namun pasti yang komples , banyak farktor yang dimasukan

      Delete
  5. riset itu intinya mencari data berbagai hal intuk diambil kesimpulan dan tindakan selanjutnya, itu menurut saya mah kesimpulannya mangs....

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia mas mencari kesimpulan untuk keputusan untuk bertindak. mangs maman lebih jagolah mangs

      Delete
  6. Baca-baca riset kaya gini jadi inget jaman sekolah dulu deh mang pas pelajaran ekonomi, bikin saya nostalgia aja mag :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itulah mas intinyamah pelajaran dulu disoklah yang bikin mumet terasa banget gunaya ketika udah dimasyarakat di pursahaan.

      Delete
  7. Reset itu memang penting, demi kepuasan dan kelanggengan sebuah perusahaan. Istilah membaca mangsa pasar. Apalagi sekarang sumber daya manusia lagi loyo-loyonya, tergopok-gopok menghadapi pasar yang semakin susah untuk ditebah arahnya. Bersambung juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas kalo inget bersambung kalo ga inget ya sudahlah. tapi kayanya di sambung deh masih ada 4 lagi nih

      Delete
  8. Reset operasi dilakukan kalau sumber daya nya terbatas kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kali ini ia mas. karena dengan sumberdaya terbatas ingin hasil yang maksimun.
      soalnya dengan terbatas harga akan mahal.
      kalo tidak terbatas bebas aja pake ga ada batasannya juga. biasanya kalo tidak terbatas gratis juga

      Delete
  9. Riset konsumennya nggak ada mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pas ini masih produksi. Nanti konsumen lain episode

      Delete
  10. Riset Oprasional, jadi sedikit paham bagaimana mesti disiapkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus mas kali sedikit mengerti, setidaknya sedikit. :D

      Delete
  11. Ilmu baru buat aku nih. makasih ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama mas dzaky dewan. semoga manfaat tulisan saya tentang riset ini

      Delete
  12. Kalau Sayamah memahami riset itu sebagai sebuah penelitian,, intinya mengenai masalah riset teh udah dibahas dengan jelas diatas... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas lah begitu . hehehhe penelitian

      Delete
  13. Sekarang memang lagi hot hotnya berita penggandaan uang, tapi tetap yang paling masuk akal adalah dengan menabung di bank atau membuka rekening deposito

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar