Reaktivitas Batubara dalam Pembakaran

Pemirsa bloger keefektipan batubara dalam pembakaran sangatlah penting, karena industri dapat menggunakan batubara dengan hemat dan pengeluaranpun bisa di minimalisir.
Dalam istilah batubara ke efektipan ini sering di sebut reaktivitas batubara atau Coal reactivity. Coal reactivity ini sangat menentukan pada kestabilan nyala api.
Cara menjadikannya reaktif bisa dengan menghaluskan ukuran atau memilih janis batubara.
Nah berikut tips memilih batubaranya.

Dalam dunia analisa untuk melihat reaktifitas ini dapat dilakukan dengan cara berikut :
1. Fuel Ratio, yaitu dengan membandingkan nilai fixed carbon dan volatile matter, semakin kecil fuel ratinya maka semakin reaktif batubara tersebut
2. Mengukur Oxigen dalam batubara, dengan mengukur kadar oxigen makan akan mengetahui kadarnya semakin tinggi kadarnya semakin reaktif batubara tersebut .
Untuk mendapatkan nilai oxigen dilakukan dengan cara pengurangan 100 % di kurangi kadar dari Carbon dan hidrogen dikurangi Nitrogen dan sulfur.
3. Mengetahui nilai swelling index nya. Batubara yang non caking atau swelling index kecil (<2), merupakan batubara yang reaktif.
oleh karena itulah batubara low rank seperti lignit dan sub bituminus adalah batubara yang reaktif karena nilai swelling indexnya <2


Semoga bermanfaat................

Post a Comment for "Reaktivitas Batubara dalam Pembakaran"