Lagi Lagi Hal Yang Unik Pada Ayam

Setelah sebelumnya saya berbagi tentang cara membuat tombol share mudah gampang sekali untuk di blog meski tak ada hubungnnya dengan postingan kali ini dan kebingungan dengan kerusakan alat IRS akhirnya saya kembali ke masalah ayam dan bertemu dengan ayam unik kembali ( Ayam Unik Sebelumnya). Ya kenapa di bilang ayam unik karena sikap nya itu ternyata unik lucu.
Setelah di awal tahun saya mebuat kandang ayam serta menyaksikan pohon pisang yang unik,  akhirnya ayam ayam yang saya kandangkan tersebut saat ini bertelur. Luar biasa telur yang di hasilkan cukup banyak sekali semuanya menetas dan sekarang ayam - ayamnya banyak juga. Apa yang terjadi ketika ayam - ayamnya banyak?
#kelabakan memakani mode on.
Dan akhirnyapun setelah bertelur cukup banyak dan sudah pada menetas saatnyalah serah terima jabatan ayam yang tua ke ayam yang muda. Ayam yang sudah lawas dan tua di jadikan untuk acara yasinan dan yang 'muda' menerima kekuasaan di kandang. Tentu harus di bimbing oleh yang punya ayam. :D ha..ha..ha..ha...

Oia lalu hal apa aja yang unik yang terjadi pada ayam?
Berikut yang bisa zodized bagikan.


Hal Unik Pada Ayam



1. Mengerami Telur Bersama


Ternyata ayam itu bisa mengerami telur bersama loh. Artinya dua induk ayam berada dalam satu sarang dan mengerami telurnya bersama - sama.
Entah siapa yang akan dipanggil mamah oleh anaknya nanti. Atau entah siapa nanti mamah ayam yang akan mengasuh anak - anaknya. Yang pasti saat ini 2 induk ayam mengerami 1 sarang.


Pada gambar tersebut nampak juga ayam saling berpelukan berkasih sayang, bekerjasama dalam mengerami telur - telurnya.
Sampai saat ini ayam - ayam tersebut tidak ada yang mau pergi baakan hanya untuk makan. Ayam tersebut tidak makan.


2. Ayam yang Sedang Mengerami Telurnya Tidak Makan

Seperti yang di singgung pada poin satu tadi ternyata ayam yang sedang mengerami pada proses akhir tidak makan. Bahkan disuapipun tidak mau.
Induk ayam sangat husu sekali mengerami telur - telurnya, tidak ditinggalkan walau hanya untuk makan.
Terus berada disarang sampai telur menetas semuanya. Atau sampai anak ayam yang pertema menetas tidak sabar igin mencari makan.
Jika itu sudah terjadi yaitu anak ayam yang sudah menetas duluan kuciak - kuciak - kuciak, barulah induk ayam turun meninggalkan sisa telur yang belum menetas.
Dan biasanya yang belum menetas adalah telur yang busuk.

3. Ayam yang Baru Menetas Tahan Tidak Makan

 


Nah ternyata ayam kecil yang baru menetaspun tahan tidak makan selama beberapa hari, berdasarkan pengamatan selama 2 hari tidak makan anak ayam yang baru menetas tidak apa - apa.
Mungkin masih tersisa cadangan makanan dalam tubuhnya sampai pada akhirnya cadangan makan anak ayam  itu habis dan kuciak - kuciak minta makan.


4. Telur Ayam Kampung Lebih Putih Warnanya daripada Telur Ayam Ras

Kejadian unik lumayan cukup unik juga, ketika ayam yang sudah "tua" dan sudah menyerahkan jabatannya ke yang lebih muda maka sudah menjadi siklus ayam untuk dijadikan santapan yang punya ayam atau di jadikan beberapa lembar uang kertas.
Nah saat itu kebetulan ayam tersebut akan dijadikan makan malam yang punya dan beberapa untuk acara yasinan. Pas di sembeleh ternyata di dalamnya terdapat telur yang siap keluar sehingga telur itu keluar dari dalam rahim ayam melalui oprasi sesar.
Dan apa yang terjadi?
Ternyata telur ayam kampung lebih putih daripada telur ayam ras. Ini dia telur hasil oprasi sesar*)


*) penulisan oprasi pengambilan telur tidak salah memang sengaja seperti itu.


Nah akhir kata tnapa panjang lebar lagi demikianlah informasi hal unik pada ayam yang bisa di bagikan oleh zodized. Mudah - mudahan menjadikan kita semakin melihat ke agungan Yang Maha Kuasa. Amin.


Subscribe to receive free email updates:

21 Responses to "Lagi Lagi Hal Yang Unik Pada Ayam"

  1. itu kasihan tuh, saat telurnya udah netes, lha emak dari si ayam itu siapa kalau di erami bersama #seperti ayam yg tertukar :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah nanti ada pilemnya kali mas. ayam tertukar mama

      Delete
  2. waduuhh mas gak enak banget ya jadi anak ayam udah gak bisa mimi gak bisa langung makan pula..? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas begitulah mas kalo jadi ayam. mas mau jadi ayam mas

      Delete
  3. Anonymous11/2/16 12:37

    Yang pastinya saya suka telur ayam kampung mang. Lebih berkhasiat hehe

    ReplyDelete
  4. Memang mau mas ayam mengerami minuman ale-ale..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau mas. mungkin ayamnya haus kali mas. hahahahha.
      tidak saya sensor

      Delete
  5. Baru kali ini saya melihat ayam mengerani minuman ale-ale aneh ya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha unik kan mas. harusnya judulnya begitu ya ayam mengerami ale - ale. hahahah
      ide bagus

      Delete
  6. Mengerami Telur Bersama....so sweet banget tuh ayam kang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas setia kawan saling pengertian ringan sama di jinjing berat sama di pikul mas judulnya

      Delete
  7. Ngerami telur berdua gitu memang unik kok bisa akur ya padahal kan ayam kalau lagi mengeram itu galak

    ReplyDelete
    Replies
    1. maka dari itu mas ayam ini unik mas. kadang ribut kadang kaya di gambar itu

      Delete
  8. itulah hebatnya tuhan mencipatakan mahluk yang diluar pikiran kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas itulah kbesaran Tuhan yang luar

      Delete
  9. Saya baru tau kalo anak ayam baru netes, kuciak, kuciak, kuciak... Kirain eaaa, eaaa,eaaa...

    Tulisan oprasi nggak diganti tuh mang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha ia mas kuciak mas.
      engga mas itu sudah bener semuanya. hehehhe

      Delete
  10. Wakakakak aq baca artikelnyaa seriuz banget tp paz baca komentarnyaa malah ketawa" pagi"..
    Aq do'ain moga ale-alenyaa cepet menetas dan jadi ayam kak.. :D :D

    ReplyDelete
  11. Ternyata ayam pun juga puasa!

    ReplyDelete
  12. betul mas tuhan menciptakan makhluknya dengan berbagi macam keunikan

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar