Karakter HGI Batubara Dimusim Kemarau

HGI ( Hardgrove Gridadility Index) adalah index yang menggambarkan tingkat kemudah tergerusan oleh alat penggerus.
Pada proses pembakaran batubara, batubara yang dibakar adalah batubara yang berukuran halus 75 Micron nah untuk mencapai ukuran tersebut batubara harus di haluskan.
Dalam tingkat kemudah dihaluskannya batubara inilah yang dinamakan HGI.

Untuk lebih bisa paham pengerjaanya bisa membaca ini

Lihat cara mengerjakan HGI

Bisa juga melihat kalibrasi HGI

Okeh lagsung ke karteristik HGI.
Disini saya hanya ingin menuliskan karakteristik HGI yang pernah saya lakukan dengan berbagai kondisi pada satu jenis batubara low kalori yang sama.
Kondisi pertama adalah sumber sampel dalam keadaan musim hujan dalam waktu lama, tidak ada hujan tapi tidak panas atau mendung dalam waktu lama dan panas dala waktu lama.

Kesimpulan yang saya dapatkan adalah

1. Nilai HGI pada sample yang diambil pada waktu musim hujan dalam waktu lama adalah normal
2. Nilai HGI pada sample yang diambil pada waktu musim mendung dalam waktu lama adalah normal
3. Nilai HGI pada sample yang diambil pada waktu musimpanas yang lama adalah cenderung lebih besar.

Yang ingin zodized tulis disini adalah, kenapa pada musim panas yang lama HGI batubara meningkat, zodized menemukan fakta yang unik bahwa batubara yang terpapar lama dalam terikmatahari dan udara terbuka akan kehilangan kadar air sehingga batubara yang terpapar akan retak dan rapuh.
Nah dari alasan inilah kenapa HGI batubara pada musim kemarau lebih besar nilainya.



Banyak cara untuk untuk mencegah agar batubara tidak retak kemudian rapuh dan lapuk, diantaranya adalah dengan menggunakan penyiraman. Penyiraman dapat menjaga agar batubara tidak kehilangan kadar air, hanya saja jika terlalu banyak penyiraman akan menyebabkan kadar air batubara meningkat yang bisa menyebabkan batubara murah harganya.

Sekian semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

83 Responses to "Karakter HGI Batubara Dimusim Kemarau"

  1. melakukan penyiramannya perlu berapa kali dalam sehari?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini bergantung pada cairan yang di gunakan biasanya tidak tiap hari juga kang.

      Delete
  2. Saya pikir batu bara tidak perlu di siram mas untuk perawatannya, tidak tahunya harus di siram ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga baru tau perawatan batu bara itu Mas Indra

      Delete
    2. ia itu supaya batubaranya tidak kehilanagn kadar air dan bisa menjaga supaya batubara tidak terbakar

      Delete
    3. Saya malah baru tahu pas baca...

      Delete
    4. gpp kalo gitu jadi pengetahuan yang baru

      Delete
  3. Ternyata ada perawatan nya batu bara kirain cuma ditaruh begitu saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kang. perlu penyususnan yang baik dan benar dan disiram jika penyimanan lama.

      Delete
    2. penyimpanan maksdunya

      Delete
  4. Berarti batu bara perlu air juga ya Mang. Baru tau saya mang

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kang, saya juga teu nyaho baru tau pas baca artikel ini aja saya mah

      Delete
    2. makanya saya kasih tau ang saud. hahahaha
      asal jgn kebanyakan mang. karena akan berakibat kebanyakan air. nanti dibilang jualan air atau batubara.

      Delete
    3. itulah mang marnes perlunya disini. hahahha
      sok PD saya ya

      Delete
  5. Gimana kalau tidak disiram bakal gimana batu bara itu mang

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah kang saud teh gimana, kalo gak disiram mah ya kekeringan atuh mang batu baranya jiga sawah kahalodoan geuning pada retak gitu kali kang :D

      Delete
    2. nah jika tidak disiram dalam dalam kondsi kemarau dan isimpan lama. maka batbara akan lapuk dan bisa terbakar mang. nilai HGI juga akan naik. nilai kalory akan turun mang.

      Delete
    3. 100 buat mang marnes

      Delete
  6. Oh berarti kadar air yang terlalu banyak itu lebih bisa menyebabkan harganya murah ya mang?
    prlu juga ilmu untuk penyiraman batu bara agar tidak merugi ya mang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. penyiraman itu perlu tapi jgn kebanyakan. bisa jadi kebasahan batubaranya. bisa harganya murah atau bahkan tidak laku

      Delete
  7. Bukan cuma tanaman aja yang perlu disiram ya mang, ternyata perawatan batu bara juga perlu penyiraman agar batu baranya tidak kehilangan kadar air...

    ReplyDelete
    Replies
    1. 100 mang marnes. karena kalau kehilangan kadar air selain HGI akan turun maka batubara bisa terbakar

      Delete
    2. jangan lupa dipotong pajak

      Delete
    3. 20 % pajak. hahahaha

      Delete
  8. Kaya tanaman aja mang, harus rajin di siram :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bedanya dengan bunga adalah airnya itu sendiri mang. kalo bunga airnya besih. nah kalo ini menggunakan sejenis larutan sabun biar gampang meresap kedalam pori2 batubara

      Delete
  9. berarti nyiramnya itu harus pas ya mang, ga boleh kekeringan dan ga boleh kebanyakan air.heuheu
    memang susah sekali ya ngurus batu bara mah, kaya ngurusin anak tetangga saya tuh susah banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia kang perlu keahlian khusus. hahahah si amang ikut ngurus anak tetangga juga ternyata. cepat bikin atuh kang

      Delete
    2. waah mang yantomah ketinggalan info

      Delete
    3. mang yanto kayanya pengen distrap...
      minum kopinya sambil angkat kaki yah..

      Delete
    4. belum di jamu kueh penganten kali kang hendri :D

      Delete
  10. cara mengetahui batu bara itu perlu disiram gimana kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama jika sudah kering, berdebu dan retak retak.

      Delete
  11. Oh beda toh jenisnya tergantung pada kondisi, wah jadi pengetahuan lagi buat saya, makasih banyak mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mas ada perbedaan pada kondisi saat kemarau dan enggak. Tapi tergantung bagaimana penanganannya

      Delete
  12. Musim kemarau berarti musim panen batubara ya ? karena harga lebih mahal. Seperti musim padi saja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin di sebagian tempat lebih banyak produksinya kanh. Karena tambang tidak banjir dan jln tidak licin. Hanya saja debunya minta ampun. Kalo harganya sudah ada patokannya. Musim hujan atau kemarau sama aja.

      Delete
  13. Tapi yang rata-rata maksimal, pada saat kemarau atau musim hujan mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ini harus ada percoaan yang panjang dulu sebelum di jawab.
      untuk yang pernah saya lakukan batubara yang sudah terpapar lama dan kering HGI nya lebih besar kang

      Delete
  14. tambah ilmu baru mas, ternyata HGI itu untuk mengetahui seberapa keras tingkat menggerus batu bara ya, hem jujur saya kurang tahu urusan batu bara kayak gini, sambil nyimak sambil belajar ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mang purnama dan mang yanto di simak saja

      Delete
  15. ternyata pada waktu musim kemarau itu batubara juga memerlukan perawatan khusus yamang.
    saya baru tau nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mang yanto kalau musi kemarau dari kekurangan air dan kalau musim penghujan masalahnya dari kebanykan air.

      Delete
    2. coba mas yanto panas-panasan masa ga minum??nah batu bara juga perlu air dong biar makin membara, seperti cinta saya kepada sang istri yang selalu membara :)

      Delete
    3. bagus sekali kang perumpamaannya. hahaha
      cinta saya juga sama istri membara kang lebih membara dari batubara

      Delete
    4. mang yanto biasanya yang lebih hebat nyari perumpamaan.nanti dibawah saya liat aja..

      Delete
    5. kita tunggu saja kalo begitu. hehehehe

      Delete
  16. benar kata mas Purnama diatas, saya juga tidak tahu tentang batubara tapi kalau lama-lama baca artikel di blog ini bisa paham juga :)

    ReplyDelete
  17. Cara menggunakan penyiramannya jadinya harus hati-hati dong ya Mangs.. ada porsi tertentu gak mang untuk penyiraman batubara supaya tidak sampai berlebihan sehingga mengakibatkan harganya murah ?? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indikator yang biasa digunakan adalah debu jika sudah tidak berdebu tidak disiram lagi.

      Delete
  18. HGI batu bara bisa dipengaruhi musim juga ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika penanganannya kurang tepat sangat berpengaruh sekali mas wong

      Delete
    2. Anonymous4/9/15 10:10

      ujung-ujungnya bukannya untung malah buntung kali ya mang...

      Delete
    3. nah itu dia malah buntung ya mbah.

      Delete
  19. Batu bara kalo digosok bisa jadi batu cincin ga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga bisa kang hancur.

      Delete
    2. Anonymous4/9/15 09:50

      batu bara itu sebenarnya penggumpalan material dari kayu yang mana memfosilnya tidak sempurna....makanya kalau di gosok menjadi batu cincin bisa hancur karena rapuh itu tadi kang

      Delete
    3. ia karena walhasil bukan meposil tapi mebara jadi aja kalo di bentuk itu seperti gambar di atas.

      Delete
    4. Hmm... begitu toh mang :-D

      Delete
    5. ia mang kips. hancur kalo di gosok.

      Delete
  20. Anonymous4/9/15 09:47

    berarti batu bara jgua bisa menyerap air ya mang...kalau batu bara pada musim hujan yang tersimpan lama itu nanti kayaknya ada penurunan kualitas atau bagaimana mang, masalahnya kan semua berart jenis benda akan selalu berubah ketuka berhadapan dengan musik berubah. artinya sejalan dengan perubahan iklim dimana batu bara tersebut di simpan. menurut mang adul gimana nih> jadi bingung sendiri...heeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pandangan saya begini mbah.
      Jika batubara terpapar lama baik musim hujan atau panas apalagi batubara muda itu akan mengalami penurunan seperti calori, HGI dan akan menaikan kadar abu.
      nah berkaitan HGI pda musim kemarau ini menjadi besar mmeskipun tidak terlalu lama terpapar karena kadar air cepat hilang. Sebenarnya selain hgi yang membesar kalori akan turun. Itulah yang terjadi pada batubara seiring dengan kondisi alam.

      Delete
  21. Banyak hal yang baru aku ketahui tentang batubara, :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan aja kang saya igsa Alloh akan selalu berbagi tentang satu ini.

      Delete
    2. Mang, lemparin kesini dong hasilnya. Pasti disantok haha...

      Delete
    3. saya lemparin nih. hahahahah lung........

      Delete
  22. Bukannya kalau disiram air malah nanti susah kalau dijadikan bahan bakar? kirain emang harus kering batubaranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau belum jadi

      Delete
    2. ooo begini kang. pembakaran batubara pada suatu tungku itu pada ukuran halus sekali kang. dan pada tungku yang sudah tinggi sekali suhunya. jadi ketika batubara dalam keadaan mangandung air itu tidak masalah. air langsung enguap dan batubara langsung terbakar.
      ungkin kang ahmad berpikirnya jika kita menyalakan dalam jumlah sedikit pada suhu ruangan. kalo disini dalam suatu tungku segede rumah yang sudah mebara.

      Delete
    3. dan inipun seperti kata kang rip penyiraman disini memang sebelum jadi di bakar. sehingga pas pembakaran tidak akan terlalu besar. tapi jgn salah pas pembakaranpun batubara itu disemprotkan dalam bentuk bubur lo

      Delete
  23. ternyata kalau musim kemarau batubara harus disiram ya mangs

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa ia bisa engga kalau kasusnya seperti yang saya utarakan di atas mending disiram aja

      Delete
  24. Pada musim kemarau, kualitas batubara meningkat tinggi ya mang. Seandainya dilakukan penyiraman supaya tidak rapuh, rugi juga atuh kalau kualitas dan harganya bisa menuurun mah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya harus di timbang-timabang dengan tepat. kalau rapuh juga akan jatuh harganya. kalo kebasahan juga akan jatuh jadi yang sedang sedang saja. :D

      Delete
  25. Berarti apakah perlu ada petugas khusus yang menjaga kadar air? Terlalu kering akan rapuh mudah pecah, tapi terlalu basah harganya jadi turun. Musti diperhatikan benar-benar ya, Mang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah disinilah perlunya kontrol kuality. biasanya ada leb tersendiri. kaya saya ini tugasnya begitu mengontrol qualitas batubara.

      Delete
  26. semua musim ada hikmahnya ya mang musim kemarau atau musim hujan

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali pak ustad. dan yang terpenting kita harus pandai mensyukurinya.

      Delete
  27. pokoknya aku kalau ke ruangan bang adul pasti dapet ilmu baru... ini lagi soal batubara yang belum tahu sama sekali jadi sedikit tahu ilmunya...makasih ilmunya kang adul...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama kang. silahkan disimak saja kang

      Delete
  28. Baru tau kalo batubara juga butuh air yaaaa :-)

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar