Psikopat Itu Apa Sih?

Kata atau istilah psikopat saat ini menjadi sering terdengar ditelinga setelah kasus pembunuhan Mirna tak kunjung usai yang katanya gara - gara sianida itu. (Silahkan Cek Juga Apa sih Sianida itu?). Berbagai macam kalimat di arahkan kepada sang tersangka Jessica termasuk salah satunya adalah Psikopat.

Tahukah kita apa psikopat itu?
Berikut zodized sarika dari berbagai sumber.

Psikopat

Dikutip dari wikipwdia "Psikopat secara harfiah berarti sakit jiwa. Psikopat berasal dari kata psyche yang berarti jiwa dan pathos yang berarti penyakit. Pengidapnya juga sering disebut sebagai sosiopat, karena perilakunya yang antisosial dan merugikan orang-orang terdekatnya"

Itulah sedikit pengertian dari psikopat yang diambil dari wikipedia.


Ciri - Ciri Psikopat

 

Tanpa mengetahui ciri - ciri psikopat rasannya kurang pas. Sebagai antisipasi jika sewaktu - waktu bertemu dengan orang yang diperkirakan mengidap kelainan ini. Berikut adalah ciri - ciri psikopat.

1. Sering Berbohong

Orang yang mmengidap kelainan ini sangat sering berbohong selain itu kebohongannyapun sangat pasih dan akan berpikir secara dangkat. Tidak banyak mikir.

2. Menganggap Dirinya Hebat

Pada penderita psikopat merasakan dirinya hebat atau egoisnya sangat tinggi.

3. Tidak punya rasa sesal dan bersalah.


Psikopat jika melakukan kebohongan, atau kesalahan ataupun mungkn kejahatan, maka dalam dirinya tidak memiliki rasa sesal atapun bersalah. Ngerikan

4. Bersikap Acuh Tak Acuh pada Masyarakat

Dengan sikap seperti ini maka penderita psikopat kurang bermsyarakat. Cuek terhadap orang lain bersikap dingin.

5. Kurang Empati

Gambaran kurang empatinya digambarkan seperti ini. Momotong kepalaya ayam dengan meootong kepala orang tidak ada bedanya.
Ihh ngeri juga.

6. Agresif dan teguh dalam keagresifpannya

Bisa dikatakan motonya adalah sekali agresif tetap agresif.

7. Sulit Mengendalikan diri


Bagi seorang psikopat sulit untuk menimbang suatu perbuatan itu baik atau buruk. Sehingga tidak bisa berpikir panjang, yang penting lakukan saja dan lakukan saja.

8. Tidak mampu bertanggung jawab dan hanya melakukan berdasarkan kesenangannya saja

Ini yang sangat mengerikan, yaitu berbuat sesukanya dan tidak memiliki rasa tanggung jawab. Kalau berbuat salah berarti bakal cuek aja.

9. Bersikap manipulatif.


Seorang spikopat mampu memanipulasi keadaannya. Misalkan seolah - olah histeris ketakutan padahal pada kenyataanya tidak demikian.


10. Pikiran dan akurasinya Tinggi

Nah andaikan kemampuan ini dimiliki oleh orang normal, maka orang normal tersebut bisa dipastikan paling hebat. Namun karena kemampuan ini dimiliki oleh psikopat maka hal tersebut terjadi pada hal - hal yang kurang baik. Karena psikopat biasanya menggunakannya untuk kesenangan sendiri tanpa melihat kepentingan orang lain. Termasuk dalam hal menyakiti atau melukai bahkan membunuh orang.


Apa sih Penyebab Psikopat

Setelah kita mengetahui apa itu psikopat dan ciri - ciri orang yang mengalami gangguan ini, berikut zodized berbagi seputar penyebab psikopat. Dari beberapa sumber yang dikumpulkan penyebab psikopat ini masih belum bisa dipastikan. Berikut adalah hasil penetial para ahli.

1. Terjadinya kelainan strukture otak.

Kelainan strukture otak ini terjadi penurunan intensitas bagian otak di daerah prefrontal grey matter dan penurunan volume otak di bagian “posterior hippocampal” dan peningkatan intensitas otak bagian “callosal white matter”.


Dalam penelitian menggunakan MRI melalui pengenalan gambar-gambar kasus bunuh diri yang tidak menyeramkan. Pada orang non-psikopat terlihat banyak sekali aktivasi di amigdala sedangkan pada psikopat tidak ada perbedaan sama sekali. Namun ada peningkatan aktivitas di area lain pada otak yaitu area ekstra-limbik. Tampaknya psikopat menganalisis materi emosional di area otak tersebut.

Secara sederhana strukture otak berubah dari strukture otak pada umumnya.

2. Gangguan ini diprediksi timbul karena kombinasi genetik dan traumatis masa kecil

Gangguan ini diprediksi timbul karena kombinasi genetik dan traumatis masa kecil. Disimpulkan demikian karena psikopat biasanya tumbuh dari latar belakang keluarga yang tidak harmonis.
Ketidakharmonisan tersebut bisa dalam bentuk adanya pelecehan dan penelantaran anak, orang tua yang kecanduan alkohol, dan perkelahian orang tua. Psikopat sendiri lebih sering muncul pada kaum pria dibandingkan perempuan.

3. Ganguan Otak Bagian Kasih sayang dan Kepedulian.

"Gangguan khususnya terjadi pada bagian otak yang berperan memunculkan rasa kasih sayang dan kepedulian," kata tim ilmuwan Universitas Chicago di Amerika Serikat.
Perilaku kejam dan tak berperasaan pada psikopat ternyata dipicu gangguan komunikasi saraf pada otak

Nah itulah segelintir penyebab terjadinya psikopat pada seseorang.

Supaya lebih lengkap berikut cara mudah mengetahui diri kita atau orang disekitar kita berpotensi psikopat atau kah tidak.


Test Mudah Mengetahui Ada Indikasi Psikopata Atau Tidak

Setelah mengetahui hasil test berkut ini memang harus dilakukan test - test lainnya dan harus dengan ahlinya. Setidaknya test ini sebagai awalan pengetahuan sederhana saja. Silahkan perhatikan gambar - gambar berikut ini

Tes Psikopat sederhana Pertama


gifs website


Perhatikan dulu lihat jawabannya disini Jawaban

Tes Psikopat sederhana Ke dua

Perhatikan gambar berikut ini

Balon warna merah atau putih yang anda pilih




Buka Jawaban Disini Jawaban ke 2

Demikian tentang psikopat semoga bermanfaat

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Psikopat
https://ilmupimi.wordpress.com/tag/penyebab-psikopat/
http://www.alodokter.com/jangan-tertipu-watak-seorang-psikopat
https://m.tempo.co/read/news/2013/04/26/061476108/mengapa-manusia-bisa-menjadi-psikopat

Subscribe to receive free email updates:

22 Responses to "Psikopat Itu Apa Sih?"

  1. Kayaknya Sayamah bukan psikopat mang,, heheh,, jadi itu yah artinya psikopat,, intinya gangguang jiwa...

    ReplyDelete
  2. Ciri-ciri no 4 sama no 6 itu ada di aku, Mas. Wah serem nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bahanya inimah.

      mas mas arizuna agresif mas

      Delete
  3. Wah nice post mang. Tapi BTW jangan-jangan saya psikopat nih. Kok ada semua ya, hahahahahahahahaahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. segera cek aja mas kalo begitu :D

      Delete
  4. keinget acara on the spot masalah balon dan menguap. Kayaknya saya psikopat. Jauhi saya sekarang juga!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas itu sumber idenya dan emang di jadikan salah satu sumbernya saya tulis di jawaban nomer dua

      Delete
  5. Kalau Jessica Kopis Maut itu termasuk Psikopat ga Mang..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah mas itu. kalo mau di bilang gitu ga brani ah nanti marah lagi. hehehe

      Delete
  6. apakah hal seperti ini bisa disembuhkan mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. segela penyakit ada obtanya mas. mungkin bisa saja mas disembuhkan hanya saja memerlukan tehnik

      Delete
  7. Alhamdulilah setelah di cek saya bukan psikopat mang soalnya sebelum buka jawaban saya pilih balon warna merah, ya walaupun bukan alasannya beda sih.. alasan saya mah lebih suka warna merah aja di banding putih :-) hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahah.
      saya juga begitu mas.

      Delete
  8. Makasih jadi tahu apa itu psikopat,

    ReplyDelete
  9. Kok kayaknya ciri-ciri yang disebutkan diatas, hampir semua ada pada diri saya yah, tapi mudah-mudahan saya bukan termasuk kategori psikopat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hati hati tuh mas. bisa - bisa tuh.

      Delete
  10. Eh... tp setelah buka jawaban 1 dan 2, ternyata saya juga sering nguap saat lihat orang nguap, dan jawaban yg kedua saya jg lebih pilih warna merah.

    Tp kalau baca ciri-ciri yang pertama sangat lain hasilnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo begitu aman mas. mungkin ciri - cirinya pas karena sikon situasi dan kondisi saja mas

      Delete
  11. wahhh ada kemiripan sedikit nih.. mudah mudahan bukan haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hati hati mas ah dipriksa kan. coba cek aja tesnya mas

      Delete

Silahkan berkomentar