Umpan Mancing Ikan Di Sungai Kalimantan Yang Paling Tepat

Zodized ngedadak hobi mancing. Setelah berkali - kali mancing di alam liar seputaran kalimantan selatan tepatnya daerah tanah laut dan sekitarnya.
Ternyata bisa disimpulkan beberapa hal yang sangat menarik diantaranya adalah umpan mancing ikan di sungai kalimantan yang paling tepat terhusus di daerah tanah laut.

Saksikan Juga Persiapan Mancing Ikan Gabus dan Tempat Mancing Yang Seru

Berdasarkan pengalaman, ikan liar yang ada di sungai dan air yang mengenang lainnya termasuk danau, rawa dan sungai ternyata di huni oleh beberapa jenis ikan, yaitu ikan gabus, ikan toman, ikan betok atau ikan papuyu, ikan sepat, ikan lele, ikan keket.
Setidaknya itulah penghuni yang paling banyak di temukan.


Dari semua yang sudah dilakukan saya menggunakan berbagai macam umpan untuk mancing. Mulai dari telur semut, ulat, remuan telur, sampai bakso. Anda pasti ragu jika bakso juga bisa digunakan untuk mancing.
Bakso biasanya campurannya adalah ikan atau daging maka dari itu bakso juga bisa di buat untuk umpan mancing.
Percaya ga.? Silahkan saja di coba.

Okeh Berikut adalah yang bisa saya petik dari pengalaman mancing di Tanah Laut dan sekitarnya

1. Jenis ikan yang paling banyak adalah haruan kemudian papuyu atau betok dan sepat siem
2. Mancing yang paling asik adalah di alam liar
3. Umpan yang paling tepat dan menurut saya yang paling penting adalah cacing.

Berikut adalah pembahasannya

Untuk jenis ikan mungkin saat ini itulah ikan yang sangat pesat tumbuh di alam liar. Air yang kurang ramah alam yang mulai rusak.
Istilah liarnya siapa yang kuat dia bertahan. Gitu kali ya. Ikan - ikan itulah yang kuat hadir dialam liar.

Untuk mancing yang paling asik adalah di alam liar, setidaknya memiliki 2 hal berikut ini :

1. Harap Harap
Hara - harap karena bisa jadi dapat atau tidak. Jika dapat kita belum tahu dapatnya ikan apa. Bisa ikan kecil ataupun besar. Yang paling asik tentu dapat ikan besar atau besar banget.
Berbeda dengan memancing di pemancingan ikannya itu - itu saja sesuai dengan yang di tananam pemilikinya. Dan yang terpenting memancing di alam liar adalah gratiss. Yang penting jangan memancing ikan yang dilindungi.
Harap harap jika mancing di alam liar ibarat begini lah.



2. Lebih wah
Lebih wah, hal ini cukup sulit diungkapkan. Karena jika mendapatkan ikan hasil pancingan terkadang ikannya tidak begitu di hiraukan tapi mancingnya itu yang menjadi kepuasan tersendiri.
Puas karena dapat ikannya, puas karena tarikannya, puas karena bisa mancing. hehe



Selanjutnya kenapa cacing menjadi umpan yang paling tepat, karena hampir semua ikan yang saya tangkap mengenal cacing sebagai makanan.
Cacing yang hidupnya di tanah juga dan terkadang muncul di pinggir kolam ikan alami, menjadikannya santapan lezat bagi ikan.
Ikan apa saja yang saya sebutkan di atas suka akan cacing.
Jadi jika mau mancing jangan lupa cacingnya.
Cacing menjadi umpan yang universal jika mancing di alam liar, atau dengan kata lain umpan mancing ikan di sungai kalimantan yang paling tepat adalah cacing.


Demikian informasi yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat. Jika ada yang mau mancing jangan lupa ajak - ajak. :D

Subscribe to receive free email updates:

16 Responses to "Umpan Mancing Ikan Di Sungai Kalimantan Yang Paling Tepat"

  1. mancing yang paling asik adalah di alam liar ? pasti alasan nya tidak perlu melak atau ternak ikan dulu seperti di kolam ya kang :D memancing oitu melatih kesabaran ya kang.. saya sering lakukan tuh pada saat puasa sambil menunggu waktu berbuka :) hhe buka nya sama ikan hasil pancingan kita sendiri :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih mantap banget tuh kang, buka puasa sama ikan hasil memancing sendiri, pasti lbh terasa nikmatnya...

      Delete
    2. nah itu dia beberapa alasan ikan gratiss.
      sekaligus melath kesabaran.
      ia biasanya gitu juga mas hasil tangkapan langsung di masak.

      Delete
    3. tapi ada juga mas makan hasil tangkapan geli katanya. ngeri ga mau. tapi itu menguntungkan bagi saya. wkwkw

      Delete
  2. mang, selain cacing umpan apalagi paling mantap buat mancing ikan air tawar? Siapa tahu nanti saya ada waktu mancing di sungai di alam liar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo yang saya gunakan, anak kodok, ulat bambu, telur semut, sama ku uk mas.
      apa ya bahasa indonesianya ku uk.
      pokonya sejenis makluk dalam tanah yang putih kaya ulat.

      Delete
  3. bakso mang? ga mie ayam aja biar saya yang ngabisin :D

    saya mah kalo mancing biasanya dapet sendal butut yang nyaut mang :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia bakso mas. wak kalo begitu saya nanti mancing mas hendri pake mie ayam ah. hahahah

      Delete
  4. Kalo soal mancing biasanya saya di laut mang jadi 7mpannya udang. Udah gitu aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pernah di laut eh di pinggir laut di pelabuhan. dapat ikan kepar ato apa ya lupa namanya. dpt sekarung mas. udang mati umpannya.

      Delete
  5. mangs aduls sekarang mancing mania terus nih ya...

    Di alam liar paling asik karena lebih wah ya mangs, karena seperti laki-laki aja ya mangs, soalnya ada kata liar... hehehehehe :D

    Pasti senang kalo dapet ikan lele, karena saya suka makan pecel lele wkwkwkwkwkw hehehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas karena wahnya itu.
      lagi suka mancing mas. kebetulan posting juga lagi bingung posting apa.
      suasana liburan saja lah mas.

      Delete
  6. tapi kalau pamit sama istri bilang pergi manci tapi pulang g bawa ikan gimana coba....

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia apalagi harumnya jadi berubah. mas trikpos itumah

      Delete
  7. lha wong mancingnya di laut cinta....kok mang ha....ha,.....
    pantas aja pulang g bawa ikan.....

    ini pernah trjadi dengan diri saya mang ....tapi sekarang dah Tobat mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. mancing di laut cinta saya ga tau tuh mas. apa umpannya mas.

      Delete

Silahkan berkomentar