Persiapan Mancing Haruan atau Ikan Gabus

Persiapan Mancing Haruan atau Ikan Gabus. Mancing bisa jadi hobi yang menarik untuk dilakukan. Meski sebagian orang akan mengatakan :"ngapain nangkap ikan satu lama - lama di sungai mending beli aja di pasar.".
Itulah bagi mereka yang belum tahu rasa nikmatnya mancing.

Silahkan simak juga Tempat Mancing Yang Seru 

Mancing bagi yang sudah hobi bisa mengalahkan rasa takut kemana - mana dikala tidak punya uang. Masalahnya mancing bukan harus ke kota atau ke mall tapi ke hutan dimana yang namanya uang kurang berpungsi.
Ya mancing memerlukan umpan, kail, senar dan jejer atau hantaran atau gagang atau joran. Namun semua itu memang bisa disiasati.
Kail dan senar adalah barang yang tidak sekali habis. Jadi bermodal sekali bisa digunakan berkali - kali.
Umpan bukan hal yang sulit ketika di hutan, mulai ulat, bekecot, sarang semut sampai cacing semua tersedia di alam.
Begitupun hantaran atau jeujeur bisa menggunakan bambu atau kayu yang ada di hutan.
Cukup hemat bukan modal untuk mancing.

Untuk itulah bagi anda yang hobi atau baru mau mulai hobi mancing berikut adalah persiapan mancing haruan atau ikan gabus.

Persiapan Mancing Haruan atau Ikan Gabus

 

1. Ijin Istri

Jangan kaget kenapa ini menjadi nomer satu. Jika anda belum berkeluarga ya ijin mamah aja. Namun untuk yang sudah punya istri setelah anda memutuskan mancing dimana maka peting sekali adalah ijin istri.
Setidaknya ada tiga hal

a. Karena mancing bisa jadi lama, bisa jadi istri kesepian jika di tinggal. Untuk itu harus ijin dulu istri.
jangan sampai pulang mancing apalagi tidak dapat ikan di hajar istri.

b. Istri ikut. Nah yang tak kalah penting juga adalah istri mau ikut. Nah kan kalo ga bilang pergi mancing bisa marah. Ga bilang - bilang pergi mancing jadi ga bisa ikut tau.

c. Siapa tahu istri ngasih sangu. Sangu buat makan kah atau apalah.

2. Umpan Yang Tepat



Tidak mungkin mancing tanpa umpan, untuk itulah umpan menjadi hal yang penting untuk disiapkan.
Untuk menyiapkan umpan anda harus tahu terlebih dahulu anda mau mancing ikan apa dan mancing dimana.

Jika anda mancingnya di alam liar maka hal berikut bisa jadi acuan untuk umpan. Ikan mematuk umpan karena dua hal, yang pertama karena lapar dan yang kedua karena merasa terancan.

Jika anda menargetkan ikan menyerang karena lapar maka buatlah umpan yang mengugah selera ikan yang akan dipancing.

Umpan penggungah rasa lapar ikan yang mudah di temukana adalah cacing, dan ulat.
Maka gunakanlah umpan tersebut.

Umpan pemgugah ancaman sasaran biasanya umpan jebakan saja seperti bentuk kodok-kodokan, seranga-seranggaan. Yang jika lewat di hadapan ikan iakan akan menganggap ancaman dan diserang.

Namun karena ini merupakan persiapan untuk mancing haruan atau ikan gabus, maka cukup cacing saja yang disiapkan.

3. Tali Senar dan kail


Tali senar dan kail sangat penting untuk disiapkan saat akan mancing. Karen tanpa itu bukan mancing namanya apalagi kalau menggunakan jala.
Tali senar dan kali harus seirama jangan sampai tali pancingnya kecil kailnya besar atau kailnya kecil tali senarnya besar.
Sesuaikan dengan target ikan yang akan di pancing.
Jika kali ini memancing ikan haruan gunakan senar ukuran 3-5 kg saja dan kail no 6 paling besar no 12.
Kenapa harus begitu. ya inimah pengalaman aja sih jika kailnya lebih besar sering terlepas karena tidak menusuk pada mulut ikan haruan.
Untuk senarnya cukup yang kekuatan menahan 3 kg saja karena jarang ikan haruan saat ini yang besarnya melebihi 2 kg. Dengan tarikan saat meronta - ronta kekuatan tali 3 kg akan cukup.

4. Stick Pancing Atau gagang Buat Mancing.


Ini juga penting untuk disiapkan apapun bahannya dan jenisnya yang penting ini harus di siapakan saat akan mancing haruan atau ikan gabus.
Ikan gabus biasanya ada di tengah rawa jadi akan sangat sulit jika tidak menggunakan  stick pancing.
Gunakan saja gagang pancing ukuran 4-6 meter. hehehe


5. Pelampung 


Pelampung juga penting karena akan menjadi petanda kapan umpan itu ada yang menarik. Saat pelampung itu tenggelamlah umpan mendaparkan hasil.
Kalau pelampung ini sudah temggelah saat itulah stick pancingan diangkat. Nah biasanya kalau sudah seperti itu ada yang terbawa tuh menggantung.

6. Berdoa

Nah jangan lupa sebelum anda berangkat anda berdoa terlebih dahulu supaya anda selamat dan mendapatkan ikan banyak.

Setidaknya itulah Persiapan Mancing Haruan atau Ikan Gabus semoga anda beruntung.


Subscribe to receive free email updates:

48 Responses to "Persiapan Mancing Haruan atau Ikan Gabus"

  1. Kalau saya mah berdoa dulu kang dan kalau yang pertama kayanya saya belum punya deh (mesti buru buru nyari nih, ahi hi hi biar bisa izin) tapi keren tuh kang umpannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. segera kalo begitu mas. jangan mancing ikan duluu mancing itu aja dulu:D

      Delete
    2. hehe....ijin istri jadi yang utama ya mang...emang sih, dari pada pancing nya kemudian di jual ke tukang loak, mending ijin dulu ya kan?

      Delete
    3. nah itu dia intinanamah mang. daripada besoknya dan seterunya ga bisa mancing lagi.

      Delete
    4. belum punya dua kali kang,,,
      ijin istri emang penting,, bisa dicariin entar...

      Delete
    5. nanti mang lembu yang carikan mas.

      Delete
  2. hahaha... persiapan No.1 bikin ngakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. penting itu mas daripada di akhir cerita menyedihkan

      Delete
    2. Memangnya kalau izin sama istri harus ngakak kang ?

      Delete
    3. mungkin karena abis ga ijin kali mas. :D

      Delete
  3. Mendingan istrinya di ajak mancing aja mang, biar kalo pegel ada yang mijitin, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu ide bagus mas. bisa - bisa di terima masukannya

      Delete
  4. Haha lengkap banget persiapan nya sampai izin istri dulu :D benar juga tuh kang siapa tahu di kasih bekal nasi buat makan atau ajak istri daripada suntuk di rumah mending suntuk di balong :D hhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha. asala dapat ikannya ga suntuk mas. rame
      yang bikin suntuk kalo ikannya g dapat

      Delete
    2. maka dari itu harus berdoa dulu biar dapat ikan nya :D disana banyak ikan nya gak mas ?

      Delete
    3. di daerah saya masih banyak mas.
      cuman banyak yang nyetrum.
      sampe ada aturan yang nyetrum di hukum penjara

      Delete
  5. kalau aku mah mancing ikan gabus pakai umpan anak katak

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia bisa pake anak katak mas. memair namanya kalo di asam asam

      Delete
  6. Ternyata bisa juga ya mang mancing ikan gabus pakai umpan cacing...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mang justru lebih mantep. lebih cepat dapat ketimbang dengan katak

      Delete
    2. lebih cepet lg mancing pake kertas merah

      Delete
    3. ia juga ada yang merah ya di atas yang biru

      Delete
  7. hehhe.. ijin istri jd nomor 1 ya mang :D
    tpi beneran deh, klo dpt izin psti ikannya byk..
    nah yg terakhir do'a..itu kudu jg ya mang, hehe
    tempat mancingnya gak msuk point diatas mang? :))

    ReplyDelete
  8. Sekarang di Pangandaran lagi musim hujan,, dan lagi banyak ikan gabus,,, Kalau Saymah mancing ikan gabus gak pake pelampung mas,,, umpannya pake cacing kalaung,, atau bancet yang masih hidup....

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalo saya lagi diposisi deket pangandaran di datangin sama saya. ia kang bancet anakna. tapi sayamha pake cacing weh ngeri pake bancet

      Delete
  9. Hahaha, yang udah punya istri, tentu kudu minta ijin dulu istri ya mang kalau mau mancing mania.... hehehehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas itu harus di dahulukan mas. :D

      Delete
  10. yg pasti bila cara meminta izinnya tepat maka ikan akan segera didapat dalam waktu yg sangat cepat mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. pokonya percaya sama mas yanto mah

      Delete
  11. masih edisi mancing nih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih mas belum selesai dari kemarin.

      Delete
    2. hehehehe.
      pokonya masih seneng masncing mas. ya mancing aja dulu di posting. sekalian nih masih tersedia tulisan belum terbit masih mancing.

      Delete
  12. ditambah mas, jangan mancing di sawah

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa mas jgn di sawah. rusak padinya ya. saya sih biasanya di rawa- rawa aja mas atai di sungai atau di kubangan. :D

      Delete
  13. sya suka mancing tapi tidak hobi mas. kadang diajak temen mancing di dasar laut, ini paling asyik mas dari nungguin ikan di permukaan. ya kan kebetulan rumah saya 500m dari pantai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gimana caranya mas mancing di dasar laut. saya kira mancing dari permukaan aja. kayanya asik abnget tuh mancing di dasar laut

      Delete
  14. Ijin istri ini termasuk persiapan yaaa hahaha.

    Ikan haruan ini terkenal banget di banjarmasin sebagai teman makan lontong orari

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas jangan salah katanya kalo di banjarmasih tidak ada ikan gabus atau haruan bakalan insplasi mas.
      keren ga tuh ikan haruan

      Delete
  15. Kalau saya mancing enangnya pakai walesan yang terbuat dari bambu. jadi tidak harus beli!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas bisa tuh mas dari bambu. di saya juga banyaknya dari bambu.
      tersa katanya tarikannya.

      Delete
  16. waduh yang pertama harus izin istri dulu ya mang heuheu

    gimana dong kalo ga ngizinin mang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ga ngijinin di rayu mas sampe ngijinin. wkwkwkw
      tapi kayanya kalo saya ga bakalan ga ngijinin.
      sama - sama suka mancing paling mau ikut mas. :D

      Delete
  17. Replies
    1. betul itu mas sehati. sama - sama suka mancing

      Delete
  18. Kalo ditempat saya, untuk mendapatķan ikan gabus gak perlu pake pancingan. Tinggal terjun aja ke sungai/kali terus di strum atau dipukul pake bendo/aret mang

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di saya kalo sampai di strum pelanggaran hukum mas. soalnya mati sampai yang telur-telurnya bisa punah ikannya.
      untuk terjun langsung bisa di cona nih pukul pake arit. sepertinya menarik

      Delete

Silahkan berkomentar