Cara Menghitung Harga Acuan Batubara Steam

Harga Acuan Batubara Steam maksudnya adalah harga batubara yang disetarakan pada harga acuan batubara yang setiap bulan diterbitkan oleh kementrian ESDM. 
Dimana harga acuan tersebut berdasarkan ketentuan sebagai berikut :


Namun pada kenyataannya tidak semua batubara memiliki kualitas seperti itu, maka pemerintah dalam hal ini kemetrian ESDM memberikan panduan cara menghitung harga acuan batubara steam dengan kualitas yang berbeda dengan kualitas batubara acuan yang sudah di terbitkan. Ketentuannya adalah sebagai berikut.

Menghitung Harga Acaun Batubara Steam


Pertaman Harga Acuan Batubara Terbitan SDM dengan kualitas seperti pada tabel di atas itu berdasarkan katentuan berikut ini 

Harga Batubara Acuan (dalam kesetaraan nilai kalor 6322 kkal/kg GAR)
HBA = 25% lCl1 + 25% Platts59 + 25% NEX + 25% GC

Selanjutnya adalah cara mengitung kualitas yang berbeda kita sebut saja marker

HPB Marker (i) = (HBA * K (i) * A (i)) – (B (i) + U (i)) 

Di mana:

• HBP Marker (i) = HPB dari  batubara 
• K (i) = Nilai Kalor Batubara (i) / 6322 
• A (i) = (100 - Kandungan Air Batubara (i)) / (100 – 8) 
• B (i) = (Kandungan Belerang Batubara (i) – 0,8) * 4 
• U (i) = (Kandungan Abu Batubara (i) – 15) * 0,4


Demikian sedikit tentang Cara Menghitung Harga Acuan Batubara Steam. Mudah - mudahan ada manfaatnya.

Subscribe to receive free email updates:

47 Responses to "Cara Menghitung Harga Acuan Batubara Steam"

  1. Replies
    1. test berahasil mas. mau coba lagi juga boleh

      Delete
    2. beuh....itu teh ngasih tau kalau beliau pertamax...
      huh...dasar pret

      Delete
  2. iyess saya dapet pertamax

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous23/4/16 16:14

      Solar aja yang murah mas Yanto

      Delete
    2. saya masih premium maa yan.

      Delete
    3. motor saya dah pensiun menggunakan solar mas. wkwkwkw

      Delete
  3. wah ternyata cara ngitungnya gitu ya mas.
    cukup ribet juga nih,kudu hafal kode2 nya dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga mas kalo sudah masuk exel tinggal masukin aja angkanya. terus lihat hasilnya. :D

      Delete
    2. nah itu 100 buat mas maman

      Delete
  4. Kayaknya harus di save dulu nih rumusnya,, siapa tahu suatu saat bisa kerja di batu bara heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh sayah mah nyerah deh kalo harus ngapalin rumus ginian :)

      Delete
    2. ia mas ahmad save aja dulu mas. nanti buat bingkisan kalo ulang tahun :D

      Delete
    3. g usah di apalin mas maman masuk aja di mari. biar rame blognya mangs aduls ni wkwkwkw

      Delete
  5. Replies
    1. silahkan mas. positif g mas

      Delete
    2. Ampun deh ah ah ah, pakai positif segala jadi takut oe.

      Delete
    3. hehehe kalo positifkan berhasil mas

      Delete
  6. Anonymous23/4/16 16:15

    Nah, kalo soal hitung menghitung harga batubara mang Adul Ganteng ahlinya. Pokoknya mantep deh kalo mang Adul yang kasih caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimaksih jadi terjanjung 2000 saya. mas defi.
      tersanjung sekarang sudah episode berapa ya

      Delete
  7. wah, rumusnya membuat pening kepala juga ya mas heehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. eaduh ga pening mas. cuman rada amburadul aja.wkwkwk

      Delete
  8. dengan mengetahui acuan harga Batu bara, usaha perdagangan menjadi lebih septi dong yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jaga jaga mang g terlalu jor joran

      Delete
  9. Kepalaku jadi puyeng membaca rumusan yang aneh-aneh tersebut. Ternyata harga batubara ditentukan banyak faktor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebetulnya cuman 4 aja mas. nah turunnnya itu dia mas agak banyak

      Delete
  10. Replies
    1. itu sama dengan nada bass mas. hehehe

      Delete
    2. Haha, bisa di genjreng gak mas ?

      Delete
    3. itu dia mas yang membedakan mas. g bisa di genjreng

      Delete
    4. sungguh istimewa kalo gitu mas.

      Delete
    5. jadi yang bingung itu kesamaanya di mana :D

      Delete
  11. Hadeh.... saya bisanya ngitung nilainya anak-anak sama ngitung anggaran BOS. Baca rumus diatas nggak masuk sama sekali, bukan bidang saya. Heheheheh......

    ReplyDelete
  12. Kalau soal hitung menghitung saya nyerah ah pusing mikirnya hihihih

    ReplyDelete
    Replies
    1. utang bukan hitungan. percaya ga ya

      Delete
  13. Hmmm serasa muda lagi nih mas sesudah baca artikelnya mas meskipun ganteng (sedikit) tapi kaya berasa ada jiwa mudanya lagi, ahi hi hi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh itu peke sedikit. hehehe
      kudu muda terus kita mas semangatnya

      Delete
  14. Replies
    1. terimaksih bnyak mas kista

      Delete
    2. Iya kan kasihan kok dipanggil kista diakan manusia juga.

      Delete
    3. ia juga ya mas. mohon maaf kalo begitu tadinya nyamain sama judulnya nih mas. hehehehe

      Delete

Silahkan berkomentar