Perkembangan Harga Batubara

Batubara sepanjang 2015 sampai dengan 2016 ini terus menerus mengalami harga yang kurang bersahabat dengan para penambang batubara. Pemutusan hubungan kerja di pertambangan batubara tahun 2015 sangat banyak sekali akibat dari melemahnya harga batubara tersebut.
Selama ini Harga batubara  Acuan yang di tetapkan ini berdasarkan pada beberapa harga acuan batubara dunia dan harga batubara indonesia, dengan data acuan yang di gunakan sebagai berikut :
Indonesia Coal Index (ICI), Index Platt59, New Castle Global Coal (GC) dan New Castle Export Index (NEX)
Masing - masing harga tersebut  memiliki proporsi 25 % dalam menentukan Harga Acuan Batubara yang di tetapkan oleh kementrian ESDM.

Meski dalam penuruanan harga batubara ini ada sisi baiknya yaitu para penambang liar menjadi berkurang bahkan hilang di sebagain tempat karena batu bara yang mereka jual tidak laku. Istilahnya jangankan penambang kecil apaligi penambang liar penambang besarpun yang sudah ekport ke berbagai negara sedang mengalami masa ujian.

Nah tampa panjang lebar lagi berikut zodized mencoba meresume harga batubara dari tahun 2015. Sumber yang digunakan adalah berita dari ESDM yang sudah di tulisakan dalam web ini.



Jika melihat pada data tersebut perkembangan harga batubara dari 2015 sampai saat ini february 2016 harga batubara mengalami kenaikan pada bulan maret 2015 namun setelah itu sampai sekarang harga batubara masih terus turun.

Dengan kondisi seperti ini mudah - mudahan para produsen batubara terus berkembang supaya harga dan perkembangan batubara menjadi lebih menarik.


Subscribe to receive free email updates:

69 Responses to "Perkembangan Harga Batubara"

  1. Klo ngeliat dari data di tabel harga batu bara dari tahun ke tahun mengalami penurunan ya Kang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas turun terus. ga tau bulan depan nanti gimana ya

      Delete
    2. mudah mudahan naik kang

      Delete
    3. ya kadang naik kadang turun mas, kadang juga menekuk :D

      Delete
    4. semoga aja bisa stabil lagi harganya :)

      Delete
    5. amiin mudahan nekuknya mantap mas

      Delete
    6. ikut mengaminkan mang :)

      Delete
    7. terimakasih mas. masih M saya mas belum bisa datang lagi nih

      Delete
  2. Semoga tidak ada PHK karyawan batubara gara-gara harganya yang terus menukik. :)

    ReplyDelete
  3. Perkembngan harga batu bara harganya termasuk stabil ya gan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. turun mas harganya dari waktu ke waktu

      Delete
  4. Dengar-dengar katanya sudah ada perusahaan pertambangan Batubara di kalimantan dan Sumatera yang melakukan pengurangan karyawannya karena Harga batubara terus turun

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas banyak sudah mas yang seperti itu. tp ini muali bangkit kayanya mas

      Delete
  5. Semoga penurunan ini tidak terus terjadi ya mang!

    ReplyDelete
  6. harga dari tahun ke tahun selalu menurun ya kang? mudah mudahan bulan depan dan seterusnya akan naik ya kang

    ReplyDelete
  7. Dilihat dari data grafik perkembangan harga batubara nampaknya terus terjadi penurunan harga yah kang, kira-kira apa yang menyebabkan harga batubara kian menurun yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah satunya adalah harga minyak turun mas. ikutan aja turun juga

      Delete
  8. kalo batu bara hanrganya turun, bahan bakar minyak juga ikut turun gak bang.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas justru minyk turun duluan mas. kebanyakn produksi minyaknya

      Delete
  9. Sekarang lagi turun dong ya mas?

    Berarti pengaruhnya bisa dari nilai kurs dolar ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya nggak ikut mempengarui loh

      Delete
    2. turunnya karena memang secara global permintaan berkurang mas.
      mas yantoh paling berpengaruh mas. hehehe

      Delete
  10. secara total dari bulan januari 2015 sampai februari 2016 turun $13 ya mas.
    lumayan banyak tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya turut bersedih namun saya tidk turut berduka cita mas...atas gejolak naik turunnnya Bara Batu saat ini...semoga saja Mang Adul tidak patah semangat ya.....

      Delete
    2. ia mas 13 itu kali 300 jt berapa coba mas

      Delete
    3. mudahan aja mas saya terus semangt dan makin semangat aja mas

      Delete
    4. amin amaaan dan tetap semangat :)

      Delete
  11. semoga harga batu bara agar stabil terus ya mangs, amin amin :)

    ReplyDelete
  12. Kemana sahabat saya satu ini' Biasanya tiap hari sudah posting artikel!!!

    Semoga dia dan keluarga baik-baik saja...amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. lagi cek harga batubara kali kang :)

      Delete
    2. ia mas sony lagi demam M mas. hehehe

      Delete
  13. Wew. Jangka 1tahun turun hingga 12 dollar . Apakah berdampak pada harga sembako mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya tidak terasa mas

      Delete
    2. Wah bagus kalo gitu mas.

      Delete
    3. Iya mas mudah mudahan tidak terjadi.

      Delete
  14. Semoga dari bulan ke bulan tahun ke tahun naik yahh .. amin

    ReplyDelete
  15. Sebenarnya Batu Bara atau Bara Batu siih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah mas berdasarkan rumus mas. ya begitulah mas. batubara. hahaha
      mau ilmiah tadinya saya ngejawabnya cuman buntu ga jadi deh :D

      Delete
  16. iya semoga bulan depan naik lah harganya. masak turun mulu,, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia kali kali ya mas naik. biar g terlalu kurus

      Delete
  17. wah koq turun lagi ya Pak harga batubaranya .. mungkin ada sebab2 nya atau gimana Pak ... semoga saja kedepannya harga batubara bisa naik lagi ya pak ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebabnya hukum pasar belaku. permintaan kurang harga turun mas eka

      Delete
  18. kasian ama orang yang invest batu bara di saat harga tinggi, dikibulin ama orang-orang tuh, sekarang pada tekor semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas tapi ada baiknya mas. penambang liar tutup

      Delete
    2. Penambang liar memang perlu di tertibkan mas. Sangat setuju saya.

      Delete
    3. ia mas ini sekarang lumayan tertib

      Delete
  19. Berdoa aja kang supaya bulan depan naik.

    ReplyDelete
  20. Kira-kira apa yang mempengaruhi terjadinya penurunan harga batubara ini mas? Apakah karena menyesuaikan harga acuan batubara dunia atau pengaruh apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurangnya permintaan akan batubara mas. menurun drastis

      Delete
  21. semakin turun aja harganya, semoga di bulan kedepannya harga batubara naik

    ReplyDelete
  22. Semoga harganya bisa cepet naik lagi,,kalau harganya pengen naik gimana ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus banyak yang enggunakan batubara. di indonesia saat ini lagi banyak di bangun PLTU mungkin kedepannya bakalan naik lagi

      Delete
  23. semoga perkembangan harga batu baru stabil aja kang, mang aduls senag kita ikut senag deh :)

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar