Penanaman Kemiri Sunan Untuk Energi Masa Depan

Beberapa bulan yang lalu saya telah mebuat suatu ulasan tentang manfaat kemiri sunan yang begitu hebatnya untuk di jadikan biodisel. Bahkan sayapun telah mebuat tulisan dengan judul solusi tanaman bekas tambang yang bermanfaat yang isisnya mengupas tentang manfaat kemiri sunan jika dijadikan pohon untuk reklamasi tambang.
Luar biasa sekali kandungan biodisel yang di hasilkan bisa mencapai 48-50 % luar biasa bukan setengah bahannya adalah biodisel. Sementara jarak hanya 8 % saja. Perbedaan yang sangat mencolok sekali antara kemiri sunan dan jarak.
Dan lebih sangat luarbiasa sekali pada tahun ini saya menyaksikan bahkan melakukan penanaman Pohon Kemiri Sunan ini.
Bertempat di PT Arutmin Indonesia Tambang Kintap. Pada acara bulan K3 tahun 2016 ini membuat inisiatip penanaman kemiri sunan pada sebagian bekas tambangnya.
Dalam sambutannya KTT PT Arutmin Tambang Kintap Bpk Cipto Prayitno mengungkapkan harapannya dengan penanaman kemiri suanan ini diharapkan suatu saat jika tambang sudah selesai ada yang bisa di manfaatkan oleh masyarakat sekitar dan secara umum bisa membuat cadangan energi nasional di masa mendatang.

Mendengar kata - kata tersebut menurut saya pribadi merupakan suatu niat yang luar biasa sekali untuk masa depan. Tidak hanya berpikir saat ini tapi bagaimana kedepannya supaya bermanfaat untuk semuanya. Luar biasa saya acungkan jempol sebagai penghargaan.

Dalam penanaman pertama sekaligus sebagai percobaan disediakan lahan dan bibit untuk sekitar 2 hektar. Dan jika berhasil sepertinya penanaman bekas tambang selanjutnya akan dipenuhi kemiri sunan ini.
Dalam penanaman perdana ini seperti yang saya ungkapkan di awal merupakan kehormatan bagi saya bisa ikut menanamnya. Lumayan banyak yang saya tanam dengan 4 rekan saya yang lainnya, mudah - mudahan saya ikut membantu juga dalam ketahanan energi terbarukan di masa mendatang.


Sekilas Tentang PT Arutmin Indonesia.

Diambil dari www.arutmin.com berikut informasi yang bisa saya dapatkan.
PT Arutmin Indonesia adalah salah satu perusahaan penghasil dan pengekspor batubara terbesar di Indonesia. Arutmin menandatangani kontrak penambangan batubara dengan Pemerintah Indonesia pada tahun 1981 yang dikenal dengan nama Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B). Perusahaan mengoperasikan lima lokasi tambang yaitu ; Senakin, Satui, Asam  Asam, Kintap dan Batulicin serta terminal ekspor batubara yang bertaraf Internasional. Seluruhnya berlokasi di Kalimantan Selatan.
Yang dikenal dengan blok 6 kalimantan yang meliputi sampai 3 kabupaten, yaitu Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Kota Baru dan Kabupaten Tanah Bumbu.
Pada bulan Desember 1990, PT Arutmin melepas kembali 94% areal konsesi awal kepada Pemerintah Indonesia.
Informasi kualitas batubaranya, yaitu :
Lokasi tambang Senakin, Satui dan Batulicin memiliki kandungan Bituminous bertaraf dunia dan Mulia dan Asam  Asam memiliki kandungan Sub-Bituminous yang sangat memadai.

Jika penasaran apa itu qualitas batubara silahkan lihat dis ini Penentuan Kualitas Batubara

Saat ini merek yang paling terkenal dari PT Arutmin yang banyak di gunakan di PLTU - PLTU adalah Ecocoal.
Ecocoal adalah batubara jenis sub-bituminous yang memiliki pembakaran lebih bersih dengan karakteristik seperti nilai kalori yang lebih rendah dan kadar air yang tinggi, namun demikian, batubara tersebut mengandung lebih sedikit kandungan belerang dan abu sehingga dapat dipasarkan sebagai batubara ramah lingkungan.

Berikut Informasi kulitas batubara Ecocoal.


ECOCOAL COAL QUALITY
Issue Date: 6 Apr 2011
 




Typical
Minimum
Maximum

TOTAL MOISTURE, % as received basis 
36.0
32.0
42.0

PROXIMATE ANALYSIS, % air dried basis 
Moisture 
20.5
16.0
28.0
Ash 
5.5
4.0
8.0
Volatile Matter 
38.0
35.0
42.0
Fixed Carbon 
36.0
30.0
40.0

PROXIMATE ANALYSIS, % as received basis 
Ash 
4.4
3.0
7.0
Volatile Matter 
30.6
29.0
34.0
Fixed Carbon 
29.0
26.0
31.0

CALORIFIC VALUE, kcal/kg 
Gross air dried 
5031
4750
5350
Gross as received 
4050
3750
4350
Net as received 
3692
3392
3992

HGI 
60
50
70

ULTIMATE ANALYSIS, % dry ash free basis 
Carbon 
71.5
70.0
76.0
Hydrogen 
4.84
4.00
5.50
Nitrogen 
1.01
0.80
1.30
Sulfur 
0.47
0.25
0.80
Oxygen 
22.2
18.5
24.5

SULFUR, % air dried basis 
0.35
0.20
0.60

CHLORINE, % air dried basis 
<0 .01="" nbsp="" span="">
<0 .01="" nbsp="" span="">
0.01

PHOSPHORUS, % dry basis in coal 
0.015
0.003
0.010

ASH FUSION TEMPERATURE, o

Reducing 
Initial Deformation 
1150
1100
1250
Spherical 
1170
1120
1250
Hemispherical 
1200
1130
1400
Flow 
1230
1180
1600


Oxidizing
Initial Deformation 
1190
1100
1250
Spherical 
1210
1130
1300
Hemispherical 
1210
1130
1300
Flow 
1240
1180
1600

ASH ANALYSIS, % dry basis in ash 
SiO2 
45.0
5.0
60.0
Al2O
16.0
3.0
30.0
Fe2O 
12.5
4.0
30.0
CaO 
8.00
3.00
15.00
MgO 
8.00
3.00
15.00
TiO2 
1.00
0.4
4.00
Na2
0.20
0.05
2.00
K2
0.60
0.20
2.00
P2O5 
0.50
0.05
1.00
SO 
8.20
6.00
15.00

TRACE ELEMENTS, ppm air dried in coal  
Arsenic 
As 
1.0
0.3
3.0
Barium 
Ba 
60
5
225
Boron 
30
5
85
Cadmium 
Cd 
0.05
0.01
0.5
Chromium 
Cr 
3.0
0.5
10.0
Copper 
Cu 
9.5
1.5
30.0
Fluorine 
25
10
65
Mercury 
Hg 
0.1
0.03
0.18
Molybdenum 
Mo 
1.0
0.5
4.0
Lead 
Pb 
2.0
0.2
7.5
Antimony 
Sb 
0.2
0.1
0.5
Selenium 
Se 
0.3
0.1
0.5
Vanadium 
10
1
40
Zinc 
Zn 
15
1
45

SIZING, % 
Above 50 mm 
2.0
0.0
5.0
Under 2 mm 
20.0
10.0
30.0

According to ISO methods, except HGI, Trace Elements and Ash Analysis to ASTM



Sumber tambahan :
www.arutmin.com

#Catatan Pribadi January 14, 2016 PT Arutmin Indonesia Tambang Kintap

Subscribe to receive free email updates:

48 Responses to "Penanaman Kemiri Sunan Untuk Energi Masa Depan"

  1. Kemiri sunan, sama tidak ama pohon kemiri yang biasa di tanam itu mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu yang juga aku mau tanyakan, kita tunggu miminnya saja :D

      Delete
    2. beda mas dengan kemiri yang buat bmbu. kemiri ini bersipat toxik jika di konsumsi.

      Delete
    3. Terjawab sudah, saya kira sama, dengan pohon kemiri yg buat masak. Makasih Mang.

      Delete
    4. nongkrong dulu ah dipertamax,, biar terkenal :v

      Delete
    5. ia mas itulah kellebihan kemiri sunan tidak akan menganggu bahan pokok.
      mas ahmad silahkan mas nongkrong jgn lupa kopinya mas

      Delete
    6. Silahkannmas masih unget kan norek yang dulu

      Delete
    7. ikutan nongkrong disini ah.. :D

      Delete
  2. Kita tunggu jawabannya admin mas isrofi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita tunggu sama sama :D

      Delete
    2. Mas admin mana dirimu mas. Di cari mas yanto

      Delete
  3. Ini bagus mang buat bahan bakar alternatif...seharusnya ini di kembangkan secara masal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas harusnya begitu. mungkin kedepannya akan berjalan mas.

      Delete
  4. wah ternyata ada juga yah kemiri yh kayak gini....moga tumbuh yah dan makin banyak pohon"nya... keceh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas mudah - mudahan. dan jika memang di tanam secara serempak. mudahan g kaya jarak yang ga jelas akhirnya

      Delete
  5. Dapet ilmu baru lagi dari Mangaduls...
    Tentan batu bara Ecocoal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas itu batubara produknya arutmin mas.

      Delete
    2. pt arutmin emang top ya

      Delete
    3. Ia mas. Yang dulu saya bagikan vidionya itu.

      Delete
  6. puyenglah kalau lihat data - data ditabelnya heheh itulah kenapa ada yang pernah bilang
    "TAK SEMUA MENGERTI TENTANG YANG DIMENGERTI ORANG"

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha benerkan.
      maka dari itu mas kodenya begitu.

      Delete
    2. saya setuju...banget sama mas jaelani...

      Delete
    3. Anonymous17/1/16 11:52

      kalau saya kayaknya masalah tabel sih gak terlalu diperhatikan. kalau bisa dapat bibitnya kan bisa belajar cara nanam dan pemeliharaan, kalau udah berhasil tinggal nyari orang untuk kerjasama dengan lahan yang lebih besar

      Delete
    4. Nah sepertinya seperti itu mbah. Sepertinyabakan jadi program pemerintah kedepanya

      Delete
  7. kok namanya kemiri sunan sih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah untuk namanyanitu saya belum dapat sumber info nya mas

      Delete
  8. saya baru tau lo mas bahwa PT Arutmin Indonesia adalah salah satu perusahaan penghasil dan pengekspor batubara terbesar di Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maka dr itu mas saya bagikan di sini. Mantap g mas

      Delete
  9. pohon kemiri sunan itu kayak apa sih mas?
    beda ya dengan kemiri biasa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo beda engganya beda mas.. keli bentuknya itu fotonya ada di atas mas. Kemiri sunan ini beracun mas kalo d makan

      Delete
    2. Anonymous17/1/16 11:50

      kalau beracun berarti hanya bisa dijadikan bahan untuk mengolah biodiesel aja kali ya mang?

      Delete
    3. Ia mbah bagusnya itu bracun jd tidak akan menganggu komoditas pangan.

      Delete
  10. Anonymous17/1/16 11:49

    kayaknya boleh tuh kang di tanama di kalbar. kebetulan ada sedikit tanah yang belum di tanami. kayaknya cukup kali ya mang untuk belajar, nanti kalau udah faham tinggal nyari kolega untk kerjasama aja mang...bibitnya mahal gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini dia mbah yang belum dapat info sudah ada belum pengelolanya. Untuk harga bibitnya bisa saja sepertinya mbah cari di online

      Delete
  11. owh ternyata beda ya kemiri sunan ini, kirain sama dengan kemiri yang biasa buat masak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu bagusnya mas beda sama bahan buat masak

      Delete
  12. Untuk masa depan yg akan datang. Mungkin kalo tumbuhan ini bisa besar pasti ditebang oleh penebang liar . :d

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi mas. mungkin di jadikan arang ya. brarti perlu pnjaga kalo begitu ya.
      mungkin daerah penanamannya harus di bilang kramat pamali jadi aman

      Delete
    2. Haha perlu dikeramatkan mas biar terkesan horor :D

      Delete
  13. Kalau di kembangkan buat biodisel ini sangat bagus mang, jadi kita tidak bergantung lagi pada BBM fosil yang sekarang mulai menipis stocknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia mas tujuannya jadi energi kita bisa di perbaharui

      Delete
  14. Ini pernah ane lihat beritanya, cuma waktu itu tidak terlalu memperhatikan.. yang ane tau cuma buat biogas itu aja :D diatas lengkap banget penjelasanya mas..
    Wah semoga dapat menjadi energi alternatif masa depan yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas itu harapnnya biar energi bisa di perbaharui dengan cepat

      Delete

Silahkan berkomentar