Hati Hati Gas Berbaya CO ada Disekitar Anda

Di udara ini berbagai macam gas beterbangan ada yang berbau ada yang tidak berbau ada yang beracun ada juga yang tidak beracun. Nah kali ini zodized.in akan membahas tentang gas CO atau carbon monoksida.

Pembahasan sebelumnya tentang zat  membahas tentang asam sianida silahkann bisa di kunjungi disini Sianida itu apa sih?.

Kembali ke pembahasan gas carbon monoksida atau disingkat ga CO adalah salah satu gas yang tidak berbau, tidak berasa namun beracun. Dan yang lebih bahayanya gas CO ini ternyata ada di sekitar kita.


Apa yang Menjadi Sumber Gas CO


Tentu sangat bertanya - tanya sekali bukan, memangnya sumbernya dari mana saja sehingga dikatakan bahaya karena ada di sekitar kita.


Ada beberapa sumber yang terbiasa dengan kehidupan kita, yaitu :

1. Mesin Porteble Genset

Nah ternyata pada mesin potable genset keluaran gasnya mengandung gas CO, itu artinya jangan dekat - dekat dengan genset atau jangan menyalakan genset dekat dengan tempat kita berdian.

Dan sebaiknya jika genset berada pada suatu ruangan yang tertutup dan menyala sebelum mendekati buka ruangan genset tersebut terlebih dahulu biarkan ruangan terbuka beberapa lama supaya udara tersirkulasi.


2. Lampu lentera,

Nah walaupun sekarang sudah sangat jarang sekali penggunaanya, sebaiknya hati hati dalam peggunaannya jika masih ada yang menggunakan. Karena pembakaran yang kurang sempurna bisa membentuk gas CO yang berbahaya. Pengguna saat ini biasanya yang suka kemah

3. Asap kendaraan bermotor

Nah ini yang harus diperhatikan karena jika mesin pembakarannya tidak sempurna bisa terbentuk gas CO yang membahayakan. Jadi rutinlah merawat kendaraan anda supaya pembakaran sempurna dan andapun tidak teracuni buangan knalpot kendaraan anda.

4. Pembakaran kayu

Nah seperti halnya nomor dua dan tiga jika pembakaran kekurangan oksigen atau pembakaran kurang sempurna maka yang akan terjadi adalah terbentuk gas CO yang berbahaya. Jadi bagi anda yang suka bakar - bakar kayu, arang sebaiknya pembakaran anda jangan kekurangan oksigen supaya tidak terbentuk gas CO.

5. AC kendaraan

Hati - hati dengan AC hususnya AC kendaraan karena ada kasus yang meninggal karena tertidur dalam kendaraan yang acnya menyala.

Oia dari tadi membahas gas CO beracun dan berbaha, mungkin ada yang bertanya emang kenapa sih gas CO berbahaya, atau kenapa sih jadi beracun?

Ini dia Alasan Kenapa Gas CO berbahaya atau Beracun?


Gas CO karena dalam strukturnya ada elektron bebas maka akan sangat mudah sekali mengikat Oksigen dalam tubuh kita. Jadi jika terhirup gas karbon monoksida (CO), oksigen yang ada dalam tubuh akan segera bereaksi dengan Gas CO dan segera membentuk CO2 sehingga tubuh kita kakurangan oksigen yang bisa mengakibatkan kerusakan sistem tubuh terhusus paru- paru dan otak.

Nah itulah kenapa beracun atau berbahaya bagi tubuh.

Dan akan lebih berbahaya ketika orang yang terpapah gas CO dalam keadaan tertidur atau mabuk. karena mereka tidak akan merasakannya.

Gejala Keracunan Gas CO


Adapun gejala keracunangas CO adalah sebagai berikut , yaitu :

1. Sakit kepala

2. Pusing

3. Mual

4. Lemes

5. Muntah

6. Nyeri dada

7. Dan kebingungan akibat kurang oksigen

Cara Mengatasi Atau Menghidari Gas CO


Gas CO ini bisa dihindari atau diatasi dengan beberapa cara sederhana, yaitu sebagai berikut ini :

1, Jangan menyalakan genset di ruang tertutup

2. Jangan menyalakan  kendaraan dalam ruangan seperti garasi atau sering - seringlah perawatan kendaraan supaya tidak terjadi ketidak sempurnaan pembakaran.

3. Ketika anda kemah yang biasanya menggunakan lentera jangan menggunakan lentera dalam tenda selain berbaha gasnya, bisa terjadi kebakaran dalam tenda

4. Jangan tertidur dalam  kendaraan dengan AC menyala dikarenakan banyak kejadian meninggal dalam kendaraan yang diparkir dalam kedaan AC menyala ( Sumber Majalah serasi)

5. Jangan Menyalakan pembakaran dalam ruangan tertutup seperti membakar arang, menyalakan kompor dll. Manyalakan barang - barang tersebut harus dalam ruangan yang sirkulasinya baik.

Pertolongan Pertama Pada keracunan Gas CO


Jika ada yang mengalami gejala keracunan gas CO maka segeralah bawa menjauhi sumber gas CO. Longgarkan kerah baju supaya mudah bernafas dan segera berikan oksigen murni untuk bantua bernafas.

Segera bawa kedokter supaya bisa segera mendapat pertolongan lebih lanjut.

Nah itulah pembahasan tentang gas CO yang berbahaya. Hidari bahayanya kendalikan penggunaan barang - barang yang bisa menimbulkan gas CO supaya hidup kita sehat.


Sumber :
Majalah serasi

Subscribe to receive free email updates:

15 Responses to "Hati Hati Gas Berbaya CO ada Disekitar Anda"

  1. ini nih yg harus diketahui , kadang kadang suka rancu antara co sama co2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Co2 jyga sama g berasa ga berbau mas seperti yg kita kluarkan. Nah kalo ceo bisa berekasi dgn iksigen

      Delete
  2. Waah ini pelajaran kimia ya mas....jadi ingat waktu di SPM nih...sekarang jadi ingat lagi soal gas co ....dia seperti gas yg menyamar namun bisa mematikan mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia mas keren banget bahasanya. Gas yang Menyamar mas

      Delete
  3. Padahal selama ini saya sering mas tidur tiduran dalam mobil selagi ac masih nyala ....sekarang harus ubah kebiasaan nih biar aman

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas saya juga begitu. tapi katanya banyak kasus yang mti lemes di dalam mobil. atu mungkin ada kebosoran sih mas

      Delete
  4. Hal yang harus diketahui banyak orang kang, terkadang masalah seperti ini kita jarang memperdulikannya. Tapi kalau gejala sudah telihat dan diperiksa, kita sendiri akan kaget lihat ataupun mendengar hasilnya. Terimakasih atas infonya kang. Maaf baru sempat mampir ke sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas biasanya di ketahui setelah ada gejala dan dipriksakan ke dokter.

      Delete
  5. mobil terparkir cukup lama, mesin mobil menyala dan ac mobil juga hidup. itu sangat berbahaya ya mas? namun masih banyak juga yang kurang paham tentang bahayanya ini, ada juga yang mengatakan "mobil bagus masa ac nya bahaya sih? mobil angkot kali yang ac nya beracun". pernah teman saya menegur orang yang tidur di mobil semalaman dengan kondisi seperti diatas dan itu lah jawaban orang tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehehe. jstru kalo angkot gpp kan AG( angin glebek/angin dari jedela).
      ya mungkin sekarang sudah tidak ada kasus seperti ini karena sudah memodifikasi ac yang di pasang. tapi untuk berhati hati ya tetep harus di jaga

      Delete
  6. jadi CO itu tidak berbau dan tidak terlihat ya mas? perlu waspada nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas tidak berbau, tidak berasa tidak terlihat. jadi harus menghidari sumberya saja

      Delete
  7. Didaerah saya banyak yang pakai genset mas kalau mati lampu kadang kalau teledor bisa berbahaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo keberadaannya di ruang tertutup bahaya mas gas buangnya itu. usahakan aja kalo nyalain di ruangn yang sirkulasi udaranya bagus

      Delete
  8. Sangat bermanfaat Mas..
    Bru tw klo asap genset berbahaya...
    D t4 sy sering mati lampu.. Gensetnya malah d dalam ruangan d hidupkan.. Pdhal berbahaya ya Mas...

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar