Ditengah Liburan Tahun Baru Saya Asik Bikin Kandang

Alhmdulillah masalah koneksi internet yang malanda saya di hari - hari pertama tahun 2016 sudah kelar. Sekarang laptop sudah bisa konek lagi. Itulah makanya teman - teman blogget itu sangat baik hati sekali seperti yang pernah saya ulas di sini evaluasi 2015 para sahabat blogger memberikan berbagai saran yang sangat jitu sekali. Termakasih sahabat blogger.

Seperti pada tulisan tantangan awal 2016 sebenarnya saya ingin menuliskan tentang membuat kandang ayam. Maka kali ini saya benar - benar ingin menuliskannya, saya tulis dengan judul Ditengah Liburan Tahun Baru Saya Asik Bikin Kandang.
Judul tersebut bukan konotosi negatif yang bermaksud nyindir atau penyesalan melainkan memang bener - bener asik.

Alasan pertama adalah hari libur tahun baru jatuh pada hari jumat, nanggung sekali mau liburan hari jumat.
Mungkin baru sampai sudah harus balik lagi karena solat jumat atau setidaknya harus jumatan dulu. Dari pada seperti itu yauda di rumah aja. Wal hasil yauda bikin kandang saja buat ayam yang lucu - lucu. hahha
Di tambah anak saya yang pas dari pagi ngajak liburan setelah siang dikit ternyata berubah pikiran. Inget dan tahu Ada film kartun ipin dan upin yang berlanjut dengan Boboiboy menjadikannya mengurungkan ajakannnya untuk berlibur. Bagi anak saya mungkin lebih asik nonton film kartun tersebut. Ya jadi akhirnya klop aja anak saya nunggu acara kesukaanya dan saya bikin kandang. Liburannya hari minggu aja deh. Saksikan nanti ulasannya. jreng - jreng.....


Oai kembali ke masalah ayam,  ayam ini dulu pun saya pernah menuliskan dalam suasana yang lucu- lucu  mungkin sikap yang menarik dari se ekor ayan dengan judul sikap ayam yang lucu silahkan aja lihat tingkah ayam yang lucu tersebut.
Dan pada tahun ini saya kembangkan tuh rumahnya biar makin lucu tuh ayam. :D



Tahampan Pembuatan Kandang Ayam

Persiapan

Hal yang pertama saya siapkan adalah
1. Kayu - kayu
2. Paku
3. Palu
4. Gergaji
5. Seng untuk atap
6. Air minum
7. Doa Istri

Tahap Perakitan

Setelah semuanya siap maka ada sebagian kayu yang saya potong untuk tiang dan saya biarkan panjang untuk palangnya.
Saya gunakan paku dan palu untuk menyatukan berbagai bagian yang sudah saya potong dan baian yang saya biarkan panjang.
Hingga akhirnya saya rakit dan jadi rangka seperti ini.




Ayam - ayam pun sudah berkumpul tidak sabar mengggunakan rumah barunya.  Memang sih yang saya buat ini adalah kadang dalam kandang sehingga hasil akhirnya adalah atap saja dengan beberapa tempat untuk sarang.
Biar ayam - ayam yang demplon itu bisa beranak pinak dalam kandang dengan nyaman.
Ayamnya bercampur antara ayam ras dengan ayam kampunga.
Mungkin nanti kalo terjadi persilangan anaknya akan jadi anak kampungan atau anak kotaan kali ya. hahahaha.

Tahap Akhir


Pada tahap akhir ini seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa hanya akan membuat atap dan tempat bertelur supaya si ayam demplon nyaman saat bertelor dan berteduh.
Jadi tahap akhir pembuatan adalah rangka tadi di berikan atap dan ada tempat bertelur secara berjejer.

Saya belum tau apakah ayam itu sendiri mau bertelur secara berjejer atau tidak. Yang jelas dibutkan saja dulu.
Sebetulnya sampai sekarang belum beres 100 % tinggal tempat bertelurnya biar nyaman. Cari cari referensi dulu cara membuat tempat bertelur ayam yang baik dan benar biar si demplon nyaman dalam bertelur.
Kalo nyaman kan bisa banyak telurnya. kalo telurnya banyak kan bisa beranak pinak lagi tuh bakal makin banyak ayam. Kalo makin banyak kan bisa saya sembeleh buat hari raya idul fitri nanti. Sebagiannya kan bisa saya jual. Saya pikir prospek ayam ini lumayan besar sekali.
Siapa tau kan saya di 2016 ini jadi juragan ayam.hahahaha.... mantap.....


Sekian dulu semoga memberikan inspirasi dalam mengisi liburan anda.


Subscribe to receive free email updates:

74 Responses to "Ditengah Liburan Tahun Baru Saya Asik Bikin Kandang"

  1. usaha ternak juga ya mang? :D
    saya kalo piara ayama males soalnya suka mati ayamnya kalo ga mati pasti ilang.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gimana nggak ilang, wong beternak ayam sekaligus beternak buaya

      Delete
    2. hahahaha bisa ada - ada aja mas nih.
      lumayan mas pengen ternak ayam kecil-kecilan dulu konsistenkan diri untuk erawatnya.
      pengennya sih punya usaha yang mapan di peternakan ayam

      Delete
    3. betul sekali kang dengan usaha yang kecil kecil nanti akhirnya bisa membaa kesuksesan ya kang :)

      Delete
    4. mudah - mudahan mas. aamiin

      Delete
    5. saya kan miara buaya cuman satu kang??

      Delete
    6. biaya darat nyakang. hahahahaha

      Delete
    7. buaya darat pnter pinter sekarang ga kang, hehehe

      Delete
    8. wah pinter banget sekarang mah buaya darat.

      Delete
  2. top pisan
    ini dia yang bikin saya ngiri
    saya jadi pengen bikin kandang
    soalnya saya kadang jago kandang

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal jgn piara dengan buaya aja mas. pak aya aja. hehehe

      Delete
    2. trus ini kandang ayam siapa nih ketinggalan??

      Delete
    3. itu kandang ayam saya dong kang.hehehe
      buat si demplon dan bahenol

      Delete
  3. Emangnya ada gitu kang ayam kotaan? :D mun ngendog teh endog suasta jigana mah ya bukan endog negeri :D
    Hebat eum ayamnya banyak juga Kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aya mas aya kotaan adalah ayam yang terjadi akibat pesilangan ayam kampung dan ayam negeri kemudian tinggal di kampung. hahah
      atau ayam ras yang tinggal di kampung namanya itu ayam kotaan. nah kalo kebalikannya ayam kampung tinggal di kota namanya ayam kampungan. hahha

      Delete
  4. Kalo udah biak...boleh transfer ke tangerang ayamnya mang :D

    Saya doakan semoga ternak ayamnya sukses mang...amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksih mas doanya. nanti saya trasfekan kang tapi kalo inget ya.hehehe

      Delete
  5. Sukses sama usaha nya ya kang, pelihara ayam saya sih juga jsering kang, apalagi ayam jago kang hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jagonya ada juga tapi bukan untuk peliharaan hiasan ato aduan buat penjantan. hehehe

      Delete
    2. hehehe, ini ayam jago namanya kang :) hahahaha

      Delete
    3. ia mas jago ayam. mau sewa ayam jago boleh mas. hehehe

      Delete
  6. meamng taun baru kemarin bertepatan pada hari jumaat ya kang, semoga aja ini bisa menjadi tahu yang berkah bagi kita semua kang :) amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas hari jumat. mudahan aja banyak keberkahannya mas. aamiin

      Delete
  7. Kalo di lembur saya mah lagi booming ternak Entog, Mang. Katanya sih harga jualnya tinggi.

    Oiya, air minum sama do'a isteri kan udah, gak sekalin nasi liwet, cikopi, bala-bala, sama support dari tetangga juga, Mang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu nyusul mas liwetnya setelah beres. hahaha
      suport dari tetangga minjemin gergajinya mas.

      Delete
  8. Kreatif juga ya Mang Adul tuh bisa bisanya bikin kandang ayam....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat kandang ayam dulu apa beli ayam nya dulu mas...

      Delete
    2. Apa g sibuk mas...ngurus ayam ngurus blog ngurus kontraktor...

      Delete
    3. pada kenyataanya ada ayamnya dulu mas.
      baru mikir bikin kandang.
      kan ada istri tercinta mas yang bantuin buat ngurus ayam.
      malah pngenya bisa produksi sampai ribuan ekor mas. biar bisa membuka loker

      Delete
  9. Bisa jadi ladang usaha ternak ayam tuh mas, Saya juga pengen seperti itu. tapi ngga punya lahan kosong...pengennya buat kandang ayam diatas yang di bawahnya di kasih kolam ikan lele... jadi bisa ternak 2 jenis hewan... ya resikonya cuma satu. "mulut tetangga"... soalnya pelihara ayam pasti mengeluarkan bau...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas rencana besarnya seperti itu mas. cuman yaitu kasian tetangga mas. harus cari tempat yang agak jauhan dikit dari penduduk

      Delete
  10. Ternak ayam buat dijual, apa buat sendiri mang kalo ada acara-acara besar? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. targetan sementara buata acaraan mas. cuman suka ada yang nawar ya saya jual aja. ternyta lumayan juga laku di jual.
      pembeli sudah ada jadi kita tinggal ngegedein aja mas kalo mau

      Delete
  11. saya juga liburan nggak kemana2 Pak, cuma di rumah saja buat pagar dan buat tempat sampah hehehee... mumpung masih libur...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahah saya sih pas libur tanggl 1 nya sampe 3 subuh bikin kandang mas. tgl 3 nya semepet aja ke pantai liburan :D

      Delete
  12. habis berapa duit untuk bikin kandang seperti itu mas rozak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertanyaan penomenal ini duitnya abis 500 san kayanya

      Delete
  13. wah ternyata ayamnya banyak juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. lumayan mas kalo ayamnya banyak dan terus bertambah banyak

      Delete
  14. saya ikut mendoakan semoga bener2 bisa jadi juragan ayam mas.
    asal jangan ayam malam lo ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin. kalo ayam saya tidur mas pa malam masuk kandang ga berkeliaran

      Delete
    2. Kasian mang klo di kandangin...nanti dia gak bisa dugem hehehe....

      Delete
    3. biar aja ah biar ialang penyakit masyarakat. eh kenapa jadi kesini ya. hahaha

      Delete
  15. maaf baru berkunjung lg mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenama aja mas. liburannya kayanya asik banget nih

      Delete
    2. Pulang kampung kali...mangs

      Delete
    3. sepertinya ia pulang kampung

      Delete
    4. saya ga liburan kemarin, asik dirumah aja

      Delete
    5. saya akhirnya liburan mas hari minggunya. hahahah
      ngajak anak

      Delete
    6. Kok gak ngajak saya sih mangs?

      Delete
    7. nanati kalo ngajak mas bisa ke ganggu bulan madu nya mas. hehehehehe

      Delete
  16. Mengisi liburan tidaklah harus pergi ke tempat - tempat jauh atau makan - makanan mahal di restoran karena yang paling penting dari liburan adalah bagaimana kita bisa memnfaatkan waktu tersebut dengan baik dan positif,..

    oh yah ngomong - ngomong, punya ayam bangkok gak mang,, atau ayam hutan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas yang penting happy. ga ada mas. cuman ayam kampung aja sama ayam ras.

      Delete
    2. Kalo piara ayam bangkok kayak ok juga mang...harga jualnya tinggi...

      Delete
    3. saya belum siap ngurusnya mas

      Delete
  17. Mau jadi pengusaha ternak Ayam ya Mang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengen sih mas. soalnya banyak banget orang yang suka daging ayam

      Delete
  18. Jadi kapan ayamnya siap dipotong? :-D :-D

    ReplyDelete
  19. hmm jadi kepenegen piara ayam euy... heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mas. sepertinya menguntungkan

      Delete
  20. Kayaknya lagi rombak template yah mang,, perasaan dari tadi templatenya berubah - rubah :D heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. tadi keganti pas ngedit nanggung rubah udah aja ganti. hehehe

      Delete
  21. wah bisa jadi referensi ni mas, terima kasih atas ilmunya ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ini saya kang, tadi nyebutin saya ada apa kang :)

      Delete
    2. hahahaha kesebut mas muhammad. ia mas silahkan kalo mau bikin atau ternak ayam. sepertinya untung

      Delete
  22. mantap ini mangs, sambil merayakan tahun baru sambil melestarikan budaya ayam hikshiks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas bukan ayam kampus loh ya mas. hahha

      Delete
  23. Sepertinya kandang ayam nya lebih luas dari pada kontrakan saya tuh mangs, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya engga lah mas itu cuman ukuran 1.5 meter kkali 4 meter mas

      Delete
  24. Untuk bahan-bahan yang di perlukan nya hanya sedikit dan mudah di cari ya mang? dan seorang istri hanya membantu lewat do'a saja, semoga ayamnya bisa jadi banyak dan bisa berternak terus ya mang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aammin. ia mas. banyak sebenernya mas bantuan istri. yang beli sengnya aja istri mas :D

      Delete

Silahkan berkomentar