Bermain Dengan Anak itu Penting

Tidak jarang orang tua dan anak tidak memiliki banyak waktu untuk bersama. Bisa jadi orang tua berangkat subuh dan pulang malam sementara anak masih tidur saat orang tua berangkat dan saat pulangpun anak sudah tidur kembali.
Hal seperti ini terkadang tidak bisa dihindari oleh orang tua yang sibuk, namun sesibuk apapun bisakanlah bercengkrama dengan anak. Tidak perlu jauh keluar rumah cukup di dalam rumah tingkatkan kualitas kebersamaan meski waktunya singkat. Untuk itulah bermain dengan anak dalam waktu singkat menjadi hal yang sangat penting. Jangan sampai orang tua tidak pernah bersama dengan anak untuk bercanda ria. Sehingga anak menganggap orang tua hanyalah sebagai simbol saja.

Ingat ayampun sering barmain dengan anak dan induknya bahkan sikap mereka terkadang sangat lucu sekali

Nah untuk itulah zodized berbagi sedikit hal yang bisa membawa keakraban dengan anak, hususnya anak yang masih berusia dini. Kalo sudah remaja akan lain lagi ceritanya apalagi jika anaknya sudah punya anak. Anaknya juga akan sibuk dengan dirinya.

Menggambar Bersama Anak


Hal kecil yang bisa di lakukan besama anak tanpa memerlukan kawasan yang luas dan waktu yang banyak adalah menggambar.
Jika tidak ada pinsil warna ataupun kertas gambar jangan hawatir, maka gunakanlah laptop anda.
Aplikasi edit foto bawaan windows yang bernama paint bisa menjadi solusinya. Atau apapun yang bisa dilagunakan.
Yang terpenting jangan takut laptop anda rusak ketika anda hangat dengan anak, bersikaplah tenang dan bersahabat anak akan mengerti dan mengikuti apa yang dibicarakan orang tuanya. Lain halnya ketika orang tua galak maka anak akan mecoba hal - hala yang dilarang oleh orang tua. Arahkan anak dan bukan di larang.

Hal yang menarik yang dilakukan zodized adalah menggambar orang. 

Meski orang tua tidak bisa menggambar tidak masalah karena yang terpenting adalah kehangatan dan keharmonisan bersama anak. Biar saja anak yang jago menggambar kedepannya nanti. Kita hanya cukup mengarahkan apa saja yang bisa digunakan dan berikan contoh sisanya biar saja anak yang melanjutkan.
Jangan lupa sedikit pujian jika sudah berhasil membuat sesuatu. Seperti lingaran, garis dan lain - lain. Tapi jangn puji semua salah satu saja. Itu akan membuat jadi lebih senang.


Mungkin gambarnya ngasal tapi biarkan anak berkreasi. Biarkan dia memberi warna dan beri tau cara memberi warna. Maka anak akan senang.
Perhatikan pula tingkat kebosanan anak jika sudah bosan lebih baik sudahi saja, namun jika merasa pengen terus karena asik lanjutkan saja dulu.
Yang menjadi masalah adalah karena kita cape tapi anak masih mau bermain lalu bagaimana solusinya?

Solusi ketika kita cape bermain dengan anak dan anak masih mau bermain


Jangan rusak kebahagiaan anak dalam bermain itulah intinya. Jadi jika kita telah cape bermain dengan anak dan anak masih asik maka coba alihkan dulu ke hal lain misalkan alihkan dulu dengan mamahnya. Minta bantuan atau bekerja sama dulu untuk mengerjakan sesuatu. Atau berilah waktu beberapa saat dan setelah watunya habis segeralah akhiri.

Misalkan begini

Orang tua : "udahan dulu ya mainnya kan sudah malam saatnya bobo, besok kita sambung lagi."
Anak :" bentar ya masih asik."
Orang tua :' Okeh 10 manit lagi ya."
Sementara itu biarkan saja main dulu
Setelah 10 menit bilang saja udah sepuluh menit udah dulu ya.
Biasanya dengan demikian anak akan mengerti.

Cuman menjadi catatan yang harus ditepati dengan kata - kata seperti itu, yaitu janji. Nyambung besok hari. hehehe
Lakukan itu jangan ingkari namun sekiranya tidak bisa jangan pernah berjanji.
Namun sekiran sangat memungkinkan maka  silahkan saja.

Menggambar Gunung Dan Mobil


Nah selanjutnya hari berikutnya jika kita berjanji maka tepatilah janji untuk bermain dengan anak meski hanya sebentar biarkan dia puas.
Begitupun dengan zodized pada hari berikut adalah membuat gambar mobil,rumah, gunung, bulan.
Asiknya adalah mengambar dilakukan bersama anak dan orag tua, kebahagiana dalam kebersamaan. :D

Maksudnya menggambar truk batubara.
 Biarkanlah kaharmonisan berkembang. Keakraban berkembang.

Maksudnya rumah yang ada mobil parkir di depannya.



Maksudnya mobil eskrim yang lewat dimalam hari dekat gunung yang disinari rembulan dan bintang bintang

Satu lagi biar anak senang jangan lupa karyanya kita hargai, dengan apa?
Misalkan dengan memjadikan hasil karyanya menjadi gambar layar laptop kita. Tunjukan pada anak kalo gambarnya sudah jadi gambar latar laptop.
Anak kecil akan merasa bahagia.



http://freegifmaker.me/


Sekian Tips menyenangkan dengan anak intinya adalah kualitas kebersamaan bukan lama waktu kebersamaan.
Semoga bermanfaat.

Jika perlu waktu keluar pantai bisa jadi pilihan Bermain di pantai Muara Asam Asam

Subscribe to receive free email updates:

44 Responses to "Bermain Dengan Anak itu Penting"

  1. Yang terpenting permainan tersebut adalah permainan yang positif serta dapat merangsang kreatifitas si anak itu sendiri,, kalau hanya bermain game di gadget, kayaknya itu kurang baik,, tapi kalau menggambar sepertinya itu sangat bagus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ia betul itu mas di gadget. kalo di gedget bisa bikin lupa segalanya mas. Susah juga di suruh makan

      Delete
    2. Setuju itu Mas... Jgn pula d ajak maen Pok*r.. hehehe....

      Delete
    3. hahahaha bener - bner mas. tenag saya kan ga bisa yang begituan :D

      Delete
  2. Mengasyikan kalau bisa bermain dengan anak jadi kita bisa tahu perkembangan kecerdasan anak apalagi kalau bisa main komputer seneng rasanya orang tua

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas seneng . yang pasti kalo anak sehat dan berkembang dengan baik itu yang seneng mas

      Delete
  3. Selain sebagai media hiburan, cara ini juga bagus karena menciptakan suasana yg akrab dengan anak sehingga anak menjadi kreatif, riang dan juga anak merasa di perhatikan. saya rasa ini sangat baik untuk komunikasi antara anak dan orang tua mang

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas mudahana menjdai hal yang positif. baik buat anak dan orangtua

      Delete
  4. btul bnget gan. dah bkn pnting lg tp adalah suatu yg hrus mnjadi keharusan. untuk mmbangun mental anak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia itu tujuannya jgn sampe nganggap orang tua cuman orang biasa aja

      Delete
    2. hem, bisa bahaya tuh mas kalau cuma di anggap orang tua biasa yang tidak peduli anak

      Delete
    3. ia mas harus beda di mata anak mas

      Delete
  5. ada hunbungan kedekatan emosional dengan anak sangat penting pengaruhnya untuk perkembangan psikologis anak, ntar mau ajak anak nggambar ... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas ajak gambar aja. ajak mandi hujan aja mas kalo lagi ujan. hehehe

      Delete
  6. orang tua yang bermain dengan anak merupakan salah satu bentuk kepedulian dan kasih sayang ya mas, memang sudah harusnya sebagai orang tua kita menyempatkan waktu untuk anak2 kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas itu harus mas. kasian anak. jgn cuman bisa bikinnya aja kan. hehehe

      Delete
  7. Mulai sekarang saya mencoba siap2 kalau gitu mas, mungkin sebentar lagi saya juga sudah punya momongan

    ReplyDelete
  8. ahamdulillah mas sudah. mudahan lancar mas sehat selalu. selamat kalo begitu mas

    ReplyDelete
  9. boleh dicoba nih, kebetulan anak saya cowo semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas silahkan di coba mas. lihat aja kira - kira sukanya apa

      Delete
  10. dapet solusinya juga nih mengatasi anak yang masih mau bermain
    terimakasih mang

    ReplyDelete
  11. bermain sama sibuah hati sangat penting, apalgi bisa menambah kreativan sianak ya kang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia salah satunya itu mas dalam rangka menumbuhkembangkan kreatifiktas dan kehangatan bersama anak

      Delete
  12. bermain bersama anak anak bahkan bisa bikin kita lupa waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas kalo keasikan biasa lupa. tapi ada neneknya yang selalu ingetin

      Delete
  13. Bener tuh Kang kalau tidak bisa jangan suka berjanji karena itu juga bisa saja dituruti anak, gx mau kan aanaknya jadi tukang boong :)
    saya mah nyimak aja deh Kang belum punya anak soalnya eum :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya buru buru kang tunjuk satu calom mamanya anak anak. Heheheh

      Delete
  14. Kalau yang belum punya anak apakah penting juga mangs? wkwkwkwkw... Tapi walau saya belum punya anak karena belum kawin gitu ya, saya juga suka ngasuh ponakan, dan sama menggambar tuh mangs... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo belum punya anak ppilih aja salah satu bintang kore untuk jadi ibunya anak - anak mas. hehehe

      Delete
  15. Gambarnya bagus-bagus Mangs Adul...
    Sangat membangkitkan kreasi dan keakraban dalam rumah tangga ini Mas...
    Sangat menginspirasi... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mas dedy akas bisa di praktekan dan di kreasikan

      Delete
  16. memang betul bermain dengan anak itu sangat penting ya mas, karna hal tersebut merupakan bentuk perhatian dan kasih sayang orang tua terhadap anaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mas silahkan saja mas siap siap.:D

      Delete
  17. Saya pernah dulu membatu tetangga mengurus anaknya dari umur sekitar 8 bulan hingga umur 2 tahunan, karna mungkin jarang mendapat kasih sayang orang tua dikarenakan orang tua yang sibuk dengan pekerjaannya. Sekarang usianya sudah sekitar 5th, nakalnya luar biasa dan susah di bilangin. mungkin ini pengaruh dari kurangnya perhatian orang tua terhadap anak ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas anak itu mencari perhatian. kalo anak katanya sih bukan nakal tapi unik. kalo g di perhatikan bisa macem - mecem dilakukannya.

      Delete
  18. gambar diatas itu karya anak mang adul ya? kreatif banget mang anaknya, kalo menurut saya sih keren gambarnya mang, karna saya belum tentu bisa membuat gambar seperti itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cmpur itu mas. buatan anak saya di bantu saya sama mamahnya. hehehe
      biar sedikit hanget susananya

      Delete
  19. bukan cuman penting doang maen sama anak-anak mah atuh kang, tapi menjadi wajib jika sungguh kita mencintai mereka mah atuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener juga ya mang. rame pokkonamah mang maen sama anak teh

      Delete
  20. kalau belum punya anak gimana mas? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. cepat cepat mas tunjuk satu calon ibu dan segeralah nikahi dan buat anak dulu mas

      Delete
  21. Saya juga dirumah begitu mas, anak baru satu jadi ga ada temennya, kalau udah bosen maen sendiri pasti orang tuanya yg diajakin maen, mobilan bikin ini itu dll. Kalau dah cape juga tar tidur dia

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas kalo udah tidur baru giliran kita yang main mas.

      Delete

Silahkan berkomentar