Pengalaman Ke Tambang Batubara

Mungkin tidak semua orang pernah pergi ketambang, karena mau ngapain juga pergi ketambang, hehehe.
Tapi kali ini zodized akan berbagi pengalaman ke tambang batubara siapa tau ada yang ingin mengetahuinya atau mungkin belum pernah pergi ke tambang.

Pengalaman Ke Tambang Batubara


Pengalam ini saya rasakan sebenarnya sudah lama sekitar tahun 2011 didapatnya pengalaman ini sebagai tugas dari pekerjaan yang mengharuskan masuk ke sebuah pertambangan mungkin tepatnya sekitar pertambangan, tugas kami di sana bukan buat menggali bahan tambang tapi hanya sekedar pengambilan sample saja, karena itu adalah bagian dari tugas kami. Bagi saya yang baru mengetahui pertambangan batubara kala itu sangatlah asik sekali. Membayangkan melihat suatu alat pertambangan yang katanya  besar - besar bahkan ban mobilnya katanya ada yang setinggi rumahmu. Begitu cerita orang.

Dan akhirnya pada suatu hari yang cukup cerah saya di bawa kepertambangan batubara Milik perusahaan yang bertarap nasional.
Tujuan saya kesana adalah bagian dari pengambilan sample batubara untuk mengtahui kualitasnya yang merupakan bagian pekerjaan rutin kami.

Persiapan Sebelum Berangkat


Pengalam pertama dimulai dari persiapan, ternyata untuk memasuki pertambangan tidaklah mudah begitu saja saya harus mengikuti kelas atau pengarahan  dulu yang di sebut Induksi, apalagi ketika itu rencana saya memasuki wilayar pertambangan dama waktu yang cukup lama. Jadi ketika itu saya mengikuti induksi dulu. Mendengarkan penjelasan dari wakil perusahaan tambang tersebut, kemudian mengisi soal - soal dari penjelasan tersebut. saya tidak sendiri memasuki tambang tapi bersama dengan kawan - kawan satu pekerjaan lainya.

Mendengarkan penejelasan Lumayan ada minuman 

Dijelaskan dalam induksi tersebut haruslah menggunakan APD ( Alat pelindung diri ) dan selalu mematuhi peraturan yang ada.


Hendak Berangkat


Pengalaman selanjutnya adalah pas mau berangkat, karena sebelumnya di intruksikan menggukan APD dan mematuhi segala peraturan maka kamipun menggukana APD seperti, Sepatu safty, kacamata, helm, dan Reflektor. Untuk reflektor karen seragam kami sebagian sudah menggunakan reflektor maka tidak perlu lagi menggunakan rompi reflektor cukup menggunakan seragam yang ada kecuali yang belum ada reflektornya saja.
Saat hendak berangkat semua harus lengkap. Berikut beberapa dokumentasinya

Ini foto temen saya saat menggunakan helm di tambang dan rompi reflektor :D

Berpose saat pembuatan tanda pengenal untuk ke tambang.

Teman kita yang tidak menggunakan serangam bereflektor harus menggunakan rompi reflektor seperti ini



Keren kan lengkap dengan helm dan sepatu safty


Keren ga nih :D

Dalam Perjalanan Ke tambang Di Mobil


Pengalaman tak cukup kalah menariknya adalah dalam mobil, pokonya bagaikan ga pernah naik mobil saja. Inilah gaya kami saat di perjalanan menuju tambang. Mobil Yang kami tumpangi adalah jenis BUS mini yang didisain untuk ketambang. Ternyata mobil yang akan di gunakan ketambang tidak sembarangan harus memenuhi standar tambang tersebut terlebihdulu.

Inilah kami semua lengkap dengan helm dan rompi ferlektor. Dalam Mobil Pake helm juga nih. hehehehe

Tegang Menuju Tambang

Kalo saya sih masih asiik nih. hahahahaha CIISSSSS...................

Ditambang


Nah ini adalah pengalaman yang ga bisa di rasakan diluar tambang :D. Ditambang kami tidak dibawa kesemua tempat tapi hanya sebagian tempat saja seperti Workshop di tambang, tempat parkir alat - alat di tambang, Stockpile. Ya tempat itu saja karena berkaitan dengan tugas yang akan kami lakukan adalah pengambilan sampel dan analisa sample tentu saja pasti kami memarkirkan unit yang kami bawa. Jadi kami tidak akan di bawa ketempat penggalian, dalam hati sih ngarep juga di bawa ketempat penggalian batubara. Karena sebetulnya kamipun kompeten dalam sampling insitu di tambangnya, tapi saat ini bukanlah tugas kamiYang pasti sih tentu saja kita tidak lupa ambil gambarnya. hahahahah. Yang boleh aja sih kalo dilarang saya ga brani dah..

Kita hanya setinggi bannya saja...
Nah ini dari DP temen saya yang sempet saya save. Gede kan alatnya.

Nah dibelakang itu tambang tapi kita tidak boleh kesana dulu lain tugasnya


Stockpile Batubara 


Karena tugas kami adalah untuk pegambilan sample batubara tentu stocpile batubara menjadi salah satu tempat yang kami kunjungi. Di tempat inilah tugas kami yang lumayan banyak dan cukup banyak juga sih pengalaman kami di sini untuk mengambil sample.
Kami terdiri dari beberapa tim saat ketambang, yaitu bagian pengambil sample, bagian persiapan sample untuk analisa dan tentu bagian penganalisa sample batubara.

Stokpile batubara masih agak jauh sih :D
Saat Dimalam hari, ini lebih indah keliatannya. Seperti pasar malam penuh gemerlap lampu




Di tambang sebetulnya tidak begitu boleh mengambil gambar, hanya tepat - tempat tertentu yang diperbolehkan. Kegiatan tambangnya sendiri dilarang untuk di foto. Dan banyak sekali tempat yang dilarang untuk di foto. Yang saya tampilkan adalah yang boleh di ambil saja

Salah satu konstruksi pada konveyor stockpile. Saya foto karena menurut saya lumayan rumit sekali.



Unit Sampling Outomatik

Pengalaman yang tidak kalah manariknya bagi saya adalah di tempat sampling unit outomatik yang sudah tersistem pada konveyor. Memang sih selain di stockpile, kami mengambil sampel juga di unit sampling aoutomatik biasanya untuk batubara yang sedang dimuat. Dengan bantuan automatik sampler ini pengambilan sample jadi mudah sekali. Yang penting tetap di jaga agar tetap menyala saja. Sample sudah bisa terkumpul dengan sendirinya dengan sistem tertentu yang menjaga keteleitiannya.

Pengarahan safty di unit sampling Outomatik
Sebetulnya foto sebelumnya yang ada di stocpile itu yang rumit negejelimet itu adalah salah satu tempat sampling hanya saja karena negejelimet memotretnya jadi susah fokus.


Setelah dari stockpile kemudian ke unit sampling maka tempat terakhir adalah tempat pemuatan.
Tempat pemuatan ini ada yang dekat dengan tambang ada juga yang jauh dengan tambang. Kebetulan tempat pemuatan kali ini adalah hanya sekitar 9-10 km dari tambang maka tempat langsung di kunjungi, sekali lagi emang karena ada kegiatan kami di sana. hahaha

Tempat Pemuatan Batubara


Selanjutnya setelah melewati sampling automatik maka pengalaman kami adalah menyaksikan tempat pemuatan batubara. Tempat di mana batubara dari tambang atau dari stockpile akan di salurkan kepada pembeli. Batubara biasanya di salurka kepembeli bisa melalui kereta api jika masih satu daratan, bisa menggunakan truk juga jika masih satu daratan atau lebih dekat dan jika sudah berbeda daratan atau berbeda pulau maka pengiriman menggunakan Kapal atau tongkang. Rasanya tidak mungkin menggunakan pesawat terbang.
Tempat pemuatan yang kami kunjungi pelabuhan pelabuhan. Cuman jangan harap ada tiket masuk dan tukang jualan gorengan atau tempat jual nasi kuning. Di Pelabuhan batubara tidak ada semua itu, yang ada hanya batubara dan pelabuhan saja serta alat berat.




Jadi itulah pengalaman ke tambang batubara yang pernah kami alami. Pengalaman lainnya adalah Foto Tambang dan pemuatan batubara. Semoga meberikan gambaran yang cukup.
Terimaksih dan wassalam.

Istilah dalam tambang batubara

Info lainnya harga batubara 

Subscribe to receive free email updates:

101 Responses to "Pengalaman Ke Tambang Batubara"

  1. Alatnya besar juga kang beneran segede rumah itu ma. Pastinya orang yang tidak berkepentingan seperti saya tidak mungkin bisa masuk tambang, jadi pengen eum di foto di dket alat" penambangan batu bara :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ulah ah bisi ka giles :D
      kali kali kang bisa main. asala ada izinnya aja

      Delete
    2. Ngomong-ngomong fotonya mang Adul yang mana ya?

      Delete
    3. saya yang pake helm putih mas polet merah pake kacamata mas.

      Delete
    4. Pantes keren banget mas, beda sama yang lainnya.

      Delete
    5. Hahahahah yang sebelah mana coba mas:)

      Delete
    6. saya mah kalau diajakin maen ke tambang batu bara suka ngimpiin beli mobil gedenya euy...keren banget kayanya kalau dipake buat kuliah ya mang?

      Delete
    7. wah di tewak polisi mang hangerinan jalan

      Delete
    8. kalau di ajak ke hotel ngimpi apa yaa :)

      Delete
    9. siapa saya terimaksih :)

      Delete
    10. sama siapa dulu di ajaknya

      Delete
    11. jadi mas muhamad yang ngajak. hayu mas ke hotel

      Delete
  2. Ngemeng-ngemen gak ada ceweknya disitu y kang, hihihihi .... isinya mesin gedhe semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe mungkin di kantor tambangnya ada mas. saya di lapangannya ga ada mas.

      Delete
  3. Ternyata tambang batubara kayak gini, saya pernahnya ke tambang marmer mas. Kayaknya nggak jauh beda yah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya ia mas g jauh beda. pasti banyak alat yang gede - gede.

      Delete
  4. Lama juga yah Mang Adul, dibatubara, sudah lima tahunan ya mas, pasti enak tuk kalau saya bisa jalan-jalan ke tambang batubara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang lebih seperti itu mas. banyak kurangnya sih mas

      Delete
  5. mangs aduls keren eyyy,,,,
    btw pose temennya sedih amat mangs...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahahah takut mungkin mas. takut suruh gali

      Delete
  6. wih asiknya ya mas, lagi selfie bareng ni, saya kapan bole ikutan ke tambang nya mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kapan kapan masih belum pasti toh mas :))

      Delete
    2. kalo di pastikan nanti g bisa:D

      Delete
  7. ngomong ngomong mangs aduls lagi happy ne ye, tuh liat di fotonya lagi berbunga bunga :)

    ReplyDelete
  8. hahahah ngarang nih. :D
    Foto saya kan ga berbunga - bunga mas. berhelm helm

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, coba liat tuh di atas :)

      Delete
    2. di atas saya ada angit langit mas. wkwkwkw

      Delete
  9. Puber kedua nih..he...numpang narsis...ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa mas. Saya kah. Kalo saya bukan puberkedua lagi mas ke sebelas

      Delete
  10. Wah dobel bayaran nih mang...dpt dari kontrakor...dpt dr google....g bingung ngimanya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makin stres saya mas nampungnya wkwkwkwkw

      Delete
  11. Ngikuti trend kaya anak muda mang ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kan emang masih muda mas lebih dikit dari 17

      Delete
    2. yang abgehnya kan hanya saya doang :) week

      Delete
  12. wah seru yah, aku belum pernah ketempat begituan.
    gede-gede banget alatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mqkq dr itunmas saya berbagi pengalaman disini mas. Kali aja ada yang mau lihat

      Delete
    2. saya nyari ceweknya koq nggak nemu lo ya?

      Delete
    3. ga ada mas yan. laki - laki semua g tau kalo di kantornya

      Delete
    4. iya tuh
      bikin sebel aja deh :D

      Delete
    5. jgn salah mas yan sebel itu adalah seneng betul

      Delete
  13. Saya malah belum sempat menginjakan kaki di area tambang batu bara kang, tapi di sini saya bisa banyak mendapatkan informasi tetang areatambang batu bara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kali kali mas main ke tambang. Siapa tau jadi ikutan usaha pertambangan

      Delete
    2. silahkan mas yan di mulai.

      Delete
  14. tempat tambang batubara kalau malam kelihatan lebih asyik ya mas rozak,apalagi bila ngeliatnya dari kejauhan

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas yanto seperti gemerlap pasar alam mas. banyak lampu menyala

      Delete
    2. sesekali bisa mas buat hiburan

      Delete
  15. jadi mas rozak kerjanya dikantor mulu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. engga juga mas saya sering juga panas - panasan kotor kotoran. namanya batubara mas

      Delete
    2. yg bener,awas lo ya kalau bo'ong

      Delete
    3. bner nih barusan saya kotr2ran mas nanam pohon jambu.:D terus langsuk cek blog dah

      Delete
  16. Tidak ada yang menggunakan masker ya ? karena sewaktu aku ke pabrik batubara, polusi udaranya sungguh pekat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu yang di foto itu hampir tidak ada aktifitas mas. kan husus ada kunjungan saya mas. wkwkwkw

      Delete
  17. Ini kalau nggak salah di UT tracktors atau nggak di pama...
    Bener nggak mas? hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pas saya berfoto kontraktornya masih Darmahenwa pas. kalo sebelahnya gesernya dikit pama geser lagi dikit UT.
      emang ktrantor kedua itu emangpaling gede mas

      Delete
  18. Temen saya dulu juga kerja di tambang batubara sebagai manager IT, dari dia saya sering denger cerita bagaimana suka duka bekerta ji tambang yang jauh dari peradaban hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itulh kalo sudah tekad bekerja dipertambangan jadi apapun itu. Harus tau satu hal saat ini belum ada pertambangan batubara di tengah - tengah kota besar. semuanya masih di tengah - tengah hutan . hahahaha.

      Delete
    2. Tapi enak, selain kenal sama orang kota, juga banyak kenalan orang utan hihi

      Delete
    3. hahahahahah lintas daerah beneran yah

      Delete
    4. Berarti mangs adul di sana selain punya kenalan orang kota dan orang desa juga punya kenalan orang utan ya?? hehehehe

      Delete
  19. Itu Excavatornya gila :D kayak transformer :p warnanya perak lagi kan :D biasanya yang aku lihat warnanya kuning wkwkw :D

    Dulu waktu masih di tambang aku sukanya tinggi-tinggian sama bannya HD yang gede banget itu wkkwwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. di tambang juga ya mas. rompinya sama dengan yang saya gunakan waktu itu. bener mas saya inget trasformer. beda merk mungkin mas dengan yang warna kuning. disini warna wani mas ada yang oranye, hijau, kuning.

      Delete
    2. plus putih silver gituh. plus warna karatan :D

      Delete
  20. Mang Adul yang nomer lima ya ??? :) ganteng banget koh

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah siakang sepertinya salah nebak. saya mah jauh lebih ganteng

      Delete
  21. untuk truknya ditempat saya ada yang lebih besar, tipi 747. Tinggi saya cuma sampai ditengah roda, as roda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ia itu lebih gede lagi mas. yang ada disini memang ukurannya lebih kecil mas

      Delete
  22. blog yang penuh materi seputar batu bata eh batu bara ya punya mangAdul :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas tadinya maunya nice batubara dan analisa tapi pengen juga nulis yang lain mas :D

      Delete
  23. Wah pengalaman yang seru nih, apalagi banyak tantangan ya pekerjaannya. Mudah-mudahan mang aduls diberikan kesehatan selalu ya? Saya sendiri pas kerja di kontraktor belum pernah kelapangan mas. Pengennya sih pengen bener. Makasih mas jadi tergiur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas adam pada kondisi tertentu banyak tantangan sangat asik sekali mas. hal yang baru sangat mernarik sekali. cuan kalo lama - kelamaaan mikir juga mas. mau sampe kapan. hehehehehe

      Delete
    2. sama - sama mas ada kali - kali mas kelapangan. banyak asiknya mas asal jgn kelamaan dilapangan

      Delete
  24. Pengalaman yang berharga tuh mang, seumur-umur, perasaan, saya belum pernah menyentuh truk yang bannya setinggi manusia, jadi mangs adul sangat beruntung, hehehehehe, foto-foto kerennya lucu-lucu mangs, wkwkwkw :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk foto saya sengaja cari yang sekiranya gayanya keren banget mas wkwkwkwkw

      Delete
    2. hem gayanya keren kok mas fotonya, hehehehe

      Delete
    3. bener kan keren mas. mengundah ketawa sedikit gpplah

      Delete
  25. Mang Aduls itu ternyata kecil dan kurus hhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem tapi tenaganya luar biasa loh mas, hehehhe

      Delete
    2. sepertinya mas gong salah bidik

      Delete
    3. kalo tenaga sudah pasti luarbiasa mas seperkasa exapator

      Delete
  26. semakin banyak berkunjung ke tempat tambang batubara pasti semakin banyak pengalamannya ya mas, wah jadi pengen tahu juga saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia betul sekali mas semakin sering semakin tau semakin tau malah jadi bosen juga mas. :D

      Delete
  27. Daerahnya kayaknya panas banget, mas?

    ReplyDelete
  28. wah seru nih, bisa lihat2 proses pengolahan batu bara. kapan2 kalau kesana lagi ajak kita2 lah mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayu mas saya aja nih sekarang lagi di posisinih

      Delete
  29. dari foto diatas mangs adul yang mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mangs adulnya ngumpet,

      Delete
    2. yang paling ganteng yang jelas mas

      Delete
  30. Setiap penambangan batu bara pasti mobil pengangkutnya besar-besar ya mas??
    Ban nya saja lebih besar dari pada supirnya ya mas?? ga kebayang kalo bisa merasakan naik mobil monster sebesar itu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sendiri belum pernah naik mas. takut juga saya di marahi mandor

      Delete
  31. Kalo boleh tau mangs aduls ini lokasinya di mana ya?? rencana bulan januari saya mau ikut saudara ke kalimanntan mangs, kerja di penambang batu bara juga, kalau jadi itu juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh mohonmaaf mas baru kebuka ini lokasinya di kalimantan selatan mas. mas djatmiko ke daerah mana mas

      Delete
  32. kapan saya diajak untuk ke tambang mang adul? hehehe becanda doang kok...

    Saya nggak minat sih pergi ke tambang, soalnya medannya lumayan berat dan saya phobia

    ReplyDelete
    Replies
    1. ko bisa phobia mas. emang kenapa mas. pernah gimana gitu mas

      Delete

Silahkan berkomentar