Cara Berdamai Dengan Stress

Pekerjaan tidak akan pernah habis. Semua menuntut ketepatan, kecepatan dan tentu kesempurnaan. Hari  ke hari, minggu ke minggu, bulan ke bulan begitu saja dan makin menumpuk. Hal tersebutlah yang bisa membuat kita stress jika tidak di tangani dengan segera dan taruhannya adalah karier kita.
Stress tidak hanya dilingkungan kerja saja, bisa jadi stresspun terjadi dilingkungan hidup kita, dikeseharian kita sehingga jika dalam pekerjaan karier yang di pertaruhkan maka jika dalam kehidupan bisa keluarga yang menjadi imbasnya. Dan Jangan sampai hobipun menjadi sumber stess

Stress

 


Stres merupakan kondisi ketegangan yang mempengaruhi emosi, proses pikiran, dan kondisi seseorang. Bekerja dengan stress akan mempengaruhi kinerja karena akan sulit berfikir jernih, meskipun sudah berusaha memfokuskan diri. Pada akhirnya kerjapun akan di bawah tekanan. Dalam keadaan stress jangankan bekerja hal - hal yang berat seperti mikirin harga minyak atau mikirim cara jamur mencairkan batubara nonton film kartunpun bisa jadi malapetaka.


 Lalu bagaimana berdamai dengan stress?


Berdamai Dengan Stress


Susunlah Skala Prioritas.


Skala prioritas bisa membuat arahan pada pikiran kita yang mana yang harus di selesaikan terlebih dahulu, sehingga pikiran kita tidak bingung lagi mana yang akan di kerjakan.
Untuk memudahkan dalam menentukan prioritas lihatlah arahan atasan atau jika anda adalah atasan maka lihatlah persaingan. Jika anda masih bingung menentukan prioritas maka tanyakan pada diri anda mana yang harus lebih cepat selesai nah itulah dia prioritas. Kalo masih bingung juga yang mana yang harus cepat selesai tanyakan yang mana yang kira - kira jika lama selesainya bakal dimarahi, itulah prioritas. Atau cara lain jika tidak ada yang seperti itu pikirkan saja yang mana yang paling besar bonusnya. hehehehe....


Jangan Nunda - Nunda Kerjaan


Pekerjaan yang ada, ide yang sudah ada jangan di tunda - tunda segera lakukan dengan penuh semangat dan kesabaran, ingsa Alloh akan mengurangi stress dan menikmati hasilnya satu per satu dengan segera. Jika memang pekerjaannya besar mulailah sedikit - demi sedikit karena jika tidak demikian akan makin banyak pekerjaan yang tertunda dan akan menambah anda lebih stress lagi. Jadi jangan tunda pekerjaan anda.
Satu pekerjaan yang anda tunda hari ini satu masalah yang akan membuat anda makin stress dikemudian hari.


Istirahat Sejenak


Ya itulah kepala dan isinya badan jiwa dan raganya kantong dan isinya perlu ketemu dengan yang namanya istirahat. Sehebat apapun anda sebesar apapun otot anda, istirahatlah sejenak agar otot - otot rilex kepala adem sehingga stess akan berkurang. Hanya saja jangan keterusan sehingga menjadi males. Istirahatlah sejenak dan secukupnya. Kalo keterusan poin nomor dua bisa terjadi, menunda pekerjaan.


Cobalah Mengobrol Dengan Rekan


Ya ketika betul - betul mumet stress, cobalah sedikit berdiskusi dengan rekan yang sekiranya bisa memberikan solusi seperti ngobrol dengan atasan kita, teman duduk sebelah atau mungkin coba ajak ngobrol OB atau pekerja taman. Siapa tahukan mereka punya ide yang menyegarkan kepala yang sedang mumet. Tapi inget jangan cari orang yang lagi kepepet perlu duit, soalnya bisa jadi malah tambah stress.


Mendengarkan Musik


Bagi orang tertantu yang suka dengan musik, solusi mendengarkan musik mungkin bisa jadi obat stress. Dengarkan lagu - lagu yang sekiranya membawa semangat dan jangan lagu putus cinta. Kalo lagu putus cinta yang ada malah makin stess.
Kalo emang tidak suka dengan lagu ya sudah dengarkan aja dulu cerahmahnya AAGYM tentang jagalah hati atau Atau Ceramahnya Ustad Danu. Siapa tahu kan dengan demikian stress kita akan berkurang, dan akhirnya kita berdamai dengan stress. Atau sesekali mungkin anda bisa juga bisa menggunakan Terapi Rukyah Tanpa Kesurupan


Kaluar Sejenak


Jika memang stress anda tidak bisa di kalahkan didalam ruangan, bawa saja keluar ruangan ajak kelahi di luar ruangan. Kalo tidak berani satu lawan satu yauda keroyok aja rame - rame siksa aja tuh stress sampe babak belur siapa tau kalo udah babak belur si stress bakalan damai dengan sendirinya.

Oia cara ngeroyoknya belum di beritahu, keroyoklah dengan bantuan mata dan telinga menikmati keindahan diluar ruangan. Jika sekitar kantor masih belum cukup coba cari tempat yang adem ayeum seperti taman yang ada air mengalir dengan ikan - ikan yang sedang main petak umpet dikolam lengkap dengan bunga - bunga teratai yang sedang mekar. Dipinggirnya ada burung bangau yang sedang menatap kita seolah mengajak mandi dikolam sambil main petak umpet bareng ikan. Siapa tau dengan kondisi yang seperti itu stress bisa berdamai dengan kita. Silahkan saja buktikan stess akan lemes dan bertekuk lutut dihadapan kita jika di bawa ketempat seperti itu. Asal jangan ada nyamuk yang ganggu apalagi nyamuk raksasa bisa- bisa nambah stress.
Hanya saja jangan kelamaan apalagi sampai ketiduran ditaman karena bisa jadi kita malah menunda pekerjaan dan malah makin numpuk dan akhirnya makin stress.


Ingat Ada Orang yang Menunggu Kita


Nah salah satu yang bisa bikin kita hilang stress  adalah anak - anak yang menunggu kita di rumah beserta mamanya yang selalu tersenyum saat menyambut pulang kerja. Jika kita terus - terusan stress mau diapakan wajah yang mungil lucu itu, mau diapakan wanita yang selalu tersenyum itu.
Pikirkanlah agar mereka selalu tersenyum dan senyum mereka adalah kebahagian.
Dan agar mereka tersenyum maka bekerjalah dengan bahagia dan baik - baik  dapat binus tambahan agar mereka tetap tersenyum.


Solat


Solusi ini juga bisa membuat stress terpapar tak berdaya   berserah diri pada yang Maha Kuasa, bertobat mohon ampun mohon di lapangkan. Ingat segala sesuatu di ciptakan berdasarkan kemapuannya. Yakinlah anda mampu dengan pekerjaan anda dan mulai kerjakanlah.
Anda bekerja bukan karena kebetulan tapi anda bekerja dengan kemapuan anda.
Ibarat pohon yang tumbuh meskipun perlahan tapi pasti menjulang kelangit, begitulah anda akan tumbuh.


Sekian pembahasan tentang Berdamai Dengan Stress mudah - udahan tidak menambah stress yang berkepanjangan.

Biar nambah happy sesekali bermainlah dialam liar.

Subscribe to receive free email updates:

32 Responses to "Cara Berdamai Dengan Stress"

  1. Sholat itu cara paling ampuh buat ngilangin stress mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa di coba mas dengan penuh kehususan tentunya :D

      Delete
    2. saya sering merasakan perbedaanya mas, emang ampuh banget Sholat...

      Delete
    3. semua pada setuju kan. heheheh mantap

      Delete
  2. kalau saya sih emang udah akur ama stres mang makanya saya selalu berdamai dengannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe bagus kalo begitu mas. siapa tau kalo udah akur bakalan bikin acara pernikahan. betul begitu mas yan

      Delete
    2. jangan lupa undang - undang ya

      Delete
    3. kalo di tanya kapan nikah, kok saya jadi ikutan tersentuh ya... #maybe yes maybe no :'(

      Delete
    4. yah gimana mas. kalo ada calonnya langsung aja mas :D

      Delete
  3. Setuju sama mas reky mangs..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga stuju kalo begitu mas.

      Delete
  4. boleh juga nih tips2 untuk mengatasi stresnya mas.
    kalau saya lg stress cara ngobatinnya biasanya ngolok2 temen blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahha harus di tambahin nih kayanya mas yan poin slanjutnya :D

      Delete
  5. mas admin sekarang lg stress nggak nih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya lagi pertrungna ronde 12 dengan stress mas

      Delete
  6. Liburan mang kalau mau berdamai dengan stress :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah satunya mas bisa mengilangkan. asala jgn kemahalan aja sesuaikan

      Delete
  7. saya sih biasanya Solat biar si stress mengibarkan bendera putih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas jurus ampuh berserah diri. kalo kalah stressnya sioalnya bisa jadi ketawa2 sendiri

      Delete
  8. kalau aku sholat masih satu2nya cara paling ampuh melawan stress :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas Indra itulah jurusnya mas

      Delete
  9. maaang, solat hungkul da nu ampuh mah :))

    ReplyDelete
  10. Ilustrasi orang stress hampir sama dengan hantu ya mang, serem euy, saya suka menunda nunda pekerjaan, yang di anggap sepele akan menjadi sangat luar biasa kalau ngga tepat waktu... kayak jaman skripsi dulu... kalau kerja emang harus ada jeda, jangan monoton, yang sering dilakukan yaitu pergi ke wc untuk sekedar cuci muka... sholat memang sanngat bagus membuat jiwa jadi adem ayem, pikiran ngga stress...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas kalo stess ga tertangai penampilannya jadi begitu mas. sama saya juga masih suka menunda nih. emang sipmales dan si setres suka kerja sama

      Delete
  11. Yakin saja kalau hidup sudah ada yang mengatur maka pikiran akan tenang hingga terhindar stres

    ReplyDelete
  12. Mantaff nih mangs tips tentang ngilangin stressnya, tapi kenapa gambarnya serem amat ya?? si amat tetangga saya aja ga begitu seram..

    ReplyDelete
  13. tips yang sangat bermanfaat mas, terima kasih

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar