7 Desember Komet Catalina Akan Melintas

7 desember bagi para pencinta langit dan segala hal yang ada di langit akan menjadi suatu momen bersejarah, karena sekitar tanggal 7 Desember nanti yang tinggal menghitung hari akan lewat satu komet yang di beri nama Komet Catalia atau di kenal juga dengan sebutan C/2013 U10.

Waktu Muncul


Waktu pengamatan komet ini diperkirakan akan terlihat pada subuh hari baik dengan menggunakan teropong ataupun mata telanjang.

Info Menarik lainnya Bintang Paling Terang

 

Posisi Komet Melintas


Posisi komet diprediksi akan melintas dilangit tenggara berjarak 5 derajat saja dari venus.


Sekilas Komet Catalina


Komet ini ditemukan pada 2013 oleh pengamatan Catalina Sky Survey. Sejak itu, Comet C/2013 US10 (Catalina) terus semakin terang dan saat ini lebih terang dari magnitudo 8, sehingga terlihat dengan teropong dan kamera. Komet ini semakin mendekati Tata Surya bagian dalam, denag demikian akan terus semakin terang dan akan menjadi objek mata telanjang. Komet akan berada terutama di langit belahan Bumi selatan sampai pertengahan Desember. Pada saat orbit yang sangat miring akan menuju ke langit utara. Komet Catalina dicitrakan seperti koma hijau dan dua ekor yang berkembang. Bisa lihat Gambar di atas


Sekian informasi seputar dunia langit, Semoga bermanfaat.

Planet Lain Diprediksi Layak Huni

Sumber :
http://nationalgeographic.co.id/berita/2015/01/kalender-peristiwa-langit-di-2015
http://apod-id.com/luar-angkasa/memperkenalkan-komet-catalina/

Sumber Gambar :
http://apod.nasa.gov/apod/image/1508/CometCatalina_Sharp_1080.jpg

Subscribe to receive free email updates:

99 Responses to "7 Desember Komet Catalina Akan Melintas "

  1. Kira kira lewat atas bumi Indonesia ga mas?? saya juga mau ikut menyaksikan dengan mata telanjang lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. oooo ikut menyaksikan toh, saya kira mau ikut komentnya. hehe

      Delete
    2. kayaknya lewat mas,, soalny tadi kometnya sms ke saya,, katanya mau lewat indo pakai jalur buswayyyy...

      Delete
    3. Nah sudah ada yg menjawabnya. SEpertinya lewat mas

      Delete
    4. kalau mau lihat mbak Catalina jangan melek merem yaa.

      Delete
    5. waduh g ikutan kalo itu mas:D

      Delete
    6. Kata'a gak bakal lewat Indonesia mas, takut kena jepret sama yang ngaku anak-anak gaul mas Wkwkw :v

      Delete
    7. saya nunggunya sambil ngopi boleh?

      Delete
    8. loeh kok benar ya mas ahmad zailanie?
      nie ke saya pn ada yg ngabarin.,?

      Delete
    9. yang suka jepret itu lama ga nampak ya, kemana ya ?

      Delete
    10. kalo udah lewat mau di jepret atau mau di ajak ngopi silahkan aja ya mas- mas. hahahhaha

      Delete
  2. Belum pernah lihat komet mas padahal pengin lihat fenomena alam ini cuma karena nggak ada infonya jadi nggak pernah mengalami sendiri melihat komet secara langsung

    ReplyDelete
    Replies
    1. TGl 7 nanti mas bisa di coba nungguin mas . Klo cuaca cerah bisa aja.mas naik aja ke atap rumah liat ke arah v

      Delete
  3. langsung berdoa katanya akan dikabulkan (bintang jatuh)

    ReplyDelete
  4. link follo di menu kayaknya bukan blog ini mas ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia yanv mana ya mas. Soal nya saya gonta ganti templete.

      Delete
    2. mang Adul memang suka gonta ganti pasangan, template maksudnya.... kamu kira apa weee

      Delete
    3. hahaha saya udah tau mas yang login itu ya yang pojok kanan atas. udah sayah betullkan bisa di test lah

      Delete
  5. Tinggal menunggu waktu dan menghitung hari saja sampai tuuh komet nongooll :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul betul mas. Kita tunggu aja

      Delete
  6. wah saya baru dengar komet catalina ini mangs :) bagus namanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sy yg nemukan lebih keren lagi namanya mas

      Delete
    2. apalagi saya ntar nambah keren lagi ya mas :)

      Delete
  7. kira kira subuhnya jam berapa ya mangs muncul komet ini, saya akan tengoin nmantinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tunggu aja mas dari jam 3 sampe jam 6

      Delete
    2. hadeuh, ntar jadi tukan ronda malam deh kalo begituh :) week

      Delete
  8. kalo pengen melihat lintasan komet jadi harus pake teropong dulu ya

    ReplyDelete
  9. saya kira mbak Catalina tetangga sebelah

    ReplyDelete
  10. oke mas saya tak nyiapin dari sekaraang untuk menyaksikan komet Catalina yang kabarnya akan melintasi langit tenggara berjarak 5 derajat saja dari venus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas siap - siap . siap kopi mas biar rada seger mata

      Delete
  11. penasaran
    pengen cepat-cepat tgl 7 deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan mas saya belum update status

      Delete
  12. Siap begadang gak nih mang biar bisa liat langsung si cantik catalina :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap begadang aja mas sampe subuh. sekalian aja g bobo

      Delete
  13. oh Komet Catalina ini ternyata baru ditemukan pad tahun 2013 ya mas.
    saya baru denger nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. loeh kok ngak sama, saya baru baca tu di atas?

      Delete
    2. ia mas yan baru tahun 2013

      Delete
  14. tanggal 07 Desemmber akan saya catet mas,biar saya juga bisa melihat Komet Catalina secara live diwaktu shubuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. catet terus dan diapalin, tanggal 6 saya periksa catatannya :)

      Delete
    2. nanati dikumpul jgn nyontek ya :d catet

      Delete
  15. semoga aja gak nabrak bumi. kalau nabrak bisa kacau juga kehidupan manusia, termasuk internetan kita gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudahan engga mbah. nanti saya ga bisa ngenet lagi. ini juga udah susah

      Delete
  16. entar tanggal 7 desember perlu ke luar nih pandangi langit malam ini, siapa tau melihat komet catalina... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas d luar aja mas ngangin ya. kalo ada jgn lupa ambil fotonya ya

      Delete
  17. apa bener mas tanggal 7 desember akan lewat satu komet?

    ReplyDelete
  18. seriusan nih bisa pake mata telanjang???

    ReplyDelete
    Replies
    1. huuus jangan tela#jang.....

      Delete
    2. katanya sih begitu mas. mata ya yang tlanjang

      Delete
    3. saya lupa event ini... gmn Mang kemaren liat g?

      Delete
    4. saya juga tidur mas. hahahaha
      g sempet lihat.

      Delete
  19. nanti kometnya jadi lewat ga ? saya mau lihat ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kabari lo mas saya tunggu ya

      Delete
    2. mudahan aja saya g merem :D

      Delete
  20. kalau nanti kometnya lewat kabari ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mas ntar saya sms...

      Delete
    2. okeh mas saya tunggu ya. :D

      Delete
  21. Kometnya bagus ya mang?

    ReplyDelete
  22. kok kemaren malem g ada Catalina Melintas mas apa pas lagi mendung ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan belum mas tgl 7nya juga. nih baru tgl 3

      Delete
    2. sekarang tanggal 8 dong

      Delete
    3. mang yanto nyoblos g mang

      Delete
  23. semoga kometnya gak jatuh ke bumi. cuma lewat aja gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah - mudahan aja mas bawa oleh - oleh yang seger.

      Delete
    2. bawah oleh oleh kacang :D

      Delete
    3. nah siap bawa kantong kresek kalo gitu mas

      Delete
  24. kira kira kalo kometnya lewat kelihatan dari rumahku gak ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saksikan aja mas entar malam ya. arah venus

      Delete
  25. kita tunggu saja apa juga melintas di indonesia atau tidak ::)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas kita buktikan saja besok subuh

      Delete
  26. Bisa di lihat dengan mata telanjang tidak tanpa alat bantu penglihatan agar bisa melihat comet catalina

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena terang jadi bisa di lihat mata langsung mas

      Delete
  27. Anggap aja Kometnya seperti bintang... Harus siapin permintaan... katanya kalau liat bintang jatuh semua permintaanya akan terkabul... semoga aja ngga mendung, jadi bisa liat kometnya besok pagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. begutulah mas kata tahayulnnya. hehehhe. siap sipa kamera aja terus update status di medsos

      Delete
  28. kalo pas mau punya anak, pas dikasih nama ini. keren dan menakjubkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. catelina melintas begitu maksdunya ya mas. :D

      Delete
    2. mas zach mau nambah lagi ya?

      Delete
    3. nambah apa nih ceritanya. sepertinya saya ketinggalan infoh

      Delete
  29. wah sampe lupa kemarin nggak lihat,sibuk banget sih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama saya juga mas. tadinya mau foto malah tidur yang motonya. waduhhhh

      Delete
  30. Kira kira kemarin kometnya melintas gak ya??

    yang lihat komen hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf mas saya tidur mas. :D

      Delete

Silahkan berkomentar