Pembentukan Batubara

Batubara pada mulaya adalah tumbuhan yang hidup jutaan tahun yang lalu, tumbuhan tersebut tumbang, tertimbun dalam lumpur dan mengalami proses pembatubaraan dan setelah jutaan tahun jadilah batubara.
Komposisi utama batubara adalah Carbon, Oksigen, Hidrogen.

2 Jenis Proses Pembatubaraan


a. Tahap Diagenetik atau Biokimia 

Tahap Diagenetik atau biokimia, yaitu dimulai pada saat material tanaman terdeposisi, hingga lignit terbentuk. Bahan utama yang berperan dalam proses perubahan ini adalah kadar air, tingkat oksidasi, dan gangguan biologis yang dapat menyebabkan proses pembusukan (dekomposisi) dan kompaksi material organik serta membentuk gambut. 
Deengan kata lain tahap pembentukan Gambut.

b. Tahap Geokimia

Tahapan ini meliputi proses perubahan dari lignit menjadi bituminus, dan akhirnya antrasit.
Tahap ini disebut juga tahap lanjutan tahapan perubahan gambut atau peat menjadi batubara bahkan menjadi batubara jenis antrasit.



Jika dilihat dari tahapan tersebut batubara seperti dikatakan di awal bahwa batubara itu asal mulaya adalah tumbuhan.
Lalu tumbuhan apa saja sih yang membentuk batubara?

Berikut Diessel (1981) Mengelompokan jenis tumbuhan pembentuk batubara.


a. Alga

 

Alga ini berasal dari zaman prekambrium hingga ordovisium dan bersel tunggal sangat sedikit endapan batubara dari periode ini Silofita, Dari zaman Silur hingga devon tengah merupakan turunan dari alga. Sedikit endapan batubara dari periode ini. 

b. Tumbuhan Ptirodefita 

 

Yaitu tumbuhan pembentuknya merupakan tumbuhan tanpa bunga dan biji serta berkembangbiak dengan spora. 

c. Gimnospermae

 

Zaman ini adalah zaman dari zaman permian hingga kapur tengah. Tumbuhan heteroseksual, biji terbungkus dalam buah, contohnya Pinus. 

d. Angiosspermae 

 

Dari zaman kapur atas hingga kini. Jenis tumbuhan modern, buah menutupi biji, jantan dan betina dalam satu bunga, kurang bergetah dibanding gimnospermae sehingga secara umum kurang terawetkan.


Setelah Kita mengetahui tumbuhan pembentuk batubara dan proses pembentukannya maka kita juga harus mengetahui jenis - jenis batubara yang terbentuk atau istilah lainnya adalah kelas - kelas batubara.

Berikut Penggolang Batubara


Penggolangan Batubara Menurut ASTM

Penggolongan Berdasarkan ASTM didasarkan atas persentase karbon padat dan nilai kalori (dalam btu/lb), yang dihitung berdasarkan basis Dry Mineral Matter Free (dmmf)

Perhatika tabel berikut ini.

Dari Wikipedia

Antrasit 

Adalah kelas batu bara tertinggi, dengan warna hitam berkilauan (luster) metalik, mengandung antara 86% - 98% unsur karbon (C) dengan kadar air kurang dari 8%.

Bituminus 

Bituminus mengandung 68 - 86% unsur karbon (C) dan berkadar air 8-10% dari beratnya. Kelas batu bara yang paling banyak ditambang di Australia.

Sub-bituminus 

Sub-Bituminus mengandung sedikit karbon dan banyak air, dan oleh karenanya menjadi sumber panas yang kurang efisien dibandingkan dengan bituminus.

Lignit 

Lignit atau batu bara coklat adalah batu bara yang sangat lunak yang mengandung air 35-75% dari beratnya.

Gambut


Gambut berpori dan memiliki kadar air di atas 75% serta nilai kalori yang paling rendah

Seperti itulah penggolongan batubara meski sebetulnya masih banyak penggolongan batubara berdasarkan keperluannya. Hanya saja ponggolongan itulah yang sering muncul.

Sekian artikel tentang pembentukan batubara ini untuk analisa batubara silahkan bisa dilihat disini Analisa Kualitas Batubara

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Batu_bara
http://digilib.itb.ac.id/files/disk1/454/jbptitbpp-gdl-indrakusum-22690-5-2012ta-4.pdf
Hana Mulyana
http://idefa.blogspot.co.id/2012/10/metode-klasifikasi-batubara_27.html

Subscribe to receive free email updates:

93 Responses to "Pembentukan Batubara"

  1. Kalau begitu batu bara bisa kita buat dong,,, ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas tapi selesainya jutaan tahun mas.

      Delete
    2. betul melalui proses dan tahapan juga ya mas :)

      Delete
    3. ia nunggu prosesnya itu yang lama mas

      Delete
    4. iya mangs, tapi masih ga begituh paham mas :) hehehe

      Delete
    5. duduk disini ah,biar kelihatan eksis

      Delete
    6. sebelah mana nya ya yang g paham. :D
      silahkan aja mas mas gratiss

      Delete
    7. wah jutaan tahun jadinya??? keburu mati donk

      Delete
    8. ikut mantengin ah biar kekinian :D

      Delete
  2. setalh ku baca aku belum mudeng nh ms... :D

    ReplyDelete
  3. tuh kan yang namanya ilmuwan, ungkapannya jadi ilmu buat saya.
    tapi ya sama kayak kang santri, saya susah mudengnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo begitu sedikit sedikit aja ya. hahahahha

      Delete
    2. makanya kalau baca sambil makan klepon

      Delete
    3. ide bagus mas yan biar abis baca kenyang juga

      Delete
  4. saya mah belum bisa ngerti ini, masi rada rada mangs :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, biasanya kalo maslah batu bara teknik kimia ya mangs para ilmuannya ?

      Delete
    2. hhahahahaha ya begitulah mas.
      tapi bisa aja ah mas di pahami

      Delete
    3. kan ada gurunya yang mau ngajarin

      Delete
  5. wah ternyata asal mula batubara sendiri dari tumbuhan ya mas :) saya baru tahu ini sumpah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas dari tumbuhan sebagimana areng. ahanya saja batubarra ini di manmpatkan di panaskan dalam waktu jutaan tahun

      Delete
    2. penasaran ini mas, kalo dipraktekan gimana mas ?

      Delete
    3. tapi g ketungguin mas. sampe kapan coba

      Delete
  6. Lama lama berarti habis dong mas seperti minyak bumi kira kira bahan baku alternatifnya apa Mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas dwi lama - lama batubara habis. batubara ini sebenarnya energi alternatif mas dari minyak bumi. maka dari itu ketika harga minyak bumi turun orang mikir ngapain pake batubara. nah energi alternati selanjutnya ada bnyk mas salah satunya adalah energi nuklir

      Delete
    2. sekarang ada juga energi alternatif baru namanya biogas mas,buat ganti gas elpiji

      Delete
    3. nah ia itu juga ada mas. untuk rumah tangga

      Delete
  7. oh jadi batubara itu berasal dari tumbuhan ya kang, tumbuhan yang sdh membusuk apa gimana ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas dari tumbuhan tapi tumbuhan tersebut tidak membususk mas dikarenakan tidak ada bakter yang mengurai mas. tumbuhan tersbut hanya mengalami perubahan kimia tanpa oksigen.

      Delete
  8. terus fosil binatang apa bisa juga jadi batubara mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. menunggu jawabanya dari admin :)

      Delete
    2. saya bukan adminnya loh

      Delete
    3. bukan'a fosil bintang jadinya itu minyak mentah untuk bahan bakar?
      bener gak mang?

      Delete
    4. Mang adminnya lagi sibuk kayaknya, saya mau jawab tapi saya gak tau

      Delete
    5. nah ini dia mas ada proses yang berbeda antara pembentukan fosil dan pembentukan batubara. Fosil lebih terawetkan sedangkan batubara tumbuhannya itu mengalami proses kimia mas hanya saja tidak ada oksigen. contoh kayu terurai menjadi humus dengan bantuan bakteri dan kalo batubara nih tidak terurai bakteri dalam sekian juta tahun hanya mengalami proses kimia dengan bantuan tekanan bisal di lihat disini mas http://www.zodized.in/2013/12/mengenal-batubara.html

      Delete
    6. langsung ke TKP dulu mas, pengen tau lebih soal batubara ini :D

      Delete
  9. ternyata banyak sekali faktor pendukung dan beberapa proses sehingga terbentuk batu bara ya mas.
    ini info baru bagi saya loh.terimakasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas yanto, semua itu butuh proses juga dan ada fakor faktor pendukung, terimakasih kembali mas:)
      *pura pura saya jadi admin*

      Delete
    2. makasih mas muhammad.
      dalam hal ini hany dua jenis mas. walaupun memang sebenrnya panjang ceritanya mas

      Delete
    3. kudu fleksible mas,kadang perlu waktu panjang kadang pendek,tergantung sikon lah.
      ngomong apaan sih :D

      Delete
    4. hahahahahah kalo yang sebentar jadi areng mas

      Delete
  10. saya juga baru tahu loh tentang penggolongan kelas batu bara berdasarkan kualitasnya.
    koq mas rozak pinter banget sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mas atas pujiannya

      Delete
    2. itu penggolongan berdsarkan standar mas. Standar ASTM. ada juga penggolongan berdasarkan ISO.
      mungkin SNI pun ada tapi kayanya SNI

      Delete
  11. jadi tumbuh-tumbuhan yang mati saat ini bisa jadi batu bara di masa depan ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas asalkan sarat pembentukan batubaranya terpenuhi.
      mungkin lab alam terbentuknya batubara adalah lahan gambut mas. mungkin jutaan tahun lagi lahan gambut bisa jadi tempat nambang batubara mas

      Delete
  12. banyak sekali ya mas penggolongan batu bara ini?? tapi masih ga mudeng aku mas.. malah pusing bacanya karna sama skali ga ngerti tentang batu bara. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp mas biar jadi pengetahuan baru mas :D

      Delete
  13. ternyata batu bara itu buatnya dari alam2 gitu yah, kirain mirip sama pembuatan emas :D
    tp ngomong2 areng bekas kayu bakar itu bsa dijadikan batu bara nggak yah???

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin Areng kao di kondisikan seperti pembentukan batubara bisa juga mas. tapi nunggu jutaan tahun mas . mau

      Delete
  14. Kirain batu bara itu dari pengendapan batu mang, soalnya ada kata batu'a :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. batubara itu hasil pengendapat tumbuhan mas. ya mungkin di sebut batu karena keras mas. seperti batu.

      Delete
  15. Saya perhatikan lhoo tabelnya mang namun percuma rasanya saya kurang jago bahasa inggrisnya,heu dalam batu bara kadar air memang sangat diperhatikan ya mang.
    sip lah terimakasih ilmunya mang, jadi nambah ni pengetahuan akan batu bara. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi ASTM teh menggolongkan jenis batubara mas. berdasarkan nilai - nilai kandungannya mas.
      kandungannya apa saja. nah itu dia ada di tabel.
      Misal antrasit vixed carbonnya berapa dalam satuan mmf.
      begitu bisa dilihat di atas

      Delete
  16. yang saya tangkep bener gak kang, tahap diagenetik/biokimia itu sama dengan tahap pembentukan gambut?
    sering denger lahan gambut, nah berhubungan gak? heehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ia begitu mas pemahamn saya. nah mas lahan gambut itu adalah menurut saya ya. lab alami jutaan tahun lagi jika tidak di rusak orang bakal jadi tambang batubara mas.

      Delete
    2. waaaaa masih perlu jutaan taun lagi.
      ternyata negeri kita kaya nya beneran ya, gak boongan.
      cuma mungkin seringnya di boongin :D

      Delete
    3. nah itu dia keseringan di booingin. kaya banget mas negeri ini. di korup terus aja g abiskan. hehhe ngomong apa ya saya

      Delete
  17. wah jadi nambah wawasan baru nie kang, ternyata pembentukan batubara teh bermula dari tumbuh-tumbuhan yang hidup jutaan tahun lamanya kemudian tertimbun dalam lumpur sampe akhirnya berproses menjadi batubara

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia betul sekali mang marnes.
      mang marnes lebih tau lah mang

      Delete
  18. Kelas batu bara tertinggi namanya Antrasit ya Mang.... :) Kalo Alga kayak nama orang ya Mang ? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia betul mas tertinggi antrasit mas. dan kalo lebih tinggi lagi bukan batubara lagi mas namanya mungkin intan. hehehe
      kalo yang itu nama almarhum mas. :D

      Delete
    2. Alga mang..bukan Olga..:D

      Delete
    3. alga mah tetangga saya atuh yang rumahnya warna biru tua itu loh

      Delete
    4. ooo itu mas yang suka beli nasi goreng ya mas

      Delete
  19. Kalo di Indonesia yang apa yang banyak mang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikita yang banyak adalah bituminus mangs. indonedia tambang terbesar batubara jenis ini mang

      Delete
  20. Ternyata batubara kajiannya dari ilmu kimia toh. Ternyata ga mudah ya membentuk batubara yang bernilai jual tinggi itu. Tapi dengan pencerahan dalam caranya dapat saya pahami sekarang bagaimana belajar secara bertahapnya.

    Makasih mas ulasannya, sip udah pake sumber referensinya.

    Udah lama juga saya ga berkunjung, karena seminggu lalu blog saya sedang bermasalah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas sekarang yang ada sumbernya saya tempelein mas. ::D
      ia mas adam saya terkadang berjung tapi sulit mas

      Delete
    2. banyak jebakan betmannya yah :D

      Delete
  21. batubar prosesnya lama banget ya mang, jadi kalo harganya murah kebangetan deh, soalnya kn prosesnya itu lama banget atuh masa harganya murah kan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah bisa juga sih mas. tapi bukan kita juga mas yang nanam :D

      Delete
  22. kemarin saya sudah buka blog mang adul loh, tapi keburu ada pesanan barang jadi saya baru bisa komen disini sekarang mang..
    padahal saya teh pengen lebih tau masalah batubara nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu ntanda bagus mas. banyak pesanan banyak juga hasilnya mas

      Delete
  23. ternyata untuk menjadi batu bara perlu jutaan tahun ya mas, kalau di Indonesia kira-kira stoknya masih banyak ndak ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak kang . semakin tipis juga isi bumi . terutama daerah kalimantan sudah banyak perusahaan batubara

      Delete
    2. di indonesia stoknya jika belum menemukan cadagan baru itu masih 30 tahunan lagi mas. dengan asusmsi produksi tahun 2011.
      namun saat ini sepertinya produksi menurun karena lagi begini. bisa ajadi makin lama tuh mas

      Delete
    3. nah betul sekali mas HGS. kalimantan merupakan tempat menggali batubara terbesar mas , terus sumatra

      Delete
  24. bahan pembuat korek itu apa mangs ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. korek gas itu kah mas. nah itu dari gas LPG mas. Kalo korek kayu batangnya dari kayu terus yang bisa nyalanya campuran bakan supaya mudah terbakar saat di gesek mas

      Delete
  25. Saya kadang suka bingung, proses pembentukan batu bara itu perlu jutaan waktu tahun lamanya. Sedangkan proses untuk menghabiskan batubara itu hanya perlu waktu sekejap mata. hahahahaha

    ReplyDelete
  26. Yang jenis gambut itu yang sering saya lihat langsung, Kang. Kalau yang lainnya paling ngeliat pas truk batubara lewat. :)

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar