Harga Batubara Acuan November 2015

Zodized info, harga batubara seperti bulan - bulan sebelumnya yaitu mengalami penurunan kembali. Harga Acuan batubara untuk bulan november 2015 turun kembali sebesar 5.15 % di bandingkan harga acuan bulan oktober 2015. harga acuan november 2015 ini adalah US$54,43 per ton  sedangkan harga bulan oktober kemarin  US$ 57.39 / Ton. Turun US$ 2.96 pertonnya.

Baca juga tentang analisa batubara Analisa Batubara atau pengambilan sample batubara ROM , Silahkan juga baca Preparasi batubara

Jika dibandingkan dengan tahun lalu desember 2014 dengan harga US$64,65 per ton maka penuruan sangat besar sekali, yaitu US$10.22 pertonnya.
Harga ini merupakan harga yang terendah dalam perkembangan harga batubara.


Menurut Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Adhi Wibowo permintaan batubara dunia belum mengalami peningkatan yang berakibat hargapun turun. Bahkan menurutnya para pengguna batubara lebih memilih untuk mengurangi stock daripada penambahan batubara.

Menurutnya Adhi Wibowo harga batubara sampai akhir tahun akan mengalami hal yang sama selama perekonomian dunia masih terus seperti ini. Walaupun naik paling sedikit.
Meskipun  indonesia adalah produsen batubara terbesar dunia tapi untuk harga tetap terpengaruh harga internasional. Sebagaimana Perhitungan Harga acuan adalah 25 % Index Platts59, New Castle Export Index  25%, New Castle Global Coal Index  25% dan 25 %  Indonesia Coal Index .

Sekian Infomasinya

Mau Info Harga Emas hari ini? Silahkan Klick Harga Emas hari ini

Sumber :
http://industri.bisnis.com

Subscribe to receive free email updates:

67 Responses to "Harga Batubara Acuan November 2015"

  1. asik asik mangs dapt info baru :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terus bayarnya kapan coba?

      Delete
    2. sekarang dong, kalo engga strap..

      Delete
    3. info baru mas dengan jawaban lama. hehehehe. bayarnya nanti mas pas udah untung besar. kalo mas hendri sekarang aja

      Delete
    4. bayarnya pake daun, bukan duit

      Delete
    5. pake apa aja boleh mas bayarnya asal bisa buat ngopi. hahaha

      Delete
  2. harga batubara mengalami penuruna nya ya mans di bulan november ini, tapi agak agak imbang juga ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. turun banget mas sudah setahunan ini turun terus

      Delete
    2. tros tros tro, paret di belakngnya

      Delete
    3. kapan naiknya coba ? kayak bensin ato apa kek ?

      Delete
    4. naiknya kalo minyak naik mas baru batubara bisa naik

      Delete
  3. ini dia mangs indonesia adalah produsen batubara terbesar dunia tapi untuk harga tetap terpengaruh harga internasional juga ternyata ya mangs :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas karena hrga acuan kita tetep mengacu pada harag internasional

      Delete
  4. ah saya ngomong sendiri ne :) kemana ne adminya ? pasti bobok

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya dong baru abis makan langsung seruput kopi

      Delete
    2. g bobok mas, tapi belum bangun :)

      Delete
    3. saya juga abis makan langsung seruput galon kang.hahaha

      Delete
    4. ga bobo saya mas mas cuman sedikit ngimpi saja tadi. ngimpi jadi milider dari blog :D

      Delete
    5. pasti sukses mangs sama GA nya kalo lainya sama batubara :)

      Delete
    6. aamiin. kalo mimpinya bisa kenytaan nanti saya mimpi lagi yang lebih dahsyat lagi. hahahahha

      Delete
  5. Berarti selama masih terjadi pelambatan ekonomi besar kemungkinan harga batubara juga cenderung menurun yah mang

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas sepertinya masih akan turun sampai akhir tahun

      Delete
    2. ini saatnya untuk beli batu bara :)

      Delete
    3. kalo penggunaannya dengan segera mungkin bisa jadi mas. kalo buat cadangan kdud nyiapain ulu mas tempat pnyimpanan yang bebas oksigen

      Delete
  6. Wah kalo sudah menurun gini siapa yang bingung ya mang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang bingun adalah pelau bisnis batubara khusunya produsen mas. mecatin bnyk orang buat ngrangi pengeluaran

      Delete
    2. saya ikut bingung, memikirkan apa sih ? memikirkan batubara mangs wkwkwkw

      Delete
  7. kalo harga semakin turun berarti upah penambang batubara juga ikut menurun dong mang???kalo benar artinya ekonomi indonesia makin melemah ya mang.hadeuh semoga tahun depan harga naik lagi ya mang

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengurangan karyawan mas efeknya. mudahan taun depan stabil mas

      Delete
    2. makin bertambah pengangguran teh nya mang,heu
      aaamiin mudah"n scepatnya harga batu bara stabil.

      Delete
    3. iya biar jadi sedikit pengangguran, harus banyak pengusaha indonesia nih biar bisa ngurangi pengangguran, biar ga banyak TKI juga

      Delete
  8. wah dalam satu bulan saja harga batubara telah Turun lagi sebesar US$ 2.96 pertonnya ya mas.
    sampai kapan nih penurunan harga terus terjadi,

    ReplyDelete
    Replies
    1. infonya sampe akhir taun begini terus mas

      Delete
  9. semoga harganya cepet naik lagi setidaknya seperti harga batubara tahun lalu mas.
    amiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa ngedadak kaya mas para penambang. mudahan ketularan

      Delete
    2. ga papa mas, ntar disedekah duitnya ke yang kurang mampu :)

      Delete
    3. aamiin mudahan jadi makmur semunya.

      Delete
  10. wah form livechatnya udah sukses terpasang tuh mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas sudah suses tadi saya g online ah nanti nanti banyak penggemar. heheheh

      Delete
    2. mang adul bayar teu ke mas yanto? :)

      Delete
    3. hahahha kan gratis mas awan. ini mas jempolnya masih di saya :y

      Delete
    4. sudah saya tes mang, ada ga tuh?

      Delete
  11. kalau sudah menurun seperti ini sepertinya pengusaha batu bara pada gulung tikar nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya gulung ambar sja mas

      Delete
    2. yang g punya kerja sama dengn PLTU kebnyakn gulung tikar as bahkan ga cuman tikar ampe gulung badan juga. gulung-gulung

      Delete
    3. guling-guling gitu mang?kebangetan banget ya

      Delete
    4. Kitu tah ari nu anyar nikah mah, gawe th gulang guling ue :)

      Delete
  12. mungkin saat harga batu bara turun semacam ini saham nya menjadi murah ,dan hal ini perlu di perrtimbangkan bagi pemodal siapa tahu nanti batu bara naik kembali

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas mungkin suatu saat naik lagi. tp syartanya minyak naik duluan

      Delete
  13. Waaah kalau mengalami penurunan harga berarti kasihan dong mangs ya batubara, negara-negara luar kurang permintaannya terhadap batubara sehingga batubara jadi turun, pak kementerian energi pasti bingung tuh ya, hehehehehehehehehehe :) yah semoga batubara harganya naik mang, banyak yang minta gitu luar negeri, soalnya batubara kan aset bangsa ya kan mang... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas itu aset bangsa mas kekayaan rakyat. mudahan aja membawa kemakmuran buat rakyat jika naik

      Delete
  14. cobaan nih buat pengusaha batu bara ya mas,, harganya turun melesat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mas ujian berat. udah sethun soalnya. di balik harga yang turun praturanpun ningkat

      Delete
    2. apa ada hubungannyab dengan melemahnya rupiah kemarin mang?

      Delete
  15. selamat pagi mang saya ngopi dulu ya sambil nyesep bolah kan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. pagi juga mas silahkan mas sisain buat saya

      Delete
  16. Saya nyimak dulu yang Mangs Adul... hehehe :D

    ReplyDelete
  17. Harga segitu itu mahal apa tidak gan ?

    ReplyDelete
  18. ah tes pm jugak batu bara nya?

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar