Apa yang Terjadi Jika Batubara Dibiarkan kering?

Batubara adalah makluk batu hitam berpori, dimana tiap pori porinya berisikan air yang disebut inheren moisture. Lalu kira kira Apa yang Terjadi Jika Batubara Dibiarkan kering?

Berikut percobaan yang Mas Rozak lakukan dengan menggunakan batubara muda

Batubara awal







Kemudian

Dan kemudian







Ternyata ketika batubara dibiarkan kering yang akan terjadi adalah batubara itu jadi rapuh dan berikut adalah yang terjadi sebenarnya.

1. Batubara akan kehilangan kadar air
2. Batubara mulai mengalami keretakan
3. Batubara akan lapuk hancur

Pada keadaan itu Nilai batubara yang berubah.

1. Nilai kalori batubara akan menururn karena batubara sudah melapuk sebagain sudah teroksidasi ( penetapan Kalori)
2. Nilai HGI naik karena batubara sudah retak. ( tentang HGI tentang Kualitas Batubara  )


Jadi itulah yang terjadi ketika Batubara  Dibiarkan kering.
Terimakasih
Semoga banyak manfaatnya.



Subscribe to receive free email updates:

71 Responses to "Apa yang Terjadi Jika Batubara Dibiarkan kering?"

  1. Saya pikir batu bara malah nggak mengandung air eh taunya justru karena ada kadar airnya jadi tidak hancur

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas batubra itu mangandung air. fisikya itu berfori mas

      Delete
  2. Wah sudah jadi pakar Geologis ini namanya Heiiehiehiehiee

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh terlalu jauh kalo di bilng pakar pak. hanya percobaan saja pak

      Delete
  3. wah pakar ilmuan muda tuh , patut mendapat gelar profesor niiih hi...hi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasian mas yang ngasih gelarnya berat tanggung jawabnya. hehehe

      Delete
  4. Replies
    1. ia mas mirip tapi beda. ini lebih berat dari arang.

      Delete
  5. jadi ga boleh kering ya mang?pantesan tetangga saya baru beli batu bara langsung dimasukin ke kolam ya, ternyata biar engga kering ya mang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya sih gitu mas, mungkin banyak kadar air yang terbiarkan percuma, shingga efeknya batubara akan mudah retak dan menjadi abu kembali

      Delete
    2. wah ko bisa di masukin ke kolam mas. kotor dong mas kolamnya. ga boleh kering banget ga boleh basah banget mas. keing banget hancur dan debu basah banget susah mas nyalanya

      Delete
    3. nah itu dia mas hilang air jadi retak karena air memberikan kelembaban kaya kulit aja mas kalo kurang kelembabannya jadi pecah pecah

      Delete
    4. berarti tetangga saya salah banget ya mang?nanti deh saya kasih tau ya mang :)
      terimakasih ya mang..

      Delete
    5. nanti tentangganya suruh ke saya mas. hehehehehe

      Delete
  6. jadi ketika batubara kering dan dibiarkan berarti sudah tidak bisa digunakan lagi ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas hanya saja ada kualitas batubara yang berkurang seperti kadar panas berkurang.

      Delete
  7. mamang saya mau tanya batu bara itu apa bedanya sama arang?atau sama aja?soalnya saya mau beli dong sekilo boleh kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bedanya ini arang di buat dengan cara peengarangan kayu dan batubara terjadi karena proses pembatubraan alami.
      hehehehe
      arang lebih ringan dari batubara
      arang bisa di buat dalam hitungan hari batubara perlu jutaan tahun
      panas yang di hasilkan lebih tinggi batubara daripada arang

      Delete
    2. beli sekilo?
      emang mau buat mahar kah?

      Delete
    3. kasian mas mahar pake batubara sekilo.
      kalo setambangan boleh lah

      Delete
    4. oh jadi lebih panas batubara ya sama arang, buat nyate bisa ga mang kira-kira???
      ih mang yanto tau aja nih :D

      Delete
    5. kalo menurut saya jgn mas. karn ada sulfurnya yang bisa teroksidasi jadi sulfat kalo kemakan bisa klenegr mas kracunan

      Delete
    6. mas hendri..
      tuh dengerin apa kata yg sudah ahli

      Delete
    7. yang ahli cepat kemari ngomong

      Delete
    8. iya nih temen saya mang mas nyuruh beli batubara sekilo buat nyate kan ga boleh ya mang,

      Delete
    9. ia ga boleh mas. areng aja lah mas. kan murah mas 1 ribu 1 kg

      Delete
  8. mungkin batu bara ini ada campuran untuk bikin arang briket ya mang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk membuat briket memang dari batubara. bisa jadi sih untuk menekan harga briketnya di campur arang. tapi mending full batubara aja

      Delete
    2. briket itu adalah bahan bakar yang sudah di kemas sedemikian rupa dengan sumber atau bahannya batubara. =D

      Delete
    3. kiraib teh kaya gasolin mang, kalo gasolin namanya kricket ya :D

      Delete
    4. gasolin itu yang gimana mas=D

      Delete
    5. isi tabung gas dari oli kali :D

      Delete
    6. hahahahha oooohhh itu tuh=D

      Delete
    7. ih pada ga gaul yah gatau gasolin :ng

      Delete
    8. hahahaha yang kalo di ijak itu bikin kenceng bukan mas/:ng:ng:ng:ng:ng

      Delete
  9. Sayang juga ya hasilnya payah, saya terbantu dengan artikel jadi kita perlu hati-hati dalam merawatnya jangan membiarkan kering makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas jgn sampai terlalu kering. malah jika terlalu lama kana terbakar sendiri. mas adam mau bisnis batubara mas

      Delete
  10. batu bara jadi retak ya kalo lama di biarkan, kualitasnya jadi menurun

    ReplyDelete
  11. seperti arang untuk bakar sate ,,, atau jangan jangan itu batu bara yang sudah di jemur ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo batubara kaya gini g bisa buat bakar sate mas bisa bau atau jika sulfurnya tinggi bisa keracunan. ia mas itu batubaranya di jemur dikeringkan

      Delete
    2. ceritanya mas rozak melakukan eksperimen gitu

      Delete
    3. ia mas ceritanya begitu kaya di luar negeri begituh. hahahaha

      Delete
  12. mantep mang penjelasannya,saya baru tahu nih :p nambah ilmu lagi,makasih mang

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus jadi pengetahuan nih mas. di kalimantan kan sumber batubara nih. kita yang tinggal di kalimantan harus sedikinya tau batu bara mas. hehehehe

      Delete
  13. Wah jadi batu bara kalau dibiarkan mengering bentuknya seperti arang kayu bakar ya mas, so kira kira bisa dibuat bakar ikan apa nggak tuh batu bara yang dibiarkan kering?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar dibawah saya yg jawab

      Delete
    2. sebaiknya jgn mas karena batubara mengandung belerang kalo teroksidasi jadi asam sulpat pas pembakaran bisa beracun mas

      Delete
    3. sudah saya laksanakan mas yan

      Delete
  14. lalu butuh berapa waktu sampai batubara itu kehilangan kadar air sampai hancur seperti gambar diatas mas rozak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kita menggunakan cahaya matahi saat kemarau mas cukup 3 hari aja mas. kalo suhunya di tingkatkan bisa dalam hitungan jam saja mas

      Delete
    2. wah cepet banget kalau gituh

      Delete
    3. ia mas cepet gimana suhunya saja mas.

      Delete
  15. sampai sekarang saya belum pernah loh yang namanya melihat batubara secara langsung.
    kasian kan sayah

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau dikirim mas yan batubaranya. hehehehehe

      Delete
    2. kenapa sekarang komennya mesti pake verifikasi gini coba?
      masak saya kudu meyakinkan dulu sih bahwa saya bukan robot

      Delete
    3. saya g tau juga mas dikirain saya aja. begini mas awal mulaya kalo pagi saya komentar lancar aja g usah pake verfikisa. tapi lewat jam 12 siang harus mas. saya g tau mas.

      Delete
  16. Seperti batu aspal jika kadar airnya masih ada... tapi kenapa bisa dijadikan bahan bakar, padahal mengandung air... kalau di rendam dengan air. apakah kualitas HGI batu bara bisa lebih bagus lagi mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadar airnya tidak besar mas jadi masih bisa menyala, kalo direndam dalam air tidak nyala mas. kalo kaitan dengan HGI jika diremdan tidak akan menyebabkan makin kerah HGI atau ktergerusannya setidaknya batubara tidak akan kehilangan kadar air dan batubara tidak retak.

      Delete
    2. oia mas ini untuk batubara muda ya mas. kalo batubara high kalory biasanya dia akan tidak hancur tetep aja dengan kilapnya

      Delete
  17. ternyata batu bara itu ada masa expirednya jga yah, saya kira sudah full aprove :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kelmaan disimpan bisa menurun mas kualitasnya

      Delete
  18. Sigkat padat dab jelas.. kok gitu ya.. bata kering malah gak patah, hehehe
    Warna berubah juga ya mas setelah kering

    ReplyDelete
  19. berarti biar kualitasnya tidak menurun harus menjaga kadar air pada batu bara yah mang

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah satunya itu mas. jgn juga kebanyakan karan sama qualitas akan turun juga

      Delete
  20. Hati aja kalo dibiarkan lama jomblo aja sedih
    pantes aja batubara jadi lapuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. bararti cinta joblo ibarat batubara lapuk. hahahaha
      makanya mang cumi jgn jomblo terus

      Delete
  21. Anonymous4/11/15 22:54

    sagat bermamfat :)

    salam kenal!

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar