Membersihkan Buret

Buret adalah suatu alat ukur larutan atau cairan, dimana larutan yang di ukur adalah larutan yang keluar dari dalam buret itu sendiri.

Bingung?

Jadi begini ketika kita megukur dengan gelas ukur maka banyaknya larutan yang terukur adalah yang berada dalam gelas ukur tersebut nah jika buret adalah yang keluar dari dala buret.

Sebagai tambahan silahkan baca juga tentang pelaratan lab disini Mengenal Peralatan Laboratorium batubara.

Nah kembali ke cara membersihkannya.

Nah untuk membersihkan alat - alat gelas dari lemak bisa dengan mudah menggunakan pelarut lemak atau bisa juga dengan menggunakan sejenis sabun.
Tapi yang sulit adalah mebersihkan burat dari vaselin.
Nah bagaimana zodized membersihkannya?
Andaikan bisa saya gosok lubang buret akan saya gosok tapi sayang lubangnya kecil dan berbelok jadi jalan satu-satunya hanya melarutkannya.

Berikut yang dilakukan.

1. Melarurkannya dengan carbonat yang di campur dengna alkohol. Hasilnya masih tidak bisa larut
2. Melarutkannya dengan sabun masih tidak bisa laut juga.
3. Merendamnya dengan carbonat campur alkohol tidak bisa juga. Dipanaskan tidak berani karena bisa memuai.
4. Nah yang keempat ini adalah percobaan yang cukup extrim melarutkannya dengan campuran Asam Sulfat Pekat dan Kalium Karbonat.

Dengan larutan ini batubarapun larut setelah direndam dalam 1 malam. Nah bagaimana dengan vaselin pada buret berikut ini?
Saya rendam dalam waktu 24 jam jika perlu lebih lama akan saya lakukan.


Nah dengan cara ini setelah 24 jam sebagian vaselin hilang. Dan seperti saya katakan sebelumnya jika perlu waktu lebih lama akan saya lakukan. Maka saya tambah lagi waktunya.
Ingsa Alloh hilang.

Subscribe to receive free email updates:

73 Responses to "Membersihkan Buret"

  1. ngambil pertamaxnya dulu ahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak banget kalau bisa komentar pertama disini soalnya dapet doa

      Delete
    2. weh di borong eh sama mas yanto nih.

      Delete
    3. saya juga ikutan pertamax :)

      Delete
    4. ya silahkan siapa lagi nih

      Delete
    5. saya ikutan mas, biar tambah ganteng yah =)D

      Delete
    6. Kang Yanto selalu terdepan nih kaya Y*m*h* :D

      Delete
    7. hahahaha mas acmad kegantengan saya g akan terkalahkan mas hahahaha
      ia nih mas yantoo kayanya pake to motor

      Delete
    8. dapat nomer berapa nih?

      Delete
  2. nggak bisa mau komentar apa,ini hanya bisa saya jadikan tambahan wawasan buat saya mas rozak.
    karena buret itu merupakan peralatan ukur yg masih asing buat saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp mas biar sering pengetahun. biar ga seo terus mas yan.

      Delete
    2. wah, saya kirain orang asing td mas yanto bilang nya : wkw

      Delete
    3. hahahahaha,
      mas yanto mah bukan orang asing orang hongkong

      Delete
    4. Kan di zodized mas Hahhaah

      Delete
    5. saya juga masih asing mas mendengarnya, sepertinya perlu kenalan dulu deh ya.hehe

      Delete
    6. hahaha, kabuurrrrrrrrrrrrrrrrrr mas :)

      Delete
    7. kudu ganti artkel nih kburu ktauan oranya . hahaha

      Delete
    8. kenalkan nama saya rozak mas. hahahaha

      Delete
  3. berarti dibutuhkan waktu rendam minimal 24 jam yamas

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas yanto lama ya mas. au gimana lagi mas. g larut hanya dengan cara rendem biasa

      Delete
    2. Kalo sampe seminggu malah larutannya yang nempel mas jadi kerak

      Delete
  4. wah sya juga ikut bingung ne mas tentang membersihkan buret, kalo ndak ada gambar nya, nambah kapok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya duga as. bkl pda bingung soalnya yang nulisnya juga lagi bingung. =D

      Delete
  5. Luamayan lama juga yah mang biar buret'a bener-bener bersih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mas mau gmana lgi blum nmu cara cepetnya

      Delete
  6. Mangs Aduls mainannya buret sekarang,,,berasa jadi profesor aja....asik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mang dul mah diam diam menghanyutkan kang...

      Delete
    2. Lagi musim kemarau gini mau hanyut di mana mas sungainya kering semua. Hahahah

      Delete
    3. Pengennya jd fropesor mas tapi apalah daya karna sering mati lampu

      Delete
    4. pakai lilin saja mas aduls :)

      Delete
    5. lilin abis tadi malam mas. =D

      Delete
  7. Si emang ternyata banyak pengalaman nya yah,,, keliatan sih dari mukanya heheh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada tulusannya yanmas di muka. Padahal pengalaman apa coba

      Delete
  8. Waah seperti belajar biologi niiiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia di biologi kayanya ada mas

      Delete
    2. Biologi apa kimia sih @@,

      Delete
    3. saya ikut aja ms. kimia ada pasti di biologi juga ada kali. kayanya begitu. =D

      Delete
  9. Kirain kuret wanita abis keguguran hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itumah bahasan bagian itu mas. :D

      Delete
  10. Buret itu Siapanya mas buret mrj ya :ng
    Mang adul emang jago deh memainkan peralatan kimia, apalagi batubara :-bd
    hati hati kalo bermain sama kimia, takut meledak =(

    ReplyDelete
    Replies
    1. buret itu tantenya mas buret mrj.:ng
      ia mas kalo ketemu NA dan air atau asam sulfat dn air nah itu dia kudu ati ati dengan letupan

      Delete
    2. iya bener, saya jadi keingetan Mas Buret, kemana yah gak pernah keliatan

      Delete
    3. absen dulu disini, lama vacumm eh ada yg ngebahas tentang buret ::D

      Delete
    4. nah datang mas buretnya. abesen mang. hehehehe

      Delete
  11. Aku masih belum paham, hehheheh, informasi yang baru bagiku :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kalo baru mas kan saya jadi sumber pengtahuan^_^

      Delete
  12. membersihkan buret dengan cara diatas ampuh ya mang, kalo masih belum bersih pakai sabun colek aja ya mang.hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. susah mas ga bisa masuk. dan udah di coba juga ga ilang. su-ligh dan sejenisnya g bisa ilang

      Delete
    2. 1 langkah paling mudah mas, di lembiru :D hehehe

      Delete
    3. itu kuputusan terakhir. hahahaha
      tapi g jadi lembeiru sukses nih=D

      Delete
  13. Asyik, dapet cara ampuh membersihkan buret dari mang aduls. Makasih ya mang, saya simpen dulu tipsnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. okeh mas kali aja perlu suatu saat mas pas lagi mau bersihkan alat gelas

      Delete
  14. kalau aku dulu pas SMA waktu praktek di lab itu cukup pakai aquades mas :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo itu buat ngebilas aja mas

      Delete
  15. Belajar kimia lagi....kayk sma dlua....padahal sma dulu paling kacau pelajarannya krn gurunya nyentrik...hee

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha jadi knangan ya. dan kalo mau berkesan emang harus begitu mas harus jd yang paling

      Delete
  16. maian buret pas jaman praktek kimia pas mau lulus,, baretnya jatuh pecah jadinya baret hufttt

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah panti gantii itu mas. harganya kan lumayan tuh mas

      Delete
  17. bookmark ya mas, sebab ini akan menjadi hal yang penting ketika saya membutuhkannya :D

    ReplyDelete
  18. Denger namanya aja saya masih asing banget kang, saya taunya Mas Buret Mrj nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malh g tau buret mrj yang mana mas

      Delete
  19. sya baru taahu ada bahasa buret, suer deh Mang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, saya juga baru lihat tilisannya di blog mang adul

      Delete
  20. Replies
    1. sebenernya itu akal akalan aja mas.

      Delete
  21. jadi inget jaman kuliah mas, gara" alat ini saya akrab dipanggil buret sama teman" saya mas. yang akhirnya saya pakai untuk nama samaran :D, baca judulnya jadi ngakak sendiri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahah salam kenal mas. saya baru tau nih dari temen - temen kalo ada yang pake nama buret.

      Delete

Silahkan berkomentar