Listrik Bisnis Yang Menguntungkan

Pemirsa dari bebagai informasi yang saya dapatkan ternnyata pertumbuhan listrik setiap tahunnya selalu meningkat didapat dari ptpjb.com ( PT Pembangkitan Jawa-Bali) pertumbuhan listrik pertahun adalah 1000 MW pertahun atau sekitar 7-8 % dengan beban puncak jawa, bali, madura. Di infomasikan setiap tahuunya 20 % masyarakat tidak mendapatkan listrik.
Senada dengan yang disebutkan ESDM per tahun listrik tumbuh sebesar 7.1 % dan meningkat rata-rata 8.7% per tahun dengan prediksi elektrifikasi rasio mencapai 97,4% pada tahun 2019.

Dalam menanggapi ini pemerintah menargetkan targe pasokan listrik sebesar 35000 WW, suatu target yang sangat besar sekali.
Dalam Targetan sebesar ini di masa mendatang pemerintah dalam acara World Expo 2015 menawarkan kemudahan dalam investasi listrik.
Dalam kemudahan ini pemerintah menawarkan  Peraturan Menteri Nomor 01/2015 untuk meningkatkan pasokan listrik dan menambah kapasitas pembangkit melalui kerjasama dengan para pengusaha, dan juga menerapkan skema Power Wheeling. Selain itu, pemerintah juga menerapkan kebijakan pengembangan jaringan transmisi untuk memastikan keselamatan, kepastian, dan efisiensi sistem operasi dan pembangunan. Presentasi ini menarik minat investor yang hadir dalam forum bisnis tersebut. Mereka akan mempertimbangkan tawaran dari pemerintah Indonesia yang disampaikan oleh Alihuddinha.

Dalam tulisan ini kenapa saya menuliskan  Listrik Bisnis Yang Menguntungkan, karena dari kesemua data yang saya dapatkan menujukan banyak peluang untuk terlibat didalam pemenuhannya termasuk banyak daerah yang tidak terjangkau oleh pemerintah dan itu bisa jadi daerah produksi listrik pengusaha.
Bisa kita menjual atau bekerja sama dengan pemerintah menggunakan peraturan yang berlaku yaitu Peraturan Menteri Nomor 01/2015.

Terus apakah listrik akan bangkrut dikemudian hari?

Sebenarnya menurut saya ada saja sih kemungkinan bangkrut seperti terkena bencana atau musibah lainnya, tapi ketika melihat potensi kebutuhan yang terus tumbuh dan dapat di pastikan semua memelukan listrik maka bukan pilihan yang salah jika listrik jadi usaha yang menguntungkan.

Jadi bagi yang memiliki modal dan kemauan silahkan bisa dicoba usaha listrik bekerjasama dengan pemerintah.
Siapa tau tidak ada lagi pemadaman bergilir dikemudian hari dan bahkan menjadi peng ekpor listrik dunia yang hebat. Aamiin.




Subscribe to receive free email updates:

47 Responses to "Listrik Bisnis Yang Menguntungkan"

  1. kalau dibilang menguntungkan yah tentu saja begitu,,, soalnya listrik kan udah jadi kebutuhan tersendiri sama kayak pulsa hp,,, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menurut saya sangat menguntungkan kang, krna banyak peralatan rmh tangga yg membutuhkan energi listrik ....hehehe

      Delete
    2. udah g bisa di pisahin ya mas.

      Delete
    3. mungkin udah semua pake istrik mas

      Delete
  2. Heu, listrik kan kebutuhan sehari-hari pasti menguntungkan itu mah mang namun mungkin modal tuk inves nominalnya tak sedikit juga ya mang,,?heu

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah kayak nasi ama goreng tempe aja yah kang,, udah jadi kebutuhan pokok,, dulumah cukup pakai obor atau cempor....

      Delete
    2. berarti Kang Ahmad Zaelani mengalaminya yah waktu masih jaman pakai obor dan cempor :) saya pernah mengalaminya waktu masih kecil waktu kampungsaya blm ada jalur aliran listrik hehehee

      Delete
    3. saya juga dulu pernh waktu kecil. mulai damar, patromak sampai lampu kaya sekarang. hahaha kenangan masa indah tuh

      Delete
    4. bner mas listrik udah kebutuhn poko. poko banget. ga ada listrik pasti demo

      Delete
    5. makanya mas awan modalnya itu yang harus di kumpulkan saya mau kalo ada yang mau ngelola. mau ikutan nanam modal. hahaha

      Delete
  3. komen ke 2 tidak dapat doa dari mang aduls,,huft

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi saya, dapet paling bawah koment nya kang... :'(

      Delete
    2. hahahahaha yang ke 1 aja yang dapat =)D

      Delete
    3. hahahaha hars di ubah brarti tiap abis komentar ada doanya.

      Delete
  4. Kalau masalah bangkrut kayaknya ngak mungkin bisa terjadi karena misalkan harga bahan bakar tenaga listrik naik seperti batu bara, pasti tarif listrik akan naik juga, kalau pembangkit listrik di daerah saya memakai PLTA jadi aman dan ramah lingkungan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama Mas, di daerah saya juga memakai PLTA dari Waduk Jatiluhur... :)

      Delete
    2. ia itu yang harsu di kembangkan menurut saya. di saya PLTU mas.

      Delete
    3. ia mas mungkin dengan adanya jatiluhur cadangan air di musim kemarau tercukupi kali ya

      Delete
  5. hwhw, betul mangs adul, memang listrik sudah menjadi bahan pokok bahi kehidupan manusia, dengan listrik ya allhamdulillah semua manusia sudah bisa memanfaatkan seperti teknologi dan lain sebagainya. terimaksih mangs aduls :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama Bang Mukhlis :D

      Delete
    2. sama sama mas. makasih mas eka udah di wakili nih

      Delete
  6. saya rasa susah mau bangkrut, kalaupun bangkrut mungkin karena becana nasional, kalau masih daerah saya rasa tidak mungkin.

    PLN memang bisnis yang mengiurkan, pemerintahan ini mangkin kaya aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bang Em ikutan bisnis dibidang listrik juga nggak nih ?....

      Delete
    2. saya pengen mas. belum tau caranya nih. kayanya emang sangat menguntungkan

      Delete
  7. Listrik sdh menjadi kebutuhan,tanpa listrik apakabar dunia saat malam hari ,hihih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti gelap ya Mas... hehehe

      Delete
    2. kata dunia mungkin as waw gelap. hahahaha

      Delete
  8. iya Mangs, Bisnis dalam Pelistrikan memang prospeknya cerah. dulu di kampung saya saja kalo mau bayar listrik harus jauh ke pasar ke untuk bisa bayar listrik, sekarang ada teman yg mendirikan ppob tempat membayar listrik, jadi terasa deket... dan kata temen saya pasti konsumen yg ikut membayar di tempatnya semakin banyak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ia emang listrik udah kaya berah.
      oia mas PPOB apa mas. hahahaha

      Delete
  9. Udah menjadi kebutuhan paling dicari sih kalau listrik. Ke mana mana yang dicari listrik. Kalau nggaka da listrik, carinya power bank. He ehe.
    Bukannya bisnis listrik itu di monopoli pemerintah, ya?
    Kalau adanya bisnis listrik kayak gini, mungkin harga listrik bisa semakin baik, ya.. semoga.
    Info yang bagus ini, mang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas litrik monopoli pemerintah tapi membuka kerja sama melalui aturan di atas itu

      Delete
  10. Listrik bisnis yang menguntungkan bagi pemiliki modal besar, apalagi bisa ikut mengatur kebijakan kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebikan harus tetep di pemerintah pak nanti bisa beda-beda harganya.

      Delete
  11. Kalau saya punya cukup modal,,,pastinya saya juga tertarik nich kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya menag tertarik mas. cuman g ada modal. hahaha
      sama ya kalo gtu

      Delete
  12. Wah hebat sekarng listrik bisa dibisniskan, tapi saya pernah denger dari dosen saya, "Segala Kebutuhan Hajat Hidup Orang Banyak Di Atur Oleh Pemerintah" itu bener nggak yah? :D
    Listrikkan kebutuhkan hidup orang banyak, entahlah wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia bner kan ada pasalnya. cuman ini kayanya pemerintah ngajak kerja sama

      Delete
  13. hah....mang aduls merambah usaha batu bara nya....jadi tukang listrik ya mang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengen sebenernya mang biar banyak duit

      Delete
  14. Kalau perusahaan listrik bangkrut berarti blogger ikutan bangkrut donk mas, dukung sosialisasi listrik pintar biar blogger aman hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia juga ya kalo listrik g ada. kaya apa saya ngeblog. hahahaha

      Delete
  15. Listrik sekarang udah jadi kebutuhan penting bagi manusia ya mas..Kalau enggak ada listrik kayaknya ampun dah gak bisa ngebayangin.. kalau mati listrik sebentar aja kita udah pada bingung, apalagi gak ada listrik. Hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ia itu kita sudah sakau dengan listrik mas

      Delete
  16. Iya juga ya kang, sebaiknya pemerintah mulai menjalin kerjasama dengan perusahaan swasta, saya rasa juga banyak pastinya pihak swasta yang mau bergabung jika pemerintah memberikan peluang ini. Terlebih lagi, sepertinya PLN juga sangat sulit bila harus bekerja sendiri memenuhi target seperti dalam data yang akang muat diatas.

    ReplyDelete
  17. Sepertinya memang bisnis listrik gak akan bangkrut ya mas, ya kecuali kalau terkena badai atau sebagainya. Soalnya zaman sekarang semua butuh listrik. Sedangkan kalau mati listrik aja orang dah pada sibuk hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. IA mas modal awalnya aja yang besar. Selanjutnyanakan mengalir deras

      Delete

Silahkan berkomentar