Awas Diare !!!!!

Sahabat sekalin inilah enaknya blog gado - gado kemana - mana boleh aja deh. hehehe.
Kali ini sayapun ingin membahasa diare. Dengan Judul "Awas Diare!!!!"

Kenapa jadi ingin menulis tentang diare, karena beberapa waktu lalu admin dan anak-naknya terserang diare. Dan Lumayan emang di daerah kami sedang di serang wabah diare. Tapi Alhamdulillah sekarang sudah bisa di atasi. Alahamdulillah.
Itulah kenapa saya kasih judul Awas Diare !!! harusnya sih Cegah Diare !!!


Nah langsung ke pokok masalah.

Apa itu Diare?

Menurut brosur yang saya dapatkan di rumah sakit RSUD ULIN Banjarmasin Diare adalah berak encer lebih sering dari biasanya lebih dari 3 x dalam 1 hari.
Jadi kalo masih 2 kali buka diare mencret. heuheuehu.

Apa saja penyebabnya?

Nah berikut beragai penyebabbnya masih menurut selebaran yang saya baca dan bawa kedepan PC untuk saya tulis di blog zodized.in

1. Minum air tidak masak ( air Mentah)
2. Berak disembarang tempat
3. Makan dengan tangan kotor
4. Makan jajanan kurang bersih
5. Kekebalan tubuh yang terganggu
6. Makanan yang basi atau beracun

Dari penyebab ini saya inget-inget kira-kira apa ya yang menyebabkan saya diare?

Air menggunakan air galon, berak pada tempatanya, makan denga tangan ktor ( nah ini kali ya :D), jajan g pernah saya suer, kekebalan tubuh ( bisa jadi nih), makanan yang basi sepertinya engga ya.

Nah mungkin penyebabnya saya diare tangan kotor kayanya plus kekebalan lagi terganggu soalnya abis tempur jadi lemes kayanya. :D

Apa saja Tanda dan Gejala Diare?

Berikut tanda yang di berilan pada brosur
1. Mual dan muntah
2. Panas dan gelisah
3. Suhu bdan mungkin meningkat
4. Nafsu Makan berkurang atau tidak ada, kemudian timbul diare

 Dari ke 4 tanda di atas yang saya alami ga enak perut mas, dan kepala, dan lemes dan mecret.
Periksa katanya diare. Alhamdulillah udah sembuh.

Bahanya Diare

Jangan pernah anggap enteng diare loh ya...
Berikut saya share kan bahanya masih dari brosur yang ada di sebalah saya

1. Zat gizi hilang dari tubuh
2. Seseorang dengan diare tidak merasa lapar
3. Penderita akan kehilangan cairan tubuh
4. Penderita menjadi lesu dan lemes
5. Penderita kekurangan cairan yang bisa menyebabkan kematian

Waw hati-hati. Alhamdulillah saya mesih sehat walafiat ga sampai nomor 5.

Cara Cegah Diare

Ini yang penting bagaimana mencegah diare datang pada diri kita. Ingat mencegah lebih baik dari mengobati.

1. Gunakan air bersih yang cukup
2. Memasak air dan makanan hingga matang
3. Menyimpan makanan dan minuman matang di tempat yang bersih dan tertutup.
4. Cuci tanga dengan sabun sebelum makan dan setelah BAB nah kebanyakan kita cuci tangan cukup setelah makan aja makanya kumannya bersih di emut saat makan.
5. Semua anggota keluarga BAB lah di WC jagan di tempat tidur. hehehe
6. Berikan asi eklusid pada bayi sampai 6 bulan.
7. Masih untuk bayi berikan makanan pendamping asi
8. Jgan Lupa Imunisasi.
9. Jangan jajan sembarangan

Pertolongan Pertama Pada Diare

Nah jika para sahabat, pemirsa sekalin mengahadpi orang yang terkena diare, bisa ortu, anak, tetangga, kawan dan diri kita dan lain - lain. Bisa segera diminumkan oralit. Inget ya ORALIT!. :D

Aturan Takar Oralit


Sekian semoga banyak manfaatnya


Sumber :
Brosur Kesehatan RSUD Ulin Banjarmasin

Subscribe to receive free email updates:

55 Responses to "Awas Diare !!!!!"

  1. lantang sekali bilang habis tempur, emang udah tempur kemana mang? :D
    sip lah terimakasih mang, lengkap bener infona jangan anggap enteng ya mang karena bisa mnybabkan kmatian jua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perang badar mas.nhahahahahahaha
      Betul sekali jgn d anggap enteng mas.

      Delete
  2. infonya lengkap sekali mas, jadi makin tau seluk beluk tentang penyebab diare itu,, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lengkap ya. lumayan lah mas informasinyancukup. saya dapat dari brosur mas di rumah sakit

      Delete
  3. wah sampai kena kematian segala.. serem ey
    ..
    yg paling serem itu ketika disekolah malah diare terus, apa jadinya ??? bayangkan sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. HArus munum oralit mas. Lalu cepat ke dokter mas. Kali ngcor terus bnyak2 juga oralit. Satukali ee katnya 1gelas oralit.
      Piksa ke dikter aja. Jgn sampe ee d celana

      Delete
  4. mengalami penyakit diare ini emang gak enak mas :(

    ReplyDelete
  5. Terima kasih buat infonya mangs aduls,,,sipa laksanakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahakn mas cuci tangan sebelum makan

      Delete
  6. Oralit memang obat mujarab dan sudah jadi warisan turun temurun ,,,, semoga gak di claim oleh negara lain #ehhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo kita daftarkan ke unesco...

      Delete
    2. Nah ia tuh kudu didaftarin

      Delete
  7. wah mang adul abis mencret ya... itu celananya masih tersisa :ng
    biasanya saya salah asupan makanan yang menyebabkan diare... kalau minum biasanya pakai air aq*ua galon. ngga enak kalau diare, kemana mana jadi was was, butuh peta WC =)D
    Kalo ngga ada oralit minum apa mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah engga mas sekarangm hahaha
      Kali g ada camourin aja garam dan gula mas

      Delete
  8. Biasanya yg posting kaya gini nih adminya musti pernah ngalamin menc#et hia kan ngaku aja....ha...ha...

    ReplyDelete
  9. yang diare...selamat menikmati ajah-lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau lembu mau. Hahahaha
      Jangan mang ah

      Delete
    2. Mau lembu mau. Hahahaha
      Jangan mang ah

      Delete
    3. Farah varah atau parah mang

      Delete
  10. kemarin anak-anak saya juga mengalami diare, mungkin karena musin dan cuaca yang terjadi saat ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu salah satu penyebabnya

      Delete
    2. Nah ini nungkun gara garanya ya mas yan

      Delete
  11. yg penting sekarang udah sembuh dari penyakit diarenya yamas

    ReplyDelete
  12. sekarang kudu lebih berhati2 didalam menjaga kesehatan mas.
    karena mencegah lebih baik daripada mengobati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia poinnya mas yan:-bd

      Delete
  13. Serius gak pernah jajan Mangs? wkwkwkwkwkwkwkw :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. serius mas buat kemarin kalo kemariiiiiin beda lagi.

      Delete
  14. ini infonya lengkap sekali
    sip deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mas sudah berkujung. silahkan mas dicicipi

      Delete
  15. Wih pindah profesi mang jadi dokter sekrang gak neliti batu bara lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha bukan dokter mas. tapi mantan pasien.:D

      Delete
  16. kayaknya mulai dari sekarang ane harus stop berak sembarangan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang suka berak dimana aja ms. wah bahaya nih

      Delete
  17. Tambahan aja, oralit bukan untuk stop diare, fungsinya untuk menggantikan cairan elektrolit yang terbuang lewat diare. Terkadang diare bisa sembuh sendiri kalau bukan disebabkan oleh infeksi bakteri, jadi bisa hilang pelan-pelan walaupun cuma dengan oralit. Kalau diarenya sangat mengganggu, sebaiknya ke dokter untuk dapet obat-obat yang bisa membantu meredakan gejala diare, tapi cuma dokter yang boleh kasih obatnya... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ia betul sekali mas. terimakasih sudah di tegaskan.

      Delete
  18. Wabah diare perlu diwaspadai apalagi sempat menyerang anak-anak. Kalau orang dewasa kena diare masih mending ya mas? Masih bisa menahan sakit dan mencari pengobatannya lebih cepat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas anak kecil ini yang ekstra waspada. kondisinya tiap jam sangat drastis berbeda. kalo udah indikasi mencret kudu buru-buru bawa ke dokter

      Delete
  19. Umumnya saya suka diare kalau abis minum kopi jadi sampai sekarang udah menghentikan kebiasaan minum kopi.

    Utamanya sih yang mengandung zat asam biasanya akan merangsang lambung buat berontak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas kalo g tahan minum kopi mending jgn mas. mending susu saja dari pada jadi diare

      Delete
  20. Terkena diare memang membuat kita tidak nyaman dan pengennya kebelakang terus mang (hehe namanya juga diare). Oh ya, makasih infonya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia diare itu bikin gimana gituh ya. dan yang pasti jgn meremehkan diare kalo merasa di serang diare segelah ke dokter

      Delete
  21. Selain oralit, pucuk daun jambu biji juga efektif menghentikan diare. Parutan kunir juga bisa. Menyedihkan memang kalau terkena diare... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia daun jambu sebagai solusi tradisional dan kunir. bisa di coba tuh sebagai pertolongan pertama.
      bukan menyedihkan lagi mas. melemeskan mas

      Delete
  22. penyakit diare bikin kurus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo lama ia mas. Kalo sebentar bikin langsing

      Delete
  23. kalau makan makanan yang pedas saya suka diare :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya itulah bentuk reswpon tubuh supaya kita tidak sakit dengan benda asing berupa cabe

      Delete
  24. betul mas diare emang banyak menyerang kalo musim seperti ini, karena beberapa waktu lalu saya bersama keluarga juga mengalaminya

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar