Ngerinya Angkut Batubara via Jalan Umum

Assalamualaikum
Bismillahirohmanirrohim


Batubara biasa di angkut dengan angkutan khusus dan dengan jalan yang khusus pula.
Namun entah kenapa sudah beberapa bulan ini dan mungkin lebih lama lagi batubara di angkut dengan truk -  truk melalui jalan umum.

Sepengetahaun penulis mengangkut batubara melalui jalan umum adalah tidak boleh, batubara harus memiliki jalan akses sendiri menuju pelabuhan khusus angkut batubara.
Bahkan dengan adanya aturan yang baru pelabuhan itu harusnya memiliki daftar khusus batubara dari mana saja yang boleh masuk dan di muat dipelabuhan. Jika masuk batubara selain dari daftar yang sudah di data dikepemerintahan maka pemerintah dearah/pemerintah pusat harusnya mencabut ijin pelabuhan tersebut.
Aturan baru yang di buat tentang CnC oleh pemerintah pusat baik bagi tambang maupun pelabuhan seolah tak berguna.
Atau mungkin tanpa sepengatahuan penulis ada aturan baru. Entahlah.

Dalam tulisan ini penulis hanya bisa mengatakan "Ngerinya Angkut Batubara Via Jalan Umum".
Betapa tidak ngeri melihat muatan batubara yang penuh dalam suatu truk bisa saja jatuh penimpa pengendara lain seperti sepeda motor, pejalan kaki, atau mobil lain yang sama - sama menggunakan jalan.
Jika saja mereka tertimpa batubara sudah pasti kecelakaan pun bisa terjadi. Mending hanya luka gores bagaimana jika menyebabkan kematian.

Lihatlah gambar - gambar ini




Gimana coba jika pengendara sepeda motor tersebut yang ada di gambar kena batubara dan mati ? Siapa yang tangung jawab?
Mungkin dalam gambar tersebut masih mending gunungannya cuman sedikit dalam lain kesempatan dan tidak terpoto gunungannya tinggi dan batubara berjatuhan.

Itulah kenapa jalan angkut batubara menurut penulis harus memiliki akses khusus, Bahkan aturan angkut di jalan khusus batubarapun tidak boleh melebihi bak truknya, harus peres demi keamanan dan keselamatan.
Ini mengundang maut sekali mengngkut batubara di jalan umum dengan muantan mengunung.

Penulis sebenernya bingun kenapa angkut batubara ini bisa melewati jalan umum, selain dari mungkin ada aturan yang belum diketahui penulis ada beberapa kemungkinan lagi , yaitu :

1. Sudah diijinkan oleh pemerintah setempat dengan syarat tertentu
2. Tidak dijinkan tapi pengusaha tetap curi -curi

Jika memang poin no 1 yaitu di ijinkan sebenarnya yang terbaik adalah jangan abaikan keselamatan, karena yang di lalui adalah jalan umum dan banyak pengendara lain perhatikan muatan jangan sampai membahayakan pengendara lain.
Jika memang tidak di ijinkan tidak usahlah curi -curi melalui jalan umum toh nanti jika ada kecelakaan akan repot jadinya, kasiah yang celaka. Bagiamana jika anak sendiri yang tertimpa.
Dan memang kalo ini curi -curi rasanya tidak mungkin toh sepanjang angkutan batubara ini ada pos polisi ko yang menjaga. Masa sih jika ini curi -curi mereka diam saja.

Maka dari itu poin pertama yang paling mungkin, yaitu di ijinkan pemerintah setempat. Tapi harusnya pemerintah setempat dan polisi yang mengawasi memeberikan penjegaan yang baik jika ada mutan yang kurang aman melebihi kapasitasnya harusnya di tegur, kasih sangsi. Biar pengguna yang lainpun aman dan selamat.

Saya hanya bisa berdoa semoga pengusaha batubara memiliki jalan sendiri dan angkutan sendiri menuju pelabuhan muat khusus batubara supaya aman damai sentosa tidak terjadi kecelakaan di jalan umum. Aamiin. Kasian banyak kecelakaan gara-gara jalan berlubang.

Akhir kata ini hanya curhatan saja, Kalo ada yang tersinggung atau tersungging mohon maaf. Preman-preman batubara jangan marahnya bilang ama bosnya angkut batubaranya jangan kebanyakan bisa tumpah dijalan. OK.
Sekian
Wasalamu alaikum warohmatullohi wabarokaatuh

Subscribe to receive free email updates:

71 Responses to "Ngerinya Angkut Batubara via Jalan Umum"

  1. Baru tau kang kalau angkut batu bara harus lewat jalur khusus, tapi emang kalau muatan terlalu banyak juga membahayakan pengendara lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya jalus khusus batubara kang. karena bahaya dan berdebu

      Delete
    2. Kalau menurut saya lebih baik, buat jalur kereta khusus batu bara.... jadi tidak akan ada korban di jalan raya...

      Delete
    3. nah enurut saya ini yang paling bagus jalur kreta api khusus batubara.

      Delete
    4. meskipun tidak ada jalur kereta ya sebaiknya muat batubara tidak menggunung agar meminimalisir tingkat kecelakaan.

      Delete
    5. nah itu inimalnya jika menag di ijinkan ya tolong isinya jgn meluber. peres aja sama baknya

      Delete
  2. Ngeri banget itu truk ngangkut batubara kok lewat jalan umum

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia kang itu bahaya sekali bisa menimpa masyarakat. apalgi jika ada kejadian truk terbalik wah bahaya deh

      Delete
  3. Semoga fasilitas infrastruktur seperti jalan menuju pelabuhan segera dibenahi ... Amin...

    ReplyDelete
  4. saya kalo sudah ada liat truk gitu, baik jauh berapa meter mas :D. takutnya kalo deket" batu baranya ada yang jatuh kan sakit juga wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo g di salip lama kang. Klo ngdeketin truknya resiko terjatuhi batu.

      Delete
    2. Tenang aja mas, kan ada asuransi dari jasa raharja... :) hehe

      Delete
    3. hahahahaha saya ga mau ktimpa tu batubara meskipun ada asuransi jasaraharja. weh kalo ketulungan tu nyawa. kalo engga kaya apa

      Delete
  5. Sopirnya jago-jago mas ya.mereka pasti sudah sangat pengalaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mreka pencari duit kang. Klo lagi apesnya itu. Hari sabtu kbalik tuh 1 gara2 ban meledak. Sayang hanya bkas tumpahannya aja yg ada.

      Delete
    2. ia ngeri kalo sudah ada kecelakaan

      Delete
  6. wah baru kemarin saya lihat truk bawa batu bara di jalan raya...

    ReplyDelete
  7. Kalau saya mah lebih baik mementingkan keselatan dengan menatur jarak bila menghadapi kendaraan truk bermuatan batu bara, ngeri kena apesnya kang, he,, he,, he,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia pak tapii kalo sejalanan ngikutin truk ibarat ngikutin tembok jlan ga kliatan kedepan. sama lama sampai. hehehe

      Delete
  8. Replies
    1. pengen saya sih ada penertiban tapi gimana ya gitu terus malah makin banyak

      Delete
  9. amit-amit dech kalu sampai ketiban batu bara, satu trek lagi. kalu ketiban kapuk 1 trek g apa dech, tapi jangan sekalian ama treknya ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ga mau juga ketiban kapuk struk ngeri kalo ketiban rizki banyak mau aja saya. hahaha

      Delete
  10. memang ngeri ya mas kalau ngangkut batubara dijalan umum mesti hati-hati
    mengenai pertanyaannya saya jawab disini mas
    menurut ijma ulama kalau sudah berusaha mencari namun tidak ketemu maka yang jadi wali adalah wali hakim yang ditunjuk
    mengenai hamil diluar nikah pendapat yang rajih adalah nikahnya tidak sah dan anak tersebut tidak boleh dinazabkan kepada laki-laki yang menghamili ibunya meskipun mereka telah menikah dan nanti tidak boleh menjadi wali nikahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. okeh mas terimakasih banyak jawabannya.

      Delete
    2. harus bayar ya mmang yanto. hahahahaha

      Delete
  11. Di dekat tempat usaha ibu saya juga ada tempat pengepul batu bara mas... Saya kalau bawa mobil pengennya langsung saya cuci. soalnya debu batu bara susah hilangnya jika menempel di kap mobil... Seharusnya truck harus di kerudungin, biar batu baranya tidak menyebar ke jalan jalan,,,

    Kalau supirnya sih tidak salah, yang salah para penyuruhnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas harusnya di klola dengan biklah oleh pengusahanya supaya tidak membahayakan orang lain

      Delete
    2. iya Kebanyakan pengusahanya hanya mementingkan keuntungan, tanpa memikirkan dampak negatif yang ditimbulkan...

      Delete
    3. betul itu. program csr pun hanya sebagai kedok saja kebanykan. hahahaha

      Delete
    4. yg penting duit lancar

      Delete
    5. tapi jgn juga banyak korban mang. bisa bikin repot

      Delete
  12. hal ini kudu segera ditindak lanjuti, sebelum jatuh korban.
    perlu kerjasama antara beberapa pihak seperti pemborong batu bara,sopir dan juga keamanan yamang

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mang yang to harus ada yang meninandak lanjuti saya mau lapor takut sama premannya ha. hahahaha

      Delete
  13. wah kalau melihat gambarnya, truk batubara ini memang membahayakan pengguna jalan lainnya ni

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu mungkin termasuk yang gunungannya keil mas ada yang lebih tinggi lagi dn batunya lebih besar lagi ukurannya.

      Delete
    2. emang sih yang di tutup pake terpal juga ada lebih terlindung tapi yang gini nih yang bikin ngeri.

      Delete
  14. Kalau pakai truk seperti itu yang penting muatan nggak terlalu penuh, biar nggak berpotensi membahayakan pengendara lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas harusnya peres dengan baknya itu ga boleh lebih biar ga tumpah-tumpah

      Delete
  15. sekarang bukan cuma batu bara saja gan, saya sering melihat muatan pair ataupun kayu sering melebihi kapasita seharusnya, hal ini terjadi karena banyak faktor, salah satunya adalah pemilik muatan sering kali kendaraan bisa mengangkut muatan dalam jumlah banyak sekaligus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya sih pak pol itu bertindak mengamankan supaya tidak begitu lagi.

      Delete
  16. sanksi itu takan diberikan untuk mereka yang punya sim mang ya sim simsalabiiim $$ :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah saya kira SIM polisi. waduhhhh
      simsalabim toh
      saya jadi inget ucapan seseorang
      kalo udah bayar bisa aja katanya melanggar rambu. hahahaha

      Delete
  17. ngeri amat mas lihat gambarnya.. bisa bahaya juga buat pengguna jalan lainnya tuhh,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. maka dari itu bahaya banget mas. banget bahaya pokonya

      Delete
  18. masalah preman setempat atau kecelakaan saat pengangkutan itu sering saya hadapi untung yang saya angkut hanya kabel bukan batu bara hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalaman juga ya mas ternyata. pokonya harus diperhatikan keselamatannya lah biar enak semuanya

      Delete
  19. Replies
    1. terus apa kalogitu mas

      Delete
    2. Jangan bawa barang banyak-banyaklah mang, bahaya kan haha...

      Delete
  20. Polisi perlu baca artikel ini nih biar mau menertibkan bahaya juga kalau sampai tumpah dijalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia perlu mas. dan kayanya juga pak pol ada tuh posnya dilewati tapi biasa aja ga ada respon

      Delete
  21. kalo muatan truk terlalu banyak kan sebenarnya melanggar aturan ya mang?tapi kan polisi sebagian bisa dicocok dan diajak damai.hehe
    Harus diperhatikan nih mang agar keselamatan pengendara lain terjaga yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia harusnya keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan tetep harus utama. jgn duit teruslah

      Delete
  22. pada bandel-bandel ya

    ReplyDelete
  23. Ini merupakan sedikit gambaran dari kacaunya lalu lintas di Indonesia.Semoga pelanggaran-pelanggaran seperti ini tidak terulang kembali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudahan ada penangan khusus jln keluarnya biar ga manjadi darah dan daging

      Delete
  24. setuju gan, atau kalo ngga buat jalur kereta sendiri biar lebih aman :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya gitu buat jaus sendiri seperti kareta api

      Delete
  25. Kalau ada truk gede ada di deket ane mending ane hindari gan. Kalau naik sepeda motor ane kebutin sengebut ngebutnya smpai truknya gak kelihatan. :D
    Mengamankan diri . Jehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia nhindari dengan menyalip saja. kalo di ikuti ibarat ngikuti tembok berjalan. g keliatan ke depan mas

      Delete
  26. Iya kang, ngeri juga itu. Namanya juga batu, kalau menimpa orang itu membahayakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat mebhayakan. bisa meninggal dunia mas kips

      Delete
  27. Mungkin kalo terdesak truck batu baranya lewat gang gang pedesaan kali ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo lewat gang juga susah mas. sempit. truknya pada gede-gede

      Delete
    2. ya kan mungkin saja si mas.

      Delete

Silahkan berkomentar