Lamuanan Saya tentang Kabangkitan Negeri Ini

Entah kenapa saya ingin menulis judulnya seperti ini. Saya hanya mengikuti jari-jamari aja yang mengetik dengan pormasi sebelas jari.
Mohon maaf yang sebesar - besarnya  jika ada yang kurang berkenan isinya.
Saya hanya ingin menyampaikan isi kepala saya yang mungkin bisa lupa, maka dari itu sebelum lupa saya tulis dulu disini.

Dalam lamunan itu terbersit ingin menulis surat terbuka untuk Bpk Presiden pada blog ini

kemudian saya tulis bla-bla.... banyak sekali. Isinya sangat menyentuh sekali dan sangat bermanfaat bagi rakyat indonesia. :D.

Begitu lamunan saya.

Tapi saya takut, banyak sekali takutanya. Dan akhirnya saya urungkan niat tersebut, saya hanya bisa menulis seperti ini saja.

YTh Bapak Presiden

Saya punya sedikit pemikiran atau ada sedikit pikiran yang terlintas sesaat ketika menonton acara TV minggu pagi - pagi.
Kalo tidak salah judul acaranya chenel jepang.
Saat saya menonton mengupas tentang produksi mobilnya yang awalnya toyota sehingga menjadi Honda.
Melihat perjuangan produsen mobil ini yang awalnya disepelekan dan sekarang sudah pada tau semua jika Honda itu bukanlah kendaraan yang ecek - ecek atau diremehkan dalam industri permesinan.

Saya jadi kepikiran kenapa bisa seperti itu.? Apa rahasianya?

Meskipun bukan itu pula yang ingin saya sampaikan dalam surat ini, tapi semua ini terinspirasi dari hal yang saya sebutkan tadi.

Saya jadi terpikir bagaimana sih Indonesia ini bisa maju seperti jepang ( misalnya ). Dari hasil obrolan tentang suksesnya jepang pada waktu yang berbeda, katanya sih jepang mengirim orang ke luar negeri buat belajar dan diterapkan di negerinya.

Lalu terlintaslah pikiran seperti ini pak Presiden yang terhormat.

Berarti Indonesiapun harus niru nih.

Dalam sisi lain otak saya bilang ga mungkin indonesia belum melakukan hal seperti itu.

Sisi otak lain menyahuti jika sudah dilakukan kenapa tidak bisa seperti jepang?

Nah dalam hal ini kedua otak kompromi. Mungkin ada hal lain.

Setelah kompromi timbulan sebuah MoU antara otak yang sebelah dan otak sebelah lagi. Bunyinya seperti ini.

Jika Indonesia sudah melakukan hal itu tapi hasilnya berbeda dengan jepang pasti ada yang kurang pas.

Ok contoh yang saya ketahui para peimpin negeri ini mungkin sering terdengar studi banding baik nasional ataupun internasional. Ya jelas tujuannya adalah untuk kemajuan daerah kekuasaannya dan secara umum negeri tercinta ini.

Nah mungkin supaya mebuahkan hasil yang maksimal lebih dari yang sekarang biar maju seperti jepang perlu adanya pengawasan. Sekarang juga bukan tidak ada pengawasan,  ada  tapi sepertinya kurang banyak. Mungkin harus diawasi secara tidak tanggung - tanggung harus seluruh warga Indonesia yang konon katanya ada 250 jt jiwa.
Sehingga dengan di awasi seperti itu setidaknya akan memiliki rasa tanggung jawab akan tugas-tugas yang akan, sedang dan pernah dilakukannya. Bukan berarti yang sekarang tidak bertanggung jawab tapi supaya rakyat mengetahui seberapa besar perjuangan para wakil rakyat. Misalkan pernah melakukan kunjungan kerja dari Papua ke Jakarta untuk tatanan Jalan layang atau sebaliknya. ( ini misalkan aja ya jika ada yang sesuai brarti tidak sengaja).
Nah jika semua rakyat indonesia mengawasi, setidaknya ada rasa malu pada kepemimpinananya dan selanjutnya berusaha menerapkan diwilahyahnya. Karena takut rakyat bertanya hasil kunjungannya mana.?

Lalu caranya seperti apa?

Maka semua wakil rakyat dan instansinya harus membuka semua jadwal kegiatannya kepada umum. Yap kepada umum, kepada setidaknya 250 jt jiwa. Semua wakil rakyat harus memiliki situs tersendiri yang menginformasikan rangkaian kegiatan kerjanya beserta targetannya dan hasilnya. Setidaknya jadwal kunjungan dan hasilnya. Atau rencana kerja dan hasilnya.
Sehingga masyarakat bisa membaca dan menilai. Seberapa efektip wakil rakyat kita ini .
Saya pikir untuk membuat suatu situs internet bisa dengan mudah dilakukan. Apalagi ahli - hali tenologi yang mebuat web banyak dinegeri ini. Contohnya buat saja yang gampang, tapilannya samakan saja ganti judulnya dangan nama wakil rakyat dan dimana wilayah kekuasaanya. Seragamkan semuanya. Oia ya dan sepertinya semua ini udah ada ya. Tapi yang kita perluakan menurut saya adalah rencana kegiatannya dan hasilnya.

Dengan dibukanya kegiatan harian, bulanan, tahunan, kunjungan, para wakil rakyat dengan sendirinya akan memiliki targetan yang tertentu yang bener-bener harus dipikirkan karena mudah diawasi oleh rakyat indonesia yang kurang lebih 250 jt jiwa.

Sebagai tambahan,  dari pemimpin paling tinggi harus mengeluarkan aturan seperti ini, barangsiapa yang tidak memenuhi targetannya harus dikenakan sangsi. Misalkan jika acaranya kunjungan dan pulang tidak membuahkan hasil maka biaya kunjungannya harus di tanggung sendiri. Kalo berhasil bagaimana? Setidaknya dia bisa melanjutkan pekerjaannya dengan uang negara. (Berat jadi wakil rakyat ya. Emang...)
Nah jika dalam targetan bulana, harian, tahunan tidak tercapai maka bisa dijatuhkan potongan tunjangan. (hehehehe......gampang bener ngomong ya).

Nah dengan teknis seperti itu diharapkan efektipitas wakil rakyat menjadi bisa diawasi. Dan mungkin warga negara yang baik akan membantu sepenuh hati jika wakil nya mendapatkan kesulitan dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Sehingga akan terbentuk juga saling kerjasama yang baik.

Dan  hasil panjangnya adalah tatanan negeri yang maju bersama. Aamiin.

Akhir kata saya ucapkan Mohon maaf yang sebesar besarnya. Bukan maksud menggurui tapi hanya lintasan dalam pikiran saja yang mungkin bermanfaat.
Mungkin semua ini sudah berjalan hanya saja saya yang kurang informasi. Jika demikian yuk rame - rame kita awasi supaya negeri ini maju dan makmur. Aamiin

Demikina torehan isi pikiran saya yang singkat dan kurang jelas ini.  Semoga Penuh manfaat. Aamiin

Salam Hormat,
Zodized

49 comments for "Lamuanan Saya tentang Kabangkitan Negeri Ini"

  1. bner nih indonesia juga harus maju mang

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat harus kang. udah kelamaan berkembangnya

      Delete
  2. nah harus gimana dong sekarang mang biar indonesia bisa kaya jepang perkembangannya?dilihat dari politik saja negri ini sudah amburawut kan??masa tiap ada pemilihan masih ada banyak sogokan??ini ciri kecilnya saja.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang kaya gituhmah jgn dipilih deh. hehehehe
      saya jadi politik nih kali ini....

      Delete
    2. hehe, ya gimana dong kalo 1 orang dikasih 50rb pasti ngeleper mang :D

      Delete
    3. uangnya ambil aja lumayan buat paketan. orangnyamah jgn dipilih. bilang aja makasih

      Delete
    4. sok tau saya ya. hahahaha biar aja ah

      Delete
  3. Semoga apa yang jadi uneg-uneg Pemikiran Mang Adul Di dengar mereka dan di realisasikan untuk perubahan negeri ini yang lebih baik kedepannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin kang. mudah mudahan negeri ini maju kang.

      Delete
  4. kalau saya tidak mau melamun ah... yang penting kerja, kerja, kerja, he,, he,,, he,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia ya. daripada melamun terus ya. hahaha
      tapi awalnya ya dari melamun dulu kayanya kang

      Delete
  5. lamunanya sangat jenius kang, semoga di dengar ya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang pentungmah indonesia maju deh.

      Delete
  6. indonesia itu belum merdeka setahu saya,karena untuk menyambut hari kemerdekaan saja masih banyak dijalan yang minta-minta sumbangan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di daerah mana nih kang. D sayamah alhamdulillah g ada seperti itu

      Delete
  7. postingan yang sangat bermanfaat mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya yang jawab, betul mas..

      Delete
    2. alhamdulillah kalo bermanfaat kang.

      Delete
  8. waduh hehe, saya no comment deh kalau urusan kaya gini , biar gimana baiknya ajah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga no coment ah

      Delete
    2. Saya coment kang, kok judulnya lamuanan ya...

      Delete
    3. maklum kang sambil melamon. hehehe

      Delete
  9. Nah ini nih lamunan briliand, coba tiap wakil rakyat lamunannya kayak mang Adul pasti negeri ini makmur, Moga aja gitu yang kang, Amiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya lamunanna lebih hebatkang. tinggal prakteknya aja lagi

      Delete
  10. ikut nimbrung,,,, tapi sori mang gak ikutan ngelamun,,, heheh,,, izin follown yah mang... ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan kang ahmad. terimakasih sudah mau folow

      Delete
  11. nah urusan ginian nih saya yang kurang ngerti mas, sya bukan orang politik hehehehe

    ReplyDelete
  12. Print trus kirim ke istana aja langsung mas, barangkali dibaca :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia saya banyak taktnya untuk urusan gitumah kang

      Delete
  13. Presiden kita jokowi sii.. Hmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. beliau adalah presiden kita kang. Krn sudah jadi presiden ya kita harus jadi warga negara yang baik kang.
      hehehehehe.....

      Delete
  14. Inilah Indonesia, Mang. Jangankan nulis di blog, yang demo di jalanan aja nggak didengar. Masalah wakil rakyat yang studi banding ke luar negeri, hmmm... mereka malah memanfaatkanya untuk jalan-jalan saja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah justru itu kang dengan adanya pembukaan semua kegiatan ke publik. nanti akan ketauan evaluasinya hasil kunjungan itu apa. Bukti kongkritnya apa. Jgn sampai menuliskan hasil kunjungannya adalah Tas mahal yang dri pariss itu. hehehehe

      Delete
  15. Anonymous11/8/15 00:06

    saya pernah nonton film dokumentar pendek kawan-kawan yang merekam arti kemerdekaan dari berbagai kalangan dan pekerjaan. seperti tukang ojek, tukang sayur, pengemudi sampan, tukang becak, preman, kuli bangunan dan lain sebagainya. semuanya lucu mas. ada yang bilang kalau merdeka itu bisa dapat sayur murah dan dijual rada mahal dan dapat untung banyak, kalau tukang becak bilang merdeka itu kalau ada yang mau ngasih tips ketika dia ngantar penumpang, kalau tukang ojek tarikan lancar, kalau kuli bangunan beban tidak berat lagi dan kebijakan perusahaan pelabuhan bisa memihak pada pekerjanya, sementara preman tanggapannya kalau aman dan lancar aja kawasan mereka...jadi kesimpulannya merdeka atau kebangkitan itu adalah ketika kita merasa cukup, aman, nyaman, dan sejahtera. maka kita akan merasa bangkit dari keterpurukan dan merasa merdeka...iya gak mang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia betul mbah. brarti kata para blogger merdeka itu ketika bebas biaya internet dapat duit dari internet. hehehe
      Brarti tidak salah mbah sekarang ini disebut sudah merdeka dan ada yang bilang belum merdeka.

      Delete
  16. indonesia silit bangt untuk maju, gimana mau maju kalau yang ngurusin negri ini cuma cari uangnya aj bukan cari solusinya. Sepakbola aj udah mau mulaibtapi dicekal lagi sama menpora.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah menurut amunan saya solusinya ya itu mas. semua program dan hasil dari program itu di publikasikan. jadi masyarakat bisa menilai sampai dimana kinerja wakil rakyat.

      Delete
  17. kesulitan majunya indonesa dikarenakan para pemimpinnya ngga pernah melamunkan tentang kebangkitan, padahal ngelamun itu penting untuk sebuah kebangkitan ya mang

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah bisa jadi mang lembu ga pernah ngelamun. atau malah bisa jadi kebanyakan melamun kaya saya mang. hehehehe

      Delete
  18. Ok dah, menurut lamunan kami sih, semuanya harus dimulai dari atas (petinggi) dulu lamunan kebaikannya. Baru dah dibawah hasilnya akan berbuah kebaikan seperti apa yang kita lamunkan. Aamiin

    ReplyDelete
  19. Ini bukan menggurui namanya kang tapi mengingatkan....

    #Merdeka

    ReplyDelete
  20. Hmm.. si mamang mah, jadi saya ikut melamun nih, merenungkan inti dan harapan dari postingan ini. Sebagai rakyat jelata sepertinya mengangankan hal yang tidak jauh berbeda euy :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ngelamun hati hati kang bisa -bisa ka entepan jin. kudu di rukiah tah mun udah kitu

      Delete
  21. Yuk atuh ngalamun lagi kang

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar