Tips Membersikan Kipas Angin

Zodized, kali ini berbagi info ringan mudah -mudahan banyak manfaatnya. Amiin
Pemirsa zodized mungkin anda di rumah atau di kantor atau di mana saja ada yang masih menggunakan kipas angin. Meski sekarang AC sudah menjadi penggantinya.
Nah bagi yang masih menggunakan kipas angin seperti saya. Ada tips nih bagaimana membersihkan debu yang menempel. Ingat debu yang menempel selain kurang sehat bisa menyebabkan perlambatan hembusan angin dari kipas angin, dan itu bukan berarti kipas angin anda rusak. Perhatikan apakah banyak debunya atau tidak.?

Jika Jika sudah banyak menempel segera besihkan, berikut caranya.

1. Jika kipas anginnya didinding jangan lupa turunkan dulu, jika kipas anginnya di meja atau berdiri dilantai langsung saja bawa ketempat yang cukup untuk sedikit bongkar dan membersihkan debu.

2. Buka Kunci penutup kipas. Yang ini nih maksdunya

Buka lepaskan saja.

3. Nah sudah dilepaskan baru bisa dibersihkan.

Lepas saja baling - balingnya putar kuncinya ke arah kanan. Seperti gambar.



4. Lepas juga penutup baling - baling bagian belakan.



5. Bersihkan semua bagiannya gunakan saja sapu. Yang gampang aja lah. Bisa sapu kamoceng atau lap.



6. Kalau sudah bersih jangan Lupa pasang lagi. hehehe



Sekian Semoga bermanfaat....

59 comments for "Tips Membersikan Kipas Angin"

  1. di Cilembu kipas angin ngga laku mang...wong daerah dingin jeh.
    nah kalau tempat kerja saya, kipas angin kebutuhan primer, ngga ada kipas angin...orang-orang pasti pada mati lama-lama ge'.
    maka dari hal itu tips bersihin kipas anginnya jadi ilmu buat opas saya, lagian gimana ya...wong kami full AC sih....maaf yah...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha mntap lahkang. kalo udah ac mah tinggal dinginnya aja lagi kang

      Delete
    2. Mang Lembu mah AC Alam nya juga dingin banget gak kalah sama plezer kulkas Mangs.. hheheh :D

      Delete
    3. Ialah berarti perlu penghangat nih

      Delete
    4. Mang lembu mah keren
      Nyuci kipas angin pake mesin cuci..

      Delete
    5. padahal aslinyamah pake sower kang di kamar mandi

      Delete
  2. Lambat saya baca artikel yang ini Mang, kipas saya yang diperbaiki sendiri malah rusak total 2 tahun yang lalu. Coba kalo saya baca tips membersihkan kipas ini sebelumnya, pasti masih awet sampai sekarang kipas saya:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh kalo saya bikin artikelnya 2 tahun lalu kang. kipas sayanya juga belum ada kang. hehehehehe

      Delete
    2. Bisa bantu kipas saya yang lagi pilk Mang..? soale lamagak di bersih besihkan gitu lhoo..?

      Delete
    3. Di bongkar aja kang. Dgn tips saya ini:D

      Delete
  3. silahkan kang. bisa dilakukan sendiri di rumah. hati hati debunya bisa terhirup

    ReplyDelete
  4. Kalau muternya seret, harus diapain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibersihkan dalamnya. pada kumparannya. di saya seret muternya dibaiki ditempat perbaikan kipas. yehhh cuman di bersihkan aja dari debu. gitu doang

      Delete
  5. Entar dicoba Mang Aduls bersihin kipas angin ah, pake tutorial dari Mang Aduls ini, sejak beli kipas angin bertahun-tahun belum pernah dibersihkan.. hehehehehehehe :) info yang sederhana tapi faedahnya besar... mantabs.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh kalo udah bertahun - tahun kayanya banyak banget tuh debunya. kudu bersihkan tuh kang

      Delete
  6. Makasih gan, kipas anginku kebetulan sudah kotor perlu di bersihin

    ReplyDelete
  7. Saya kalo bersihin kipas tak cuci, Mang. Haha.
    Ga sabar kalo cuma dilap, apalagi disapu :D

    ReplyDelete
  8. Kebetulan kipas angin drumah uda bedebu, jdi bisa praktek langsung. Tapi malesnya suka bersin2 kalau ngadepi debu

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake masker kang biar ga kehirup

      Delete
    2. nggak usah benafas biar maknyus

      Delete
    3. kalo g napas. bisa keselek malaikat kang

      Delete
  9. Sekalian kang punya saya di bersihin....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha boleh sok kang kirim aja ke sini

      Delete
    2. sudah ada kang di tempat saya yang buka jasa perbaikan

      Delete
  10. iya tuh mesti kontinyu membersihkan baling2 kipasnya agar nggak dijadikan sarang debu yamang.
    caranya juga cukup mudah

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu kang gampang ersihkannya. rutinnya itu yang kadang g hadir

      Delete
  11. Bagaimana caranya mas kalau cara memperbaiki kipas angin yang rusak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo cuman kotorbato kabel yng putus ato kotor masih bisa kang di baiki sendiri tapi kalo udah dinamonya yng kbakar sepertinya mending ganti baru. Hehehh

      Delete
  12. waw kipas anginnya sudha banyak debu, kebetulan mang,kipas angin saya juga sudah mulai nggak kerasa anginnya, *bersihinnnnnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung aja jang bongkar dan bersihkan

      Delete
  13. kebetilan saya gak suka kipas anginan mas hhh,,pusing lama-lama kalau angin buatan :D

    ReplyDelete
  14. Salam malam Mang Aduls.. wah tips nya bermanfaat nih Mang kebetulan kipas angin saya kotor sekali.. sapa tau dengan mengikuti tips ini jadi mudah membersihkanya. makasih Mangs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkannkang bisa di coba. Hati hati kang debunya. Sama sama kang

      Delete
  15. Saya coba praktek di rumah ah biar gak nyewa tukang bersih2 kipas angin ya Mang..?

    ReplyDelete
  16. WALAU SIMPEL TAPI SANGAT BERGUNA GAN!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan du caba. Kalo ada kipas yang udah kotor

      Delete
  17. Silahkan kang. Resiko tdk saya tanghung kang hahahah

    ReplyDelete
  18. Kalau dibekasi harus sering sering tuh membersihkan kipas debunya nggak ketulungan kadang sampai malas cepet banget kotornya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia kang apalagi di saya yang dekat tambang. wuh debunya muantap

      Delete
  19. Kok ngga di cuci mas, Saya malah di rendam lalu di sikat pakai sabun...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia kang takut konslete. ia sih sebenernya kalau baling-baling sama kandang baling-balingnsa bisa di rendem bair kincling asal dinamonya jgn kena air

      Delete
    2. Iya mas, biasanya baling baling sama kerangka besinya dilepas lalu saya cuci pakai sabun. Soalnya debunya lengket, Yang penting mesin kipasnya jangan ikut dicuci :D

      Delete
    3. nah itu dia maksdunya. kalo itu bisa di cuci. jgn telalu lama ga dibersihkannya. lengket banget

      Delete
  20. Saya udah lama nggak pake kipas angin. Kalo kipas-kipas pake buku aja.. :D

    ReplyDelete
  21. itu kipas udah kotot bgt mang, brp lama nggak dibersihkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 bulanan kang. efek debu pinggir jalan kang

      Delete
  22. Merek kipas angin juga mempengaruhi kemudahan kita membersihkan kipas angin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo rekenya maspion gitu ya lupa saya kang.

      Delete

Silahkan berkomentar