Membandingkan Suatu Hasil Analisa

Dalam dunia analisa batubara sering didapati hasil yang seolah bervariasi ketika kita membandingkan suatu hasil analisa. Bisa dekat bisa jadi jauh. Hal ini bukanlah sesuatu yang aneh ada beberapa hal yang harus diperhatikan.
Ketika membandingkan suatu hasil analisa makan hal pertama yang harus diperhatikan adalah basis dan satuan. Plus bandingkan untuk parameter yang sama. Tidak boleh membandingkan kadar abu dengan nilai kalori. Tidak akan nyambung.

Basis maksudnya adalah bentuk pelaporan hasil analisa apakah dalam bentuk GAR, DB, daf, atau ADB dll. Atau satuan panas dalam Mega joule atau Calori atau UI.

GAR : Kondisi pelaporan hasil analisa dalam kadar Total Moisture
DB : Kondisi pelaporan hasil analisa dalam bentuk tanpa kadar air
ADB : Kondisi pelaporan hasil analisa dalam kadar air tertentu.
DAF : Kondisi Pelaporan hasil analisa tanpa adanya kadar abu.

Nah ketika ingin membandingkan maka basis ini harus dalam keadaan sama. Karena nilainya sangat berbeda.

Misalkan.


Dari 2  hasil analisa didapat data sebagai berikut :


Analisa 1
Analisa 2









TM : 20.3 %
TM : 20.55 %
Moisture : 6.3 %
Moisture : 4.53 %
Ash : 8.1 %
Ash : 8.25 %
CV : 6400 Cal/gram
CV : 6521 Cal/gram
CV : 5444 ar
CV : 5427 ar


Dari kedua analisa tersebut bisa dilihat hasil cal/gram yang cukup jauh berbeda, hal tersebut karena kadar moisturenya berbeda. Jika ingin membandingkan panasnya dalam satuan cal/gram maka kadar moiture harus di samakan. Memang harus ada itung -itungan sedikit.


Moisture yang sama  : Calori x (100-moisture tujuan )/(100-Moisture awal)

Kalori disamakan ke mositure 6.3 % maka yang harus di hitung adalah calaori analisa 2

Calori moisture 6.3 % = 6521x(100-6.3 %)/(100-4.53) = 6400 cal/gram

Nah ketika sudah di samakan basis moisturenya maka hasilnya ternyata sama.

Atau mau membandingkan kadar Ash atau abu :

Ash pada mositure 6.3% = 8.25 x (100-6.3)/(100-4.53) =  8.1 %

Ketika basisnya sudah sama maka baru bisa di bandingkan. tidak boleh langsung di bandingkan saat terjadi perbedaan basis dan satuan.



 Terimakasih semoga bermanfaat.



























Subscribe to receive free email updates:

20 Responses to "Membandingkan Suatu Hasil Analisa"

  1. Batu bara ada kadar airnya juga ya ? analisa yang jelimet. Kirain, asal garuk terus dijual.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada caranya. ia kang demi jualan agar laku. para pembisnis batubara akan melakukannya kang. daripada ga laku

      Delete
  2. Hemm .. dapat pengetahuan baru disini mengenai batu bara .. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama kang silahkan di cicipi saja kang artikelnya

      Delete
    2. Kalo kurang garam bisa dibtambah kopi. Eh kopi. Heheh

      Delete
  3. Pernah dengar tentang hasil analisa batu bara, namun jujur saya baru tahu agak dalam dari artikel ini mas. Terimakasih atas sharingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama kang. silahkan kang saling berbagi ilmu saja kang

      Delete
    2. Betul sekali kang. Berbagi ilmu yang indah

      Delete
  4. Pusing nggak Mang kerja di lab batubara gitu? Maklum aku dulu anak IPS jadi nggak ngeh dengan analisa-analisa lab kayak gitu.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mang aduls mah udah pakarnya mas

      Delete
    2. Saling berbagibaja kang. Saya juga da ga ahli

      Delete
  5. menambah wawasan saya seputar analisa batubara nih mang.
    ternyata banyak sekali bahasa singkatannya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia kang yanto banyak. Kalo mau di tambahin juga masih ada

      Delete
  6. nambah ilmu nih, makasih infonya

    ReplyDelete
  7. hadir untuk silahturahmi dulu deh hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip kang mohon maaf lahir batin aja kang. bner kang silaturahmi memperbanyak rizki

      Delete
  8. Moisture itu kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa indonesia biasanya menjadi Kelembapan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia kang kalo diterjemahkan secara bahasa. mungkin awalnya juga begitukang. tapi sepertinya sudah jadi pergeseran bahasa dalam dunia analisa batubara

      Delete

Silahkan berkomentar