Cara Mengetahui Kebenaran Suatu Analisa

Analisa atau penelitian suatu sample tertentu bisa jadi salah atau di ragukan. Nah bagaimana sih cara untuk mengetahui apakah hasil suatu analisa itu bisa dipercaya atau tidak sehingga kita menjadi tidak ragu.

Hal tersebut Secara statistik bisa di telusuri, Nah berikut yang harus dilihat jika kita ingin yakin apakah analisa itu benar atau tidak.

1. Siapa yang melakukan Analisa?

Misalkan yang melakukan analisanya adalah perusaahn besar dan terkenal baik dalam maupun luar negeri. Sudah tersertifikasi atau belum?
Dengan melihat kredibilitas tempat analisanya maka secara mudah bisa kita simpulkan mungkin analisanya yang paling tepat.

2. Jika memang tempat menganalisa adalah perusahaan besar dan memang memiliki kredibilitas yang sangat baik, sudah bersertifikasi. Berbagai pengahrgaan sudah di raihnya, tapi kita masih perlu meyakinkan, atau laboratoriumnya masih meragukan, maka ceklah bagaimana cara analisanya?
Perusaahan analisa biasanya akan memperlihatkan bagaimana mereka melakukannya, karena kegiatan tersebut biasanya jadi ajang promosi.
Para konsumen akan terkagung-kagum ketika melihat cara melakukannya.
Namun tidak cukup dengan kagum tapi cek bagaimana melakukan analisa disini harus meliputi beberapa hal beriku :
  • Apakah prosedur analisanya sudah tervalidasi. Maksudnya begini, jika prosedur pengerjaan sample analisa itu digunakan untuk mengecek sample standar atau sample yang sudah bisa diketahui dengan tepat hasilnya. Sama Tidak Hasilnya ? Jika memang dalam validasi tersebut sudah sama brarti prosedur kerja bisa diakui.
  • Peralatan yang digunakan saat analisa apakah sudah terverivikasi atau terkalibrasi. Maksudnya seperti ini, alat yang digunakan untuk analisa itu apakah dalam kondisi baik atau tidak  sudah terkalibrasi atau belum. Bisa dilihat dari rekapan catatan harian peralatan. Jika tidak ada catatan harian peralatan atau catatan rutin perporma alat, Boleh kita ragu. Dan jika belum terkalibrasi atau verivikasi bolh kita ragu.

3.  Bagaimana perbandingan dengan hasil lab lain?
Nah biasanya konsumen tertentu tidak yakin dengan satu laboratirium tertentu maka sample yang dia miliki dikirim ke berbagai laboratorium sejenis dan hasilnya dibandingkan. Namun biaya akan berlipat.
Cara hematnya adalah dengan melihat data round robin.
Round Robind adalah suatu sample yang dikerjakan oleh berbagai laboratorium analisa. Dan hasilnya di bandingkan dan disajikan dalam bentuk grafik.
Kita bisa melihat hasil berbagi laboratorium apakah berada pada rentang yang diperbolehkan atau berada di rentang yang tidak diperbolehkan.


Cukup sekian dulu jika ada pertanyaan silahkan di kolom komentar.

NB : Badan sertifikasi Di Indonesia yang menyatakan laboratorium itu sesuai standar atau tidak adalah KAN ( Komite Akreditasi Nasional).

Subscribe to receive free email updates:

61 Responses to "Cara Mengetahui Kebenaran Suatu Analisa"

  1. sepengetahuan saya untuk mengetahui sebuah analisa dengan hasil yang baik dan benar harus kuliah dulu mas, yaitu dibagian jurusan analisa sesuai dengan bidang yang dilakukan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul ,setelah itu bekerja dan menganalisa atau berbicara sesuai dengan selera bosnya.

      Delete
    2. Harus tetep menjaga amanah lah kang

      Delete
    3. iya harus tetap amanah tentunya ya kang ... :)

      Delete
    4. Sipp mantep artikel tntang sesuatu analisanyanih Mangs.. tetap semangat dan tekun tentunya juga ya Mangs..?

      Delete
  2. Replies
    1. injih sami-sami. jangan bosan untuk berkunjung kemari.

      Delete
    2. Jgn lupa bawa kopi. Buat para pengunjung

      Delete
    3. saya gorengan saja klo gitu xixixii

      Delete
    4. Kopi mana kopi koq saya gak kebagian sih Mangs..? hehhehe

      Delete
    5. kehabisan sama kang eka. hahaha

      Delete
  3. Jadi gitu ya mas.....yang sayaa tahu selama ini saya sering melakukan analisa dengan cara mengumpulakn informasi, mengolah data yang didapat, kemudian membuat sebuah kesimpulan dari hasil pengolahan data td....

    ini semacam lembaga ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo yang mas kakukan memang melakukan analisa mas. Kalo maksud saya adalah mengecek kebenaran analisa tapi untuk analisa kimia mas.

      Delete
  4. Benar sekali itu Mang, kalau riset yang dilakukan oleh para ahli yang terpercaya dan dengan membandingkan dengan hasil analisa lainnya, jika ada kesamaan atau bahkan sama itu berarti hasil risetnya valid dan 95% bisa dipercaya. Begitu mungkin ya:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahli yang indenpenden. Tapi susah ditemukan di negeri ini.

      Delete
    2. Begitulah statistiknya mas suta

      Delete
    3. Ini ahli Independenya baru datang Mas+Mangs gakgak :D

      Delete
  5. Nah yang sering melakukan analisa itu umumnnya dibayar oleh donatur yang ingin dianalisa ,sehingga kadang hasilnya memuaskan donatur. Takut tidak menyenangkan si bos , kale .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini tantangan yg paling besar. Harusnya yang menganalisa tidak boleh terpengaruh yg bayar. Krn mereka adalah wasit. Maka dr itu biasa mas dlm batubara baik dr pihak pembeli atau penjual punya leb masung2

      Delete
  6. Replies
    1. Itu dia yg d inginkan dr penganalisa

      Delete
    2. kalau sabar berarti pantatnya lebar

      Delete
    3. Tapi gak harus pakai kupluk kan Mas..? hhhhh =D

      Delete
    4. orang sabar nggak pake kupluk kang :)

      Delete
  7. cari ilmu tentang kebenaran analisa nya besok ajah ya mang, sekarang mah saya teh mo ngucapin


    SELAMAT IDUL FITRI, TAQOBBAL ALLAHU MINNA WA MINKUM
    sekaligus kepada seluruh blogger yang singgah kesinih...yah, kecup hangat dari sayah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia kang. Saya juga mau ngucapin buat semuanya yg hadir. Mohon maaf lahir dan batin.

      Delete
    2. SELAMAT IDUL FITRI, TAQOBBAL ALLAHU MINNA WA MINKUM JUGA YA MANG ^_^

      Delete
    3. kang yanto juga semuanya deh mohon maaf lahir batin

      Delete
    4. Slamet slamet bada Idul Fitri ya Mangs dan Bapak Ibu sekalian :)

      Delete
  8. Sepertinya konsumen banyak yang tidak memperdulikan hal itu. Padahal penting ya, Mang, mengecek bagaimana cara perusahan-perusahaan tersebut melakukan sebuah analisis...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia penting. Mungkin kalo masyarakat mengharpkanya informasi yg di berikan lembaga tertentu akurat. Soalnya g semua masyarakat juga paham. Dan ga semua juga ada waktu

      Delete
  9. trik ini manjur dipraktekkan pada semua jenis analisa atau cuma khusus analisa kimia yamang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada prinsipnya semua analisa kimia seperti itu kng. kalao analisa kasus mungkin beda lagi

      Delete
  10. Anonymous16/7/15 02:51

    kebenaran analisa bisa dijadikan teori karena sudah terbukti kebenarannya...namun ada juga beberapa pendapat yang kadang hanya memerlukan analisa singkat seperti .....

    saya sekeluarga mengucapkan ... TAQOBBAL ALLAHU MINNA WA MINKUM...selamat idul fitri...mohon maaf lahir batin...semoga kita semua mendapat ridho Allah SWT dan mendapat berkah kebaikan dunia akhirat...amin yaa Robbal alamin.

    ReplyDelete
  11. Untuk menganalisa dan mengetahui tentang Kebenaran atau keakuratan Kredibilitas suatu Institusi, lembaga atau perusahaan, tentunya harus oleh orang yg sangat berkompeten di bidangnya ya Mangs...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia pasti itu. tapi di indonesia ada yang menilai suatu lab analisa. yaitu KAN. Komite akreditasi nasional.

      Menstandarkan sistemnya, cara kerjanya, dll

      Delete
    2. iya ya Mangs... Mang Adul Bingung ya, komentarnya yg Pertama itu di Blog sekolah :D
      Kalau di Blog Pribadi ya Baru tadi hahahaaaa....

      Delete
  12. Assalamualaikum Warrahmatullahi wabarokatuh
    Sahabat semuanya di sini
    Bloggerwan/Bloggerwati Setanah Air INDONESIA


    Hari kemenangan bagi Umat Muslim di seluruh dunia sudah tiba. Hari kemenangan bagi kita semua setelah sebulan penuh berjibaku menahan segala sesuatu yang (bisa) membatalkan Puasa Ramadhan 1436 Hijriah.

    Pepatah mengatakan "Luka karena sayatan pisau bisa dicari, namun luka di hati karena ucapan , kata kata dan perbuatan kemana lagi obatnya hendak dicari". Maaf kalau salah kutipannya. Oleh karena itulah maka :

    Saya, Asep Haryono beserta keluarga : Rudi Maryati (Istri), Abbie Muhammad Furqan Haryono (7th, anak) dan Tazkia Montessori Putri Haryono (4,5 th, anak) di Pontianak, Kalimantan Barat mengucapkan

    Selamat Hari Raya Iedul Fitri
    1 Syawal 1436 Hijriah
    Minal Aidzin Walfaidzin
    Mohon Maaf Lahir dan Bathin


    Wassalamualaikum Warrahmatullahi
    Wabarokatuh

    Asep Haryono dan Keluarga
    Komplek Duta Bandara Permai. Blok C6/14. Jalan Ahmad Yani 2. Supadio - Pontianak.Kalimantan Barat
    BBM : 57135383 /WA : 08977749155
    Twitter:@AsepHaryonoKGI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf lahir batinn juga kang asep. Dr saya mangs aduls dan kluarga. Selamat hari raya idul fitri

      Delete
  13. Mumpung sempet daripada telat mang, teu sawios nya teu nyambung kana bahasan hi...
    Taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum.
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriyah, mohon maaf lahir dan batin ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Mohon maaf lahir batin kang

      Delete
  14. TAQOBBAL ALLAHU MINNA WA MINKUM ya kang mohon maaf kalau selama ini saya berbuat salah baik dari ucapan saya ataujuga perbuatan yg kurang menyenangkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama kang mohon maaf lahir dan batin

      Delete
  15. Terima kasih informasinya, pak. Mohon maaf lahir batin, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama - sama pak sucipto mohon maaf lahir dan bati dari segala salah

      Delete
  16. Salam malam yang fitri Mangs, mengetahui sebuah analisa itu penting ya Mangs, sangat menambah pengetahuan saya nih Mangs artikelnya. makasih

    Saya Saud Karrysta beserta Istri serta seluruh sanak familly (crew karrysta) . Menghaturkan : Bila Salah Kata Terucap bila hati tergores sikap angkuhku akan dirimumu. Semoga pintu Maafmu selalu terbuka untuku, dengan perasaan dari hati yang tulus dan ikhlas membasuh kesalahan. Minal Aidhinn Walfaidzin id mubarak ( Mohon Maaf lahir batin) - (taqabalallahu minna wa minkum).

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin. mohon maaf lahir dan batin juga kang. aduls dan keluarga. anak istri dan semua crew

      Delete
  17. lebaran tak perlu di analisa, mari rayakan saja. minal aidin wal faizin

    ReplyDelete
  18. minal aidzin Mangs Aduls
    mohon maaf lahir dan batin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. samasa ma mang jelly. mohon maaf lahir dan batin

      Delete
  19. saya mau ngucapin dulu selamat hari raya idul fitri mang, mohon maaf lahir batin..
    nah kalo cara mengetahui kebenaran analisa mungkin harus sama orang yang berpengalaman dan punya pengetahuan dalam hal analisa mang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia kang saya juga mau ngucapin selamat hari raya idul fitri kang. mohon maaf lahir dan batin

      Delete
  20. Ilmu bermanfaat mang..

    Tapi jujur saya gak mudeng..
    Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia kah kang. gpp kang. harus dibaca lagi paling kang

      Delete

Silahkan berkomentar