Penggunaan Neraca Analitik

Neraca analitik atau timbangan dalam dunia analisa sangat diperlukan sekali, semua perhitungan tidak bisa lepas dari kadar berat.
Maka neraca dalam dunia analisa wajib ada. Tidak bisa tidak. Bahkan saking pentingnya neraca atau timbangan ketelitiannya ada yang sampai ketelitian 4 atau 5 angka di belakang koma.
Maksudnya sepert ini. Kalau kita menimbang berat badan menggunakan timbangan paling kita akan mengetahui 50 kg. Nah jika menggunakan neraca analitik maka akan di tuliskan 50.0000 kg atau bisa jadi 49.9999 kg. Seperti itulah gambarannya.

Kali ini zodized akan membahas penggunaan neraca analitik. Kapasitasnya tidak sampai 50 kg biasanya hanya 300 gram.

Berikut cara penggunaannya.


1. Hal pertama yang harus diperhatikan dalam menggunakan neraca analitik adalah neraca harus sudah terkalibrasi dan harus tetap menyala.

2. Pastikan neraca dalam posisi seimbang. Hal ini bisa dilihat dari waterpas yang ada pada neraca analitik. Pastikan posisi betul - betul datar.
  
3. Periksa nilai nol neraca. Sebagai contoh neraca analitik merk sartorius max 210 gram.
Caranya tekan Tare sampai muncul angka di layar monitor +200.0000 gram.
Masukan batu timbangan 200.0000 gram kedalam neraca.
Lihat gambar berikut.
Tekan Tombol Tare

Setelah muncul +200.0000 g. Masukan batu timbangan 200.0000 g
Ingat semua pintu neraca harus dalam ke adaan tertutup.

4. Setelah selesai baru bisa di gunakan untuk menimbang sample.
5. Timbanglah sample pada bagian tengah neraca dengan menggunakan alat khusus.
6. Hindari tumpahan zat atau bahan saat penimbangan.
7. Jika ada tumpahan segera bersihkan.


Sekian semoga bermanfaat

Sumber :
Manual book Neraca analitik AND
Manual book Neraca Analitik Sartorius

Subscribe to receive free email updates:

38 Responses to "Penggunaan Neraca Analitik"

  1. Replies
    1. ia akan itu timbangan, seperti yang saya beritukan di atas. cuman ketelitiannya tinggi kang

      Delete
  2. Replies
    1. Timbangan sayang. Buat nimbng sample analisa

      Delete
    2. Ohh kirain buat nmbang cintamu..hehehe

      Delete
    3. lain cintakumah tidak bisa di timbang

      Delete
    4. Jiah malah sayang-sayangan, Mang.. Hahaha...

      Delete
    5. biar pada ngiri. hahahaha

      Delete
    6. jian, keeroran yang luar biasa :)

      Delete
    7. Saya tercengang aja dehhh

      Delete
    8. apanya kang tercengan

      Delete
    9. Liat mas yan mangut2 hoho

      Delete
  3. Ini biasanya untuk nimbang apa, Mang? Emas kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ia sama dengan yang biasa di palai untuk nimbang emas kang di toko emas

      Delete
    2. oh, kirain untuk nimbang kejujuran seseorang.

      Delete
    3. nah kalo bisa nimbang kjujuran mantap kang. heehe

      Delete
  4. Bisa untuk nimbang padi kagak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. haaaaha mbruk atu kang pake nimbang padimah.

      Delete
  5. Kalo buat nimbang buah bisa gak tuh :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha. kemahal timbangannya kalo di pakai buah kang.

      Delete
    2. Kan biar keren kang hehehe

      Delete
  6. Setiap Lab pasti mempunya neraca ya Mang, buat nimbang Telur juga bias gax mang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha bisa-bisa. lek lek nimbang telur pake neraca analitik

      Delete
  7. kirain nimbang seberapa besar kasih sayang nya *eh *abaikan* haha :D :D :D
    ikut nyimak aja deh, soalnya udah pada dikomentarin kata-katanya :D *hehe

    ReplyDelete
  8. timbangan neraca sering aku liat di toko emas :D

    ReplyDelete
  9. berarti timbangan ini mempunyai tingkat akurasi yg sangat tinggi yamang

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia kang akurasinya sangat tinggi. sedikit guncanganpun akan terdeteksi

      Delete
    2. kayanya hembusan angin aja masuk nih :D

      Delete
  10. kalau boleh tahu, itu neraca harganya berapaan ya mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalo bisara harga kasian supliernya nanti kang. ketauan nanti harga yang udah di tawar. hehehe

      Delete
  11. wah hebat ya neraca analitik, pasti harganya tidak sedikit

    ReplyDelete
  12. Kang alat2 tempurnya keren2 banget ((:
    jadi bnyk belajar juga nih!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya cuman pakai aja kang. g bisa di bawa krumah

      Delete
  13. timbangannya keren banget mang, kayanya harus teliti banget yah sama batubara sampai serius gitu lab sama peralatannya.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia kang keteletiannya harus tinggi biar hasilnya akurat

      Delete

Silahkan berkomentar