Batubara Masih Terus Terpuruk

Pemirsa, batubara yang di tahun - tahun belakang manjadi penghasil devisa yang sangat banyak, kali ini di tahun ini di tengah tahun ini masih harus terpuruk.
Harga batubara masih belum bisa bangkit bahkan banyak penambang yang sudah mengencangkan ikat pinggang.
Bisa kita amati harga batubara yng sudah dirilis dari EDSM.

  • HBA Januari 2015 USD 63,84/ton
  • HBA February 2015 USD 62,92/Ton
  • HBA Maret  2015 USD 67.76/Ton lumayan naik sedikit
  • HBA April  2015 US$ 64,48 /Ton nah ini dia kembali terpuruk
  • HBA Mei  2015 US$ 61.08 /Ton. Di bulan ini makin terpuruk bahkan lebih terpuruk daripada bulan januari awal tahun 2015
  • HBA Juni  2015 US$ 59.59 /Ton

dari sekian harga yang sudah di rilis harga batubara makin terpuruk.
Apalagi di bulan juni yang sangat terpuruk sekali. lalu akankah bulan Juli kembali terpuruk atau mungkin akan melonjak naik?


Mari kita lihat Info berikut di ambil dari Market bisnis.com.
Berikut datanya :
Harga batu bara pada penutupan perdagangan Rabu (27/5/2015) atau Kamis pagi WIB (28/5/2015) kontrak Juli 2015 melejit 1,33%
hari sebelumnya Pada penutupan perdagangan Selasa (26/5/2015), rupiah ditutup menguat 0,27%

Mudah - mudahan para pengusaha batubara mampu bersabar dalam menghadapi cobaan ini dan mampu menangkap peluang ini.

Sebagai tambahan informasi kenapa harga batubara ini terus terpuruk adalah karena pasokan gas yang murah dan adanya alasan lingkungan.
Sehingga batubara hanya menyumbang 36 % untuk dijadikan sumber energi.


Sekian Semoga Bermanfaat.



Sumber :
http://www.esdm.go.id/berita/batubara/44-batubara/7145-harga-batubara-acuan-februari-2015-turun-menjadi-usd-6292.html
http://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20150408123922-85-45028/harga-batubara-acuan-april-2015-kembali-anjlok/
http://www.tambang.co.id/harga-batu-bara-acuan-mei-2015-5799/
http://www.tambang.co.id/harga-batu-bara-acuan-juni-turun-menjadi-us5959-per-ton-6181/
http://market.bisnis.com/read/20150528/94/438019/harga-batu-bara-4-hari-perdagangan-reli-berlanjut


Subscribe to receive free email updates:

88 Responses to "Batubara Masih Terus Terpuruk"

  1. eh ternyata saya dapet pertamax toh

    ReplyDelete
    Replies
    1. amankan yg kedua juga ah

      Delete
    2. waduh di borong kang yanto semuanya . selamat kang hadiahnya batubara bisa di ambil langsung di saya kang. batubaranya tapi
      +- 1 kg aja kang. hehehehe
      tidak menerima di antar kudu di ambil

      Delete
    3. Horee, saya dapat PERTAMAX hahahaa...

      Delete
    4. saya dong yang dapat pertamax

      Delete
    5. jadi sayah dimana nih kang

      Delete
    6. hongkong itu yang deket arab ya kang

      Delete
    7. Kalimantan pastinya :)

      Delete
    8. udah geser yakang. hehehe

      Delete
  2. semoga saja akan cepet menemukan jalan keluarnya agar harga jual batu bara normal lagi yamang

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia kang yanto. biar saya bisa bekerja terus menerus. hehehehe

      Delete
    2. iya kang biar cepet dapet pertamax

      Delete
    3. hahahaha berikutnya siapa nih yang paling pertama

      Delete
    4. waduh orang berkupluk jar

      Delete
    5. waduh orang berkupluk jar

      Delete
  3. cuman dibulan maret ada kenaikan sedikit tuh,bulan juni malah anjlok lg ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. makaya kang. ni lagi banyak yang dirumahkan. gara- gara harga terus turun. tidak ekonomis lagi

      Delete
    2. ia mas rip kang yanto ngaborong beginih

      Delete
    3. Kalo dirumahkan tapi di gaji, ya enak banget mas... :D

      Delete
    4. Ia ya. Brarti masih harus bersyukur. Tinggal yang bner yg sudah di lepas aja lagi. Harus cari kerjaan baru

      Delete
    5. Kalau dapat gaji tanpa kerja pasti enak mang, semua orang rasanya gak akan nolak haha..

      Tapi tidak bisa dipungkiri juga kalau ada hal yang bisa membuat perusahaan mengalami kemunduran dan berujung pada tindakan PHK pasti kepikiran.

      Delete
    6. Yang sedang terjadi bagitulah kang. Dirumahkan dan putus kontrak

      Delete
    7. saya mah gitu orangnya

      Delete
    8. moga itu tidak terjadi sama mang aduls.
      amiin

      Delete
    9. aamiin. terimakasih kang yanto

      Delete
    10. Turut mengamini *mengangkat kedua belah telapak tangan*

      Delete
  4. Harga batu bara yang merosot berimbas ke harga sahamnya juga ya mas... yang sabar ya... mudah-mudahan abis lebaran naik lagi,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Biar pada kerja lagi ygvdi rumahkan

      Delete
  5. Batu bara bisa turun juga ya mang seperti minyak bumi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia itu kang salah satu penyebab batubara turun. Pasokan minyak bumi banyak. Harganya turun. Drpada pake batubara mending minyak. Emisinya lebih sedikit

      Delete
  6. Semoga ini tidak berdampak lama deh kang, Biar harga jual batu bara kembali normal seperti biasanya lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya sampe akhir taun ga kan berubah banyak. Cina sebagai konsumen terbesar mengeluarkan kebijakan pengurangan penggunaan batubara. Sudah terlalu polusi katanya

      Delete
  7. batu bara yang adalah kekayaan bumi indonesia adalah salah satu kekayaan alam yang habis dantidak bisa diperbaiki, mestinya jangan terus-terusan di tambang...nanti cucu dan cicit saya kebagian apaan, coba...manaan udah terpuruk lagi mah...hadeuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini dia memang harga terpuruk krn konsumen berkurang. Plus program pemerintah yang ingin melindungi kekayaan alam ini. Biar ank cucu merasai nikmatnya batu bara. Biar pltu yang ada dan bisa berkembang sampai puluhan tahun lagi. Melindungi cadangan batubara untuk pltu dlm negeri

      Delete
  8. Kira-kira yg menjadi Penyebab Harga batu bara sekarang terpuruk apa ya Mang ? ... padahal kan batubara merupakan salahsatu penyumbang devisa terbesar juga. Semoga cepat stabil lagi ya mang Harga Batubara nya... Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. dijawab sama yang dibawah saya

      Delete
    2. Harga minyak turun kang

      Delete
  9. semoga aja para pengusaha batu bara bisa bersabar ya mas ya, dan semoga semuanya kembali lancar seperti biasa.

    ReplyDelete
  10. kalah saing sama bensin ya,, padahal di negara kita menang banyak,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu kalah saing sama minyak

      Delete
  11. Kok bisa terpruk ya mang? padahal negara kita kaya akan tambang batubara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cina sebagai konsumen besar mengurangi konsumsi. Minyak murah. Pemrintah mebatasi produksi batubara

      Delete
  12. Mudah-mudahan cuma sementara kang...dan bisa stabil seperti semula lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata si obos tahun ini sepertinya akan begitu2 aja

      Delete
  13. Kalau ngomongi hasil bumi perut Indonesia, kayanya ga ada habisnya, angka dan nilai ekonomispun banyak lubang sumber yang menjadi sesuatu gitu loh...... padahal untuk jenis batu bara yang ada Indonsia ini masih banyak yang super dan nilai besar, padahal kan dollar lagi naik kencang-kencangnya gan. Mboh lah..... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia ya kang. batu bara di indonesia konon katanya batu bara yang paling bersih dengan Total sulfir yang rendah. Dolar kapan ya turun

      Delete
  14. Tapi apa masih berpotensi mas kalau kerja dibidang kontraktor batubara?

    Sebab kabarnya dari Juli nanti akan kenaikan yang signifikan.

    Makasih ulasannya sangat membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk kontaktor batubara sepertinya di saya banyak yang dii ganti kang. mreka juga sma lagi banyak yang dirumahakan bahakan dipecat. sepertinya sih kan untuk tahun ini masih lemes kang

      Delete
    2. tapi gimana daerahnya sih kang. di saya lagi lemes tambang batubaranya. dikalimantan yang besar tahun 2014 itu sepengatuan saya adro . tp kabarnya sekarang sih lesu juga katanya.

      Delete
  15. Negara kita harusnya bisa mengelolah dengan baik batu bara tersebut agar harga jualnya juga semakin baik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang jadi masalah kita belum bisa bikin patokan sendiri masih mengikuti patokan dunia. adapun HBA harga patokan batu bara acuan masih bercermin pada harga orang lain

      Delete
  16. mungkin itu karena kondisi perekonomian saat ini yg juga masih terpuruk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mungkin kang. tapi kapan ya bisa bangkit

      Delete
  17. wah kalau masalah gini saya belum paham kang, aplagi yang pake USD itu :D tapi bisa nambah ilmu sedikit tentang batubara

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia kang. ini hanya sebagai perkiraan saja kang. Alloh yang maha taumah kang

      Delete
  18. banyak berdoa dan bersabar aja mang biar harga nya naik lagi.apa sih mang yang menyebabkan harga batubara turun naik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaitukang. minyak murah jadi mungkin mending pakai minyak. terus katanya sih cina mengurangi konsumsi batubara karena sudah polusi

      Delete
    2. cina adalah konsumen terbesar ditahun-tahun sebelum ini

      Delete
    3. oh jadi cina sudah ga pakai batu bara lagi ya mang..

      Delete
  19. pantesan para pekerja tambang di daerah saya pada lesu kalau pulang kerja atau nunggu bis jemputan sekalinya lagi kurang baik kabar batu baranya. mending cari bacan aj mahal hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia kang tapi batubacan belum bisa menpung ribuan orang. disaat batubara anjlok batubacan naik.

      Delete
    2. haha tapi batu bara lebih bermanfaat untuk banyak orang daripada batu bacan

      Delete
    3. kalo batu bacannya jadi komoditas ekpor indonesi lumayan juga kang

      Delete
  20. Replies
    1. amiin. terimakasih kang.
      walaupun jika membaik saya ga tau siapa nanti yang paling akan di untungkan

      Delete
    2. Amin. Terlalu banyak pengusaha batubara sehingga persaingan sangat ketat.

      Delete
    3. mungkin di dunia internasional ia

      Delete
  21. kalo batu bacan gak terpuruk ya kang =D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo masih rame sikattttt dah mang =D

      Delete
  22. Batubara terpuruk ? mungkin karena menahan harga atau menggertak pemerintah akan membuka kran ekspor batubara lagi dengan pajak atau aturan yang lebih longgar. Entahlah, negara ini memang susah ditebak arahnya. Kongkalingkong lebih berkuasa dari pemerintah itu sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kaya gitu ya kang. hehehe sayamah kurang hapal kang masalah kongkalingkng

      Delete
  23. Mungkin harus menciptakan penemuan batu bara terbaru, misalnya BAGAS. Maksudnya batu bara dengan standar kualitas gas dan tanpa asap. Semoga harga batu baranya bisa kembali merangkak keposisi puncak lagi ya Mang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo jadi gas belum. baru pencairran batubara yang ada

      Delete
    2. saya dengar sendiri dai kwan bahwa batu bara di indonesia hanya dijual dan tidak pernah berpikir mau dibuat apa...makanya harga batu bara semakin terpuruk katanya...apa benar begitu mang?

      Delete
  24. Ada bagusnya juga
    Biar para pengusaha tambang mau mikir ga asal keruk melupakan environya. Mungkin karena kerjaanku ga bersinggungan langsung dengan produksi makanya suka sedih kalo pas ke lapangan lihat danau danau buatan yang telantar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu yang bikin sedih bingits. danaunya gede2. entah bagaimana cara menutupnya

      Delete
  25. Wah, ane kurang info tentang batu-batuan ginan mas.. ane Blognya aja deh biar tahu hehe
    Tapi menegenai batu bara yang terpuruk, ya semoga terjadi perubahan yang baik aja dah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin. mudah - mudahan aja kang. biar rame lagi

      Delete
  26. tuh harga batu bara memang turun karena lesu permintaan atau karena libur puasa mang...makanya pasar batubar jadi sepi...menurutn anda gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mbah lesu permintaan. biasa yang minta jaadi ga minta. biasanya cina mbah yang banyak minta. mukin kedepannya India yang bakal jadi pasar indonesia

      Delete

Silahkan berkomentar