Analisa Sederhana

Zodized, analisa itu ada yang yang rumit dan tentu ada juga yang sederhana.
Di dunia analisa batubara hal tersebutpun ada.
Analisa sederhana tapi menjadi pokok dari sebuah analisa.
Analisa sederhana tapi bisa membuka lapangan pekerjaan.

Ada beberapa analisa dalam analisa batubara yang menurut saya sangatlah sederhana, bahkan biasanya analisa - analisa ini diberikan pada semester awal pada sebuah lembaga pendidikan analisa.

Analisa apa itu?

Yang di maksud disini adalah analisa Kadar air, Analisa kadar Abu.

Kenapa menjadi suatu analisa yang sangat sederhana?

Mari kita cermati prinsip pengerjaanya berikut ini.

Analisa kadar air :

Pada prinsipnya kita akan mengeringkan suatu berat bahan tertentu sampai benar - benar kering. Dengan demikian akan kehilangan berat. Kehilangan berat itulah yang manjadi kadar air.

Gampangkan . Kalau kita hitung cuman gini aja.

Kadar air = (Berat Awal - Berat Akhir) / Berat Awal x 100 %


Analisa Kadar Abu :

Membakar suatau bahan dengan berat tertentu sampai semua terbakar sehingga ada yang tersisa yang dinamakan abu. Nah berat abu inilah yang di hitung.

Gampang juga kan.

Kalau kita hitung cuman gini aja.

Kadar Abu = Berat abu / berat sample x 100%

Gampang kan cuman gitu aja.

Tapi apa yang terjadi dengan suatu analisa yang segampang itu. Kenapa tidak semua orang bisa dikatakan mampu mengerjakan pekerjaan yang semudah itu.

Ingin  tau alasannya?

Alasannya adalah Sertifikasi.

Kenapa sertifikasi menjadi alasan.

Mungkin akhir - akhir ini sering lihat di TV iklan dari PLN
Nah disitu juga dibilang yang memasang kabel haruslah bersertifikat. Apakah yang tidak bersertifikat tidak bisa memasang kabel?
Saya pikir bisa saja hanya apakah sesuai standar atau tidak saya tidak tahu. Dan inilah yang manjadi nilai lebih pada orang tersebut.

Begitu pula dalam ke 2 analisa yang mudah di atas, tentu memerlukan pernyataan kompeten atau sertifikasi kompetan untuk melakukannya. Sehingga meskipun banyak yang bisa melakukannnya tidaklah semuanya dinggap mampu sebelum ada yang menilai mampu melakukannya.
Jika mereka dari dunia pendidikan bukti dari pendidikan itulah yang menjadi bukti kompetensi.
Jika dalam perusahaan makan perusaahan itu sendirilah yang biasanya mengeluarkan keterangan sudah kompetensi.
Jika dari lembaga pihak ke 3 biasanya melalui pelatihan - pelatihan dan biayanya lumayan mahal.

Karena tidak mudah untuk bisa dikatakan mampu menganalisa pekerjaan yang bisa dikatakan mudah itu, maka jika ada pihak tertentu yang mau atau menginginkan analisa tersebut haruslah mengeluarkan biaya tertentu.

Disetiap tempat akan sangat berbeda biayanya. Tergantung kebijakan perusahaannya.
Jika sudah terkenal mungkin bisa saja lebih mahal ketimbang di tempat yang kurang diterkenal.

Disinilah berperannya analisa yang sangat sederhana bisa membuka peluang untuk membuka lapangan kerja bagi banyak orang.

Mau tidak mau dalam dunia analisa untuk mengetahui 2 kadar tersebut sangtlah penting. Kadar air atau kadar air total sangatlah diperlukan karena akan menjadi penentu berat total pengiriman batubara.
Sederhananya begini misalkan berat total pada suatu kapal batubara adalah 6000 MT dengan kadar air 10 % ini berarti batubaranya bukanlah 6000 MT tapi harus dikurangi 10 % nya.
Jadi kadar air atau kadar air total sangatlah diperlukan karena pembeli batubara bukan memebeli air melaikan membeli batubara.

Begitupun kadar abu batubara. Sepertihalnya contoh di atas 6000 MT batubara  jika kadar ashnya 10 % berarti akan ada yang tidak terbakar dalam suatu tungku sebanyak 10 % nya.
Bagi pembeli sungguh ini sangat merugikan jika tidak diketahui kadar abunya karena abu pembakaran harus ditangani atau harus dibuang supaya tidak menumpuk dan harus memperkirakan kira - kira persatuan waktu apa harus dibersihkan. Bayangkan jika informasi hasil analisanya salah, harusnya 10 % ditulis 5 %.
Pembeli memprediksi akan penuh dalam 1 tahun pas baru 5 bulan sudah penuh. Kan bisa repot dan rugi perusahaan.

Maka dari itu dalam dunia analisa batubara ini,  analisa yang sederhana tapi diperlukan ini sangatlah menguntungkan.
Tentu tidak hanya analisa ini saja yang diperlukan dan menguntungkan.
Kadar Total sulfur, Kadar Panas dan analisa pendukung yang lainnyapun sangat diperlukan demi menangani batubara agar tidak berdampak buruk bagi penggunanya.

Akhir kata dari zodized janganlah menyepelekan hal yang kecil dan gampang. Bisa jadi apa yang kita anggap kecil besar untuk orang lain.
Selalu bersyukur akan apa yang kita punya dan tetaplah berprasangka baik Kepada Alloh SWT.


Iklan : Solusi Penghasilan Selain Google adsense RevenueHits

Subscribe to receive free email updates:

74 Responses to "Analisa Sederhana "

  1. Nyimak aja mang, dari kemaren bahas batu akik, ekh batu bara mulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe ia kang. tentang analisa batubara kang. berbagi pengetahuan

      Delete
  2. bagi pemula mesti belajar dulu analisa sederhana sebelum berlanjut keanalisa yg rumit yamang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh ketemu mas yanto disini, hehehehe

      Delete
    2. seperti halnya ngeblog yang enteng aja dulu kang. :)

      Delete
    3. jgn salah kang yantomah pemberi saran di sini kang

      Delete
    4. dikit2 lama2 menjadi bukit ya

      Delete
    5. ceile gambar frofilnya ganti nih

      Delete
    6. witwiwwwwwwwww..... biar makin matep dengan pendamping kang

      Delete
    7. betul kang yanto. yang kecil lama - lama jadi bukit yang gede lama- lama jadi apa ya... :D

      Delete
  3. kalau mangs aduls saya udah yakin kalau analisa rumit udah canggih apalagi yg sederhana

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayamah suka gugup kang. apalagi kalo diperhatikan kang yanto

      Delete
    2. besok saya minta tunjuk ajar deh :D

      Delete
    3. hahahahah.....
      apa ya maksdnya kang :D mikir dulu :(

      Delete
  4. Ikut nyimak aja deh mas, lagi gak fokus baca nya #Ada Aqua *hehe *malah iklan* *peace :)

    ReplyDelete
  5. secara singkat inilah kadang analisa yang menjadikan prospek yang lebih baik untuk kedepan mas, sukses selalu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. suksesnya buat bos sayah yang punya lab.

      Delete
  6. Replies
    1. Boleh saja mBak, tapi dibaca kan :D

      Delete
  7. kayanya perlu langsung turun praktek biar saya cepet ngerti deh mang..
    tujuan analisa itu buat apa ya mang??kalo sudah diketahui kadar air sama yang lainnya terus di apain ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya itu dia kang. kalau sudah tau itu sangat bermanfaat sekali kang bagi penjual batubara atau pembeli batubara.
      Misalkan kadar ait total, ini berpungsi untuk mengetahui berat batubaranya itu sebenarnya berapa. biasanya kadar total moiture dan kadar abu menjadi batasan garansi juga mas. kalau terlalu besar ke2 kadar tersebut bisa di balikin tuh batubara yang sudah dikirim.

      Delete
    2. oh gtu ya mang, kalo dibalikin gimna dong? hehe

      Delete
    3. bia rugi gede kang 1 kali pengiriman bisa m m m. kalo balik lagi banyak banget ruginya

      Delete
  8. banyak yang minta minyak nih..

    ReplyDelete
  9. Haha, kebanyakan banyak yang nyimak nih ..
    aku ikutan juga ah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan aja. kalo mau beli minyak juga bisa 1 kg apa 2 kg

      Delete
  10. Betul mang, coba-coba juga harus diketahui risiko kegagalannya. Kalau kurang berkompeten nanti malah terjadi yang tak diinginkan.

    Secara perlu bimbingan khusus untuk melakukan percobaan tersebut.

    Kalau saya dibimbing pasti mau mencoba mang. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kalo bimbingan itu harus. supaya tidak terjadi kesalahan. kaluapun ada kesalahan bisa langsung di baiki

      Delete
  11. tentnyanya jika kita melalukan analisa dari setiap apa yang kita peroleh, maka jika dicermati, itu akan menggambarkan betapa besar nikmat Tuhan yang telah kita nikmati, makanya, lahirlah konsep bersyukur :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia harus banyak bersyukur kang.
      "Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan"

      Delete
  12. wah lagi bahas analisa ya. ikutan nyimak aja deh, bukan ahlinya soalnya.. hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. silhakan kang mudah - mudahan banyak manfaatnya. kali aja mau percobaan.
      tapi kalo mau bikin jgn lupa kordinasi dulu ya:D

      Delete
  13. analisa sederhana, tapi cukup membingungkan bagiku :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa bingungkan ibarat mengoven kue bolu aja kang

      Delete
  14. wuiih ane bangga bs kenal dg boss batubara yg ini.
    betul mas dg mlkkn analisa dpt membuahkn profit yg lbh maksimal,
    slmt mendulang untung ...mang aduls, siap bagi2 deviden :) no rek ane diinbox sj y mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa ibu mnding buat ank istri sy dr pd buat ibu wkwkwk

      Delete
    2. Kasian deh ibu......
      jngan SKSD sm suami orng bu...
      malu noh sm kucing....
      meong meong meong.... .
      wkwkwkwkw

      Delete
  15. bagi ahlinya dunia pertambangan analisa nya memang sederhana, bagi kuli jalanan ke saya mah tetep ajah analisa jlimet dan bikin lungleng isi kepala deh nih..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini mungki sama levelnya dengan lik rawins si penguasa batubara kali ya...

      Delete
    2. kalo sudah melihat semudah mengoven kueh bolu lahakng. bukan bikin kue ya kang. meng ovennya ajah. kalo udah matang angkat

      Delete
    3. hehehehehe.
      sebenrnya saya ga tau kang

      Delete
    4. kalau saya mah analisa bisa bikin botak mas....tapi kalau belajar dikit-dikit pasti bisa juga kayaknya ya mang....kopi mana kopi...heeee

      Delete
    5. kopinya habis mbah.

      Delete
    6. Si mamang juragan batu bata
      Si om Reo juragan batu nisan
      Dah kawin aja gih dah klop inih

      Delete
    7. si sayamah masih normal. hahah

      Delete
  16. seumur-umur,saya belum pernah menyentuh batu bara...
    kek gimana sih rasanya,apakah batu bara mengandungi air?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di sentuh ukuran besar rasanya keras kang. kalau dalam suatu tumpukan partikel heterogen akan tersa kasar - kasar gitu kang.
      Mengandung air kang batubara itu. karena batubara itu berpori.
      nah pori pori inilah yang dimasuki oleh air.
      selain itu juga yang namanya benda di luar bebas tanpa ada kotaknya. kalo hujan pasti terkena air dan air pasti akan nempel sebagaimana air mengenai pasih atau batu di jln raya.

      Delete
    2. @rio adam: yang namanya batu kalau disentuh keras mas, kalau yang lembut itu lemper mas. heeee

      pissss yoooo pissss

      Delete
    3. hahahaha.ahahha.......
      pissssss juga ah

      Delete
  17. analisa sederhana tapi harus mendapat pengakuan ya mang mungkin seperti makanan harus uji lab BPOM padahal mah mudah untuk mengetahuinya.Simpan dulu deh siapa tau jadi pengusaha batubara(Ngarep) |o|

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah seperti halnya BPOM juga setiap cara kerjanya dan rangnya harus sudah tertelusuri keakuratannya dan kebisaanya.

      Delete
    2. yang jelas kayak di analisa dan dibersihkan baru di kirim ke pada pembeli ya kang. suatu proses yang panjang juga ya.

      Delete
    3. biasanya untuk produksi ada juga yang seperti itu mbah.

      Delete
  18. Harus banyak belajar tentang ini aku mas heeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayu atu kang sama sayah. :D

      Delete
  19. Belajr analisa dengan cara sederhana dulu ah, biar mudah nantinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mau bayar malah di nantikan sekalih. hahahaha

      Delete
  20. dulunya sewaktu dibanjarmasin, saya kita batu bara setelah di tambang, masukkan di stock field lalu diangkut langsung. ternyata masih harus di analisa juga ya....makasih infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dijawab oleh yang dibawah saya

      Delete
    2. @ mbah bner mbah karena harus dikelompokan dulu qualitasnya.
      pembeli biasanya menginginkan qualitas tertentu. makanya diperlukan analisa mengelompokannya.

      Delete
  21. saya cuman bisa nyimak artikel nya mas, boro-boro ngebahas batu bara, nengok aja seumur hayat belum pernah.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mau lihat gambarnya ada kang di blog sayah ini. hehehehehe.
      silahkan di cari cari saja. di obok - obok juga boleh

      Delete
  22. aduh sayangnya saya nggak ada bisnis batubara

    jadinya kurang ngerti

    ReplyDelete
    Replies
    1. brarti bisnisnya banyak ya kang. kali - kali kang nyoba batubara.

      Delete
  23. mau coba menganalisa tapi takut gagal -_____

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam dunia percobaan jgn takut gagal. karena gagal bagain dari percobaan.

      Delete
  24. Asa ngobrol sama orang sucofindo, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah sejenislah kang. tatangga

      Delete

Silahkan berkomentar