Perbedaan Tungku Penetapan Kadar Abu dan Kadar Volatile

Pemirsa zodized, mungkin bagi para pekerja dilaboratorium khususnya yang baru bekerja ada sedikit pertanyaan dengan perbedaan kedua jenis tungku untuk penetapan kadar abu dan tungku untuk penetapan kadar volatille. Sekilah penampakannya sangatlah sama.


Tungku Penetapan kadar Vollatile




Tungku Penetapan kada Ash



Tapi sebelumnya kita singgung dulu apa itu kadar abu dan apa itu volatile.

Kadar abu, Seperti yang pernah saya ulas dalam awal - awal penulisan blog ini bahwa batubara sebenarnya tidaklah memiliki abu, malainkan mengandung zat - zat anorganik yang jika dibakar akan meninggalkan residu berupa padatan yang biasa disebut ash. (Arbi Yakub)

Nah sekarang prinsip untuk mendapatkan sisa dari pembakaran itu adalah dengan cara batubara yang kita analisa harus dibakar dengan sempurna dan  teliti tanpa ada yang hilang sedikitpun sehingga minyisakan abu sisa pembakaran.

Volatile, begitupun untuk volatile pernah saya singgung sebelumnya , volatile adalah gugus hidrokarbon dengan rantai alifatik atau rantai lurus dan akan menguap jika dipanaskan pada suhu 900 oC tanpa udara bebas.

Prinsip pengerjaan untuk mendapatkannya adalah dengan memanaskan pada suhu 900 oC tanpa udara menggunakan sebuah tungku pada waktu yang tertentu.

Nah sekarang balik lagi ke tunggkunya. Apa perbedaan dari kedua tungku tersebut yang penampakan luarnya seolah sama.

Pertama

Tungku Penetapan kadar abu, Karena prinsipnya ingin mendapatkan sisa zat anorganik yang tidak terbakar maka tungku harus di setting agar ada aliran udara yang masuk dalam contoh batubara yang sedang di analisa, tetapi tidak boleh ada sample yang menghilang atau terbang tertiup oleh aliran udara tersebut. Jika ada yang tertiup dan terbuang maka hasil analisa bisa salah.

Perhatika gambar - gambar dan keterangan berikut ini.

Tungku Kadar Abu

Pada Tungku penetapan kadar abu ada dua buah lubang untuk aliran udara.
Lubang pertama ada di bagian belakang, berpungsi untuk udara keluar, udara hasil pembakaran.


Lubang pertama ada di atas pintu Tungku, Pungsinya untuk masuknya udara yang kaya oksigen dari luar tungku.





Tungku kadar Volatile Matter

Untuk mendukung Prinsip pengerjaan yang harus bebas udara. Maka tungku ini harus sesedikit mungkin lubang udara, tapi tidak mungkin jika tidak ada lubang udara karena tungku bisa meledak.
Untuk itu pada tungku Volatille hanya memiliki 1 lubang udara yang berpungsi untuk pengeluaran sisa pembakaran pada bagian belakang tungku.

Bagian depan tidak ada lubang udara

Bagian belakang ada lubang udara untuk keluaranya udara pembakaran.


Kedua 

Untuk mendukung prinsip dari penetapan kadar abu maka sebuah tempat untuk menyimpan batubaranyapun saat dilakukan pembakaran di buat khusus. Luas pemukaanya cukup lebar supaya pembakaran sempurna.
berikut gambarnya.




Selanjutnya untuk mendukung prinsip pengerjaan dari penetapan kadar Volatile maka dibuatkan tempat khusus juga untuk pembakaran samplenya, yaitu berupa cawan yang luas pemukaanya kecil tapi tinngi. Tujuannya supaya tidak terjadi pembakaran pada Carbonnya melainkan hanya menguapnya zat hidrokarbon alipatik saja.

Berikut Gambarannya.



Jadi itulah perbedaan tungku dan sekaligus perbedaan peralatan penetapan kadar abu dan penetapan kadar volatile matter.

Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

39 Responses to "Perbedaan Tungku Penetapan Kadar Abu dan Kadar Volatile"

  1. Anonymous4/5/15 17:22

    Nyimak dulu mas, gak ngerti tentang batu bara...

    ReplyDelete
    Replies
    1. okeh kang. mudah mudahan dapat pencerahan

      Delete
  2. wuih tungku perapian penetapan kadar abu dari batu bara ternyata canggih dan belum pernah liat kecuali dari skrinshot disini ini, namanya juga orang kampung pak...maafkan saya yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya sama seperti oven di dapur kang. hanya saja sedikit di modifikasi.

      Delete
  3. jujur lah,gak ngerti blas tentang batu bara ini.
    tapi tetap baca artikelnya,daripada penasaran,itung-itung nambah ilmu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan kang. mudah - mudahan bermanfaat

      Delete
  4. kalo dilihat sekilas...gak ada bedanya ya kang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bentuk luarnya sama, maka dari itu sya fotokan juga bagian dalammnya. karena pungsinya itu berbeda

      Delete
  5. fungsinya hampir saya ya kang, utk sirkulasi udara ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh ko bisa salah ketik kaya gini ya :D, mksdnya fungsinya hampir sama utk sirkulasi udara . kopi mana kopi

      Delete
    2. jadi secara pungsi alat itu berbeda kang. hanya saja ada beberapa bagian yang mirip. seperti bentuk dari luar itu sama.

      Delete
  6. kalo nama proses ilmiahnya saya kurang faham tapi saya tahu itu tungku hehehe makasi sob jadi tahu nih

    ReplyDelete
  7. Haus uji lab buat penetapan kadar abu dan penetapan kadar volatile matter nya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus mungkin ya maksdunya.
      Sebenernya bisa di lakukan di rumah dengan beberapa peralatan yang harus di beli. ya salah satunya tungku itu :).
      Alasan kerena harus di lab khusus, karena nilainya itu harus bisa dipertanggung jawabkan.

      Delete
  8. saya masih awam banget dengan alat2 pada batu bara nih,seperti perbedaan kedua tungku ini
    cuman belajar sedikit2 disini untuk menambah wawasan saya.
    makasih sharingnya yamang

    ReplyDelete
    Replies
    1. okeh kang. kita saling sharing aja kang.

      Delete
  9. Anonymous4/5/15 23:58

    Jujur, nggak ngerti saya tentang tungku kadar. Izin baca buat tambah2 wawasan mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. okeh kang. Silahkan mudah - mudahan ada pencerahan.

      Delete
  10. o, jadi batubara tak menjadi abu toh...? tapi ash itu bukannya abu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia kang. untuk batubara yang belum terkontaminasi abu yang terbentuk itu awalnya berasal dari ikatan -ikatan kimia yang bersenyawa dalam batubara. maksdunya tidak murni bentuk padatan langsung.

      Delete
  11. Banr-benar hebat nih, dengan cara sederhana pentapan kadar abunya jadi pas gitu mas, Tertarik membaca artikel ini, sebagai peambah ilumu pengetahuan saya mas. Terimakasih atas sharingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. senang jika artikelnya bermanfaat. sama - sama kang

      Delete
  12. baru tahu perbdaan kedua tungku ini, bahkan bentuk tungkunya juga baru lihat
    wawasan baru buat saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah mudahan bermanfaat kang. siapa tau punya lab kang

      Delete
  13. bentuknya sama ya mang, kaya ga ada perbedaan sih. saya kurang ngerti masalah batu bara sih mang, tapi disini saya belajar perlahan.terimakasih mang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama kang. silahkan semoga bermanfaat

      Delete
  14. gk puas rasanya klo ndk melihat langsung, makasih infox mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan kang kalau mau berkunjung

      Delete
  15. saya ga ngerti soal tungku,, tapi baru tau, batubara itu tidak mengandung abu, tetapi mengandung zat-zat organik yang yang jika dibakar akan meninggalkan residu berupa padatan. jadi pingin lihat gimana proses pembakaran batu bara..

    ReplyDelete
  16. Baru melihat ini Mang tungkunya..
    kalau tungku tradisional buat memasak
    ada di rumah orang tua saya..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya g jauh beda kang. hanya sedikit sentuhan analitik saja kang

      Delete
  17. dengan adanya Artikel ini saya jadi tau perbedaan antara tungku penetapan kadar abu dan Kadar volatile, itu semuanya tungku untuk pembakaran batu bara ya Mang... ? ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk analisa batubara kang. khususnya analisa kadar abu dan kadar volatile matter

      Delete
  18. sekali pandang, seperti sedang membuat cake ;-)

    ReplyDelete
  19. Singgah sini. Menyimak dulu ya Mangs Aduls. Buat tambah ilmu.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar